Minggu, 06 Juli 2008

Proses Mabung pada MB.


Mabung adalah proses alamiah yang sering dialami oleh sebagian besar burung berkicau.
Mabung adalah proses pergantian bulu pada burung, di mana si burung akan merontokkan bulu-bulu tuanya secara bertahap, untuk digantikan dengan bulu baru yang akan terlihat lebih rapi dan lebih cerah dibandingkan dengan bulu lama yang akan dirontokannya.

MB adalah salah satu burung berkicau yang juga mengalami proses mabung ini.
Berdasarkan pengalaman pribadi, masa mabung awal dari seekor MB dialamnya adalah pada saat usia 9 bulan. Mabung awal ini dikenal dengan sebutan molting (berganti bulu), karena pada saat itu MB merubah bulu trotolnya menjadi bulu dewasa, sekaligus merontokan sebagian bulu-bulunya.

Tetapi masa molting pada MB hasil ternakan (breeding) akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan MB yang hidup di alam.
Hal ini cenderung diakibatkan adanya perbedaan pola hidup dan pola makan antara MB hasil ternakan dengan MB asli hutan.

Setelah melalui masa molting, MB akan terlihat seperti MB dewasa, di mana warna trotolan sudah tidak terlihat lagi dan baru akan mengalami mabung lagi selang 6 bulan hingga 1 tahun setelah itu. MB yang baru mengalami molting biasanya masih menyisakan tanda-tanda berupa bintik berwarna kecoklatan pada sisi sayapnya.

Masa normal bagi MB mabung, mulai dari jatuh bulu pertama hingga copotnya bulu sayap terakhir, biasanya mencapai waku 3 bulan.
Tapi ada kalanya, masa normal ini lebih lama dari biasanya. Hal ini terjadi pada MB yang mengalami macet mabung, di mana mabungnya terhenti di tengah jalan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
MB yang seperti ini cenderung sangat tidak sedap untuk dipandang.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan MB yang sedang mabung, tiba-tiba prosesnya macet. Penyebab utamanya adalah stress yang tinggi dan juga minimnya asupan nutrisi bagi si MB, sehingga mengganggu proses metabolisme tubuh untuk mabung.

Oleh sebab itu, pada masa mabung sebaiknya MB jangan terlalu banyak diganggu dan sebaiknya diasingkan, agar si MB dapat beristirahat dengan tenang dan tidak mengganggu proses mabungnya.
Makanan dan minuman serta EF harus terjaga ketersediannya dan juga harus diberikan secara konstan, demikian juga dengan kebersihan kandang, karena pada saat mabung, MB berada dalam kondisi rentan kesehatannya.

Tanda-tanda awal yang sering dijumpai pada MB yang akan mengalami proses mabung diantaranya adalah :
1. Bulu yang terlihat kusam.
2. Bulu Ekor yang terlihat pecah-pecah seperti sisir.
3. MB yang sebelumnya rajin berkicau (gacor) menjadi malas berkicau.
4. Pada saat ditrek, MB menjadi tidak maksimal dan bahkan bulu-bulunya bisa terlihat berdiri (ngejabrik).
5. Ada bagian bulu tertentu yang mulai rontok secara alami. Bulu yang rontok ini bisa berupa bulu halus yang berasal dari bagian kepala, bisa juga bulu besar dari bagian sayap atau ekor.

Perlu juga diketahui, MB yang secara rutin mengkonsumsi kroto akan menyebabkan bulu-bulunya terlihat cepat kusam. Selain itu MB ini juga akan mengalami masa mabung yang lebih lama dibandingkan dengan masa normalnya.
Hal ini dikarenakan tingginya zat protein yang terkadung dalam kroto yang menyebabkan peningkatan daya tahan tubuh dan stamina bagi MB, sehingga memperlambat masa mabung.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat MB sedang dalam proses mabung :
1. Sebaiknya full krodong. Selain untuk membuat MB menjadi rileks dan tenang, hal ini juga untuk memudahkan proses pembersihan bulu-bulu yang rontok.
2. Untuk sementara, proses penjemuran dihentikan dulu. Untuk mandi, sebaiknya jangan dipaksakan. Letakkan saja cepuk dalam sangkar agar si MB dapat mandi sendiri didalamnya. Hal ini untuk mengantisipasi adanya perubahan pola atau jadwal mandi bagi MB selama proses mabung. Periksa dan ganti air mandinya jika sudah terpakai.
3. Bagian bulu sayap atau ekor yang rontok, sebaiknya jangan langsung dibersihan dari kandang. Sering kali MB mematuk-matuki bagian bulu ini untuk mengambil zat kalsium yang terkadung dari bulu tersebut untuk membantu proses mabungnya. Tulang sotong bisa juga diberikan buat MB sebagai sumber kalsium yang dibutuhkan pada saat mabung, walaupun sebenarnya kandungan kalsium dalam voer sudah mencukupi.
4. Berikan EF yang dapat membantu proses mabung, sehingga pada saat pasca mabung MB akan terlihat indah dan menarik dengan tampilan bulu barunya. EF terbaik adalah belalang hijau berukuran besar yang banyak terdapat pada tanaman palawija. Carilah belalang hijau yang belum bersayap, selain lunak belalang ini kaya akan protein dan vit. E yang dihasilkan dari daun-daunan palawija yang dimakannya.
Alternatifnya, kondisikan saja jangkrik agar mengkonsumsi kacang panjang dan irisan kunyit.
5. Pada saat MB sedang melakukan proses pertumbuhan bulu, terutama menumbuhkan bulu ekor, itu adalah saat yang optimal untuk dimaster dengan suara-suara isian dari burung lain. Biasanya pada saat tersebut MB sedang rajin-rajinnya ngeriwik.
6. Proses mabung baru berakhir pada saat ekor MB terlihat full tumbuh (dorong) dan bagian bulu sayap dari MB sudah rontok semua, karena sering kali MB menyisakan 1 atau 2 helai bulu sayap (terlihat berwarna kecoklatan). Jika bulu sayap ini sudah rontok dan tumbuh normal, barulah MB menyelesaikan proses mabungnya.

Jika MB anda ternyata mengalami masalah dalam proses mabungnya, atau istilahnya macet, maka silahkan coba tips di bawah ini:
1. Coba tempel dengan MB betina dengan jarak 1 meter selama 1 minggu. Setelah itu singkirkan MB betinanya sejauh mungkin. Tunggu hasilnya, MB akan kembali mabung.
2. Coba dimandikan sampai basah kuyup, jangan dijemur, selang beberapa menit langsung krodong. Lakukan rutin setiap hari sampai gejala mabungnya muncul lagi, setelah itu stop.
3. Perbanyak konsumsi UH, pagi 10 sore 10. Hal ini akan memicu MB merontokkan bulunya karena pengaruh panas dari UH.

Anda boleh melakukan salah satu di antara tips tersebut untuk menghadapai MB yang mengalami macet mabung.

200 komentar:

  1. Om HA,
    Ane mo tanya neh, kalo buka krodong kapan kira2 pasnya yah om?
    Kebetulan MB ane hampir tuntas dorong ekornya.
    Thanks atas sharenya

    BalasHapus
  2. Sudah bisa tuch dibuka krodongnya.
    Kalau saya sejak dorong ekor malah tidak pernah dikrodong, hanya saja butuh ruang khusus buat si MB.

    BalasHapus
  3. Om Herry, saya mau tanya nich, MB saya kadang bulu halus putih rontok & bulu besar ekornya juga rontok satu, dan klo saya liat di bagian bulu kepala kusam, apakah MB saya mau mengalami proses mabung???
    Oh ya, MB saya tiap hari rutin saya kasih kroto & jangkrik pagi & sore...
    Mohon pencerahannya Om....Tksh.

    BalasHapus
  4. Itu tanda mau mabung. Sebaiknya kroto dihentikan dulu.

    BalasHapus
  5. loh kok kroto dihentikan? bukannya kondisi mabung nutrisi hrs tercukupi?

    BalasHapus
  6. MB yang terbiasa dengan kroto, akan mengalami kesulitan dalam proses mabung.
    Bulunya yang kusam dan pecah-pecah, belum mau mengalami kerontokan walaupun waktu atau masanya telah tiba.
    Kroto yang kaya protein diyakini sebagai penghambat proses mabung tersebut.
    Penghentian pemberian kroto diharapkan bisa memperlancar proses mabung dari MB. Setelah bulu-bulunya mengalami kerontokan dan terlihat tumbuh kembali, kroto bisa diberikan lagi secara bertahap.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum....
    Bang, mau tanya lg nih,, jika MB lg mabung mendenger suara burung lain yg keras dan lebih tua berpengaruh gak dng mental si MB kelak??
    trims.

    BalasHapus
  8. Jelas berpengaruh dan sebaiknya dihindari.

    BalasHapus
  9. Siang Om Herry,

    Saya mau tanya bagaimana merawt murai yang baru mau dorong ekor ? apakah tetap mandi dan jemur atau full krodong tiap hari nya ? karena udah 3 kali bulu ekor warna hitamnya rontok lagi ketika saya mandi + jemur..

    Salam,
    Anom

    BalasHapus
  10. MB yang sedang dorong ekor, sebaiknya full krodong + dimaster. Tidak perlu mandi jemur. Jaga kebersihan kandang.
    Untuk mandi, cukup berikan cepuk mandi dalam sangkarnya.
    Berikan jangkrik yang telah dikondisikan dengan makanan berupa kacang panjang dan irisan kunyit.

    BalasHapus
  11. om MB saya udh selsai dorong ekor nya...kapan MB tsbt bisa di track kembali...trims om...

    BalasHapus
  12. Salam kenal bang Herry.
    Mau tanya, MB sy sekarang Mulai rontok secara bertahap bulu sayapnya (baru 4 helai) tp masih tetap berkicau dan lincah spt biasanya dan warna bulu2 nya cerah,ekor mulus tidak ada pecah2, sptnya tdk ada tanda2 mau Mabung, Apakah MB sy tsb sedang dalam proses Mabung?
    Sy jadi khawatir, krna terus terang sy blm kepingin MB ini Mabung.!
    MB sy sangat gacor dan banyak sekali isian nya. Apakah klu setelah Mabung nanti isian suara MB sy akan tetap spt isian yg dimilikinya ataukah akan hilang / ada yg berkurang.
    MB sy makan full Kroto, pagi dan sore masing2 porsi 1 sendok makan.
    Tolong pencerahan nya Bang, krna sy masih Pemula dlh hal memelihata MB. Terima Kasih.

    BalasHapus
  13. Sepertinya si MB bukan mau mabung, melainkan sudah memasuki tahap akhir dari proses mabung yaitu menjatuhkan bulu sayap terakhirnya.
    Settingan EFnya ketinggian, usahakan MB mau mengkonsumsi voer dan kroto sebaiknya cukup 2x seminggu dengan porsi 1 sendok.
    Pada saat mau dilombakan baru settingannya dinaikkan.

    BalasHapus
  14. Wahh... Senang sekali sy mendapatkan masukan nya Bang, dan ternyata MB sy bukan mau mabung melainkan proses akrir dari Mabung nya.
    Pernah sy dengar untk menseting MB agar mau makan Poer dgn menaruh Kroto diatas Poer itu, dan semakin hari semakin dikurang porsi Krotonya sampai akhirnya hanya Poer sj yg dimakan nya, apakah betul dgn cara demikian?
    Dan bg mana dgn suara MB setelah Mabung, apakah suara2 isian yg dimilikinya akan hilang / berkurang ataukah tidak? Soalnya sering sy dengar pd saat Mabung adalah kesempatan bg pemiliknya untuk me master MB.
    Terima Kasih...

