Jumat, 07 Januari 2011

Kemungkinan yang Terjadi pada Saat MB Dilombakan.

Saya ingin sekedar sharing tentang kemungkinan yang bisa terjadi pada saat MB yang kita pelihara mau kita turunkan pada sebuah lomba untuk pertama kalinya.
Kita asumsikan saja MB yang ada di rumah (MB peliharaan kita) sudah dalam kondisi gacor dan siap lomba dengan settingan EF yang sudah kita anggap ideal.
Kemudian kita ingin mengetahui, seperti apa kondisi MB ini jika dilombakan.
Maka, kemungkinan yang akan kita jumpai adalah sebagai berikut:

1. Si MB terdiam dan hanya loncat-loncat saja, sambil sesekali makan atau minum.
Artinya, si MB belum siap dibawa ke lapangan dan kemungkinan masih belum bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi lapangan.(Demam Panggung)
Ini adalah hal wajar yang umum dijumpai pada MB-MB muda dan 1/2 jadi yang cenderung belum mapan secara mental.
Jadi, jangan langsung berkesimpulan si MB dianggap tidak layak.

2. Si MB terkesan ganas dan mengejar musuh dengan cara menabrak sangkar dan sesekali berdiri tegak di tangkringan sambil memainkan ekor dan hanya sesekali berkicau.
Artinya, MB ini bertifikal fighter sejati. Sifat fighternya yang terialu tinggi mungkin bisa sedikit diredam dengan menurunkan porsi EF dan memandikan si MB sebelum dibawa ke lapangan.
Ada yang beranggapan MB seperti ini kurang bagus untuk dibawa ke lapangan. Jelas, ini anggapan keliru, sebab MB seperti inilah yang dikatakan sebagai MB tempur sejati. Hanya dibutuhkan kesabaran dalam membuat settingan agar MB ini bisa menunjukkan performa terbaiknya di lapangan.

3. Si MB terlihat membuka sayap dengan lebar, lalu turun ke dasar sangkar dan tidak berkicau sedikitpun.
Artinya, si MB tidak dalam kondisi prima untuk di bawa ke lapangan. Bisa jadi fisik dan mental nya belum siap untuk dilombakan.

4. Si MB awalnya diam selang beberapa menit kemudian baru menunjukan sifat fighternya dan setelah itu baru mau berkicau.
Artinya, si MB termasuk jenis MB yang lambat panas.
Solusi untuk MB seperti ini adalah dengan sedikit menaikkan porsi EF dan kondisikan full krodong beberapa hari sebelum di bawa ke lomba.

5. Si MB terlihat tegak dengan gaya fighternya, tapi hanya berkicau dengan suara kecil sambil menundukkan kepalanya (seperti sujud) kemudian tegak lagi dan kembali sujud secara perlahan.
Artinya, si MB sedang bergaya merayu. MB seperti ini biasanya mengeluarkan gaya tersebut karena 2 faktor penyebab. Pertama karena si MB sedang dalam kondisi birahi dan kedua, adalah karakter gaya dari si MB itu sendiri.

6. Si MB berkicau dengan suara yang diulang-ulang.
Artinya, si MB belum dalam kondisi siap lomba, karena settingan EF, mandi jemurnya masih belum optimal, kurang burung masteran, atau bisa saja si MB tidak memiliki stamina yang cukup untuk lomba atau karena faktor usia yang masih terlalu muda.

7. Si MB terkesan diam membisu dan mematung.(tidak bergerak pada saat diganggu.
Artinya, si MB secara mental sudah drop. Akan dibutuhkan waktu yang relatif panjang untuk membuat si MB ke kondisi semula.
Hal ini sering terjadi jika si MB berhadapan langsung dengan MB-MB lain yang bertipikal menekan.

Semoga artikel Ini bisa bermanfaat.


106 komentar:

  1. bang herry kalo solusi untuk point ke 4 apakah pola mandi jemur juga mempengaruhi, apa bisa pake cara di cas ama betina. mohon masukannya,,,,
    trims

    BalasHapus
  2. Pola mandi memang bisa mempengaruhi, di mana 2-3 hari sebelum di bawa ke lapangan jangan dimandikan. Tapi penjemuran sepertinya tidak terlalu berdampak signifikan buat MB bertifikal seperti ini.
    Memang ada juga yang berupaya menaikkan tensi amarah si MB dengan mencharge MB betina atau mengganggu dengan suara-suara tertentu agar si MB cepat marah, tapi dampaknya bisa saja siMB jadi adiktif dengan pola ini.

