Jumat, 12 Februari 2010

MB Ring Bodong



Munculnya kelas khusus buat burung hasil tangkaran (menggunakan ring) dalam sebuah perlombaan, telah membuat sebagian hobbies menggunakan ring bodong buat burung-burung kesayangannya.
Maksud dari ring bodong ini adalah, burung yang menggunakan ring tangkaran atau ternakan, padahal burung tersebut adalah burung tangkapan alam.





Fenomena ini terjadi karena adanya persepsi, bahwa burung hasil tangkapan alam jauh lebih berkualtas dibandingkan dengan burung hasil ternakan.
Persepsi ini muncul karena adanya asumsi bahwa burung hasil tangkapan alam telah melewati yang namanya seleksi alam, selain itu burung tangkapan alam telah memiliki imunitas alami yang diberikan oleh indukannya yang berasal dari pakan yang tersedia di alam.
Selain itu, ada juga anggapan bahwa burung hasil tangkapan alam, jauh lebih bisa bertahan hidup dibandingkan dengan hasil ternakan.
Fenomena ini juga berlaku buat burung Murai Batu.
Mengenai kebenaran dan kelayakan dari fenomena di atas, semua ini tergantung dari persepsi para hobbies dalam menyikapinya.


5 komentar:

  1. Bagi beberapa oknum yang nakal, ring bodong digunakan untuk mendongkrak harga jual burung.
    Ini sudah menjadi rahasia umum.

    BalasHapus
  2. Aslm Bang Hery YTH.

    Mohon Pencerahan....
    Kaki MB kalo dikasih ring apa tidak membahayakan kesehatan dan keselamatan MB ? karena kalo dikasih ring, kaki MB nantinya akan numbuh pecahan2/nonjol pada kedua kaki didepan seperti menandakan usia MB sdh tua.

    Iman
    Gunung Putri-Bogor

    BalasHapus
  3. dimasa kini setelah sekian lama dieksploitasi,keberadaan MB dihutan seluruh p.sumatera telah kritis,akan lebih bijak memilih hasil ternakan, toh para breeder sekarang telah sadar artinya Qualitas MB pada hasil ternaknya

    BalasHapus
  4. @Murai : Selama ini, belum pernah saya jumpai adanya keluhan dari para hobbies terhadap efek penggunaan ring, kecuali efek penjemuran berlebih yang berdampak pada penyerapan panas dari ring.

    BalasHapus
  5. @Habib : Selama ini MB-MB yang saya kirimkan buat teman, sebagian adalah untuk kebutuhan breeding.
    Selebihnya selain untuk kebutuhan lomba, juga untuk kebutuhan hiburan di rumah.

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.