    BalasHapus
  15. Untuk masalah yang anda tanyakan, sudah saya bahas tuntas pada blog ini.
    Silahkan memasukan kata kunci pada fasilitas yang ada di bagian bawah blog ini untuk mencari artikel terkait.

    BalasHapus
  16. Oke Bang, Terima Kasih.
    Salam Sejahtera.

    BalasHapus
  17. Salam kenal om herry..sy br beli MB dgn kondisi mabung tp udah makan voer..adapun ciri2nya bagian dada,sayap,leher kyk ada semacam bulu njarum2/ngelidi/ngedom2 kata org jawa dan ekor blkg yg hitam sktr 8cm..yg ingin saya tanyakan
    1.MB saya ini mulai rontok bulu ato mulai pertumbuhan bulu? sebab ada bulu halus satu ampe 3 yg jatuh..
    2.gimana cara mengatasi MB saya agar mabung normal dan bulu2ne tumbuh normal..
    Tolong bantuane om her sebab saya br pemula..makasi

    BalasHapus
  18. @Anonim: MB yang memiliki warna keputihan di antara kedua kaki biasanya banyak dijumpai pada MB yang suka mencabuti bulu. Coba perhatikan bagian tersebut, apakah ada tanda bekas pencabutan berupa rongga kosong.
    Jika ada, maka perlu pengobatan.

    @Anditya:
    1. MBnya sedang proses mabung, ada yang rontok dan ada yang sedang tumbuh bulu.
    2. Full krodong dan jangan mandi jemur.
    Jangan lupa untuk dimaster.
    Selebihnya bisa anda baca-baca artikel terkait.

    BalasHapus
  19. om herry saya mau tanya... saya punya mb bulunya udah kusam trus buntut juga udah pecah pecah2.. 2 minggu yng lalu, saya menemukan ada satu helai bulu halus yang rontok, kemudian saya full kerodong karena saya pikir si MB mau mabung ternyata sampe sekarang mb sya belum ada bulu yang rntok lagi, yang mau sya tanyakan
    1. apakah mb saya mau mabung??ato MB saya macet mabung? karena sampe sekarang belum ada bulu yang ronto lagi
    2. bagaimana caranya agar mb saya mabung total?.sejak ada bulu yang rontok setting EF tiga ekor jangkrik pagi dan sore. kroto saya tidak kasih, setiap pagi kandang mb saya bersihkan. mandi+jemur ditinggalkan. saya mohon bantuannya,, terima kasih

    BalasHapus
  20. Coba saja terapkan tips yang saya jelaskan di atas.

    BalasHapus
  21. Salam jumpa kembali om herry mb saya yg prnh saya bahas dalam thread ini kok belum slese2 mabunge adapun ciri2ne bagian tengkuk belakang masi ada bulu rebung kira2 5-10 helai.. Kliru saya udah seminggu nie saya jemur tiap hari selama 30-60 menit dan mandi tiap sore krn bulu dipunggung kayak ga rapi..yang ingin sy tanyakan kok lama yah om bulu rebunge ga tumbuh2 en gmn carane?

    BalasHapus
  22. Anditya: Proses mabung memang lama. Jika belum selesai atau full dorong ekor, MB sebaiknya jangan dijemur dulu.

    BalasHapus
  23. saya ada murai batu aceh super dari tangse,lagi proses jatuh bulu kondisi sebelum mabung gacor agak galak jangkrik 3/3 kroto 3hari sekali bagaimana stelan ef biar tidak terlalu galak stelah mabung mohon tanggapannya bang?

    BalasHapus
  24. Anonim: Setahu saya di Aceh tidak ada Murai Batu Super. Settingan rendah untuk EF dan mandi teratur adalah cara untuk menghilangkan karakter galak.

    BalasHapus
  25. trima kasih bang atas tanggapannya,berapa jarak ideal pemasteran diwaktu mabung memakai mp3 player ataupun burung isian, ef pagi kroto 3/3 jangkrik proses jatuh bulu dengan kondisi mb galak baik tidak,memaster yang terbaik bagaimana ya? proses dorong ekor atau awal jatuh bulu sampai selesai,mohon bang tanggapannya saya bingung.

    BalasHapus
  26. Anda bingung karena anda malas untuk membaca artikel yang sudah saya tulis. Semua sudah saya bahas, jadi silahkan baca arsip-arsipnya.

    BalasHapus
  27. Ass,,
    Mau nyak ne om,,
    biar cepat proses dorong ekor ny gmna ya om cra ny,,
    n klau dmndi kan dgn air rebusan daun sirih, dgan ke adaan mb ny lgi drong ekor ap ad pgaruh ny om.

    BalasHapus
  28. Proses dorong ekor bersifat alami, jadi tidak ada cara instan untuk mempercepatnya. Cukup pakan dan istirahat adalah cara terbaik untuk memaksimalkan proses dorong ekor.
    Dialamnya, MB tidak pernah mandi air rebusan daun sirih, jadi sebaiknya perlakukan MB secara wajar saja.

    BalasHapus
  29. OM....SAYA BARU BELI MB MEDAN SUPER, SAMA YANG PUNYA DULU MB TERSEBUT HANYA DIKASIH VOER DO'ANG ATAU JARANG SEKALI MANDI JEMUR ATO JARANG DI KASI EF ( ALIAS GA PANDE RAWAT ) NAMUN TETAP GACOR NAMUN BELAKANGAN INI.... BURUNG TERSEBUT JADI LOYO, EKOR PECAH2, BULUNYA JADI AGAK MERINDING.... DAN KESEHARIAN SERING NGERIWIK NAMUN SEKALI KALI MENGELUARKAN SUARA BESARNYA.... GIMANA OM CARA MENGEMBALIKAN SEPERTI KONDISI SEMULA... APAKAH BURUNG TERSEBUT MAU MABUNG ATAU EMANG KARENA KURANG RAWAT.... MULAI DARI BELI DAN SAMPAI SAAT INI BURUNG TERSEBUT SAYA FULL KRODONG TAPI BULUNYA GA ADA YANG JATUH, SAYA KASIH JANGRIK 5 PAGI SORE & KROTO MINGGU KAMIS 1 SENDOK.... MOHON SEKALI PENJELASANNYA & SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH BUAT OM HERRY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakanlah huruf kecil dalam memberikan komentar agar enak dibaca.
      MBnya mungkin mau memasuki masa mabung, coba kondisikan dengan pola rawatan untuk mabung.
      Stop kroto, stop mandi jemur, berikan UH pagi 10 sore 10. Jangkrik cukup 3-3.
      Semoga cepat mabung.

      Hapus
  30. Kebetulan saya abis momong MB prestasi dari Surabaya. nah tapi ada sayangya kondisi bulu ekor lepas 1 helai yg panjang(lepas sendiri) yg satu msh ada tetapi da nyerit2, untuk sayap ada yg bulu tinggal tulang tengahnya saya beberapa helai kanan kiri tetapi bulu ekor, badan, dan sayap masih berwarna item agak kecoklatan (lebih banyak itemnya) kata yg rawat dulu da lepas 1-2 ekor helai dan sampai 1/2bulanan ini belum ada yg rontok lg. nah padahal da kebelet ini menampilkannya di lomba. tolong beri saran dan masukkannya donk bagaimana cara merawatnya untuk bisa segera rontok/ambrol tuh bulu dan agar cepat indah lg untuk dipandang dan khusunya segera di lombakan.
    rawatan selama 4 hari di tangan saya :
    jangkrik biasanya 3/3 (dari rawatan lama) saya rubah jd 2/2 ekor perhari.
    UH 5/5
    mandi sabtu aja tanpa jemur .
    kroto 1sendok makan tiap pagi.
    mohon saran dan masukkannya agar segera mabung.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipsnya :
      1. Sabar.
      2. Full Krodong dan jangan diganggu.
      3. Tempatkan pada lokasi yang sepi dan cenderung bersuhu rendah (adem).
      4. Stop kroto, Jangkrik bisa 3-3 dan UH 10-10.
      5. Stop mandi jemur (berikan saja cepuk air di dalam sangkar buat mandi.
      6. Semoga dalam beberapa hari ke depan akan terlihat reaksi kerontokannya.

      Hapus
    2. Jadi kroto di stop dulu ya om.
      perlu diberikan cacing/Ulat bambu gak om?

      Hapus
    3. maaf om Herry tanya lagi, udah seminggu ini bulu mb gak ada yg jatuh dan semakin sering ngriwik dan kadang2 ngeplong tetapi say belum tau apa da mentok pa blm ekornya. soalnya saya gak bisa mengukurnya apa bener2 da mentok pa blm. trus caranya gimana untuk mengetahuinya kalau udah mentok full ekornya?
      dan apakah sekrng boleh di jemur pagi hari hanya sekitar 10mnt aja?
      dan satu lagi apakah udah mulai untuk mencari settingannya?
      terima kasih om.

      Hapus
    4. Salah satu ciri MB sudah full dorong ekor jangan dilihat dari panjang ekornya tapi coba perhatikan bulu sayapnya. jika masih ada bulu sayap yang berwarna agak tua atau kusam (biasanya 2 lembar di sisi kanan dan 2 lembar di sisi kiri) belum jatuh, itu belum kelar prosesnya. Tapi jika bulu sayap warnanya semua cerah (warna bulu baru), berarti prosesnya mabungnya sudah sempurna.

      Hapus
  31. om, MB saya sedang mabung bulu ekor sdh rontok semua tetapi badan & sayap belum semua dan setelah -/+ 2bulan bulu ekor sdh tumbuh kira2 2-3cm sedangkan sayap dan badan MB tidak rontok semuanya, apakah MB saya hanya nyulam atau macet mabung!
    mhn info dan cara penanggulangannya untuk MB saya, tks.

    BalasHapus
  32. naya donk Om,
    Saya mempunyai MB sudah -/+ 2bulan mengalami mabung hingga sekarang, bulu ekor sdh rontok semua tetapi bulu sayap dan badan belum semuanya, dan sekarang bulu ekor sudah tumbuh -/+1cm tetapi bulu sayap & ekor belum rontok semua, apa disebut MB saya macet mabung/nyulam atau apa ya om?
    cara penangananya gimana ya Om?? sebelumnya tks Om!!!

    BalasHapus
  33. Bisa saja itu proses nyulam. Coba perhatikan bulu sayap atau bulu bagian dadanya, apakah masih terlihat cerah (tidak kusam), jika ya, berarti MB anda sedang nyulam. Untuk sementara full krodong saja dulu hingga ekornya tumbuh sempurna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tks infonya Om,,,
      bagaimana dengan pemberian EFnya? apa tetap di kasih UH tiap pagi & sore atau stop UH hanya jangkrik saja, atau ada lagi cara penanganannya selain itu?
      untuk ekor full dorong kira2 berapa lama Om?

      Hapus
    2. UH sebaiknya jangan terlalu sering diberikan (sewajarnya saja) 3-5 ekor per hari sudah cukup.
      Kalau full dorong ekor dalam kondisi nyulam, anda bisa perkirakan sendiri sepanjang apa ekor MB anda sebelumnya, jika sudah tumbuh sepanjang itu, artinya ekor sudah full. Lamanya bisa mencapai 2 bulan tergantung pola rawatan. Hindari dulu proses penjemuran.