    BalasHapus
  3. tp bang apakah itu artinya dengan mengkondisikan beberapa hari dalam full krodong tuh MB ga di jemur atau dimandikan. pola penambahan EF ditambahkan berbarengan dengan saat burung di krodong ya bang...

    BalasHapus
  4. Betul, itu merupakan salah satu cara membuat MB biar bisa cepat panas dan jangan lupa, selama proses tersebut dilakukan si MB juga jangan sampai mendengar suara-suara burung lain.
    Trik ini banyak dilakukan oleh hobbies senior untuk merangsang MB agar bisa cepat panas di lapangan.

    BalasHapus
  5. Kalo poin ke 1 gimana cara rawatnnya Om Herry??apa dgn dinaikkan EF atau sering dbw latber??
    Trims Om

    BalasHapus
  6. djbf: MB-MB seperti kasus No.1 masih perlu adaptasi dengan suasana keramaian. Solusinya butuh kesabaran dan harus lebih sering dibawa ke latber.

    BalasHapus
  7. Terima kasih advise nya Om Herry...
    Memang MB mau bunyi tp bgt penonton gaduh dan juri mendekat jadinya loncat2 saja.

    BalasHapus
  8. Salam kenal om Herry... Saya dari Bengkulu
    Kenapa ya MB saya kalo dekati bulu2nya suka berdiri.. apa dia mau mabung?
    Kalo di trek awalnya suka nabrak2 dan ekor nya ngeplay tapi lama2 dia hanya bunyi sambil berdiri tegak? Mohon pencerahan dari Om Herry.
    Bisa minta no tlp. Om Herry biar saya bisa call (kalo boleh sih...hehehe..)Tks. salam DH
    Ini Nomor saya 081220123459.

    BalasHapus
  9. @Dadan: Salam kenal kembali.
    1. MBnya kemungkinan sedang dalam kondisi kurang fit, jika mau masuk masa mabung cirinya dapat dibaca dalam blog ini.
    2. Kondisi pada saat ditrek menandakan MBnya belum mendapatkan settingan yang cocok.

    BalasHapus
  10. Makasi Om Herry...
    Tanya lg (jadi malu ne...)
    Saya bawa ke latber kayanya tuh MB kurang stamina cukup ngos-ngosan, apa itu kurang jemur?
    (MB gk pernah diumbar dan terlalu jinak)
    Maksi Om

    BalasHapus
  11. Om heryy....saya kayaknya putus ginta ama burung yang namanya murai batu, pelihara dalam satu tahun 2010 s/d 2011 munkin udah ada 20 ekor cuman hidup 4 doank...mulai tips berbagai experimen dari melakukan otopsi sampai dibiarkan membujur kaya batu....dari yang pancingan ampe yang g pancingan...dari dipilihin ampe milih sendiri...kok tetap gagal melulu...apa emang harus benar2 cerai ama burung murai batu padahal dari kacer ampe sikatan hidup lho...jadi bingung? mohon pencerahanya

    BalasHapus
  12. Kunci sukses dalam memelihara MB adalah kesabaran.

    BalasHapus
  13. @Dadan: Pola rawatan MB baru bisa memberikan hasil jika telah dilakukan secara kontinyu dan untuk jangka waktu yang sesuai.
    Sama seperti manusia, kalau cuma 2-3 kali angkat barbel, ototnya juga pasti tidak akan langsung ter
    lihat seperti Ade Rai.

    BalasHapus
  14. bener om harus sabar

    BalasHapus
  15. lam kenal dulu buat semuanya. emang harus ektra sabar momong MB.

    BalasHapus
  16. Terima kasih atas komentar dan apresiasinya.

    BalasHapus
  17. Makasi banyak Om....

    Kapan2 saya tanya lagi... Masi boleh kan Om...

    BalasHapus
  18. Ass. Wr.Wb.
    Met Siang Om Herry tanya lg.. Penjemuran ada korelasinya dg stamina... apa perlu didukung dengan pola makan (EF)?
    Pola rawatan skrg Jangkrik 4/3 kroto 2x seminggu? jemur 8-9 pagi.
    Satu lg Om, kalo dari daerah Ulele kediaman om jauh/dekat? Tks

    BalasHapus
  19. salam kenal om hery,saya doni..saya mau bertanya bagaimana kwalitas murai batu yg bersal dr meulaboh?trmksh sblmnya om..

    BalasHapus
  20. Ada, tapi pengumbaran jauh lebih kuat korelasinya dengan stamina.
    Settingan EF merupakan salah satu kunci utama untuk menjadikan MB-MB bisa kerja optimal.
    Ulhelhe berjarak sekitar 7-8 KM dengan posisi saya di Banda Aceh.

