Jumat, 27 Juli 2012

MB Muda Hutan

2 Ekor Muda Hutan ini rencananya akan saya kirim buat salah seorang hobbies besar. MB-MB ini adalah burung yang sudah terawat dari pemilik sebelumnya. Satu berasal dari wilayah Panca (kaki gunung Seulawah) dan satu lagi berasal dari wilayah Lamteuba, Seulimum, Aceh Besar.

16 komentar:

  1. Aceh dan Jambi masih berada dalam satu pulau dan bangsa Melayu, namun keinginan utk dikirimi MB Aceh hingga saat ini belum terpenuhi... Akankah ada sobat yg bersedia mengirimkannya..? Smg...

    BalasHapus
  2. Saya jelaskan ya om Ef. Pengiriman burung dari NAD ke luar kota tidak seperti yang kita bayangkan. Kendalanya banyak.

    1. Masalah perizinan. Murai Batu sudah menjadi hewan yang dilindungi oleh pemda NAD sehingga pengiriman burung tersebut harus melalui perijinan yang ketat dan dengan jumlah yang dibatasi.

    2. Om Herry bukan pedagang, beliau adalah hobbiest. Oleh karena itu beliau hanya mau mengirim burung kepada teman2 dekat saja. Ini untuk menghindari kesalah pahaman. Kalau saya tidak salah hal ini sudah pernah terjadi satu kali dan akhirnya om Herry mengambil keputusan untuk tidak mengirim burung lagi kecuali kepada teman2 dekat saja. Karena bagus menurut om Herry belum tentu bagus menurut orang lain.

    3. Biaya pengiriman 1 paket (max 6 ekor burung) dari NAD ke Jakarta sudah berada diangka 2,5jt - 3jt/paket.
    Sebandingkah biaya ini jika burung yg dikirim hanya 1 atau 2 ekor?

    4. Jika serius, lebih baik om langsung hubungi om Herry via telp (No SMS). Luangkan sedikit waktu om untuk menuju ke NAD (kan masih berada dalam satu pulau). Saya berani jamin om akan ditemani oleh om Herry untuk hunting burung murai batu.

    Sedikit intermezzo. Ada seorang rekan yang baru mengenal saya dan om Herry, lalu minta dikirimin burung murai batu NAD yang sudah jad. Tentunya dengan syarat harus pilihan om Herry dari NAD. Singkat cerita burung tersebut berhasil didapatkan dan dikirim bersamaan dengan pesanan saya supaya beban biaya bisa ditanggung bersama sehingga tidak terlalu berat. Seminggu setelah mendapatkan burung tersebut, rekan tsb bertanya kpd saya apakah betul murai yang dikirim adaah murai yang sudah jadi karena burung jangankan bunyi, ngeriwik aja nggak. Dan dengan sedikit mendesak, rekan tsb meminta saya agar membeli kembali murai tsb karena katanya burung tidak bunyi jadi dia merasa tertipu. Karena saya yakin bahwa om Herry tdk mungkin bohong, maka burung tsb akhirnya saya bayar.

    Apa yang terjadi 1 minggu kemudian? Murai tsb ternyata luar biasa dahsyatnya. Baik volume maupun isian. Akhirnya murai tsb dpinang oleh rekan saya yang berada diluar kota dengan nilai 4 kali lipat dari harga perolehan. Sebenarnya apa yang terjadi? Mengapa 1 minggu pertama burung sama sekali tidak bunyi?

    Jawabannya adalah burung mengalami stress. Bayangkan saja. Sebelum dikirim, burung ditangkap lalu ekornya diikat dan dimasukkan kedalam kotak. Setelah menempuh perjalanan lebih dari 24 jam, burung dikeluarkan dari kotak dengan cara ditangkap lagi. Pengalaman saya, tingkat stress pada burung berada pada level yang tidak sama. Ada yang 1 hari sudah beradaptasi tapi ada juga yang perlu waktu hingga 2 minggu.