      Hapus
    3. tks infonya Om,
      yang saya perhatikan dari MB saya bulu dada masih ada yg kusam, sedangkan bulu sayap ada yg tinggal tulang tengah sedangkan bulu ekor dorong -/+2cm,
      1. apa disebut macet mabung, bagaimana cara mengatasinya? (EF dan perawatan harian)
      2. selama ini EF jangkrik 3/3 & UH 10/10, yg saya lihat MB menjadi gemuk dan sama sekali tidak menyentuh pur nya & malas bunyi, sebelumnya MB ramping & rajin griwik, jika saya puasakan MB tersebut agar menjadi ramping kembali ada efeknya gak om?

      Hapus
  34. om sy pemula
    mau tnya sy punya murai batu tp kondsi blu ekor rusak sperti sisir trus blu dada mengembang smpe naik diatas sayap,,brusan tadi pagi mau sy mandikan ad 1helai blu dada yg rontok,,trus tu MBnya gak mau mandi...kira2 apakh itu tanda proses MBnya mau mabung...trims

    BalasHapus
  35. Bisa jadi itu tanda awal mau mabung. Coba terapkan pola rawatan untuk MB mabung. Semoga mabungnya berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  36. Ass. Om Herry
    Saya lg rawat trotol +/- umur 4,5 bulan sekarang lagi proses ganti bulu. Rawatan kroto 2 sdm tiap hari, jangkrik 1/1, mandi kramba tiap pagi.
    Yang saya tanyakan :
    1. Apakah proses ganti bulu dari trotol ke bulu dewasa harus full krodong?
    2. Apakah pola rawatan yg saya terapkan sudah tepat? Jangkrik perlu ditingkatkan?
    Mohon saran/masukannya Om. Wass

    BalasHapus
  37. Ass. Om
    MB trotol saya lg proses ganti bulu dari trotol ke bulu dewasa. Rawatan sekarang harian kroto 2 Sdm/hari,jangkrik 1/1, mandi keramba tiap hari. Yg saya tanyakan :
    1. Apakah ganti bulu trotol disebut mabung?
    2. Apakah harus full krodong?
    3. Apakah pola rawatan sudah tepat atau jangkrik perlu dinaikan?
    Mohon pencerahan Om. Wass

    BalasHapus
  38. Ass. Om
    MB trotol saya lg proses ganti bulu dari trotol ke bulu dewasa. Rawatan sekarang harian kroto 2 Sdm/hari,jangkrik 1/1, mandi keramba tiap hari. Yg saya tanyakan :
    1. Apakah ganti bulu trotol disebut mabung?
    2. Apakah harus full krodong?
    3. Apakah pola rawatan sudah tepat atau jangkrik perlu dinaikan?
    Mohon pencerahan Om. Wass Dany

    BalasHapus
  39. @Dany :
    1. Ganti bulu pada trotol sering disebut sebagai molting, sebab tidak semua bagian bulu ikut rontok dan berganti dengan yang baru.
    2. Sebaiknya masa molting juga harus full krodong agar burung bisa istirahat dan mempercepat proses moltingnya.
    3. Mandi jemur sebaiknya stop dulu dan kroto cukup 2 x seminggu jangkrik 3-4 pagi sore.

    BalasHapus
  40. Makasih Om Atas pencerahanya

    BalasHapus
  41. ass, om
    sy mau tanya knp murai batu sy ada bulu kecil abu2 yg rontok ya, apa kah mau mabung? trus knp bulu ekornya agak begelombang?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulu-bulu kecil yang berjatuhan dalam jumlah besar, bisa 5-10 lembar perhari, adalah salah satu tanda MB mau mabung. Ekor yang bergelombang cenderung disebabkan oleh penjemuran berlebihan yang dilakukan pada saat MB sedang dorong ekor.

      Hapus
  42. om saya ada MB mabung 2 ekor. untuk yg mb1 dia selama mabung da sebulan ini aktif sering ngeplong2 dan mb2 sebulan sudah proses mabung dan gak pernah ngeplong kadang2 ngriwik, padahal mb2 ini sering prestasi, apakah nantinya setelah proses mabung selesai apa nantinya bs gacor owor2 lg ya? selama ini kliatan tinggal tumbuhin ekor dan ada sayap 4 helai kanan kiri yg belum jatuh.
    dan apakah sekarang baru bs untuk mencari settingannya ya?
    terima kasih.

    BalasHapus
  43. salam kenal om herry,saya mau tanya,sy pnya kacer,bulu pada bagian dada dibawah sayap kiri dan kanan pecah2,gmna cara mengatasinya.

    BalasHapus
  44. pa kbar om herry,sy mau tnya,saya jg pnya kacer yang masih trotol udah 2 bln gak gnti2 bulu gmna cara nya agar kacer nya ganti bulu?,mohon saran nya om herry.

    BalasHapus
  45. 1. Tidak ada istilah bulu pecah pada bagian dada, yang ada adalah si burung mencabuti bulu bagian dada bawahnya. Itu artinya ada sesuatu yang mengganggu, bisa saja jamur atau kutu. Coba semprot dengan air yang dicampur cairan anti septik pada saat dimandikan.

    2. Proses molting pada trotol akan terjadi secara alamiah. Jadi biarkan saja dan jangan dipaksakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pa kabar om herry?......
      saya mau tanya om herry,mb saya kemarin 2 hari berturut turut bulu bagian bawah perut nya rontok sekitar 4-5 helai,kemudian hari berikut nya sampai hari ini bulu nya gak ada rontok lagi,apakah mb saya macet mabung?..,padahal terapi mabung nya sudah saya mohon pencerahan nya om herry,
      terima kasih.

      Hapus
  46. om herry saya mo nanya nih
    1. Berapa lama sih MB dorong ekor sampe full? (utk yg ekor panjang)
    2. Kenapa Ekor MB sebelum mabung panjang, setelah mabung kok jadi pendek? (sperti kasus milik teman saya)
    3. Apakah benar utk MB mabung pertama kali, memakan wkt cukup lama ?
    mohon di jawab ya om herry makasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Ukuran normal dari mulai rontok hingga full adalah 2-3 bulan.
      2. Umumnya terjadi karena minimnya pemberian EF, tidak dikondisikan full krodong dan proses penjemuran yang dilakukan pada saat dorong ekor.
      3. Tidak, tergantung dari jenis MBnya (tangkapan hutan atau tangkaran) dan proses perawatannya.

      Hapus
  47. salam kenal om,saya mau tanya saya punya trotol mb umur kira2 3 bln,atpi belum ada tanda2 ganti bulu dewasa,udh ga sabar nich om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika MB trotolnya adalah MB tangkapan hutan, proses ganti bulunya relatif lebih lama dibandingkan dengan trotolan hasil tangkaran. Jadi bersabar saja dengan trotolan ini, jika sudah masanya pasti akan ganti bulu dengan sendirinya. Biarlah prosesnya berjalan secara alami.

      Hapus
  48. Salam kenal Ome

    Saya baru punya MB Aceh MH, suara lumayan ramai dan berisik walau belum bongkar, kebetulan dirumah juga ada pelatuk bawang lumayan gacor,pleci, kacer, yang letakan 7 - 8 meter dari MB.Belakangan ini MB saya ada beberapa bulu dada dan sayap yang jatuh, saya kondisikan full kerodong, jangkrik 5/5, kroto sesukanya, alhasil MB malah suara serak kasar seperi pelatuk bawang tapi masih pendek, bila dedekati terdengar spt mendengkur (hrr hrr rrhhh) . apakah dengkuran dan serak tsb akibat pengaruh dari mabung, atau suara pelatuk bawang yang keras dan kasar, atau memang ada penyakit, mohon pencerahan dan penanganannya Om....

    terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB yang sedang dalam proses mabung umumnya mengalami gangguan metabolisme. Salah satu dampaknya, MB cenderung bersuara seperti serak.
      Selama proses mabung, sebaiknya kroto stop dulu dan baru diberikan kembali pada saat MB terlihat dalam proses dorong ekor. Ikuti saja pola rawatan untuk MB mabung dalam menghadapi MB ini.
      Solusi buat suara yang serak, bisa diberikan larutan penyegar sebagai pengganti minumnya selama 2-3 hari, jika belum berhasil bisa diberikan cacing merah pagi 2 sore 2 selama 1 minggu dan langkah terakhir bisa diberikan cairan Marvel Aid dalam minumannya.

      Hapus
  49. Salam kenal om...
    sy punya MB yg udah mabung sekitar 3 bln lebih, dan kondisi saat ini tinggal 1lbr bulu sayap sebelah kanan yg belum jatuh, bulu sayap sebelah kiri udah jatuh sekitar 2 minggu yg lalu dan bulu ekor sepertinya udah full semua. selama dorong ekor hampir 1bln MB saya gantang di keramaian karena MB masih sangat giras. apakah kondisi spt ini masih normal atau udah macet mabung, dan apakah perlu dilakukan settingan EF spt pada saat pertama mabung dulu

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali.
      Seharusnya selama dorong ekor MB dikondisikan untuk full krodong dan dimaster, bukan digantang dikeramaian. Hal ini beresiko akan merusak ekor MB, apalagi jika MBnya masih giras.
      Macet mabung terjadi jika MB sedang rontok tetapi rontoknya tidak tuntas, hanya sebagian saja.
      Melihat apa yang terjadi pada kasus MB anda, sepertinya prosesnya normal.

      Hapus
  50. Om herry salam kenal..
    Saya punya satu murai batu medan, saya beli masih muda hutan, setelah 4 bulan saya rawat sekarang lagi mabung dalam proses dorong ekor. Setelan saya tiap hari tiap pagi kroto 1 sendok + jangkrik ps 5/5. Saya mau tanya Om :
    - apa setelan saya sudah benar ?
    - MB saya mandikan 3 hari sekali, masuk karamba saya semprot sprayer (krn tdk mau mandi sendiri), abis itu dianginkan sebentar (tanpa jemur) langsung full krodong sampe sore. Krodong nya gak sepenuhnya saya tutup tp saya buka sedikit biar udara masuk. Begitu tiap hari..,menurut Om herry apa itu sdh benar ?
    - MB saya kok seringnya ngeriwik saja ya Om ?..bgmn melatih supaya bs rajin ngeplong ?
    Sebelumnya Trimaksih pencerahannya Om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali.
      Perawatannya selama mabung (dorong ekor) sudah benar Om.
      MB memang akan cenderung ngeriwik selama proses dorong ekor, makanya banyak hobbies yang memaster MBnya pada saat dorong ekor.
      Pada saat selesai dorong ekor, MB pasti akan kembali ke sifat fighternya dan akan ngeplong lagi.
      Jadi sabar saja Om.

      Hapus
  51. salam kenal om herry,
    om saya punya MB semi ada bulu halus yg rontok n bulu panjang udah kelihatan rontok apakah itu lagi mabung?uda full krodong,kroto satu sendok setiap hari.cacing kandang dan jangkrik 5 pagi sore kadang2 jangkrik tak baluti madu n ga tak kasih voer,tiap malam tak degerin suara MB untuk master lwat hp,apakh da bener setelan itu om?n apakh perlu di jemur n mandi.terus kandangnya uk.45 gmn apakh itu juga terpegaruh proses mabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu ciri MB yang memasuki masa mabung adalah adanya kerontokan bulu, baik bulu halus maupun bulu besar dalam jumlah relatif banyak dan kontinyu.
      Sebaiknya MB yang memasuki masa mabung dikondisikan untuk full krodong dan tidak perlu mandi jemur.
      Kroto sebaiknya distop dulu hingga si MB bersalin bulu dan terlihat menumbuhkan ekor. Demikian juga dengan proses pemasteran, sebaiknya dilakukan pada saat MB dorong ekor.