    BalasHapus
  21. Makasi Om... jadi umbaran sangat penting buat stamina..
    Kebetulan saya ada temen di daerah ulhelhe... kerja di penyeberangan...ke sabang
    Kalo Om herry d daerah Lhohnga, Darus Salam?
    Mohon maaf Om jadi nanya di luar konteks ne...
    Gini om krn saya lg minta tolong dicariin MB tp beliau kurang faham mengenai MB..
    Sekali lg mohon maaf OM

    BalasHapus
  22. Om Herry, MB saya type No.2 kira gimana menampilkannya ya Om ?

    Terima Kasih

    BalasHapus
  23. Ass, Met Siang Om Herry
    saya baca di thread masalah mabung... diantaranya adalah mandi cukup 1x seminggu....
    Saya tanyakan apa efek samping kalo lg mabung dimandikan tiap hari?
    Karena MB saya tiap hari suka masukin kepalanya ke cepuk minum... jadi saya mandikan ja di keramba....
    Mohon pencerahan... Tks

    BalasHapus
  24. Sebaiknya jika bertanya, sesuaikan dengan topik maupun permasalahan dalam blog ini, sehingga alur topiknya tetap terjaga dan saling berhubungan.
    Selama mabung, MB mengalami perubahan pola mandi, jadi sebaiknya jangan dipaksakan untuk mandi, apalagi dalam keramba.. Selain itu, jadwal mandi yang terlalu sering akan membuat zat lilin yang ada pada bagian bulu cepat larut dan mudah menyebabkan bulu ekor cepat menjadi pecah. Proses membersihkan bulu pasca mandi juga bisa membuat MB merasa sakit, apabila mengenai bagian bulu yang baru tumbuh

    BalasHapus
  25. Maaf Om salah masuk.....
    Makasi sarannya akan saya terapkan dengan momongan saya.

    BalasHapus
  26. Om, mau nanya nih, maaf klo salah posting, saya punya MB tapi paruhnya membuka terus (mangap), gimana ngatasinnya ya om?????? klo habis diumbar ada bunyi ngukk, nguk, nguk gitu om.... mohon dijawab ya ommmmm..... makasih

    BalasHapus
  27. Kemungkinan besar, MBnya belum fit dan belum terbiasa dengan umbaran sehingga staminanya cepat drop (ditandai dengan nafas yang tersengal dan cenderung mudah mangap).
    Coba dilakukan penjemuran dan pengumbaran secara bertahap, sampai si MB benar-benar bisa menunjukkan kemampuan staminanya.

    BalasHapus
  28. maaf om, saya mau nanya.. saya baru dapat murai batu dari daerah barat aceh.. umur nya hampir 13 tahun, sebelum sama saya murai ini jd pemikat d hutan sama yang punya pertama trus belum pernah ikut kontes, setelah seminggu d rumah saya bawa ke latber trus kondisi nya seperti di poin ke - 2 jd yg ingin saya tanyakan apakah murai saya ini masih berpotensi untuk ikut kontes.. mohon saran dan info nya om..

    BalasHapus
  29. Semua MB pasti memiliki potensi.
    Jika kasusnya seperti point ke-2 di atas, artinya tinggalmencari settingan yang tepat.

    BalasHapus
  30. ok om.. makasih banyak info nya..

    BalasHapus
  31. pm saya ada masalah dengan mb baru saya pinang.
    mb baru saya ini saya ambil krn sering juara di latberan Sidoarjo-Surabaya (masih kelas latber), tetapi da 2minggu ditaruh yg punya di pasar burung untuk titip dijualkan karena butuh uang yg punya.
    nah karena tuh penjual emang dah kenal dan emang biasanya burung2 lomba yg dijual beritahu sya kl ada mb bagus trus saya pantau emang volume tembus bunyi lot isian istimewah akhirnya saya ambil jum'at malam kemarin dan minggu kemarin saya coba latpres dan hasilnya awal kerja 5mnt kemudian nge batman dan kadang2 tarung lagi
    apa bisa di sembuhkan ngebatmannya
    rawatan saya cuman jangkrik 3 p/s dan kroto sedikit pagi aja.
    waktu lomba sebelum brgkt 6 ekor jangkrik sampai tempatnya tambah UH 5.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngebatman bisa disembuhkan, kuncinya adalah proses trial-error dalam settingan EF dan pola mandi jemurnya.
      Perlu juga dipahami, semakin berumur MB akan cenderung semakin stabil dalam lomba.

