Rabu, 03 Desember 2008

Tips Agar Murai Batu Bakalan Cepat Berkicau.

Saya mau sedikit sharing tentang pengalaman saya, agar MB bahan/bakalan bisa cepat berkicau.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para hobbies agar MB bahan/bakalannya bisa cepat berkicau, diantaranya adalah :

1. Memanfaatkan Extra Fooding (EF).

Pemberian jangkrik, kroto, cacing dan belalang hijau sebagai EF buat MB, diyakini bisa merangsang MB agar cepat mau berkicau.
Setiap MB pasti memiliki selera yang berbeda-beda terhadap EF. Ada MB yang suka dengan kroto, ada juga yang tidak.
Ada MB yang membutuhkan jangkrik dalam jumlah banyak, ada juga yang tidak.
Dengan pemahaman ini, hobbies tinggal mencari settingan yang cocok buat MB bahannya, di mana hobbies dapat melakukan trial error sehingga akan diketahui mana EF yang paling digemari dan paling cocok buat MBnya, serta berapa takaran EF yang pas buat si MB.

Kelemahan dari metode ini, MB akan terbiasa dengan EF, sehingga MB baru dapat optimal jika sudah mendapatkan pasokan EF, dan intinya kinerja MB sangat bergantung pada EF.

2. Memanfaatkan Burung Masteran.

Burung masteran yang kecil dan gacor seperti Kenari, Ciblek dan Love Bird adalah burung-burung masteran yang sangat berguna buat merangsang MB untuk cepat berkicau.
Selain bisa digunakan sebagai masteran, burung-burung kecil dan gacor ini bisa juga membuat MB cepat marah pada saat mereka berkicau.
Secara tidak langsung, hal ini akan merangsang MB untuk berkicau dengan maksud meladeni kicauan dari burung-burung masteran tersebut.

Metode ini cenderung cocok diterapkan buat MB-MB bahan yang mentalnya sedikit kurang stabil, sebab dengan burung-burung kecil yang dijadikan sparing partner, diharapkan si MB bisa terlihat dominan dilokasinya.

Kelemahan metode ini, MB akan mudah down jika mendengar suara-suara burung lain yang sedikit asing baginya, apalagi jika volume suaranya lebih besar dari burung-burung masteran kecil ini.

3. Memanfaatkan Pola Rawatan Alami.

Di alam, MB adalah jenis burung yang rajin berkicau dan gemar menirukan suara-suara burung lain yang sesuai dengan karakter kicauannya.
Ketersediaan makanan, adanya betina pendamping dan kecukupan terkena sinar matahari dan mandi serta keleluasaan untuk terbang, menjadikan MB rajin berkicau di habitatnya.

Dengan pola rawatan yang mirip seperti di alam, termasuk dengan cara menggantang MB dengan view pemandangan berupa pohon-pohon dikelilingnya, maka MB akan cepat beradaptasi dan cepat juga untuk berkicau.
Apalagi jika pola rawatan ini diikuti dengan memanfaatkan pola rawatan point 1 dan 2 di atas, maka pola ini akan menjadi lebih optimal.

Kelemahan metode ini, hobbies akan membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya buat merawatnya. Tapi hasilnya akan cenderung berbading lurus dengan pengorbanan.

Semoga sharing ini bisa bermanfaat buat para MB Mania.

162 komentar:

  1. siiip bos.... kira2 usia brp mb mulai bs berkicau???

    BalasHapus
  2. Pada usia 3 bulan, MB-MB trotolan sudah mulai berkicau, dengan suara yang sedikit parau, dan sudah mulai rajin ngeriwik.

    BalasHapus
  3. wow....tp ane puny jalak kapas ......klo die ngeroll....MB ane jg panas......ada efek sampingnye ga ya ????

    BalasHapus
  4. Justru itu bagus, sebab suara burung lain memang bisa diandalkan untuk memancing MB rajin berkicau, sekaligus bisa juga dimanfaatkan sebagai burung masteran.

    BalasHapus
  5. om mau curhat neh..MB ane kok ngriwiknya sering dibawah tangkringannya alias di alas/lantai kandang...gmna solusinya om???

    BalasHapus
  6. MB yang ngeriwik dengan cara sembunyi, menandakan MB tsb belum dapat beradaptasi dgn baik.
    MB seperti ini jangan dimanja, dan sebaiknya posisi sangkarnya direndahkan, dan kalau ada tempat yang aman, bisa diletakkan di lantai.
    Harap sedikit bersabar, nanti pasti akan ada perubahan secara bertahap.

    BalasHapus
  7. berdasarkan info yg saya dapat.. BM jgn di dedekatkan dgn burung perkutut karena akan meniru suara perkutut.. dan ini tidak bagus... betul nga om...? thnxs

    BalasHapus
  8. Murai Batu (MB) adalah burung yang suka meniru suara-suara burung lain. Suara perkutut adalah suara mati bagi para hobbies MB, sehingga cenderung untuk dihindari agar jangan masuk ke MB.

    BalasHapus
  9. Om Herry mo tanya dong....efek bagi MB yang selalu dekat dengan betina itu bagaimana....apa bisa kecanduan..dalam artian jika tidak ada betina dia tidak mau bunyi..tolong masukannya pak..saya ada MB muda yang giras dan kl fight kadang mau kadang tidak...teman saya menyarankan untuk ditempel betina untuk membangun jiwa fighter nya dan agar cepat jinak...apa benar begitu Om.....

    BalasHapus
  10. Teorinya salah tuch.
    Untuk membangun mental MB, sebaiknya MBnya disendirikan di rumah dan jangan ada MB lain.
    Untuk membuat Mb lebih cepat jinak, gantang dikeramaian atau di tempat orang lalu lalang.

    BalasHapus
  11. salah ya om....gimana yah di rumah ada murai 2 lagi ..tapi mabung semua...apa perlu saya keluarin dulu Om....pls advise...

    BalasHapus
  12. Om, MB saya sudah ada isian tapi tidak dapat berkicau secara konstan. dia bunyi 1-2 frasa trus jedah, diam. begitu saja. tidak bersambung seperti yg saya dengar dari MP3 MB. solusinya bagaimana om? trimakasih pencerahannya.

    BalasHapus
  13. MBnya masih butuh waktu.
    Coba sesekali ditrek dengan MB lain.

    BalasHapus
  14. Om Herry terima kasih masukannya. saya coba buat trek MB saya dan bersabar. tq

    BalasHapus
  15. Om Herry, sy mau tanya. Sy baru 3 hari beli anak MB lg dorong ekor, sy beli krna sdh ngeplong.
    Tp kenapa dirumah sy hanya ngeriwik sj dan itupun jarang dan blm terdengar ngeplongnya. Apakah stress waktu pemindahan sangkar ke sangkar yg baru ataukah krna dirumah ada 1 MB yg gacor?
    Tolong masukannya yaa Om.
    Thank's.

