Selasa, 29 Desember 2009

Si Langka " Murai Batu Keude Bieng"

Wilayah Keude Bieng adalah salah satu wilayah di Kabupaten Aceh Besar yang relatif dekat dengan kawasan pantai. Topografi wilayah ini didominasi oleh bukit-bukit kapur terjal.
Wilayah ini dulunya dikenal sebagai salah satu lumbung cengkeh untuk kawasan Aceh Besar.
Selain itu, wilayah ini juga memiliki keunggulan lain, yaitu kualitas MBnya.

Murai Batu dari Keude Bieng dikenal memiliki kemampuan vokal yang di atas rata-rata. Bukan cuma vokal, MB Keude Bieng juga terkenal dengan kemampuan ngeplay atau mencambuk ekor yang relatif dahsyat.
Banyak MB-MB jawara lomba yang merupakan MB yang berasal dari wilaya ini.

Wilayah yang berjarak sekitar 20 KM dari kota Banda Aceh ini, juga sempat tersapu tsunami pada saat bencana itu menerjang wilayah Aceh.
Tingginya permintaan terhadap MB dari wilayah ini telah menyebabkan populasi MB dari Keude Bieng telah masuk kategori merah alias langka.
Sekedar masukan, tingginya minat hobbies atas MB dari wilayah ini telah menyebabkan terjadinya pemalsuan status asal dari seekor MB.
Saya hanya bisa tertawa kecil pada saat mendengar cerita dari seorang sahabat yang tinggal di Jawa, mengatakan MBnya dari wilayah Keude Bieng.

Kenapa.??

Saya mengenal pemikat MB dari wilayah ini, dan jika ada MB yang berhasil dipikat, biasanya langsung dibawa ke Kios burung langganan saya yang ada di kawasan Neusu Banda Aceh.
Saya saja yang hampir rutin ke Kios, sudah lama tidak menjumpai MB dari wilayah Keude Bieng, koq bisa ya, sahabat yang ada di Jawa bisa mendapatkan MB dari wilayah ini.

Inilah koleksi langka MB trotolan Keude Bieng yang sedang memasuki masa molting.





25 komentar:

  1. ciri2nya apa om, mb kd bieung? kali aja mb yg kiriman kemarin bukan kdbieung.

    BalasHapus
  2. Ciri utama MB Keude Bieng :
    1. Vokal keras
    2. Agak Giras
    3. Ekor full ngeplay
    4. Ekor relatif membuka (tapi tidak gunting)
    5. Ekor putih tidak penuh.

    BalasHapus
  3. Info ini sangat berguna dan membantu buat newbie seperti saya. Thanks infonya om.

    BalasHapus
  4. Om, bagaimana dengan ciri2 utama MB NAD lainnya, spt dari Tangse, Uj. Pancu, dll. Thx!

    BalasHapus
  5. Untuk mengetahui ciri-ciri utama MB NAD lainnya, sering-sering baca artikel yang ada di blog ini Om, maupun yang ada di www.duniahobi.com sebab sudah sering dibahas koq.

    BalasHapus
  6. setelah aq lihat mb yang dikirim kemarin ternyata 3 btl kdbieng sesuai ciri2 om.thanks om atas infonya dan info dok karantinanya

    BalasHapus
  7. OM herry apakah MB kd bieung rata-rata bermantal bagus

    BalasHapus
  8. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya pernah memelihara sekitar 4 ekor MB Keude Bieng sejak trotolan dalam waktu yang berbeda. Pasca molting, MB-MB ini sudah berani tarung dengan MB-MB dewasa.
    Tapi saya belum berani menarik sebuah kesimpulan bahwa secara mental MB-MB Keude Bieng unggul.
    Berdasarkan pengalaman secara umum, MB-MB Keude Bieng hanya dikenal unggul secara vokal.