      Hapus
  32. salam kenal om herry, untuk penanganan kasus no 2 bagaimana om? trims om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya di atas sudah djelaskan. Settingan EF yang sesuai harus diberikan pada MB seperti ini dan ingat, hasilnya baru terlihat jika sudah diterapkan sekitar 3-4 bulan. Artinya dampak nyata belum bisa terlihat atau dirasakan dalam jangka pendek.

      Hapus
    2. o..ya di atas sudah ada yg tanya hehehehhe, maaf om herry ya, kasih cara rawat tipe yg begini dong om pasti saya terapkan ke momongan saya, terimakasih om herry, blog yg sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya. trims om

      Hapus
  33. Ass. Wr. Wb. Met Siang Om Herry
    Saya punya MB umur 1,5 thn, udah dua kali dilombakan (selang 2 minggu)dpt nominasi 10 besar. Permasalahan sekarang setelah 1 bln diistirahatkan dan dicoba dilombakan lg MB gk mau ngotot dan gk mau nembak tapi ngerayu terus.
    - Apakah MB over birahi?
    Rawatan jangkrik 3 pagi saya rubah jadi p/s 3/2
    Mohon solusinya Om. Wass

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB anda relatif masih muda dan jangan terlalu dipaksakan. Sebaiknya setelan EF jangan dirubah jika hasilnya tidak optimal. Saran saya, biarkan saja MBnya hingga sekali lagi mabung agar penampilannya lebih stabil.

      Hapus
  34. Assalamualaikum pak herry,
    saya punya MB cukup usia (+/- 4 thn) yg kondisi nya kalo di trek cenderung tenang dan nagen, si MB mau bunyi sambil bongkar isian, trus ngetem agak lama, dan begitu terus sampai kita turunkan dari gantangan. Volume suara juga semakin lama semakin terdengar kecil. Menurut teman saya MB tersebut sudah kena mental nya (nge-drop) dan harus di isolasi dalam waktu yg lama. Apa memang benar begitu pak?

    Settingan EF selama ini jangkrik 4p/s karena MB tsb memang kurang doyan jangkrik.

    Mohon solusi nya ya pak Herry?
    Terima kasih dan wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      MB yang ngedrop cenderung akan diam total, dan terlihat kurang aktif.
      Coba saja MBnya diistirahatkan, beri EF secukupnya dan mandi jemur teratur.
      Jika memang mau berkicau, artinya MB tersebut masih normal.

      Hapus
  35. ass, om say mU tanyA ne mb sy matung saat dtrek diam....tp kl d rmh pd siang hari hanya neriwik , ngeplongnya hanyA pagi n mlm saja.... ap mb sY tergolong nge drop?...n mohon pencerehannya om... setingan n rawatannya gmn y om....saya masih pemula....

    satu lg ne om mb yg yg nge drop bs gak d umbar om....
    terimAKASIH sebelumnya....salam org siAntar om...

    BalasHapus
  36. om salam kenal ,saya mau menayakan 2 hari saya beli murai lampung super kaki hitam ,kenapa selalu diam kaya bisu takut murai saya d tenggorokanya ada kail y mohon pencerahan ya trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang anda beli MB bahan atau MB jadi...?
      Jika MBnya masih bahan, jelas butuh waktu untuk adaptasi setelah itu baru belajar untuk berbunyi di lingkungan barunya.
      Jika MB jadi, kemungkinan MBnya masih stress coba jadwal mandi dan EFnya ditambah.

      Hapus
  37. Assalamualaikum, slm kenal om herry,saya mo
    kasus no 2,gimana?mohon pencerahannya om,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi dari kasus ini hanyalah masalah settingan, baik EF maupun mandi jemurnya. Harus dilakukan yang namanya trial-error untuk mendapatkan settingan yang sesuai agar si MB bisa tsmpil prima.

      Hapus
  38. Om hery.saya mau bertanya.apakah umur murai batu untuk di ikutkan latber mutlak 1,5 tahun keatas?kira2 klo usia murai nya baru 10 bulan diikutkan latber sudah pasti drop?karna saya sudah gak sabar pengen ikut latber.thks om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak katakan sudah pasti ngedrop, tapi resikonya sangat tinggi.
      Dialamnya, MB adalah burung teritorial, butuh usia matang untuk bisa menjaga wilayah kekuasaanya dari MB pendatang.