    BalasHapus
  16. Bisa karena stress dan bisa juga karena adanya MB jadi didekatnya.
    Coba MB barunya dikondisikan untuk tidak mendengar suara MB jadi terlebih dahulu.
    Manfaatkan CD Smart Mastering Therapy untuk mengurangi stress pada MB.

    BalasHapus
  17. Oke Om, saran nya akan saya terapkan pd MB saya.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  18. Om Herry, saya mau tanya. Sekarang saya lg pelihara MB anakan lewat dan dimaster pakai CD SM.
    Bg mana cara/Tips agar nantinya setelah ekornya tumbuh full MB saya ini menjadi sangat Gacor?
    Mohon penjelasan nya yaa Om...
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  19. Tipsnya harus bersabar. MB baru bisa berkicau dan juga gacor jika di sudah bisa beradaptasi dan merasa nyaman dengan lingkungannya.
    Silahkan baca-baca kembali artikel terkait.

    BalasHapus
  20. om harry, maaf klo salah posting, saya punya MB paruhnya membuka terus, bagaimana mengatasinya? trus klo diumbar sering tersengal2 bahkan sering bunyi nguk....nguk....ngukkk...

    BalasHapus
  21. Om harry, saya beli MB hasil tangkapan, waktu sy beli bulu ekornya buntung, skrang sudah saya rawat sekitar 2 bln, tp bulu ekornya kok blum tumbuh juga ya om....
    Gimana ya kira2 cara perawatannya agar bulu ekor MB saya cepat tumbuh.....??
    Terimakasih OM....

    BalasHapus
  22. Ekor yang tercabut dengan paksa akan cenderung lama tumbuh dan biasanya baru mau tumbuh pada saat mabung. Jadi sabar saja hingga si MB memasuki masa mabung.

    BalasHapus
  23. dandi aryatama24 Juni 2012 20.55

    om saya punya MB MH Aceh. ekor hitam . ekor nya panjang tapi gk mau berkicau apa sebab dia gk mau berkicau om. saya mintak solusinya om....?

    BalasHapus
  24. MBnya masih bahan atau sudah jadi...??? Jika masih bahan, jelas butuh waktu untuk si MB beradaptasi dengan lingkungan barunya.
    Apakah ada MB lain yang sudah jadi dan gacor selain MB ekor hitam ini..?? Jika ada, kemungkinan si MB ekor hitam merasa tidak nyaman dengan keberadaan MB jadi sehingga malas berkicau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. misi om,mw tanya,..saya punya MB borneo kepala putih kaki hitam, rajin bunyi & sudah ngevoer tapi ko' masih liar ya?.mohon solusinya om

      Hapus
    2. Ada MB-MB yang berkarakter sedikit giras dibandingkan dengan MB-MB lainnya.
      Solusi terbaik adalah anda harus bersabar, jadwal mandi jemurnya harus ditambah dan harus lebih sering digantang dikeramaian (di tempat orang sering berlalu lalang).

      Hapus
    3. saya dari malaysia mahu tanya tuan MB saya dapat dari hutan sudah sebulan tapi sampai sekarang masih tiada bunyi lagi apa cara harus buat supaya MB saya cepat bunyi..dan yang 1 ekor lagi pun masih takut seperti 50-50

      Hapus
    4. Sepertinya anda masih harus bersabar. Kemungkinan MB anda masih belum bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Coba anda praktekan tips seperti penjelasan di atas.

      Hapus
  25. om semisal MB di kasih makan ekor cicak atau ekor kadal atau ekor bunglon sebagai pembuat MB panas dan rajin berkicau bisa tidak,,?
    apa malah membuat mati MB???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya tidak pernah merekomendasikan praktek seperti itu. EF saja berupa jangkrik, belalang hijau, UH dan kroto sudah dianggap cukup.

      Hapus
  26. misi om.
    saya neza dari banda aceh .
    saya pemula nii om .
    tapi uda keduluan beli MB BAHAN .
    dan saya kuwalahan buat MBnya mw ngevoer .
    apalagi saya masih SMA om .
    tolong ksh solusi donk om /.
    mksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca artikel saya tentang cara membuat MB cepat ngevoer.
      Syarat untuk membuat MB biar cepat ngevoer:
      1. MB harus dalam keadaan tenang (dikrodong)
      2. Harus ada voer halus.
      3. Harus ada EF yang bisa digunakan untuk memancing MB untuk menyentuh voer. (Ulat HongKong atau Jangkrik atau kroto jika ada).

      Hapus
  27. Om herry, ketemu lagi...
    mau tanya lagi nih Om, di rumah saya ada dua murai batu,masih muda semua. saya beli saat baru bisa makan vooer total. murai saya yang satu ekor nya melengkung ke bawah, dan yang satunya lagi lurus. masing2 panjang ekor nya sama sekitar 17-18cm.
    saya mau jual satu murai saya, yang ekor lurus, saat ada calon pembeli (pedagang) datang ke rumah, dia bilang murai saya itu murai Lampung super. nah kalo yang ekor melengkung, dia bilang itu baru medan asli.
    pertanyaan saya: apa benar kalo murai yang ekor nya melengkung itu asli dari medan ?........bagaimana dengan yang ekor lurus ?......
    terimakasih Om atas pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal-usul MB tidak bisa ditentukan dari bentuk ekornya, apakah lurus atau melengkung.
      Selain itu, tidak ada yang namanya MB Medan asli.
      Silahkan konfirmasi sendiri ke Medan.
      Jangan terkecoh dengan asal-usul, lebih baik lihat peforma MBnya.

      Hapus
  28. terimakasih om Herry atas masukannya..
    mau tanya lagi ni Om ..
    murai batu saya sekarang sdh tinggal satu ekor, baru hampir selesai mabung, saya belum bisa memastikan apakah murai saya sudah benar benar "selesai mabung" apa belum..
    begini Om, saya itu ingin murai saya punya ekor yang lebih panjang lagi di bandingkan saat sebelum mabung..
    kata seorang teman, kalo pengen ekor murai lebih panjang, pada saat mabung dorong ekor, itu jangan sampe di jemur dan full kerodong, dibuka saat mau ngasih makan saja.Ada beberapa pertanyaan yang cukup mengganjal pikiran ni Om, jadi saya mau tanyakan ke ahli nya saja.
    pertanyaan saya Om :
    1. apa benar kalo murai diperlakukan spt yg dibilang teman saya di atas, nanti pas beres mabung ekor nya bakal lebih panjang dari sebelum mabung ?...
    2. proses dorong ekor murai saya sdh berlangsung satu setengah bulan (ini proses dorong ekor saja lho), ekornya sih uda panjang (menurut saya sama dng waktu sebelum mabung). tapi karena saya masih "mengharapkan lebih panjang lagi" jadi murai tetap tidak pernah saya jemur, dng berharap ekor nya bisa lebih panjang lagi. apa benar yang saya lakukan ini Om ?..
    nah, sebenarnya apa sih kriteria MB sudah full dorong ekor ?..
    3. saya pernah baca di sebuah blog seorang hobbies, kalo pengen MB rajin ngeplong itu rajin di jemur, apa benar Om ?..
    MB saya sering nya cuma ngeriwik saja, apalagi kalo pompa jet pum bunyi, atau kita lagi manasi motor, pasti tuh murai langsung ngeriwik terus..
    saya pengen MB saya rajin ngeplong, saya terbentur dengan pertanyaan kedua saya diatas (saya belum berani men jemur MB saya krn harapan tambah panjang ekor tadi)..
    Om Herry, maaf ya..,kalo pertanyaan dan tulisan saya kepanjangan, habis kalo sudah menyangkut Murai Batu, gak ada habis nya untuk bertanya..,jangan bosan ya Om, dan terimakasih banyak atas pencerahan nya..