      Hapus
  52. siang om herry

    mau tanya ni,,,saya punya mb bakalan baru beli,saat beli bulu ekor yang hitam hanya tinggal 1,saat sampai rumah selang beberapa hari saya mandikan ternyata bulu ekor yang hitam itu rontok,apa itu proses mabung??,tp bulu hitam d atas leher masih mengkilat,maklum baru pemula,mohon infox terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sich bukan mabung.
      Ciri MB mau mabung bisa dibaca di atas, salah satunya adalah kecenderungan warna kusam pada semua bagian bulunya.

      Hapus
  53. om, saya kemarin maen ke rumah teman. Liat murai medan punya teman masih trotol, dia beli dari penangkar. baru umur 4 bulan sudah bisa ngeplong, wah jadi tertarik saya, jadi pengen beli juga.
    Tadi teman bilang murai nya skrg lagi mabung, bulu nya baru rontok yg halus. saya mau tanya: kalo murai penangkaran dari trotol apa proses mabung nya ada perbedaan pola dan rawatan bila banding yang dari hutan (soalnya kalo murai hutan biasanya dapetnya uda bentuk dewasa)?...trus apa sudah bisa di master saat mabung trotol tadi ?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB hasil tangkaran akan mengalami proses molting (pergantian bulu dari trotol ke dewasa) lebih cepat dibandingkan MB trotol hasil tangkapan hutan. Jika MB hasil tangkaran sudah memasuki masa mabung pada usia 3-4 bulan, MB trotolan hasil tangkapan hutan baru memasuki masa molting pada usia 9-12 bulan.
      Pemasteran sebaiknya dilakukan bukan pada saat molting awal terjadi, tapi pada saat si MB sedang proses menumbuhkan ekor (dorong ekor).

      Hapus
    2. assalamualaikum.. om saya pemula baru 3 hari dikasih MB sama teman dr kampung. MB saya ini bulunya semua kusam tidak beratusan tapi hanya bulu ekor warnea hitam yg lepas 1 dan klu saya bersiul atau tepuk tangan dia selalu merespon tapi hanya dengan ngeriwik2 saja tidak pernah ada kicaunya. apakah ini yg dinamakan madung atau hanya setres karna terlalu lama didalam kardus kecil pada saat diperjalanan. gimana caranya agar MB saya ini bisa kembali pulih? tolong penjelasannya. makasih

      Hapus
    3. Wa'alaikum salam.
      Sebaiknya anda bersabar saja. Tidak ada yang instan dalam perawatan MB.
      Coba berikan jangkrik atau kroto secara teratur dan MBnya juga dimandikan serta dijemur secara teratur, kelak akan terlihat hasilnya.

      Hapus
  54. assalamualaikum.. om saya mau tanya lagi kemaren MB saya ini didekatkan dangan MB tetangga,terus MB tetangga selalu berkicau sedangkan MB saya hanya membalas dengan keriwik2 aja sambil goyang goyangkan ekornya. apa ini bisa menimbulkan masah buat MB saya? kenapa bulu sayap MB saya banyak yg putus bukan lepas terus ada yg masih kecil kecil. tolong penjelasannya dan cara menanggulanginya. makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda tipikal hobbies yang tidak sabaran. Hobbies seperti anda banyak yang dianggap merusak prospek MB. Tunggu sampai MB anda mabung baru bulunya kembali terlihat normal. Untuk saat ini, MBnya istirahatkan dulu, rawat dengan baik dan benar, jangan terpancing untuk langsung ditrek dengan MB lain.

      Hapus
  55. om MB saya tanggal 14 Agustus kemaren sudah mulai masuk masa mabung, ga semua ambrol, ekor nya sekarang sudah mulai tumbuh baru semua,
    1. apa udah boleh di buka krodong dan mulai di jemur om?

    2. burung ini kemaren2 sebelum mabung suka nyabutin ekor setelah mabung ini bakalan nyabutin lagi ga ya om?

    makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama masa dorong ekor, MB tidak perlu dijemur. Tetap full krodong dan jangan lupa dimaster. Pada saat ini, jaga kebersihan kandang dan berikan EF sedikit berlebih untuk memaksimalkan proses pertumbuhan bulu.

      Hapus
  56. assalamualaikum.... jadi nunggu sampai mabung dulu MB saya baru bisa normal kembali? dan perawatannyapun seperti yg sdh dijelaskan diatas? mudah-mudahan MB saya cepat mabung dan bisa normal kembali' makasih banyak atas penjelasannya.

    BalasHapus
  57. Febry Kurniadi8 Oktober 2012 20.36

    Assalamualaikum wr.wb.,maaf gangu om,saya memiliki murai batu aceh,kemarin sudah ada tanda awal burung memasuki masa mabung,yang ingin saya tanyakan,apaa pengaruhnya jika kita memberi pakan kroto,pada saat MB sedang kondisi mabung?mohon penjelasannya om,saya pemula,terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Sebagian besar MB-MB lomba adalah MB yang rutin makan kroto. Kebanyakan MB-MB lomba lambat mengalami proses mabung sampai ekornya terlihat kurang bagus (pecah-pecah) dan bulunya sedikit kusam.
      Kroto yang kaya akan protein cenderung memperlambat proses mabung. Kroto baru baik dikonsumsi pada saat MB terlihat salin bulu atau dorong ekor. Kandungan nutrisi dan proteinnya akan mempercepat proses pertumbuhan bulu. Tapi jangan terlalu banyak, sebab selama dorong ekor MB akan cenderung istirahat dan proses pembakaran juga sedikit sehingga MB akan mudah menjadi gemuk dan kelak akan lebih malas berkicau.

      Hapus
  58. Febry Kurniadi10 Oktober 2012 16.33

    Assalamualaikum wr.wb,maaf banyak tanya ne om,maklumlah pemula om,setelan EF yang baik saat burung sedang dalam kondisi mabung(sebelum dorong ekor)apaa yaa om?mohon dibalas om......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda tipikal orang yang malas membaca. Pada artikel ini khususnya di bagian akhir sudah dijelaskan bahwa EF berupa UH atau Ulat Hongkong adalah EF terbaik untuk memicu proses mabung.

      Hapus
  59. Ass. Permisi om, ada yang saya mau tanyakan, saya punya rawatan murai batu dr trotolan, skr ini usia sekitar 10 bulanan, seminggu yg lalu ekor panjang nya copot 1 helai, ekor panjang 1nya lg, 3hari berikut nya, copot kembali,terkadang bulu atas badannya seperti merinding, dan bulu sekitar wajah ada yang putih seperti komedo, tp masih rajin bunyi bunyi ngeplong keras,
    sampai saat ini perawatan murai nya, mandi pagi sore, jemur 1jam, kroto tiap pagi saja 1sendok makan,jangkrik 4/4 pagi sore,
    yang saya tanyakan, apakah murai sy mau mabung, kalau iya mau mabung, apa tindakan yang harus saya lakukan,
    mohon saran nya om, krn niy murai kesayangan sy om heee.....
    Terima kasih banyak om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika jarak molting (ganti bulu yang pertama) dengan jatuhnya ekor kurang dari 3 bulan, bisa jadi MBnya bukan mengalami mabung, tapi nyulam atau nyisip bagian ekornya saja.
      Coba perhatikan, apakah bagian bulu lainnya terlihat kusam atau ada bulu-bulu halus yang jatuh. Jika tidak, itu artinya cuma nyulam. Biarkan saja nanti ekornya yang jatuh akan tumbuh dengan sendirinya. Sebaiknya penjemuran dikurangi dulu. Cukup selama 5-10 menit di poagi hari saja.
      Kalau memang ternyata mau mabung, kondisikan saja seperti artikel di atas.

      Hapus
  60. salam kenal om herry,
    Om saya mau nanya om,MB saya bulu sayapnya habis itu kenapa om,terus biar tumbuh bagus lg caranya gimana om,mohon pencerahannya om.maaf om saya baru punya MB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali.
      MB yang bulu sayapnya hampir habis dan hanya menyisakan tulang bagian bulunya saja, adalah tanda MB yang sebenarnya sudah memasuki masa mabung.
      Kondisikan saja MBnya untuk mabung dengan cara full krodong, stop mandi jemur dan berikan UH pagi 10 sore 10. Semoga MBnya cepat mabung. Pasca mabung bulunya akan kembali cerah dan rapi.

      Hapus
  61. asalamualaikum... om saya pemula mau tanya. saya baru beli MB muda hutan, kata yg jual umurnya -/+ 10blm. yg saya bingung bulu ekor utama yg paling atas warna hitam lebih pendek dari ekor hitam yg dibawah. terus sekitar setengah bulan ada bulu sayap yg jatuh satu tapi bulu yg lain semua ngga ada yg kusam atau rusak. apakah MB saya ini dalam keadaan mabung? dan bagai mana cara merawat MB saya agar kenbali normal? mohom penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar saja, MB anda sedang mengalami masa nyulam bulu. Nanti ekornya akan panjang dengan sendirinya.
      Untuk sementara krodong saja dulu, dan berikan EF secara tertatur, jangkrik 3-5 pagi dan sore serta kroto 2x seminggu. Jangan dijemur dulu hingga ekornya sudah tumbuh maksimal.

      Hapus
  62. asalamualaikum... apa saat nyulam bulu MB bagus kalau dimasterin makasih atas penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyulam berbeda dengan mabung. Pada saat mabung, kebanyakan MB akan istirahat dan malas berkicau. Pada saat itulah waktu yang tepat untuk pemasteran.

      Hapus
  63. aslamualaikum... om ternyata MB saya mulai menjatuhkan bulu halusnya juga bulu dada dan bulu kepala tapi tidak banyak'mungkin sekitar 1-2 helai perhari dan bulu sayapnya ada lagi yang lepas 2 helai tapi yang saya bingungkan kenapa bulu ekor utama sudah hampir pul dorong apakah MB saya ini nyulamnya normal. perawatan yang bagaimana yang terbaik untuk MB saya agar bisa kembali normal. mohon penjelasannya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB anda memasuki masa mabung, hanya saja mungkin anda tidak mengkondisikan MBnya dengan pola rawatan MB mabung sehingga kasusnya seperti itu.
      Coba full krodong, stop sementara mandi jemurnya dan berikan EF berupa UH pagi 10 sore 10 setiap hari dan hentikan dulu pemberian kroto.

      Hapus
  64. Assalamu'alaikum Pak Herry.
    Saya pernah membaca dari beberapa referensi bahwa metabolisme murai pada saat mabung akan meningkat 30-40%, sehingga cenderung pada saat itu murai membutuhkan asupan gizi/EF yang lebih besar baik secara kuantiti maupun kualitas. Yang ingin saya tanyakan apakah pemberian EF ini kita berikan pada saat murai mulai mabung atau pada saat murai mulai menumbuhkan bulu2nya / dorong bulu / dorong ekor?. Mohon pencerahannya ya Pak Herry. Terima kasih dan Wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Metabolisme itu terkait dengan kalori, lemak dan protein dan unsur atau zat lain yang dbutuhkan tubuh.
      Pada saat dorong ekor, MB membutuhkan banyak sekali zat kalsium dibandingkan unsur lain dalam komposisi makanannya, sebab kalsium adalah unsur utama dalam pembentukan tulang dan bulu.
      Sering kita jumpai, pada saat mabung, MB sering mematuki bagi ekor atau sayapnya yang jatuh. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan zat kalsium yang menempel pada bagian bulu yang jatuh.
      Jadi, sebaiknya pemberian EF yang lebih besar dilakukan pada saat MB sedang dorong ekor.
      Ikan-ikan kecil yang diberikan secara hidup dalam tempat minummnya adalah sumber kalsium yang baik buat MB.