      Hapus
  39. om ni sama denny jabar,berarti untuk poin no 4,2-3 hari tidak dimandikan,sampai dengan hari H.lomba,mf om kurang ngerti............hehehe

    BalasHapus
  40. Salam knal om....saya budi dr palembang...kayaknya kasus sama sprti poin k 3 tp permasalahan habis mabung n baru jemur kira2 2 minggu...permasalahan suka ngelabrak n nempel d jeruji...n parahnya sambil matukin kaki....mungkin birahi tinggi kali y om....settingan 2pagi n 2sore...kroto tiap hari secuil....gmn cara nya y om?pur awal gold coin hijau diganti pas ngurak top song kuning...thanks om

    BalasHapus
  41. Tambahan lagi om...murai nya seperti poin no 2 bukan no 3 om...sorry om...di tunggu y om sarannya...murai terlalu jinak om n kmren di tes lagi...posisi suara belum normal om n kurang bongkar isi an om...jangkrik di naikkan jadi 3p n 3 sore om...kroto secuil tiap hari om...posisi murai jadi om..kira2 3 tahunan om...thanks y om...di tunggu y om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar info saja Om, ada sebagian hobbies yang meminimalkan settingan EF untuk MB bertifikal seperti ini dan menambah jadwal mandinya untuk membuang sifat birahinya.
      selain itu, ada juga yang nekat menambah settingan EF dan sebagian berhasil membuang sifat birahinya tersebut. Kata kuncinya, jangan ragu untu melakukan trial-error.

      Hapus
    2. Thanks ya om....perkembangan nya sekarang agak lumayan om...porsi jemur aja di tambah....mandi 2 kali pagi n malam...porsi jangkrik 3 pagi 3 sore...kroto untuk sementara di tiadakan om...penggantinya cacing..setelah di coba2 kroto penyebabnya om...mungkin kalau uda normal...kroto 2xseminggu....posisi harian dibuka aja tanpa dikrodong...malam di tutup...thanks y om...jgn bosan2 ditnya2 y om...

      Hapus
  42. salam om herry saya dari semarang
    saya punya mb kalo digantang hanya maen ekor,,,cuman gaya om, pdl sebelumnya mb juga bisa tampil bagus dan prestasi
    mohon bimbingannya om herry
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya itu hanya masalah settingan saja.
      Coba lakukan trial error pada settingan EFnya dan juga settingan mandi jemurnya.
      Lakukan peningkatan settingan EF secara perlahan dan tambah juga waktu jemurnya.

      Hapus
  43. Mb saya seperti poin 4 om dan mb baru 8 bulan .bagai mana solusinya om biar mb saya yg ngetime dan bagai mana perawatan yg bagus buat mb saya untuk kedepannya biar bisa stabil d jalur juara mesti baru d ajang latihan bersama yg pesrtanya cuma 20 mb.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB anda tipikal lambat panas.
      Solusi terbaik untuk MB seperti ini adalah melakukan trial error dengan menaikkan secara perlahan settingan EF menjelang lomba.
      Kondisikan juga untuk full krodong 2-3 hari sebelum lomba.
      Coba berikan 3-5 ekor UH pada saat lomba.

      Hapus
  44. malam om,sy Anif surabaya,Mb saya nias nokta tipis, Setelah 2 minggu adopsi, sy latber , ternyata dapat nomer 3,saat latber itu peserta dan pengunjung arena tidak terlalu rame...minggu berikutnya MB sy ikutkan lomba yg lumayan besar,yg peserta dan pengunjung penuh keramaian,pd saat lomba burung tidak jalan, sering nguruji dan mangap,sering buka paru ,mau bunyi tapi susah dan berat,,mohon solusinya om,untuk kedepan MB sy,,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan, MB anda masih kurang nyaman dengan suasana lomba yang terlalu ramai. Ulangi kembali, hingga si MB terbiasa dengan kondisi di lomba. Jadi ini adalah masalah yang umum dijumpai pada MB yang belum terbiasa di bawa ke lapangan. Istilahnya madih minim jam lombanya.

      Hapus
  45. salam kenal mas Herry, mau tanya MB ane knp kl dilombakkan bunyi trus loncat ke atas jeruji begitu seterusnya dengan mengeluarkan suara ngeban2 doank tanpa isian, padahal pernah di ikutkan lomba dan masuk nominasi 2 dan 4 ditempat berbeda, permasalahannya di settingan EF atau mental ya mas kl begini, ga dapet ke performa yg sebelumnya/fighter sekali dan ngeplay2 dan keluar isiannya...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus seperti ini banyak dijumpai pada MB-MB yang masih perlu adaptasi dengan kondisi lomba atau lapangan baru.
      Perlu beberapa kali coba gantang untuk lebih memapankan si MB.