    BalasHapus
  29. bagus juga om infonya, tapi saya kok bisa begitu ya...saya beli MB yang sudah bunyi, eh pas ada dirumah saya kok malah males banget bunyinya. padahal sudah saya kasih EF (kroto, UH, UB, U jerman plus vitamin dari pasaran bahkan sampai yang sudah top) tetap saja males bunyi. kira2 ada masalah apa ya...trims atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan yang terjadi:
      1, MBnya masih butuh adaptasi dengan lingkungan barunya. Solusinya sabar.
      2. Ada MB lain yang terkesan memiliki suara lebih menekan sehingga si MB baru kalah pamor. Solusinya, jauhkan dan jangan saling lihat atau mendengar antar MB.
      3. MBnya mau memasuki masa mabung. Cirinya, warna bulu terkesan kusam, ekor pecah-pecah dan ada bulu-bulu halus yang jatuh. Solusinya, kondisikan saja dengan pola rawatan MB mabung.
      4. MBnya terkena doping. MB yang terkena doping (diberikan obat-obatan tertentu agar gacor) biasanya akan malas berkicau setelah pengaruh dopingnya hilang. Solusinya terserah anda, apa masih mau dirawat atau mau dijual kembali.

      Hapus
  30. asslamualaikum saya mau tanya om saya punya MB MH baru seminggu bisa mkn poor tapi rajin ngeriwik tapi sudah hampir sebulan belum pernah ngeplong. kenapa ya om MB saya ini dan perlu perawatan yang bagaimana biar MB mau ngeplong? mohon ppenjelasannya terimakasih

    BalasHapus
  31. Tipsnya :
    1. Pola mandi jemurnya harus rutin.
    2. Settingan EF dinaikkan secara perlahan.
    3. Sesekali coba ditrek dengan MB lain.

    BalasHapus
  32. Salam kenal Om Herry,
    Saya punya MBMH baru sebulan tapi di kepalanya ada bintik2 putih kaya ketombe itu kenapa ya Om?? terus bagaimana cara mengatasinya Om maaf banyak nanya karena saya masih pemula.
    Terima kasih banyak atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba MBnya dimandikan atau disemprot dengan air yang telah dicampur dengan cairan khusus untuk mandi burung. Di kios-kios burung banyak dijual cairan khusus ini. Semoga bisa segera teratasi.

      Hapus
  33. mas herry...saya mau tanya saya pny murai giras uda sebulan saya mandikan rutin tiap pagi, dan murai saya kadang bunyi keselek begitu bagaimana nya solusinya biar kaga giras dan hilangin di tenggorokannya bunyi grok-grok itu ..terima kasih mas herry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutkan proses mandinya setiap pagi, kelak akan tenang sendiri MBnya.
      Suara dari tenggorokan itu muncul karena adanya lendir, coba berikan sedikit obat pengencer lendir atau dahak, bisa gunakan obat batuk untuk manusia dengan dosis rendah.

      Hapus
  34. Om Herry, saya mau tanya untuk metode yg No. 2 memaster MB Bakalan dengan memanfaatkan burung masteran. Yg saya tanyakan apakah MB bakalan tsb digantang berdekatan (saling melihat) atau ditempatkan terpisah (yg penting si MB denger suaranya). Maklum saya lagi ada MB bakalan, trus ada kenari gacor, cucak jenggot gacor dan jalak suren kurang gacor. Mohon pencerahannya apakah kesemua burung tsb boleh digantang berdampingan dengan MB bakalan (MB br belajan ngevoer blm bunyi). Terima Kasih Om.

    BalasHapus
  35. Untuk burung-burung kecil, bisa ditempel berdekatan dan saling lihat. Sebaiknya hindari Cililin dan Pentet untuk ditempel berdekatan dan saling lihat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih Om Herry atas penjelasannya,

      Hapus
  36. OM GIMANA biyar MB nias saya rajin buyi,soalya buyi tiap pagi,malam sajah.. ga ngepooll.thk om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktekan saja salah satu metode di atas.

      Hapus
  37. selamat malam om herry,
    dalam kenal, saya gia di jakarta selatan,
    saya mau tanya mengenai murai batu ekor yang melengkung keatas dan ekor melengkung kebawah, apakah ada perbedaan asal atau hanya karena mabung saja ?
    btw kalau mau order burung bisa kemana om?
    terima kasih om,

    BalasHapus
  38. sore om,
    numpang tanya nie om herry,saya lg ngerawat murai stress,dulunya gacor abis tp stlah dbwa mikat burung khutan burung murai sya giganggu oleh kwanan kera dan mulai dri itu murai sy jd liar gelabakan dan ga mau berkicau lantang sprti sedia kala,terapi yang sy terapkan untuk stiap hari hanya mandi dan jmur rutin serta full EF,pertanyaanya apa bisa pulih sperti sdiakala?butuh wktu brapa lama kira2 om?mohon pencerahannya bila ada solusi yg lbih baek om,
    terimakasih banyak sebelumnya om,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dan kuncinya harus sabar.
      Coba sesekali dekatkan dengan MB betina untuk merangsang dia mau berkicau.

      Hapus
  39. Numpang nanya juga Om.....kalau memaster MB hanya dengan suara burung lewat HP apa bisa ya Om ?

    BalasHapus
  40. ass..
    salam kenal mas hery saya dari bengkulu mau nanya saya barusan beli MB dari Aceh sdh 3 bulan tapi sampai skrng belum terdengar suaranya tapi ketiknya kencang mas tolg solusinya ass



    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba terapkan pola rawatan sesuai tips di atas. Sesekali gantanga MBnya dekat dengan tempat air mengalir, misalnya di samping kamar mandi untuk merangsang MB mau berkicau, minimal ngeriwik.

      Hapus
  41. Pagi Om Herry....mau nanya kalau MB bahan, burung apa aja yg perlu dihindari untuk dekat dengan gantangan MB tsb ? Trima kasih banyak atas jawabanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. MB gacor. Akan membuat MB bahan membisu dan tertekan.
      2. Kacer gacor. Bisa merusak keduanya.
      3. Cililin. Akan membuat MB bahan kaget dan tertekan.
      4. Pentet. Akan membuat MB bahan tertekan dan turun ke dasar sangkar.