      Hapus
  65. om herry MB saya sudah beres mabung, sebelum mabung MB saya punya sejarah gigitin ekor, setelah saya lihat2 seperti nya MB saya ini pernah di trek sama pemilik nya terdahulu dan drop mental nya sampe gigitin ekor gitu, penanganan MB drop mental gimana ya om? supaya mental MB saya ini bisa kembali normal kembali, terima kasih sebelum dan sesudahnya,

    wassalam, ario.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB dengan latar belakang seperti itu biasanya memang MB yang pernah drop mental. Solusi terbaik adalah membangun kembali mentalnya dengan cara dipelihara sendirian untuk jangka waktu tertentu. Jangan mudah tergoda untuk cepat-cepat mengetrek MB ini. Perawatan selama 1 x mabung adalah waktu minimal untuk proses pemulihan mental.

      Hapus
  66. Assalamualaikum.
    Pak Herry, saya mau menanyakan tentang pemberian EF berupa ulat hongkong utk murai batu pada saat mabung ataupun tidak mabung. Apa benar mitos tentang adanya pemberian UH dapat menyebabkan katarak pada mata murai kesayangan kita, sebab di satu sisi kita memang melihat bahwa UH dapat membantu mempercepat proses mabung ataupun meningkatkan fighter murai pada saat di trek. Mohon penjelasannya ya pak, soalnya terus terang saya agak takut juga kalo murai saya sampai katarak....hehehe.
    oh ya pak, berapakah standarisasi pemberian UH yang aman menurut pak Herry.
    Terima kasih pak, sukses trus buat pak Herry.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Katarak adalah kekeruhan berbentuk selaput berwarna keputihan yang menutupi lensa mata.
      Pada banyak kasus, katarak bisa disebabkan oleh cedera pada mata, penyakit, obat-obat tertentu, infeksi virus dan faktor keturunan.
      Katarak umumnya dijumpai pada MB-MB yang sudah berusia tua dan juga MB-MB yang terlalu sering mendapat paparan sinar matahari secara terus menerus dalam jangka panjang.
      Belum ada satupun penelitian yang membuktikan bahwa makanan adalah salah satu faktor pemicu katarak, termasuk pada MB.
      Jadi, pemberian UH pada MB tidak bisa dikatakan sebagai pemicu katarak.
      Settingan UH untuk MB mabung pagi 10 sore 10.

      Hapus
  67. salam kenal pak herry,saya pemula merawat murai batu,saya bingung,MB saya kemarin bulu bagian bawah perut diantara kedua kaki rontok,sekarang udah 4 hari bulu nya gak ada rontok lagi sampai saya coba semprot pakai zenka namun bulu nya gak rontok juga.kenapa dengan murai batu saya pak herry apakah lagi mabung atau tidak,terapi mabung udah di lakukan ditambah UH 10 pagi/sore.keaadaan bulu ekor yang hitam pecah pecah kayak sisir,sayap hitam kecoklatan.mohon pencerahan nya pak herry cara mengatasi dan rawatan yang baik buat MB saya.

    BalasHapus
  68. assalammualaikum om herry.
    mohon infonya nih.

    saya baru beli mb mh, mb ini di sayapnya masih ada bulu trotol coklat nya 1 atau 2 helai, tapi bulu lainnya sudah bulu dewasa.

    yang saya ingin tahu perawatan untuk burung seperti ini gimana om? versi mabung atau rawat biasa saja?

    sekarang burung sudah mau ngevoer, dan sudah seminggu dirumah di kerodong dan kadang di angin''kan di teras pagi hari.

    terima kasih om. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      MBnya sebaiknya dirawat biasa saja.
      Kalau sudah ngevoer, buka saja krodongnya dari pagi hingga sore untuk membiasakan si MB beradaptasi dengan lingkungan barunya.
      Gantang pada tempat yang sedikit tinggi.

      Hapus
  69. assalamualaikum. bapak yang baik hati saya mohon pencerahannya, saya punya mb medan gacor mental ok habis mabung cuman skrg lg dorong ekor dikit lagi paling beberapa cm lg, saya iseng tangkap tuh mb saya cuman pengen ngukur ekornya, eh pas disimpen ke sangkar lagi kok jadi stress burungnya jd giras dan gak mau bunyi, gimana solusinya pak supaya mb saya normal kembali, saya juga jadi ikut stress ini. mohon pencerahannya pak, terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      MB yang ditangkap tangan cenderung akan mudah stress. Solusi terbaik, berikan EF rutin dan sesekali (jangan keterusan) berikan jangkrik dengan tangan. Selain itu, anda harus sedikit bersabar sebab biasanya selang beberapa hari MB akan kembali normal.

      Hapus
  70. Om Herry, saya barusan beli murai teman saya dengan kondisi tanpa ekor, sewaktu beli ada satu bulu ekor yang jatuh dibawah sangkar, beberapa hari setelah itu ada bulu sayap yang jatuh, setelah sy beli burung saya kerodong menurut petunjuk artikel Bapak, akan tetapi rontoknya bulu yang berikutnya lama sekali, kira2 seminggu setelahnya baru rontok lagi bulu sayapnya, sangat berbeda dengan murai sy yg lain yg sdh selesai mabung, mohon pencerahannya Pak Herry, sy sdh kasih voer dan kurangi kroto-nya tapi sangat lambat perkembangan mabungnya, padahal sy udh kasih ruangan tersendiri meskipun suara burung lain masih terdengar sich..,ekor-nya juga belum kelihatan ada tumbuh sama sekali udh sebulan nih dirumah saya...apa yg mesti dilakukan ya Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar saja, kalau memang sudah memasuki masa mabung pasti akan rontok bulu-bulunya. Jangan lupa brikan UH pagi 10 sore 10 untuk merangsang proses mabungnya.

      Hapus
    2. ok Pak,mulai hari ini sdh sy kasih UH @ 10 ekor pagi -sore, terimakasih

      Hapus
    3. Slmt pagi Pak Herry,
      Pak setelah sy tanya ke pemilik lama, murai yg sy pelihara saat ini sebelumnya ekornya karena patah setengah jadi dicabutin sekalian sama orangnya Pak, kalau kondisi seperti ini apakah masih bisa tumbuh normal nanti ekornya Pak?

      Hapus
    4. Bisa, tapi anda harus sabar.

      Hapus
  71. pagi om Herry saya punya murai sedang berganti bulu dewasa skarang sedang dorong ekor tapi kenapa terlalu galak kalau liat burung lain langsung ngebetmen tangan saya masuk langsung dipatuk setingan sekarang jangkrik 4/3 kroto setiap hari 1sendok makan,murai saya juga jinak sekali om karna saya loloh sewaktu kecilnya.tolong om Herry berikan solusinya please

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya berat.
      MB yang sudah terawat seperti itu sejak trotolan akan sulit dirubah karakter jinaknya, apalagi jika majikannya suka mengganggu si MB dengan tangan.
      Sebaiknya lempar saja ke kandang umbaran berikan makan dan minum secukupnya dan jangan terlalu diperhatikan untuk membuat si MB supaya sedikit giras.

      Hapus
  72. trimakasih om Herry,sedih juga perjuangan saya selama 7 bln merawatnya dengan harapan punya jagoan ternyata salah perawatan.sepertinya saya harus cari murai lagi,lebih baik beli trotol apa muda hutan ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari saja yang muda hutan, selain harganya lebih murah, trotolan hutan juga tidak ada di pasaran sebab bukan musimnya.

      Hapus
  73. om mau tanya ??. pada ekor murai batu yg panjang tu dua duanya patah , trus ak cabut dua duanya ,, tapi tdk berdarah , yg saya tanyakan , butuh waktu berapa lama ekor bisa tumbuh maksimal ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya baru tumbuh normal pada saat mabung.

      Hapus
    2. berarti sebelum mabung apa bisa tumbuh om ?

      Hapus
  74. Masukan anda bagus bagus om herry,,
    saya hendry dari jawa tengah,hanya mau tanya,ada 2 mb piyikan bgs yang 1 minta lolohannya keras tubuh sempurna,yg 1tretekannya bgs adan rapet,,tp sayang kaki kelingkingnya agak melungker atau g bisa lurus saat nangkring,itu bgs g kalo dibeli??menuut jenengan pilih yang mana??trima kasih pak herry sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB lolohan relatif kurang prospek untuk lomba. Selain mudah menjadi jinak, MB lolohan juga rentan terhadap berbagai macam penyakit dan perubahan cuaca.

      Hapus
  75. Assalamu'alaikum pak herry,
    Alhamdulillah setelah saya membaca beberapa tulisan bapak tentang pemberian UH 10 p/s plus jangkrik 3 ekor p/s pada saat MB proses mabung, MB kesayangan saya lancar rontok bulu nya dalam kurun 1 bln. Saat ini yang tertinggal hanya 2 lembar ekor putih yg paling pendek. Tapi saya agak bingung nih pak, dengan masih adanya ekor putih yang tertinggal ekor hitam nya sudah mulai dorong, bagaimana dengan pemberian EF nya ya pak? Apakah pemberian porsi UH nya tetap saja atau kita kurangi diganti dengan full jangkrik? Mohon pencerahannya ya pak. terima kasih dan Wassalam.

    BalasHapus
  76. Assalamualaikum pak. mau tanya klo mb lg dorong ekor di jodohkan dengan betina gak apa apa? makasih

    BalasHapus
  77. Assalamualaikum om Herry salam kenal.
    sy punya MB medan baru 2 bln sy rawat
    1. sayap dah ambrol baru numbuh tapi jatuh lagi
    2. bulu ekor baru tumbuh sempuna
    yang saya ingin tanya apakah MB sering mencabut bulu2 yg baru tumbuh ? karna baru 2-3cm sudah jatuh lagi
    setelan EF kroto 1 sndk/hari, jakrk 5/5 mandi 1x seminggu
    bagaimana cara pemecahannya? Trims om sblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Ada 2 kemungkinan untuk kasus seperti di atas.
      1. Ada jamur, sehingga membuat gatal dan dipatuki. Solusinya semprot dengan cairan khusus anti jamur. Banyak dijual dikios-kios burung dan lihat aturan pakainya.
      2. Ada MB lain yang gacor di dekat MB tersebut. Karena merasa tertekan, ada MB yang cenderung mematuki ekor atau bagian sayapnya. Solusinya, pindahkan MB tersebut pada tempat yang lebih tenang.

      Hapus
  78. salam kenal pak herry....
    saya mau tanya seputar MB saya,MB saya koq jatuh bulu nnya tidak beraturan,kadang kadan hari ini rontok 4 hari kemudian baru rontok lagi,dan yang paling sering rontok bulu oren di dada nya saja,dan sayap baru 2 helai yang rontok,yang mau saya tanyakan apakah MB saya dalam proses mabung atau mace mabung,masalah nya rontok bulu nya kadag kadang.kondisi Mb sekarang ekor kayaq sisir,bulu sayap hitam kecoklatan.mohon masukan nya pak herry.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali.
      Proses mabung pada MB memang seperti itu dan kelak semua bulu ekor serta bulu sayapnya juga akan jatuh. Kondisikan saja MBnya untuk tetap full krodong dan jangan dijemur selama proses mabung berjalan.

      Hapus
    2. assalamualaikum....
      terima kasih masukan nya pak herry.
      saya mau tanya lagi pak,apakah kroto bisa di berikan pada kondisi mb saat ini,dan settingan pakan dan harian yang baik dan tepat untuk mb saya pak,maaf klo saya bnyak tanya pak,soal nya saya baru pertama kali pelihara mb.mohon masukan nya lagi pak.
      assalamulaikum...