      Hapus
  46. Assalamualaikum om herry

    Saya anton dari jogja, saya baru beli mb dari temen... baru saya rawat sekitar 1 minggunan, karakter burung tersebut harian kurang, di tempel diam cuman gayanya yg ngeplay tapi tidak bunyi, tapi kalaw tangan masuk langsung bunyi sambil matukin tangan, sangkar di sabet juga bunyi ngotot, di pegang burungnya juga bunyi, karna burungnya sangat jinak, tapi ngebatman sambil mekrok, sementara seharian tadi tak umbar untuk meliarkanya saya paksa untuk terbang bolak balik eh malah ngeruji sampek di atas paruhnya berdarah, habise aku kesel om.. burung kalaw melihat saya langsung ke dasar sangkar sambil ngebatman,

    Pertanyaanya apakah cara saya tersebut salah om, apakah kemungkinan mb saya stres.. karna yg awalnya setiap pagi bunyi, ini setelah tak umbar malah diam
    Ef jangkrik 5+5..
    mohon pencerahanya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh kesabaran untuk tipikal MB sepertim itu. Terapi umbar bisa jadi solusi, tapi butuh waktu yang relatif lama.
      Jangan sering diganggu dan biarkan saja diumbaran.

      Hapus
  47. assalamulaikum om herry..mohon solusi untuk MB yang drop mental,setelah terlalu byk di trek dan lomba jadi macet bunyi,lesu,sayap turun ,mata sayu, nafsu makan kurang..makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Full krodong beberapa hari. Stop mandi jemur. Berikan vitamin (Super N). EF sedikit ditambah.

      Hapus
  48. Ijin bertanya om herry, kl murai saya awalnya bagus, tengah2 banyak ngetemnya itu karena apa ya ??
    Kurang jemuran, umbaran, stelan efnya atau mentalnya om ??
    Biar kl maen ga lama2 ngetemnya..
    Makasih bnyk sblmnya om herry...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Settingan saja itu Om.
      Coba porsi umbar atau jemurnya ditambah.

      Hapus
  49. Assalamualaikum oom... Mohon pencerahannya.. MB sya kenapa ya kira2... Sejak mabung ke 2, mb saya cm bengong aja.. Semenjak itu pula saya jarang mendengarnya ngeriwik.. Jujur, ketika dorong ekor mabung ke 2 pernah sy trek dgn terangga punya.. beberap bulan terlewati pernah sy trek tp mb sy cm planga plongo, ketika lawan sdh tidak menekan baru mb sy mau nge fight.. Saat ini lg proses dorong ekor, dan hampir full tp kok mb sy klo dideketin masih bengong ya oom, kecuali dikagetin baru mau lompat2.. Mohon masukkan terkait pola perawatannya oom.. catatan: disebelah rumah ada tetangga yg juga pelihara mb gacor.. Trima kasih oom.. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Ini kasus yang banyak dijumpai pada MB yang tertekan dengan keberadaan MB lain yang lebih mapan.
      Solusi terbaik, pindahkan sejauh mungkin MB anda atau cari MB lain yang lebih mapan.

      Hapus
  50. Baik oom, mungkin akan sy titipkan aja dirumah keluarga,..Lumayan juga sy nunggunya oom dari mabung ke 2 hingga mabung ke 3 saat ini.. Sudah terlanjur sayang.. Hehehehe.. Trima kasih adviceny oom.. Semoga kita semua senantiasa dirahmati Allah SWT

    BalasHapus
  51. malam om herry,,nanya lagi....murai batu suka ngembangkan sayap ( meski sebentar ) waktu mau di kasih EF kenapa ya? MB MH tidak terlalu jinak..sebelumnya ngedrop ,aku full EF,setelah pulih dan gacor lagi EF aku pangkas jd minim malah ketagihan kayaknya...aku latber gak jalan ,ngeruji dan loncat loncat..mohon pencerahannya om herry...trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan berikan EF secara langsung. Pada saat si MB dimasukan ke keramba untuk mandi, berikan EFnya dalam cepuk disangkarnya. Rawat ulang dulu MBnya hingga optiimal, baru di bawa jalan.

      Hapus
  52. Om herry salam kenal dari balikpapan.. om.. kenapa burung saya waktu digantang sempat lompat (1 kali saja) waktu lomba hampir habis waktu apakah itu masih dianggap wajar atau perawatannya yg kurang pas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar. MB burung fighter, sesekali loncat atau menerjang jeruji itu hal biasa.
      Keterkejutan juga bisa membuat MB melompat.