      Hapus
  42. Hallo boss..
    Saya juga punya MB....
    Ngriwik..sudah dua bulan gk mau ngeplong...
    Lagian pas ngriwik kakinya di angkat satu...
    Extra food komplit...
    Apa ada yang salah..?
    Mohon infonya boss....
    Terima kasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya bukan boss.
      MB yang kakinya diangkat berarti kakinya sedang sakit, mungkin karena giras awalnya.
      Selain EF, MB juga perlu mandi dan jemur.
      Setelah itu perlu ketelatenan dan kesabaran kita dalam merawatnya.

      Hapus
  43. Aslmkm om Herry, saya punya MB MH. Sudah mau makan voer, suara ketrekannya banyak tapi belum mau berkicau. Oya, di rmh jg ada kacer hitam yg sdh gacor, dan sering saya sandingkan maksudnya utk master. Apakah cara ini salah? Suara burung apa yg pas utk memaster MB saya itu? Terima kasih atas saran dan petunjuknya.Wassalam'ualaikum wr. wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pola rawatnya salah tuch. Sebaiknya MB jangan disandingkan dengan Kacer. Pemasteran sebaiknya dilakukan pada saat si MB sedang mabung. Coba baca-baca kembali artikel di blog ini.

      Hapus
  44. tanya nih om....di rumah ad MB Lampung, udah jinak/tdk giras tp ttp lincah, awalnya cm ngeriwik aja dan akhirnya mulai ngeplong walopun msih jarang2. tp uda 3 minggu ini koq malah g bunyi sm sekali yaa? pola rwtan ttp stbil tdk berubah. burung pendamping jg ttp sama yaitu burung pleci dan cucak wilis. jg blm ada ciri2 akan mabung.
    Kira2 ada solusi ga ya om?
    Terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba settingan EF sedikit dinaikkan secara bertahap. Semoga MBnya ngeplong kembali.

      Hapus
    2. Om Herry..mohon pencerahan nya,saya punya 2 ekor murai..satu murai dah gacor...sedangkan yang satu masih muda (MH) masih jarang2 ngeplongnya...gimana caranya agar murai yang muda ini gacor...ke dua burung itu sy taruh berjauhan/tidak saling melihat,sy sdh coba pancing dengan kenari,pleci dan gelatik begitu juga EF dah sy kasih kroto tiap hari dan jangkrik (20 ekor/hari),...tapi tetap gak gacor,kira2 perlu berapa lama untuk membuat murai MH ini gacor? apakah dia tertekan dengan suara Murai yang satunya ? karena meski sy taruh berjauhan..suara murai yang satu masih terdengar. Terima kasih

      Hapus
    3. 1. MB MH anda masih butuh waktu (minimal 1 x mabung di tangan anda) untuk bisa gacor, jadi harus sabar.
      2. Kemungkinan tertekan juga tinggi, sebab MB seniornya sudah gacor (sebaiknya salah satu dipindahkan dulu)
      3. Settingan jangkriknya terlalu tinggi, beresiko MBnya tidak mau menyentuh voer.

      Hapus
  45. Salam Om herry,,,

    saya putri dr bekasi,,,

    saya br beli murai borneo(kta yg jual),,, tp blom bunyi sama skli,,, saya kasih jangkrik doyan bgt,,, ampe abis banyak,,, lalu saya semprot air klo pagi,,,
    Tp kok blom bunyi sdikit pun yaa,,???
    Harus brp lama saya harus ngu'in murai ini bunyii yaa,,, saya sdh menerapkan tips om herry,,,,

    Thanks om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkat kemampuan MB untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya, sehingga si MB cepat mau berkicau berbeda-beda.
      Saran saya, ajari dulu MBnya untuk mau ngevoer. Setelah itu dengan sedikit kesabaran, kelak si MB juga akan mau berkicau dalam 1-2 minggu (minimal ngeriwik atau berkicau dengan suara kecil)

      Hapus
    2. ok om terimakasih saran nya

      MB nya sudah makan voer,,, tgl tgu suaranya<> MB itu butuh berapa lama (bulan),mulai dari makan voer sampe dia bs gacor???

      makasie om.. mohon petunjuknya nie

      Hapus
    3. Untuk bisa gacor, biasanya MB bahan butuh waktu minimal 1x mabung ditangan pemiliknya. Pada saat dorong ekor, master dech MBnya dengan suara-suara burung masteran yang sesuai dengan karakter suara si MB. Setelah itu, biasanya MB akan ngefight dan gacor. Jadi bersabar saja. Untuk sementara ini, settingan EF yang sedikit tinggi, misalnya jangkrik pagi 5-7 sore 5-7 dan kroto seminggu 3-4 x mungkin bisa digunakan agar MBnya mau berkicau. Sesekali tempatkan dekat kamar mandi agar si MB bisa mendengar suara kucuran air untuk merangsang dia mau berkicau, minimal ngeriwik.

      Hapus
  46. Assalamualaikum wr.wb

    mau tanya,yang dirumah saya murai batu nias,,baru-baru sekali/perdana.pola perawatannya bisa langsung dipakai cara perawatan di atas atau di full krodong dulu atau bagaimana? dan kalau belum mabung boleh dimaster pakai kaset? dan untuk minumnya saya kasih extra fit kicau plus yang berwarna orange botolnya,apakah boleh dikasih?
    untuk makannya saya campur kroto dan voer krotosari skm..apakah boleh seperti itu?

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Sebaiknya MBnya diajari makan voer dulu. Setelah mau makan voer, ajari MBnya untuk beradaptasi hingga tidak lagi terlihat liar dan takut sama orang. Setelah itu baru dech diajari masteran.

      Hapus
    2. kalau dia udah makan voer halus skm, bagaimana supaya dia cepat bisa makan voer biasa seperti merk juara? kalau minumnya boleh dicampur extravit kicau plus??

      Hapus
    3. Kalau sudah ngevoer halus (bisa dilihat dari kotorannya sudah berwarna seperti warna voer) maka voernya bisa dibuat setengah kasar kemudian berlanjut menjadi voer kasar. Minumannya boleh dicampur vit, tapi sebaiknya tidak perlu setiap hari.

      Hapus
  47. terima kasih,dia udah makan voer kasar..saya kasih setengah halus stengah kasar...
    murai batu nias saya kan baru-baru beli,,apa boleh dirawat dengan cara biasa dengan memandikan di keramba dan dijemur,dan terkadang saya mastering dengan suara master..? untuk mb yang baru-baru beli pemberian UH dan krotonya berapa kali seminggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB memang harus dirawat seperti itu jika sudah bisa beradaptasi dalam artian tidak lagi giras dan gradakan jika melihat orang.
      Untuk EF, beri saja jangkrik pagi 5 sore 5 dan kroto 2 x seminggu 1 sendok.