    BalasHapus
  9. Pertanyaan berikutnya, apakah om Herry punya stock MB Keude Bieng? Begitu kan om Jaks? wahahahaahaa. ampuuun om Herry... I

    BalasHapus
  10. Seperti judul di atas, MB Keude Bieng sekarang ini sangat langka di pasaran.

    BalasHapus
  11. BOs Gimana hasil tangkaran MB Pejatan dari NAD dan Betina dari Medan Secara mental dan Vokal Bagus endak BOS.Bejo di Klaten

    BalasHapus
  12. Maaf Om Bejo, selama ini saya belum pernah merawat MB dari hasil tangkaran. Mengenai kualitas mental dan vokal MB tangkaran, semua itu tergantung dari kualitas indukan serta proses perawatannya.

    BalasHapus
  13. om herry...om ben ....secara tidak langsung saya mengenal anda saya si botak dari jakarta yang kebeneran ada di nat ...sering juga saya lihat om ada di neusu..salam kenal ya om-om sekalian ....kebetulan sekali kemarin saya dapat MB keude bieng...3ekor ciri dan performnya sama persis dengan om bilang dan pemikatnya pun asli orang keude bieng. sekarang kondisinya dah ngevoer dan mulai bunyi ....seneng juga punya gacoan top...

    BalasHapus
  14. @mr_big_bold: wahh salam kenal om, sayang saya bukan di NAD tapi di Tangerang. Kapan2 kalau main di sekitar Tangerang, mampir ya om.

    BalasHapus
  15. Koq bisa tahu saya sering di Neusu....???
    Kebetulan saya memang juru parkir di sana.

    BalasHapus
  16. lho ...bukannya kita sering rebutan bakalan murai....hahahahah.....ditempatnya Ahmad ,Bakar dan P Husni...hahahahah....makasih ya om-om sekalian ....senag sekali bisa berada di NAD dan bisa berkenalan dengan team Shunami ...banyak ilmu yang sudah saya dapat dari rekan-rekan team Shunami ...mengenai MB dan asal daerahnya ....alhamdulilaah saya sudah punya semua ..untuk koleksi dan insya allah rencana ternak di jakarta ( doain ya om biar sukses ).yang pasti untuk pembelajaran rekan-rekan saya yang di jakarta ...biar mereka lebih faham dan menambah wawasan bahwa MB yang mereka pelihara dan dikagumi adalah MB dari Aceh ....bukan Medan...semoga ....

    BalasHapus
  17. Semoga sukses penangkarannya.

    BalasHapus
  18. om kapan kira2 stok keude bieng ada??? dah ga sabar nich om pengen punya MB keude bieng

    BalasHapus
  19. mau tanya nih apa betul mb aceh ekor putih pasti ada hitam nya makasih untuk jawaban nya

    BalasHapus
  20. Sebagian besar memang seperti itu, ada bagian hitam di ekor putihnya, tapi MB yang full warna putihnya juga ada di Aceh.

    BalasHapus
  21. om...herry yth....murai aceh ada yg postur kecil demikian??terimakasih sebelumnya...salam kenal

    BalasHapus
  22. itukan ciri-ciri murai medan yg sudah umum & biasa kita dengar om...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda sepertinya lebih banyak mendengar. Cobalah sesekali melihat dan merasakannya secara langsung, pasti hal ini akan bisa merubah mindset anda.

      Hapus
  23. ass. wr. wb. maaf om mengganggu... sy mau tanya :
    1. kalo untuk kualitas suara dan mental... untuk daerah aceh rata2 MB dari daerah mana aja om....trus yang ke 2 untuk panjang ekor yang rata2 ekor panjang dari daerah mana aja...makasih om... mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  24. Wa'alaikum salam.
    1. Suara relatif, tapi daerah Keude Bieng dan Ujong Pancu diakui kualitas suaranya. Sedangkan MB dengan kualitas mental bagus umumnya dari daerah Tangse.
    2. Sabang, Pulo Aceh, Lamno dan sebagian daerah dekat TN Gunung Leuser.

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.