      Hapus
    3. Krotonya stop dulu. Berikan UH pagi 10 sore 10. jangkrik cukup 3-3.
      Kroto baru bisa diberikan secara perlahan pada saat dorong ekor. Ingat, MBnya jangan sering diganggu, biarkan saja istirahat.

      Hapus
  79. salam kenal. .mau tanya nih knp MB saya setelah ikut lomba selang seminggu smp saat ini dia jd macet gacornya ,tlg solusina ,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinannya:
      1. MBnya mau memasuki masa mabung. Solusinya, kondisikan saja buat mabung.Jika tidak abaikan kemungkinan ini.
      2. MBnya tertekan pada saat lomba, di mana pada saat digantang, bersebelahan dengan MB yang jauh lebih senior. Solusinya, rawat saja rutin dan untuk sementara jangan dibawa dulu ke lomba hingga kondisinya normal.

      Hapus
  80. om Herry, murai saya satu lagi sedang proses dorong ekor. setiap malam saya master pake suara cililin. sudah hampir sebulan dimaster cililin (sejak bulu masih rontok), saat ngeriwik kok saya belum pernah dengar suara cililin nya keluar ya om ??? sebenarnya cara memaster burung yang benar itu seperti apa sih om?...
    kalo saya: tiap jam 22 malam, saya putar via CD , suara cililin (durasi 1 menit), lalu jedah 2 menit, begitu seterusnya ...saya putar berulang2 sampe pagi hari....apa yang salah menurut om herry ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu anda fahami, MB juga memiliki karakter suara, di mana MB cenderung mudah mengikuti suara masteran yang mirip dengan karakter suaranya. Selain itu MB juga memiliki tingkat kecerdasan, khususnya dalam merekam suara masteran. Makanya jangan heran, ada MB yang bisa membawa suara cililin, ada juga yang tidak.
      Intinya, jangan hanya fokus pada satu suara masteran, sebab penilaian di lomba juga ada pada variasi suara, bukan 1-2 jenis suara.

      Hapus
  81. Assalamualaikum Om Heri
    perkenalkan saya cholid dari Malang

    Murai batu saya dirumah sekarang lagi proses dorong ekor tapi kenapa ekor hitam yang tumbuh tersebut cuma 3 helai yang besar? karena saya melihat murai batu saya yang satunya ekornya yg hitam berjumlah 4 apakah ada kelainan pada murai batu saya Om Heri? posisi sekarang dorong 8cm

    Terimakasih salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Ada sebagian kecil MB yang memang memiliki pola ekor ganjil. MB dengan pola ekor seperti itu sering disebut dengan ekor udang.
      Jadi tidak ada yang perlu dicemaskan.

      Hapus
  82. Assalamualaikum
    salam kenal om herry.. saya bru beli mb sdh nge voer dgn kondisi blum full mabung(blum rontok smua ekor) krn sya msh pemula dan tidak mngetahui penangganan saat mb mabung hri prtma smpai 5 hri kmudian, mb saya jemur dan mandikan rutin, stlh sya baca artikel om sya ikuti tips tipsnya cara rawat mb mabung. dgn full krodong dan konsumsi UH 10 p/s jangkrik 5 p/s.
    prtnyaannya : 1. apa sdh bnr dgn prawatan sprti itu?
    2. knp stlh sya rawat mabung 1 mnggu mb sya blum juga rontok bulu nya?
    3. apa mb saya macet mabung??
    mhon pencerhannya om herry. trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Untuk memastikan bahwa MB anda kondisinya mau mabung, coba baca-baca lagi artikel yang terkait dengan MB mabung. Jika memang mabungnya macet, coba gunakan salah satu tips di atas untuk mengatasinya.
      Ingat, kunci dalam merawat MB adalh kesabaran.

      Hapus
  83. assalamualaikum om
    saya reza dari blitar baru dapat murai usia 2 bulanan,mautanya setingan pakan yg cocok untuk murai trotolan om ,,trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Jika MBnya belum makan voer, ajari dulu MBnya buat ngevoer.
      EF berupa jangkrik, bisa diberikan pagi 3 sore 3. Kroto jika ada cukup 2x seminggu sebanyak 1 sendok.
      Ajari juga MBnya untuk terbiasa mandi dalam keramba.
      Selebihnya anda bisa baca-baca di blog ini.

      Hapus
  84. assalamualaikum
    om.. saya roy dari depok.. saya mau tanya om..
    kmrn sodara saya beli muray, kondisinya bulu saya kiri keluar tunas, trus buntutnya sperti sisir..
    apakah ini baru selesai mabung atau sedang mabung om. cz si mb diam aja seperti kedinginan..
    wasalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Sepertinya MB itu sedang dalam proses mabung.
      Sebaiknya kondisikan saja dengan pola rawatan MB mabung yaitu full krodong, stop mandi jemur dan berikan UH pagi 10 sore 10.

      Hapus
  85. permisi om herry,,,
    tadi pagi saya baru dapat MB langsung dari penangkaranNya,kisaran umur 9bln dan msh ngeriwik (kira2 kpn bunyi ya om)..
    dengan kondisi :
    1. buntut MB rusak (grepes separo om), apakah perlu memepercepat proses mabung om?
    2. MB masih ganas, masih takut dengan orang, maklum baru kena serok dari kandang yg cukup besar om (agak stres)
    3. bagaimana pola makan yg harus saya terapkan pd MB tersebut? MB sudah makan voer..
    maaf om, terlalu banyak tanya, soalnya saya baru belajar MB... mohon penjelasanNya agar MB saya stabil seperti MB pd umumNya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya coba bantu jawab nich.
      1. MB hasil penangkaran dengan usia sekitar 9 bulan biasanya sich sudah jadi dan otomatis sudah geplong.
      2. MB hasil tangkaran biasanya tidak giras dan tidak takut orang.
      3. Pola makan cukup dengan pola minimalis saja, jangkrik 3-4 ekor pagi dan 3-4 ekor sore, kroto cukup 2x seminggu 1 sendok. Mandi jemur setiap hari.
      4. Untuk proses mabung biarkan saja terjadi secara alami.

      Hanya saja, dari penjelasan anda, saya kurang yakin MB itu hasil tangkaran.

      Hapus
    2. oia om, nama saya usman, sampe lupa ngasih tau namanya,..
      ia om, itu MB penangkaran (pke ring),
      MB itu klo d deketin, nabrak2 kandang trus om, bahkan kmrn kepalaNya sempet tercepit d sarang...
      siap om, saya akan berikan pola makan yg sesuai..
      terima kasih om herry

      Hapus
  86. Assalamualaikum wr.wb,maaf om herry,pemula mau tnya om,MB ku bru 2 mnggu yg llu slsai mabung n proses drong ekor dgn smpurna,tpi anehnya smpai saat ne blum mau buka suara(hanya ngriwik)n sya coba trek dgn 2 brung pun ga da respon n hnya diam,kira2 apa yg salah ya om,prwtan wktu mabung dah sesuai saran dri om herry,tpi smpe saat ne mntal maupun suaranya lum kmbali,hnya bulu mgkilap n ekor yg pnjang ja yg bisa dinikmati om,mohon sarannya om,agar MB ku mntal n suaranya bisa kembali lgi,stelan EF kroto 1 sendok plus jangkrik 5 n UH 5,pagi hri ja om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Sabar saja dulu Om. Coba mandi jemurnya dilakukan secara intensif, sebab pasca mabung biasanya MB masih terkesan gemuk dan terlihat sedikit malas. EF normal saja kecuali menjelang di trek.

      Hapus
  87. Slmt siang om Herry
    Ijin tanya. Saya msh newcomer, baru beli murai lampung. Kondisi skrg warna bulu agak kusam, bulu dada tidak mulus, dua helai bulu sayap terlepas, ekor nyisir. Saya perhatikasn ada bulu baru tumbuh di sayap kanan dan kiri msg2 satu helai, msh sktr pjg 1/2 cm. Sering ngriwik, seskali mau ngeplong. Murai saya lg berada pd tahapan apa, mau mabung, belum beres mabung, ato nyulam? Gmn solusinya, terima kasih om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya MB anda sedang bermasalah dengan proses mabungnya. Coba kondisikan dengan pola rawatan untuk MB mabung.
      Full krodong, berikan UH pagi 10 sore 10, jangkrik pagi sore 3-4. Stop kroto dan mandi jemur. Selebihnya anda bisa baca-baca kembali artikel di atas.

      Hapus
    2. Terima kasih om Herry..
      Btw, kalo hanya dengan EF jangkrik apa sdh cukup pemberian pagi sore 3-4. Soalnya biasa disetel dg jangkrik saja. Di kampung saya kroto sama UH susah dapatnya, tdk ada yg jual.

      Hapus
  88. assalamualaikum wr wb..
    om henrry, apakabar semoga selalu sehat... amin
    om, saya mau tanya lagi nie, jika MB sedang dorong ekor, dia kan harus dikelilingi burung masteran, tetapi di rumah saya juga ada MB satu lg yg sudah gacor, jika MB yg saya masterkan mendengar suara MB yg gacor (jarak 10m), apakah berpengaruh terhadap proses dorong ekornya, karena saya takut nanti, malah burung tersebut stress atau terhambat proses mabung nya?
    karena burung baru lepas trotolannya...
    moohon pencerahanNya om, karena saya pernah baca, kalau MB lbh dr 1 dalam satu rumah (walau tdk ketemu, tetapi mendengar suaranya saja, salah satu MB tersebut akan stres atau macet bunyi)
    wassalam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB yang akan dimaster, sebaiknya hanya diperdengarkan suara-suara burung masteran bukan suara MB lain, sebab suara MB lain bisa membuat MB akan tertekan jika mental MBnya lemah atau menjadi ngefight pada saat mendengar suara MB lain.

      Hapus
    2. benar om herry,
      ketika MB gacor itu bunyi, MB mabung langsung ngetek tek om, satu lagi om,, saya berikan setinggan jangkrik 5-5, dan kroto setiap pagi, kadang sore juga om dan gak pake vitamin...
      menurut om, apa settingan saya sudah pas?
      trus, apa saya harus berikan vitamin ya, min seminggu sekali?

      Hapus
    3. Saya jarang memberikan vitamin buat MB, kecuali jika terihat si MB kurang sehat.

      Hapus
  89. Salam kenal Om,
    Begini om, sy punya MB hasil tangkaran umur sekitar 11 bln.
    Menurut sy, 2 bln lalu mulai mabung dewasa 1, dimulai dari beberapa bulu sayap sebelah kiri kemudian bulu ekor.
    Kondisi sekarang bulu ekor sudah penuh spt sebelum mabung, tapi bulu pendek (spt, sayap kiri) masih ada yg jatuh, sy kurang paham apa itu bulu lama atau bulu baru tumbuh.
    Dan Bulu sayap kanan tidak ada yg jatuh. Jadi sekarang tidak seimbang kanan & kiri
    Perawatan saya, setiap pagi & sore sy angin-anginkan +- 30 menit, lainnya full kerodong.
    Jangkrik 4/3, kroto 3 x seminggu, UH 1 x seminggu, 3 ekor.
    Setelah ekor penuh, Seminggu sekali sy kasih air mandi di sangkarnya, biar mandi sendiri/tidak.
    Mohon bantuannya Om, apa MB saya macet mabung, stress ,atau salah perawatan atau gmn Om?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses mabungnya sudah OK tuch.
      Bulu sayap yang jatuh adalah bulu tua atau bulu lama dan itu merupakan bulu akhir yang jatuh selama proses mabung.
      MBnya sudah bisa mandi dan jemur secara teratur dan bertahap (jemurnya jangan lama-lama dulu cukup 5-10 menit.