      Hapus
  48. Ass. Cik Herry.
    Saya punya BM yg sudah rajin ngeriwik, bagaimana supaya cepat ngeplong... saya kerja kantoran jadi tidak sempat untk jemur pagi kecuali sabtu minggu. setiap malam kandang saya bersihkan dan jangkrik dikasih 5, kroto hanya hari sabtu/minggu. berapa lama untuk jadi ngoplong dan berapa lama/bln MB mulai mabung/merontokan bulunya.
    Semoga amal infonya diberi pahala oleh Allah SWT. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      MB memiliki tahapan untuk bisa rajin ngeplong.
      Salah satu tahapan tersebut adalah rajin ngeriwik.
      Dengan sedikit kesabaran, saya yakin MB anda akan rajin ngeplong. Setinggan EF, sebaiknya jangkrik pagi 3 sore 3 dan kroto bisa 2x seminggu, karena anda orang kantoran dan agar MBnya mau ngevoer secara normal. Sesekali berikan vitamin dalam minumannya sesuai dosis dan coba ditrek dengan MB lain untuk membangkitkan mental tarungnya supaya mau rajin ngeplong.
      Secara umum MB mengalami masa mabung 1x dalam setahun. Ciri-ciri MB mau mabung bisa dibaca dalam artikel yang ada di blog ini.

      Hapus
  49. bagaimana supaya mb cepat mabung?? bagaimana supaya mb cepat ngeriwik sementara saya hanya memasterkan dengan suara kaset...?? untuk pengkrodongan hanya malam saja?

    BalasHapus
  50. berapa porsi UH dalam seminggu untuk mb yg baru beli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. UH sebaiknya digunakan hanya untuk mengajari MB untuk ngevoer. Selebihnya mungkin bisa digunakan pada saat cuaca cenderung dingin misalnya di musim hujan.

      Hapus
  51. di daerah saya lagi musim hujan..makanya saya kasih..berapa ekor ideal porsinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5-10 adalah takaran ideal.

      Hapus
    2. apakah si MB bisa sedikit gacor/ngeriwik panjang karena dimaster pakai kaset sebelum masa mabung? untuk mandinya,sebelum mabung boleh dikasih cairan yang mereknya total untuk merawat bulu dan merangsang bunyi katanya....??

      Hapus
  52. assalamualaikum om herry,mb ku bulu ekornya rusak dan cendrung patah patah,trus kadang rajin ngeplong dan terkadang juga diem seribu bahasa.bagaimana perawatannya agar mb ku stabil berkicaunya?untuk bulu yg patah/rusak harus bagaimana?trimakasih om herry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Rawatsn harus konsisten. Misalnya setiap hari diberikan EF dan setiap hari mandi jemur.
      Untuk ekor yang patah, biarkan saja, sebab kelak akan kembali tumbuh pada saat mabung.

      Hapus
  53. untuk burung pleci dan siri-siri bagus untuk dimaster??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan untuk dimaster, tapi buat dijadikan burung master.

      Hapus
  54. selamat siang salam kenal OM.
    saya pendatang baru didunia MB.
    saya punya MB beli sama teman.
    sewaktu di teman itu MB udah ngeriwik+ngeplong meski kadang2.
    tapi setelah di tangan saya selama 2 minggu,selama 2 minggu itu saya sama sekali gak denger dia bersuara.
    padahal itu MB sudah anteng OM ditangan saya.

    cuma itu aja OM masalah'a ( selama di saya 2 minggu belum pernah bernyanyi/bersuara ).

    mohon pencerahannya OM untuk saya sebagai pemula ini.

    makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali.
      Sepertinya MB anda butuh waktu untuk adaptasi dengan lingkungan baru di tempat anda.
      Sebaiknya anda bersabar saja dan teruskan pola rawatannya.
      Semoga MBnya cepat mau berkicau.

      Hapus
    2. amiiin,,,ya rob.

      kira kira berapa lama ya OM agar MB bisa beradaptasi??..
      terus apa yang harus saya lakukan agar si MB tersebut bisa beradaptasi dan bernyanyi?..
      selama 2hari saya full krodong dan saya gantung di tempat sepi,setelah itu pagi jam 5.30 sy gantung di bawah pohon rambutan agar terkena embun sampe jam 07 sy gantung tanpa krodong di tempat dimana keluarga sering lalu lalang jam 5 sore saya gantungkan lg di bawah pohon rambutan agar terkena angin,alhamdulillah anteng OM.


      sekali lagi saya minta pencerahan/metode dari OM yang sudah pengalaman di bandingkan saya agar si MB bisa bernyanyi dengan cepat.


      Hapus
    3. Kalau Mbnya sudah nyaman, dia pasti akan berkicau.
      Coba pancing dengan suara-suara burung kecil, atau coba sesekali tempatkan dekat kamar mandi agar dia bisa mendengar suara kucuran air, ini akan memancing si MB untuk mau berkicau, minimal ngeriwik.

      Hapus
    4. semangaaaaat page OM.
      semangaaaat pagee kicau mania.


      Alhamdulillah MB saya sudah mulai ngeriwik dan ngeplong dan nembak2 OM.
      tapi hanya sedang di krodong.
      bila kerodong di buka tidak ada ngerwik,ngeplong dan nembak.

      mohon pencerahannya OM agar MB saya ngeriwik,ngeplong dan nembak nembak meski tidak sedang di krodong.

      sekali lagi mohon pencerahan'a OM.

      maturnuwun.

      Hapus
    5. Masalahnya hanya menunggu waktu saja Om.
      Coba biasakan MBnya untuk tidak dikrodong, cukup malam hari saja dan mandi jemurnya dilakukan secara teratur.

      Hapus
    6. Ok mulai besok saya akan coba untuk mebiasakan di pagi-sore hari tanpa krodong.
      dan akan saya krodong kembali pada malam hari.

      untuk mandi sudah di lakukan dengan kramba 2x dalam seminggu.
      untuk penjemuran saya lakukan dari jam 0630-0730 pagi di karenakan saya kuli.
      kalo hari libur saya lakukan dari jam 0630-0830 pagi..

      Hapus
  55. Pak,saya mau tanya kemarin sudah ada satu bulan yang lalu saya beli MB hutan trotol usia sekarang 3 bulanana,ekor putihnya di pangkal pahanya ada warna hitam,ada juga satu ekor putih,separaoh hitam..
    Panjang,ekornya kurang lebih 12cm..
    kiranya itu MB hutan jenis apa..?
    Makasih,pak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nich, saya kurang bisa menjelaskan. Selain itu, setahu saya saat-saat ini belum memasuki musim trotolan hutan untuk wilayah Sumatera.

      Hapus
  56. apa benar om kupu-kupu kecil yang biasa dkt lampu,berbahaya bagi murai batu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sebab kupu-kupu itu berbahaya buat burung karena bagian sayapnya cenderung beracun jika dimakan.

      Hapus
  57. cara mengatasinya supaya gk ada kupu2 lagi di lampu gmana ya om?? disemprot hit?
    kalau kroto boleh dimasukkan ke kulkas yang ada makanannya?

    BalasHapus
  58. Selamat paqi OM.
    selamat pagi kicau mania.