      Hapus
  53. pak heri ... murai sy beru saja makan pur halus sdh 2 bulan . sblm makan pur murai sy lincah krn msh full ef tp stalah makan pur murai banyak diem ( tdk lincah) dan bulu pum mengembang kalo didekatin baru mau loncatan.yg sy tanyakan knp bulu jd ngembang ?krn sy khawatir murai sy borneo.. mohon masukannya pak!tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya, sebaiknya anda ganti saja MBnya. Sepertinya MB anda bermental kurang baik.

      Hapus
  54. Assalamualaikum om, salam kenal, mau minta saran om, mb saya umur 9 bln klo denger suara burung laen/suara yg asing langsung kluar isiannya, apakah mb saya uda siap di latberkan, makasi om, mohon sarannya karena masi pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Sebaiknya jangan terlalu bernafsu. Tunggu hingga minimal 1x mabung lagi.
      Untuk melatih mentalnya sesekali bisa ditrek dgn MB seusianya.

      Hapus
    2. Assalammu'alaikum, salam kenal Om. mau minta saran ni Om, bgai mn saat trek k 2 MB sy bs sprti saat trek prtama? krn pada saat lomba, d trek prtama MB sy juara II tp pd saat trek k 2 MB sy hny turun naik tangkringan dan hny menunjukkn sifat fighterny sj,hehe... kn malu Om. MB sy puny kriteria tipe poin 4, jd gaimana tu Om ?

      Hapus
    3. Fisik dan stamina MB anda kurang mendukung untuk main 2 sesi.
      Coba latih dengan tambah penjemuran serta umbar.
      Settingan EF juga dinaikkan perlahan jelang lomba.

      Hapus
  55. klo kebanyakan loncat2 terkadang jg nabrak ruji tp sambil bunyi terus , solusi nya gmn suhu???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib mandi pafa hari H.
      Berikan 1-2 ekor cacing pada H-1.

      Hapus
  56. usia berapa ya om murai lepas trotol bisa ditrek dengan murai lain...makasih

    BalasHapus
  57. Ass, salam kenal om heri, mb nias sy usia sktr 10 bulan,.kalau sy trek dengan mb lain seperti nomer 1,2 dan 5 lebih jelek lg kalau habis bunyi sll mangap/buka paruh..itu 8solusibya gmn..?was.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. MB anda masih terlalu muda, jadi harus banyak bersabar.
      2. MB anda butuh treatmen mandi secara teratur, agar bisa meredam emosinya.
      3. MB anda butuh treatmen pengumbaran agar stamina lebih prima dan tidak cepat mangap.

      Hapus
    2. 1. MB anda masih terlalu muda, jadi harus banyak bersabar.
      2. MB anda butuh treatmen mandi secara teratur, agar bisa meredam emosinya.
      3. MB anda butuh treatmen pengumbaran agar stamina lebih prima dan tidak cepat mangap.

      Hapus
  58. Salam kenal om sy punya murai klo dirumah bongkar isian full. Pas di di lombakan kok suaranya monoton knp y om makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya itu masalah settingan saja, khususnya buat MB yang relatif sudah cukup umur.
      Coba lakukan settingan yang lebih optimal, misalnya mandi jemur dan EFnya dinaikkan perlahan.

      Hapus
  59. Maff um hari..
    Saya yusuf dari cirebon
    Saya punya muray batu Medan..
    Kendala nya stiap di ajak latber burung bunyi tidak maksimal banyak berhentinya.
    Padahal settingan jangkrik sudah saya kasih 20 s/d 30 dan hari h saya kasih UH 5ekor & 3 hari sebelum hari h burung ga mandi dan jemur cuma -/+ 1 jam
    Mohon pencerahanya um hari
    Atas perhatiannya
    terima kasih
    Sukses selalu for you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kurangi porsi jangkrik dan ganti dgn kroto.
      Setiap hari diembunkan pada saat subuh.
      Hari H dimandikan di pagi hari.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Assalamualaikum om hery..saya mw tanya saya pnya murai batu..tapi setiap lomba dia mainnya naek turun tangkiranganx,kalau suara N ngototx sdh bagus.. Cmn masalah naek turun pada di lomba om..mohon saranx

      Hapus
    4. Coba berikan cacing 2 ekor 2x seminggu.
      Mandikan di pagi hari pada hari H.
      Semprot air sedikit pada barung dan tangkringan pada saat mau naik gantangan.