      Hapus
  90. malam om Herry mautanya perawatan murai yg baru slesai mabung bgmn ya kata pemilik lama sbl mabung jangkrik 5/5 kroto 2 hari skali 1 sendok & kalau kita jemur boleh ga agar ekornya tdk bertambah panjang lg soalnya sy untuk main d lapangan apakah berpengaruh thdp murai tsb? trimakasih om ( ade )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selesai mabung atau sedang dorong ekor...????
      Selesai mabung artinya ekor sudah full dan tidak ada dampak sama sekali terhadap panjang ekor dengan efek penjemuran.
      Jika sedang dorong ekor, penjemuran akan menghambat proses dorong ekor dan cenderung akan membuat ekor seperti bergelombang atau kriting.
      Penjemuran normal pada saat dorong ekor juga bisa membuat suara MB bisa menjadi parau atau serak.

      Hapus
  91. pagi om herry...saya baru beli Murai borneo..saat ini sedang dala proses mabung..dan sudah saya terapkan pola perawatan seperti yang om herry sampaikan...yang mau saya tanyakan...pada saat dorong ekor apakah stelan EF sama dengan stelan EF pd saat mabung...(jangkrik p/s 3/3..UH 10/10 )..ato berbeda lagi...???...trima kasih om...(fendi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat dorong ekor, settingan EFnya bisa sedikit ditingkatkan, karena proses dorong ekor membutuhkan banyak asupan nutrisi kecuali UH yang harus dikurangi dan cukup diberikan pada saat cuaca dingin.
      Jangkrik bisa diberikan sebanyak 4-6 pagi 4-6 sore dan kroto bisa diberikan 2x seminggu. Jangan lupa dimaster dengan suara-suara burung masteran.

      Hapus
  92. Assalamualaikum Om Herry...

    Om Herry, saya baru beli seekor MB muda ( baru 2x mabung) dari seorang teman.
    Kondisi si MB pada saat saya beli adalah bulu sudah sangat kusam dan tua.

    Teman saya memang pernah bilang sepertinya si MB susah mabung. Tapi lantaran saya suka dengan profil si MB tetap saja saya boyong.

    Om Herry, mohon pencerahannya donk, gimana caranya agar MB tsb segera mabung.
    Settingan EF saat ini : 5 ekor jangkrik p/s plus kroto 1x seminggu.

    Makasih om Herry.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Baca kembali Om artikel di atas.
      Saya rasa penjelasannya sangat memadai untuk difahami dan anda bisa terapkan salah satu tips yang ada di atas.

      Hapus
  93. help my pak herry....
    karna burung murai msih bru aj dibeli, gak tauny msih proses dorong ekor, rawatn harian sktr 10 hri udah saya jemur ampe sktr 1 jam. dan sekrng ekorny jdi bergelombang & kusam, lalu gmn pak herry biar ekor murai batu ini bisa drong ekor lgi sampe full & jg bs bagus dan tdk bergelombng lgi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ekor Mb sudah bergelombang akibat penjemuran terlalu cepat, maka solusinya hanya menunggu hingga memasuki masa mabung berikutnya. Jadi sabar saja.

      Hapus
  94. assalamualaikum om herry..
    tolong saya, sekitar 1bln lalu saya beli MB dari tman saya, silangan lampung x medan... sekarang sudah lewat trotol, cuma msh ada trotol dikit di bagian dadanya, yang ingin saya tanyakan, knp ekor MB tidak tambah panjang ya om,
    perawatan :
    1. jemur 5 mnt 1 hari.
    2. mandi pagi (mandi sendiri, klo g mau mandi ya gak saya mandiin om)
    3. kroto tiap pagi + minyak ikan 1
    4. jangkrik 5-5
    5. dengan stelan itu MB saya tdk mau ngevoer om.
    6. ngeplong sampai jam 10 pagi, sisanya ngeriwik.
    mohon bantuanNya om, adakah yg salah dengan setelan saya, krn induk dr MB tsb mempunyai ekor yg panjang (25cm)...
    atau memang ketika lepas trotol ekor MB blm maksimal, dan saya harus menunggu masa mabung berikutnya,,,
    terima kasih om

    regards
    zainuddin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Apakah MB anda pada saat molting ekornya juga ikut rontok...????
      Sebab ada sebagian MB yang proses moltingnya tanpa diikuti dengan copotnya ekor. Ekornya baru copot pada saat mabung.
      Jika demikian, maka ekornya masih ekor anak. Cirinya selain pendek daun ekornya juga terkesan kecil.
      Settingan EF yang anda berikan cenderung tinggi, wajar jika MBnya tidak mau ngevoer sebab sudah kenyang dengan EF.
      Coba rubah settingannya, jangkrik cukup 3-3 dan kroto cukup 2x seminggu.

      Hapus
    2. ia om tepat banget, ekornya ekor anak, dan agak kecil klo di bandingkan dengan MB lain pada umumnya.
      oww, harus diturunkan setingganNya ya om, saya kira krn masih anak, msh masa pertumbuhan, jadi harus di berikan makanan yg lebih, terlebih lagi sedang proses pergantian bulu..(maklum newbie om)

      wah sangat membantu sekali saranNya om,
      terima kasih om

      Hapus
  95. Assalamualaikum om Herry...
    Saya tertarik dan cukup puas dengan semua penjelasan nya, ada yang masih saya blm tau.kebetulan saya punya MB Medan 2 ekor, yang 1 sdh mapan yang satu mau mabung ke-3 (baru 4 hari dari saya ambil dari pemilik lama). yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah MB yang mau mabung dapat rusak mental dan masa mabung nya oleh MB yang sdh mapan tadi?
    2. Saat ini MB yang mau Mabung full krodong dan setingan makan kroto setengah sendok dan jangkrik 5 pagi sore (akan saya robah menjadi UH 10 pagi sore dan jangkrik 3-4 pagi sore). Merusak gak kalau di gantang nya di dekatkan cililin, kenari, kapas tembak dan love bird?(apa nunggu mau dorong ekor dulu?)
    3. Saya kerja di luar kota pergi pagi pulang malam, kalau saya biasakan pola makan MB mau mabung tsb subuh dan malam gak apa - apa kan Om?
    terima kasih atas penjelasan nya Om, di tunggu jawaban nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      1. Bisa, apalagi jika MB mapannya tipikal MB yang menekan. MB menekan adalah MB yang sangat teritorial, dimana dia tidak suka ada MB atau suara MB lain didekatnya. Jika ada, MB ini akan langsung ngamuk dan berkicau sedahsyatnya.
      2. MB mau mabung sebaiknya diisolasi, sebab dia butuh istirahat. Pada saat dorong ekor, baru dimaster dengan suara burung lain. Kroto sebaiknya distop dulu hingga terlihat dorong ekor.
      3. Tidak masalah, yang penting takarannya mencukupi, dan jika ada bulu sayap yang jatuh sebaiknya tidak perlu langsung dibersihkan. Biarkan selama 2-3 hari agar si MB menyerap zat kalsiumnya dengan cara dipatuk-patuki.

      Hapus
  96. malam om herry...saya fendi yang kemarin tanya tantang EF pd saat dorong ekor....saat ini Murai borneo saya ekornya sudah tumbuh kurang lebih 5 cm...alhamdulillah suara lovebird suadah berhasil terekam...dan sekarang lg sy master cililin...saya mau tanya om...kenapa sampai saat dorong ekor ini murai saya belum mau ngeplong ya om..apakah ini memang belum saatnya ato emang karakter burungnya hanya ngriwik.?..kemarin saya juga baru dapat murai lahat om sudah ngeplong dan saat ini ekornya sudah mulai kaya sisir (berarti kan mendekati mabung ) tp krn dari pemilik lama hanya dikasih kroto dan serangga maka saat ini saya latih makan voer...tp berpengaruh pada performanya yang menurun...yang juga ingin saya tanyakan ma om herry apa nanti setelah full voer saya masih bisa meningkatkan performanya kembali ya..? mohon pencerahannya om...terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB yang sedang dorong ekor cenderung butuh banyak istirahat karena sedang dalam proses pemulihan. Wajar jika pada saat itu MB lebih banyak ngeriwik.
      Sabar saja, tunggu hingga selesai proses mabungnya dan kembali dirawat seperti MB dalam kondisi normal.

      Hapus
    2. maaf oh herry mohon pencerahan lagi...MB saya yang nias bulu ekornya sudah seperti sisir...berarti sebentar lagi sudah mau mabung...yang jadi masalah..kenapa MB nias saya tidak suka UH om ??...sudah saya latih seperti yang di artikel om herry selama 2 minggu tetap UH nya tidak tersentuh...mohon masukkannya om..trima kasih

      Hapus
  97. Numpang tanya lagi om Herry, kemaren ada kelupaan.saya cuma mau nanya ttg MB saya yang punya tanda-tanda mau mabung. Dari awalnya rajin bunyi dgn vokal cukup keras sekarang jadi jauh berkurang bunyinya. Namun saya amati belum ada terlihat bulunya rontok dan kalau kita dekati gerakan nya masih lincah, namun saya coba dekatkan ke MB yang satunya sdh mapan bulunya mengembang dan diam.
    Setelah saya tanyakan dari pemilik sebelumnya katanya dari mabung ke-2 hingga sekarang sdh sekitar 9 - 10 bulan.
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Benar gak menurut om Herry MB saya mau mabung? takut saya perlakukan perawatan seperti saat mabung rupanya tidak malah jadi rusak MB nya.
    2. Menurut om Herry UH itu bisa menyebabkan katarak gak?karena saat saya ke kios mau beli UH disarankan jgn dikasih krn bisa katarak MB nya.
    Terima kasih atas jawaban dan penjelasan om Herry...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya MB anda bukan mau mabung, tapi sudah tertekan dengan MB lain yang lebih dominan. Saran saya sebaiknya dipisahkan atau salah satunya dipindah ke tempat lain yang lebih jauh, misalnya titipkan ke teman.
      Katarak tidak dipicu oleh faktor makanan, jadi UH tidak membuat MB jadi katarak.

      Hapus
  98. om heri saya mau tnya nih.. saya baru beli MB MH biasanya MB saya hanya ngeriwik sepanjang hari.. tp skrng MB saya hanyadiam..
    peeranyaan saya
    1. kenapa MB saya hanya ngeruwik ? n nggk ngeplong
    2. kenapa ya om skarang malah MB saya hanya diam.. apakah MB saya mau masuk masa mabung?
    mohon penjelasanny om
    .
    kata yang jual MB saya masih.muda n ekorny masih kecil.. nggk kayak MB dwwasa lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Karena MBnya masih perlu waktu untuk bisa beradaptasi dengan optimal.
      2. Coba cari tahu sendiri Om, sebab banyak sekali faktor penyebabnya. Silahkan baca-baca artikel yang ada.

      MB yang ekornya masih kecil hanyalah MB trotol atau MB lepas trotol yang ekornya belum bersalin.

      Hapus
    2. om tdi pagi setelah saya mandikan ternyata ad sehelai bulu tipis yang jatuh... ap kah murai saya in mau mabung ya om.. bulu dadany sekarang berantakan n.kusam..

      Hapus
    3. Kalau bulu dadanya berantakan, itu tandanya MB anda suka mencabuti bulu dadanya. Coba baca artikel tentant MB yang memncabuti bulu, di sana ada tips buat menanganinya.