    Dirumah saya ada Ciblek gacor,Pentet Madura gacor.
    menurut temen saya kalo di rumah ada Murai usahakan jangan ada Pentet.
    karena bisa mempengaruhi mental MURAI tersebut.
    karena Pentet jenis burung predator.

    apakah betul OM.
    mohon pencerahan nya.

    maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sebaiknya jika pelihara pentet jangan digantang bersebelahan dengan MB. Atau salah satu diantaranya posisikan dalam kondisi terkrodong jika terpaksa harus berdekatan.

      Hapus
  59. haloo om herry


    saya ada MB kalimantan dan jalak nias gacor ama trucukan gacor dan manyar gacor apa boleh di gantang berdampingan,,, krna MB saya ga mau bunyi2 nihh dah 2 bulan saya pelihara gaa ada bunyinya

    setinganya
    voer cirpy ijo,,
    jangkrik 5 pagi 5sore,,
    trs mandi 2x
    kroto tiap hari (biar bunyi mkstnya ) ehh ni gak bunyi2 MB saya,,,

    gimana yaa om apa krna murai kalimantan ya jd agak laama mau berkicaunya??

    tiap siang saya kasi video masteran MB di laptop ... biar MB saya dengerin sambil nonton...
    bahkan kemarin saya taru MB di toilet biar dengerin suara air tp yaa ttp aja diem
    cuma bunyi cek...cek...cek..doankk

    haduhh saya bingung om
    tolong pencerahannya

    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB bisa digantang berdekatan dengan burung-burung yang bisa dijadikan sebagai masterannya.
      Anda sepertinya membutuhkan sedikit kesabaran untuk bisa mendengarkan si MB mau berkicau.
      Jika si MB sudah merasa nyaman dengan lingkungannya, saya yakin si MB akan mau berkicau dan untuk saat ini sebagaiknya si MB jangan terlalu sering diganggu, biarkan dia apa adanya, sebab settingannya sudah OK koq.

      Hapus
  60. om burung pancawarna bisa dijadikan partner/master mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Buatlah pertanyaan sesuai dengan judul threadnya (topik), agar mudah dibaca dan teratur.
      2. Sebelum bertanya, baca-baca dulu atikel yang ada di blog ini, sebab pertanyaan anda sudah saya jabarkan pada thread di bawah ini.
      http://muraibatuaceh.blogspot.com/2009/01/burung-kecil-sebagai-masteran-mb.html
      dan silahkan baca sendiri.

      Hapus
  61. .om saya pnya MB MH nias baru kmrn blinya, pertanyaan sya bgmna mengetahui umur MB tsb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur MB sulit ditentukan apalagi jika hasil tangkapan hutan. Sisik yang ada di kaki mungkin bisa jadi pedoman, jika sudah ada sisiknya, berarti MB sudah cukup umur.

      Hapus
  62. Om saya punta MB kalimantan trotolan.
    kenapa MB punya ku akhir2 ini Gg mau mkn kroto.
    padahal waktu awal beli MB mau mkn kroto. Gimana caranya biar MB mau mkn kroto lagi. Kalau misalnya di ganti sama ulat kandang gimana.?
    Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  63. om, saya punya murai nias bahan MH, baru 1 minggu udah ngevoer subuh udah bunyi lumayan kenceng tapi cuma skali tiap subuh..rawatan suadah hampir sama seperti diatas. yang saya mau tanyakan,,, kenapa bunyinya cuma sekali2 saja..dan ngriwiknya maunya kalo ga liat orang...dan kenapa setelah saya mulai mandikan (semprot) malah jadi gesit kalo tiap saya ganti minum dan pakan, sebelum saya mandikan (masa menenangkan burung) udah agak tenang..
    terima kasih,,,

    BalasHapus
  64. Salam knl om herry

    Minta saran nya donk,,, saya kemarin kepasar burung trs ditawarin MB tp masih di jual dlm bungkus semen om,,, tertarik krna murah harganya,,,maklum anak sekolahan,,, ngumpulin uang jajan dlu

    Klo saya beli trs gmna ya cara perawatan dirmh pertama kali

    Sama cara milihnya gmna om,,,

    Terimakasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai bahan pelajaran, jangan mudah tergoda dengan harga murah, sebab cenderung akan membuat anda kecewa kemudian. Jangan pernah membeli MB yang dijual dalam bungkus kantong semen, sebab kita tidak tahu bagaimana kondisi real MBnya.

      Hapus
  65. salam kenal om herry,
    ane punya rawatan 2 mb jantan mudah hutan (lampung+medan)rawatan udah 3minggu,EF jk 7 p/s +kroto tiap hari+ulet+cacing tanah 2 p/s ,sdh mulai jinak(mau mkn jk meskipun disodori pake tangan),dimaster pake hp dgn jeda waktu suara cililin,kps tembak,kenari,love bird,gemericik air,hembus angin permasalahanya:
    a.awalnya keduanya srg mengeluarkan suara kretekan,tp skrg kok jarang?( posisi sangkar berdekatan jarak 2mtr tanpa kerodong )
    b.mb lampung ane srg angkat kaki,bulu mengembang,gk lincah(u/mb lampung sangkar kotak ukrn 50cm,u/mb mdan ekor panjang sangkar bulat ukrn 70cm)apakah ukrn sangkar berpengaruh ato kurang jemur ?
    c.gimana spy mb mau bunyi minimal ngriwik ??(dah di coba terapi air tp kok hsl nihil)apa perlu di ksh doping vitamin?
    thx sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya kedua MB jangan ditempatkan secara berdekatan dalam kondisi terbuka.
      MB yang sering angkat kaki sebelah adalah tanda MB yang sedang bermasalah dengan kakinya. Mengangkat kaki adalah cara yang dilakukan oleh MB dalam upaya memyembuhkan kakinya yang mungkin sakit.
      Bulu mengembang dan terkesan kurang aktif adalah ciri dari MB yang kurang sehat.
      Anda sepertinya masih harus bersabar untuk menikmati hasil, apalagi MBnya masih relatif baru.

      Hapus
    2. ASSALAMUALAIKUM.

      selamat malam OM harry apa kabar?.
      selamat malam kicau mania dimana aja.

      OM.
      saya baru seminggu beli murai medan muda hutan,kata'a sih bahorokk punya.
      murai sudah ngevoer total+ngeplong,pagi siang sore bahkan malam hari jam 01 pun masih ngeplong meski di krodong dan tanpa krodong.dan lampu di matikan.

      tapi kata teman saya kalo murai saya itu kurang bagus karena pada malam hari dia masih ngepong dalam posisi di krodong dan lampu di matikan sekalipun.

      yang saya mau tanyakan apakah benar apa yang di katakan teman saya,bahwa murai dengan ciri2 yang saya sebutkan tadi adalah ciri2 murai yang kurang bagus alias jelek.
      dan cara membuat murai tidak nyodok2 mau keluar kalo lihat orang.

      mohon pencerahan dan solusi nya OM.

      Maturnuwun..

      Hapus
    3. Wa'alaikum salam.

      Tidak benar MB yang geplong di malam hari adalah MB jelek.
      MB yang sedang proses adaptasi bahkan cenderung hanya ngeplong di malam hari atau di saat subuh.