    Saya pernah mendapatkan kiriman murai bahan dari Herry dengan kondisi belum makan voer dan benar2 gress baru keluar dari hutan karena om Herry langsung dapat dari pemikat. Dalam waktu 1 hari, burung sudah bunyi ngeplong. 2 minggu sudah rajin sekali. 2 bulan sudah bisa di trek. 3 bulan kemudian tidak ada yang mnenyangka bahwa burung tsb adalah burung bahan yang baru ditangkap 3 bulan yang lalu. Ini bukan cerita khayalan atau dongeng. Banyak saksi bahkan om Herry sewaktu berkunjung ke Jakarta sempat melihat burung tsb.

    Saya yakin bahwa om Herry sudah lama ingin mengutarakan hal yang sama seperti penjelasan saya diatas hanya saja beliau tidak mau mengekpresikannya secara terus terang di blog ini. Jadi biarkanlah saya mewakili beliau (biar dikirimin murai lagi). Heheheee... Salam peace ya om Ef.

    BalasHapus
  3. Ok, thanks pencerahanya om...

    BalasHapus
  4. mantap Om ben....burung bagus kadang2 gak harus bunyi ngeplong ato ngriwik,,,kl emang yang miara tau itu burung bagus dari bahan, harusnya gak perlu dikomplain,,tggu aja disabarin,,,

    BalasHapus
  5. oh gitu.......wah gmn caranya jadi temen dekatnya om hery ya?biar bisa dikirimin MB........


    atau pesen sm om ben aj ya ada no yg bisa dihubungi om ben?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an kiriman MB nya lancar ke poris. Jangan lupa infokan trotolan yang bagus buat orang cibubur.

      Hapus
  6. om herry....sya dah lama mimpi pngen momongan MB Tangse buat hiburan drumah nech om...cman ampe skr blom ada jlan buat dapetinnya...Tlong bantuannya donk Om Herry biar sya Sgra dpt Momongan MB Tangse....MB MH yang Blom Ngvoer aja pun Bleh Lah Om Herry...asal pilihan Om Herry...dtnggu bantuannya om yach...hehehe.


    Ali,Bangka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nich Om, selama puasa MB sedang sepi di Banda Aceh.

      Hapus
  7. Baik Om Hery.....Mhon Informasinya Om yach klo dah ada...MB MH Yang Blom Ngvoer aja Om..asal Tangse,ujung pancu,Kdeu Bieng bleh2 aja om..Pilihan Om Herry aja yg udah pakarnya..hehe.bleh minta No nya Om, sya Di 081949233345..mks Om Herry.

    BalasHapus
  8. kalo liat pengalaman para pecinta MB mania, memang gak ada habisnya.
    saya di rumah ada 17 ekor burung, rame sekali. dari berbagai jenis burung (murai,kacer,cucak ijo,cucak jenggot,anis merah,kenari,ciblek,pleci,decu,Love bird,tledekan), karena setiap ke kios atau ke tempat teman, liat ada burung bagus main pinang aja hehee.., akhirnya karena capek juga ternyata ngurusnya (tiap pagi butuh waktu satu jam lebih untuk menggantang semua burung)..,karena capek akhirnya bosan, setelah bosan akhirnya satu satu saya jual, saya hanya ingin pelihara yang menurut saya suaranya paling merdu, apa itu.........dia lah "Murai Batu" gak ada bosan nya hehee..

    BalasHapus
  9. pak heri saya dari kuala simpang aceh tamiang, pak heri minta no hp nya ya, saya pengen pelihara MB dari bapak. 081321160144.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya confirm, tapi maaf, sekarang ini saya sedang tidak ada koleksi MB bagus, tapi kalau ada waktu main ke Banda Aceh, saya bisa bantu hunting MB-MB layak untuk dirawat dari teman hobbies yang ada di sini.

      Hapus
  10. om minta n0 hp x d0nx,q m0w psen MB x,,,ni n0w q,082331052796,,di wilayh jateng.

    BalasHapus
  11. salam..kalau di malaysia b0leh juga di kirim MB ini..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kembali. Maaf, tidak boleh dikirim, tapi jika berminat boleh jemput sendiri ke Banda Aceh.

      Hapus
  12. Ass pace hery kamo zulham tinggai di jakarta pace. Puhaba pace. Cicem muray jih mantengna pace. Munyo manteng ne kirem ke kamo pace yang get bacut

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.