      Hapus
  99. Om Hery...Mohon bantuanya...
    Begini Om, sy punya MB yg +- 3 bln lalu mulai mabung.
    Sekitar 3 minggu ini sudah mendekati lengkap, bulu ekor sudah tumbuh seperti sebelum mabung, bulu sayap hampir tumbuh semua,
    Tetapi bulu sayap yg baru tumbuh ada yg lepas lagi Om,
    dulu 1 helai trus tumbuh lagi, kemaren 4 helai lepas lagi padahal sudah 5 cm-an (hanya sayap kiri Om)
    Gmn Om, mohon bantuannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba anda perhatikan, apakah MBnya terlihat mematuki sendiri bagian sayap tersebut...????
      Sebab bulu yang sedang tumbuh tidak mungkin jatuh atau lepas sendiri.
      Apakah ada MB lain atau Kacer yang gacor yang berdekatan dengan MB tersebut....????
      Jika ada, mungkin ini penyebabnya dan sebaiknya MBnya diasingkan dulu.
      Jika tidak ada, coba MBnya disemprot dengan air rebusan daun sirih yang sudah didinginkan.
      Tangkap MBnya dan perhatikan bagian sayapnya, jika ada luka, berikan betadin.

      Hapus
  100. om,,saya punya anak MB, tp udah lebih setahun belum kelar mabungnya, dia suka cabut bulu di perutnya.. gmn cara ngatasinya ya om??makasih sebelumnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca artikelnya pada tips mengatasi MB yang suka mencabuti bulu.

      Hapus
  101. assalamualaikum...
    sebelumnya salam kenal om...

    MB saya sedang mabung kira2 sudah 1 bln kurang 3 hr..
    kondisi sekarang MB msh rontokin bulu halus dan sebagian sudah numbuh, namun ekor yg lepas baru ekor panjang-Nya ( warna hitam), ekor utama lepas (2 helai)pd hr senin 1 minggu yg lalu, terus kemarin hari selasa ekor hitam yg kedua/ lebih pendek lepas lg 2 helai, namun sepertinya ekor yg utama sudah mulai numbuh kira2 0,5 cm..perawatan sekarang masih full krodong, tidak mandi dan jemur, kroto full 1 cepuk besar, jangkrik 5 p/s, yang menjadi pertanyaan sy:
    1. apakah jarak waktu lepasnya ekor utama (yang paling panjang) dengan ekor kedua kira2 1 minggu itu adalah hal normal?, sampai sekarang ekor penyangga (putih) belum lepas jg...
    2. apa yg perlu ditambahkan agar ekor bisa tumbuh normal dan sempurna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      1. Jarak waktunya masih relatif normal dan ekor putih penyangga cenderung akan jatuh pada saat ekor panjang mulai tumbuh.
      2. Ikuti saja pola rawatan yang baik dan benar buat MB yang sedang mabung.

      Hapus
  102. assalamualaikum pak herry....
    saya pemula merawat MB pak,dan ada yang saya tidak mengerti pada MB saya dan saya mohon pencerahan dan masukan dari pak herry.
    MB saya udah 3 bulan mngalami mabung,dalam 3 bulan mabung nya gak normal,kadang rontok kadang nggak bulunya,dan kemarin saya cabuti bulu ekornya,setelah saya cabut ekornya bulu MB rontok tiap hari.
    dan sekarang ekor MB mulai tumbuh,tapi bulu-bulu nya juga ada yang jatuh,yang saya mau tanyakan,
    1.knpa setelah saya cabuti bulu ekor nya MB mulai menjatuhkan bulu nya ?
    2.bagaimana perawatan nya saat ekor mulai tumbuh dan bulu nya juga jatuh?
    -perawatan MB sekarang jankrik 5/5+UH 10/10,kroto stop dari mulai MB mabung 3 bulan lalu,mandi 1 kali seminggu setiap hari sabtu.Jemur Stop.
    apakah rawatan saya sudah benar pak?...
    Mohon pencerahan dan masukan nya pak herry.
    assalamualaikum w.w.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Dalam proses mabung, sering kali kita menjumpai MB yang mengalami kemacetan dalam mabungnya.
      Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini, misalnya lingkungan, pola rawatan dan juga EF yang diberikan.
      MB yang dalam proses mabung butuh banyak istirahat dan jangan sering diganggu, termasuk dengan cara mencabuti bulunya, sebab selain bisa membuat si MB trauma, hal ini juga bisa mengganggu proses mabungnya.
      Saran saya, coba full krodong, takaran UHnya coba dinaikkan jadi 15-15.
      Secara umum, pola rawatan mabungnya sudah benar. Mandi jangan dipakasakan, cukup berikan cepuk air dalam sangkarnya.

      Hapus
  103. Ass om herry saya mau tanya
    mb saya itu bulu sayapnya berubah jadi warna coklat,apa itu proses mabung om
    Soalnya saya baru memelihara mb jadi saya ga tau
    Tapi ga ada bulu yg lepas
    apa karna stres om pas waktu digantang jatuh sama kurung nya
    Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses mabung adalah proses pergantian bulu. Jika warnanya yang berubah itu bukan mabung, tapi cenderung akan memasuki masa mabung.

      Hapus
  104. selamat malam om herry,
    perkenalkan nama saya endagia sebayang / Gia,saya mau minta masukan /saran dari om herry:
    - 1 murai betina saya sekitar 2/3 bulan yang lalu habis ganti bulu dewasa,tetapi beberapa hari ini bulu halus banyak yang jatuh.
    1 Apakah itu pertanda mau masuk masa mabung om?
    2 apakah itu normal terjadi(sehabis ganti bulu dewasa terus mabung)om?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya om :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Banyaknya bulu-bulu halus yang jatuh adalah salah satu ciri MB yang akan memasuki masa mabung.
      2. Dengan hanya berselang 2/3 bulan, jelas ini sesuatu yang tidak normal. Pasti ada pemicu yang menyebabkan si MB kembali memasuki masa mabung dalam rentang waktu yang singkat.

      Apakah ada perubahan pola makan atau pergantian jenis voer yang dikonsumsi...???? Sebab ini bisa memicu terjadinya mabung (nyulam) pada MB. Selain itu, cuaca ekstrim juga bisa jadi faktor pemicu lainnya.

      Hapus
    2. jujur saya juga agak bingung dengan keadaan mura batu betina saya itu om,

      1 kalau voer tidak ada perubahaan om,namun setingan ef (jangkrik memang saya kurangi,dari 8 menjadi 5 ekor P/S.pertimbangan saya karena masih trotol jadi saya joor ef nya,setelah ganti bulu dewasa,perlahan saya kurangi jadi 5 ekor P/S om.

      2 kalau masalah cuaca,memang cuaca di jakarta sedang tidak menentu om,terkadang panasnya terik,terkadang hujan seharian.

      menurut om,apa yang seharusnya saya lakukan kedepannya?
      terima kasih om

      Hapus
    3. Maaf, saya baru sadar ternyata MB anda baru saja molting bukan mabung, karena MBnya masih trotol. Saya kira itu masih wajar, sebab pada saat molting sebagian besar MB tidak menjatuhkan bulu-bulu besarnya, hanya merubah warna dari trotol ke bulu dewasa. setelah itu barulah si MB menyalin bulu dengan melakukan proses mabung.
      Saran saya, kondisikan saja MBnya dengan pola rawatan MB mabung, full krodong dan stop mandi jemurnya agar mabungnya sempurna.

      Hapus
  105. omm hery salam kenal...dari benny di borneo

    saya memiliki murai borneo,murai saya udah mengalami mabung,dorong ekor udah full dan masih ada bulu pada sayap yang tua,,sebelumnya saya trek dngan murai yg udah mapan sehingga murai saya kelihatan ngejabrik,,selang berapa hari kelihatan ada bulu2 kecil yang sering berjatuhan,padahal baru aja rontok...yang saya tanyakan
    1.apakah murai saya nyulam apakah akan mabung lagi
    mohon bantuannya omm hery....trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya, MB yang belum siap tanding jangan dipaksakan dulu untuk ditrek.
      Jika MB anda baru saja kelar mabung, saya yakin MB ini hanya nyulam saja. Jadi tak perlu khawatir dan rawat saja dengan baik, berikan EF secukupnya secara rutin.

      Hapus
  106. berapa lama ya om waktu untuk dorong ekor sampai full, coz mb ane udah 1 bln dorong ekor kok sepertinya masih belum kelihatan full,posisi ekor jg acak2an terutama ekor hitamnya, ekor terpanjang berada di bawah ekor yg ke 2, jd kelihatan tumpang tindih gt om, skrg ekor baru tumbuh 11-12 cm-an, yg jd pertanyaan, apakah ini termasuk dlm kondisi normal om? usia mb kurang lebih 13 bln.

    BalasHapus
  107. Salam kenal om herry,
    saya nico dari jakarta. saya punya MB. muda hutan sudah saya rawat 1 bulan, udah pur total dan udah ngriwik tapi kalo dengar air saja ngriwiknya, udah mulai anteng.. untuk mencari settingan rawatanya gimana ya om,?murai batu saya botak dari pertama saya beli (kata penjual bekas luka karena jaring) di kepala atasnya , apakah bisa numbuh bulu lagi gimana caranya om?.
    Terima kasih om. mohon pencerahan karena saya masih baru dalam memelihara MB..

    BalasHapus
  108. Assalaamualaikum bang herry,
    Saya memiliki Mb yang sudah mabung dari bulan 11 yang lalu namun kondisinya sekarang ekor yang paling panjangnya tidak sama ada selisih sktr 1,5cm dan bulu dibagian kepala belakangnya masih ada yg berdiri belum rapi,,,sudah 2 minggu ini saya coba jemur dan di gantang di luar,,
    Apakah rawatan yang saya lakukan sudah betul?
    Apakah. MB saya normal atau bermasalah mabungnya, dan apa yang harus saya lakukan dalam perawatannya?
    Mohon pencerahan bang herry karena saya masih pemula
    Terimakasih bang herry atas perhatiannya.

    Wassalam.

    BalasHapus
  109. salam kenal om herry, saya punya MB mabung di perut sudah lama sejak saya beli di bln agustus 13 smpai skrng blm tumbuh yang ada hanya bulu2 halus dan kaki suka di angkat satu, gimana ya om mengatasi masalah ini...

    BalasHapus
  110. Om saya punya mb dari malaysia ujung bulu ekornya dah pecah2 tapi bulu kecilnya sesekali saja jatuhnya apakah itu tanda2 mb saya akan mabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ujung ekor yang pecah, bukanlah tanda MB mau mabung. Itu lebih disebabkan oleh prilaku MB yang ekornya sering bersentuhan dengan jeruji sangkar.
      tapi jika semua bulunya terlihat sudah kusam dan sayapnya ada yang terlihat kriting, barulah itu tanda Mb yang akan memasuki masa mabung.

      Hapus
  111. assalamualaikum pak herry.
    saya mau tanya mb saya sedang mabung bulu sayap pada rontok tapi udah hampir 5hari bulunya ga ada yg rontok lagi, mb saya ful krondong jangkrik 5:5, kroto di stop.kira2 mb saya kenapa&harus gimana perawatannya saya hanya pemula. terimakasih pak herry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Ciri-ciri MB memasuki masa mabung, hampir semua warna bulunya kusam dan ekor terlihat pecah-pecah.
      Bulu yang rontok juga bukan hanya sayap, tapi ikuti juga dengan bulu-bulu halus.
      Jika tidak seperti kondisi di atas, bisa saja MB anda sedang nyulam.
      Kondisikan saja tetap full krodong.

      Hapus
  112. Assalamulaikum....pk heri slm knal.saya punya mb medan jika di trek suka mematuki ekor sampai muter2 apa ya penyebabnya mohon pencerahannya.

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.