      Agar MB anda tingkat kegirasannya sedikit berkurang, coba jangan di buat full krodong (cukup malam hari saja).
      Mandikan dengan cara di semprot hingga basah kuyup di pagi hari, kemudian jemur di tanah dan anda tungguin dengan jarak 1-2 meter dari sangkarnya.
      Lakukan selama 1-2 minggu dan lihat hasilnya.

      Hapus
    4. makasih banyak OM atas pencerahan dan solusinya.

      Hapus
  66. ass om herry sy udh punya Mb 2bln udh ngevoer total . EF jangkrik pagi sore, kroto 2x seminggu..kadang ngriwik, cuma ngeplong nya klo mlm sm pagi hari lg d krodong..masalahnya apa krn tetangga punya murai borneo gacor bgt ..jd takut bunyi..mohon solusinya ?

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum om Herry, ane Abid Harphan dari Jakarta Timur, Salam Kicau Mania \m/
    Ane mau Tanya sedikit Om,,
    beberapa waktu lalu ane beli murai batu muda hutan, sesampai dirumah sore, keesokan harinya saya mandikan, saya kasih jangkrik, ehh.. ga taunya besoknya ga bergairah om murai ane, alias 3 L , lemah letih lesu. :(,
    ane coba beberapa terapi penyembuhan seperti ane kelonin dikamar, kena sriwingan AC, eh dgn berjalanya waktu murai ane malah nge Drop :(( bahkan keesokan harinya mulutnya Cengap", eh alhasil besoknya Almarhum :((
    Ane terpukul stgh mati, smpe ga doyan makan, APa bener om, murai bahan itu ga boleh di mandiin sama di kasih jangrik?? mohon pencerahanya dan ilmunya om > hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Sebagian besar MB bahan yang datang ke pasar burung di Jakarta adalah MB-MB yang telah menempuh perjalanan jauh, baik dari Sumatera maupun Kalimantan.
      Kondisi fisiknya cenderung kurang stabil dan butuh banyak istirahat.
      Dengan kondisi seperti itu, langkah awal sebaiknya distabilkan dulu kondisi fisiknya full krodong dan full EF. Setelah terlihat stabil, baru diajarkan ngevoer.

      Hapus
  68. Malam om, thanks advicenya.. skrng murai ane yg baru udah agak jinak, cuma gregetan nunggu dia berkicau, ngeriwik nya aja saya tgguin bgt, wkwkwk.. mdh2an bsa bertahan dan growth sesehat2nya.. amin , thankss skali lg om her, jgn bosen ksh2 ilmunya hehe

    BalasHapus
  69. Salam Kicau Om Herry, Saya punya murai medan beli dari teman, saat ini ekornya tidak rata numbuhnya padahal sudah 5 bulan berjalan, apakah pengaruh apabila belum selesai masa dorong ekor sudah di jemur dan mandikan akan membuat pertumbuhan ekornya jadi tidak rata, mandeg.

    Apakah ada solusinya biar ekornya bisa numbuh kembali dan bisa sama panjangnya, mohon pencerahanya, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ada sebagian MB yang ekor panjangnya terlihat tidak sejajar. Biasanya ini terjadi jika si MB mengalami proses nyulam (ekor panjangnya jatuh tidak di saat mabung).
      Solusinya hanya bersabar, sebab jika sudah masuk masa mabung, semua ekornya akan jatuh lagi dan kembali tumbuh.

      Hapus
  70. Selamat Pagi Om Herry..

    Om Saya punya murai medan rawatan sudah 4bulan,Usia murai sudah cukup dewasa.
    setingan embun jam 5 pagi sambil di jemur sampe jam 730 pagi karena saya harus aktifitas,mandi keramba 2xseminggu..
    setingan food jangkrik 5-5 Kroto 2x seminggu cacing 2ekor 2x seminggu,larutan 2xseminggu..

    burung sudah jinak lalat / anteng ( tidak takut orang ).

    yang saya mau tanyakan kenapa murai tersebut selalu ngeplong pada malam hari sampai subuh,meski dalam kerodong dan lampu redup.
    kenapa pada siang hari khusus'a pada hari minggu saya libur belum pernah dengar dia ngeplong.

    apakah karena pengaruh ada LoveBird juara yang sangat gacor OM..
    padahal jarak antara Lovebird dan murai berjauhan dan posisi lovebird dalam krodong.

    mohon arahan dari OM heri agar murai saya mau bahkan rajin ngeplong siang hari..
    sekali lagi mohon arahan nya OM..


    maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pola rawatan sudah OK, hanya saja larutan jangan lagi diberikan, kecuali MBnya sedang dalam kondisi serak.
      Sepertinya MB anda hanya butuh waktu saja untuk mau gacor di siang hari, jadi cobalah sedikit bersabar.
      Sesekali coba perdengarkan suara MB dari hp dan perhatikan reaksinya, jika si MB terkesan siaga atau marah, artinya secara mental MBnya OK dan bisa sesekali ditrek dengan MB lain.

      Hapus
  71. Kalau untuk di perdengarkan suara MB dari Hp memang ada reaksi berupa cetrekan dan gerakan ekor tp itu hanya dalam hitungan detik aja..
    sudah saya coba di trex reaksinya pun sama,cetrekan dan gerakan ekor di barengi dengan tembakan,itupun hanya dalam itungan menit saja,setelah itu responnya biasa saja..

    apakah karena pengaruh usia karena murai saya hanya baru 1x mabung ( pergantian bulu orok ).Mohon tips dan arahan OM agar murai saya lebih sangar ketika melihat lawan..

    sekali lagi mohon tips dan arahan dari OM,,,

    maturnuwun..

    BalasHapus
  72. sore om herry,,,
    mau tanya apakah punya stok MB bahan & bisa dikirim ke jakarta,saya mau punya mb asli tanah rencong nih om,,mohon infonya terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Om, saat ini saya sedang tidak ada simpanan MB. Coba saja hubungi Om BEN yang ada di poris, ID name di FB Ben Kli.

      Hapus
  73. om mau tanya kalo mb yg paruh nya bencot apakah kelak bisa brkicau
    trmks

    BalasHapus
  74. Salam kenal om saya made di bekasi mau tanya sy beli MB sdh jadi gacor vulume keras tp tidak pernah nembak..alias ngukluk sy sdg trek nggak mau keluar isianya mental ada, anehnya lg MBnya nggak mau kroto maunya jangkrik sama UH sy hampir putus asa om........pertanyaan sy gimana cara/setinganya buat keluarkn isianya rawatan hampir 8 bulan mohon pecerahanya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini penyakit yang sering dijumpai pada hobbies yang membeli MB-MB jadi dan gacor. Ada sebagia penjual yang menggunakan doping buat MB agar terlihat gacor. setelah pengaruh dopingnya hilang barulah ketahuan karakter asli dari si MB dan bahkan si MB terlihat seperti burung sakit.
      Coba rawat ulang dari nol lagi dengan settingan EF minimalis dan buat si MB solitaire alias jangan mendengar suara-suara burung lain. Mandi jemur tetap rutin dan settingan EF perlahan dinaikkan. Lakukan ini hingga karakter MBnya terlihat berubah. Jika sudah mulai responsif, coba sesekali ditrek dengan MB lain.