      Hapus
    5. Coba berikan cacing 2 ekor 2x seminggu.
      Mandikan di pagi hari pada hari H.
      Semprot air sedikit pada barung dan tangkringan pada saat mau naik gantangan.

      Hapus
  60. Numpang nanya om herry
    Momonganku umur 2 thn kurang,,lmayan prestasinya kmrn2,set non voor,,pagi cacing jnkrik 5 ful kroto..set lomba all in one ga beda dngn harian cma di lapang dtmbah jngkrik 1 sma uh 1,umbar,jemur,embunin sma sprti biasa,yg pngn di tanyakan akhr2 ini galak bngt ngeruji ,masi mau bongkar isian siih...gmn ya om solusinya,,trims

    BalasHapus
  61. ass.saya punya mb umur 3,4thn.saat latber sama mb sepupu hanya gayanya dan maenin ekor persis kasus no.5.dibawa kelokasi lomba sudah 3x . sampai pada lomba tetap seperti itu .beri pencerahannya om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin MB anda birahinya tinggi.
      Coba lakukan mandi 2x sehari. Jika ada umbaran sebaiknya si MB diumbar.
      Kurangi takaran EFnya dan berikan cacing 1-2 ekor seminggu 2x.

      Hapus
  62. Assalamualaikum Om Herry,saya agung dari Kediri.mau tanya masalah mb saya umur 1,5tkemari. coba saya trek dapat nmr 2,sayang burung banyak berhenti bersuara(nge time)tapi tiap bersuara mau ngotot bongkar isian.bagaimana cara menghilangkan nge time nya? Dan masalah ke2 burung kalau di trek skitar 2-4 burung ,mb saya ngak mau ngotot ,kalau banyak burung 8-20 baru mau tampil.?sebelumnya terimakasih atas jawabannya... (Penuh harap)

    BalasHapus
  63. MB model seperti itu, cenderung disebabkan oleh faktor stamina dan EF yang belum optimal.
    Coba waktu jemurnya ditambah dan jika mungkin diumbar.
    Naikkan lagi EF harian dan settingan menjelang lomba.

    BalasHapus
  64. assalamu'alakum p.herry saya dari kaltim ..
    mb saya umur 3thn dan full isian ..
    tpi masalahnya saat dibawa lomba burung bongkarnya saat dikrodong dan ditrek dg burung sejenis dibawah saja ...saat digantang burung bersuara monoton saja tolong pencerahanya pak...sebelumnya trimakasih..

    BalasHapus
  65. hallo p.herry..saya hadi dari kaltim..
    saya punya masalah soal mb ini pak...
    saya punya mb umur 3thn full isian tpi masalahnya ketika dibawa lomba mau bongkarnya ketika dices dg mb lain atau pas dikrodong saja ketika digantang diatas dia gagal bongkar cuman monoton saja ..harian p5 s5 kroto 3x 1mggu latberan 1x 1mggu pas hari H FULL ef pak..tolong pencerahanya pak ..trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba berikan UH yang berwarna putih sebanyak 5-10 di pagi hari. Setelah itu MBnya dimandikan. Berikan lagi EF berupa jangkrik sebelum dibawa ke lapangan.

      Hapus
  66. Salam om,mau tanya, murai sy umur 2,5 tahun kondisi murai sy sebelum di gantang msh di bawah nembak gacor isian full, pas di gantang lomba hanya naik turun tangkringan sambil menegakkan badan dan menunduk nunduk sperti merayu terus menerus sampai selesai tdk bunyi sama sekali, stelan fooding kroto 3 sendok makan ,jankrik 3-3 pagi sore.. pas di turunkan dari gantangan baru gacor kembali om, gmana menurut om.. dari makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kemungkinan MB anda belum mode di lapangan, jadi harus lebih sering lagi dibawa jalan-jalan ke lapangan.
      2. Jika pasca 3-4 dibawa ke lapangan dgn settingan di atas masih belum optimal juga, coba rubah settingan EFnya. Naikkan jangkrik dan turunkan krotonya. Berikan UH 5 di pagi hari dan mandikan pada hari H.

      Selamat mencoba.

      Hapus
    2. burung sy tdk makan voer om, hanya mkn kroto full dan jk pagi sore, sdh di paksa ngevoer tdk di makan.. apa stelan UH pagi 5 itu buat harian atau hanya hari H om.. makasih om

      Hapus
    3. Bacanya yang jelas. Itu ada dalam 1 kalimat yaitu di hari H.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.