      Hapus
  75. malam om
    murai yang rontok bulunya boleh di mandiin dan jemur stiap hari gak
    maaf masih pemula om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses mandi dan penjemuran sebaiknya dihentikan pada dulu. Info lengkapnya bisa dibaca pada artikel tentang proses mabung pada MB yang terdapat dalam blog ini.

      Hapus
  76. slmt siang om,,,
    om sy mau tny ttg mb sya ini... mb sya it dah voer ttal om,tp set ef jngkrik 3/3 ps.stlh sy naikkan mjd 5/5 p/s it dah mlai ngriwik om,,tp mb mnjd giras...
    krn sy tkt jd gras setingan jgkrik sya kmblikan ke 3/3 p/s om,yp mlh loyo... mnrut njenengan g5na om..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Settingan EF tidak akan membuat MB jadi giras, mungkin hanya terlihat lebih aktif saja. Kalau memang MBnya nyaman disettingan 5/5, silahkan saja tanpa perlu khawatir menjadi giras.

      Hapus
  77. Ass ww. Bang Heri saya baru dapat murai dari teman klw dilihat dari fisiknya sudah cukup umur. Ngriwiknya sering sekali sekali ngeplong mungkin masih tahapan adaptasi.namun ada yg mengganjal hati karena ada titik putih pada ma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya mungkin katarak ya..???
      Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan katarak pada mata MB. Hindari penjemuran berlebihan, sebab bisa membuat mata MB menjadi buta total.

      Hapus
  78. Om herry.. Sy br beli murai nias umur 6bln udah ngriwik & kdg ngeplong. Tp mslhya sy punya burung tledekan udah gacor. Apakah ada burung tledekan bs buat murai sy jd drop atau mlh macet?? Trus kl murai dikasih uler balap apakah boleh?
    makasih atas jwbannya.
    tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tledekan malah bisa dibuat untuk memancing MB cepat bekicau.
      Ulat balap atau ulat kandang bisa dijadikan EF selingan buat MB.

      Hapus
  79. Assalamualaikum bang herry,saya mau tanya kalau merawat MB di rumah tidak makan voor alias hanya makan EF seperti di alam ada resiko/dampak negatifnya ada ga bang? hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB bisa koq dibuat full EF alias tanpa voer, seperti halnya MB yang dibreeding. Resikonya MB seperti ini tidak bisa ditinggal lam, di mana harus ada yang stand by memberikan EF setiap hari . Jadi tidak ada salahnya untuk diajarkan memakan voer.

      Hapus
  80. Assalamualaikum bang herry, mau nanya bang kira2 kalau ekor pecah bisa rapih lagi ga ya bang tanpa nunggu mabung dulu ? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ekor yang sudah pecah-pecah cenderung tidak dapat rapi lagi, kecuali dalam kondisi dorong ekor. Jadi sabar saja menunggu masa mabungnya.

      Hapus
  81. Ass.wr.wb Bang Herry mau tanya neh... kalo MB Muda Hutan kira2 berapa lama yah sampai ke masa Mabung ... saya beli sudah bukan trotol apakah MB saya sudah pernah mabung saat di hutan ? thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika MB tangkapan hutan, dari trotolan ke bulu dewasa berkisar 9-12 bulan, tapi jika hasil tangkaran bisa lebih singkat lagi.
      Perubahan bulu dari trotol ke bulu dewasa (molting) seringkali hanya bersifat parsial, kadang ekornya tidak ikut jatuh dan sering kita jumpai masih adanya bulu trotolan di sebagian sayapnya.

      Hapus
  82. Om hery
    Mau minta solusi nih
    MB sya rajin bunyi kalau tapi ga boleh di liat,klo diliat langsung diem.
    Gemana solusinya om?
    Makasi banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hanya masalah kesabaran saja.
      MBnya masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan manusia.
      Jadi sabar saja, dan gantang MBnya di dekat tempat orang berlalu lalang agar proses adaptasinya lebih cepat, walau beresiko MBnya cenderung akan diam.

      Hapus
  83. slmt siang om herry, saya pnya mb mh nias baru 2 minggu belum ngevoer tapi udah mulai bnyi dan ngeriwik, yg jadi pertanyaan saya, bunyi nya ngemlpong tapi pendek, klo ngeriwik panjang, dan klo bnyi nemplong pendek hanya malam saja klo siang nya ngeriwik aja tapi aga keras, saya gantang di tempat sepi dan di atas aquarium yg ada air gemercik nya, apa pengaruh dengan air gemercik, mohon pecerahan nya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB anda masih dalam tahap proses adaptasi dengan lingkungan barunya. Kalau sudah berani ngeplong dan ngeriwik, ini adalah tanda yang positif bahwa tahapan ini bisa dilalui si MB. Suara gemercik air memang bisa merangsang MB untuk berkicau.

      Hapus
  84. siang om lam kenal ni sama deni dri garut jabar,mau nanya saya punya muray batu,trus kalo bunyi sambil duduk di tangringan,dan bunyinya gk ngotot,kenapa ya om.......padahal dia udah gk takut ma orang,alias jinak lalat,mohon percerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu namanya bunyi santai atau bisa juga cuma ngeriwik kasar. Kasus seperti itu biasa dijumpai pada MB-MB yang setengah jadi. Coba pola mandi jemurnya dan pemberian EFnya lebih optimal lagi. Sesekali MBnya ditrek dengan MB lain untuk membangkitkan semnagnat tempurnya.

      Hapus
  85. Assalamualaikum bang herry, tolong dong bahas yang lengkap tentang murai batu supak soalnya antik dan sangat cantik bang (kaya murai hitam putih), terus mau tanya ni bang apa semua mb supak berasal dari ujong pancu? saya ada satu bang di rumah warna dadanya putih kekuningan tapi sepertinya betina bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna bulu dada yang supak, cenderung lebih disebabkan oleh faktor habitat dan kebiasaan dengan pola makan.

      Hapus
  86. Asalam... Om herry mw sharing dkit ney, saya msh pemula...
    Blm lama ini, saya Ambil Mb borneo bahan cm udh ngevoer udh ngeriwik jg klo mlm sm subuh ngeplong cm sbntar, dn baru lepas trotol blm lama, cm msh ada titik warna merah di sayap dn dibawah paruh... Awalny saya kira ini betina karna badannya jg kecil, cm kata yg jual ini jantan dan nunggu mabung 1x lg byar bulunya bagus.. (sempurna).
    Saya jg pnya kacer baru lepas trotol lg dorong ekor, cm gacor bngt ngeplong dn ngriwik trus siang malam....
    Yang mw saya tanyakan om.
    1. Apakah benar Mb itu harus nunggu mabung 2x baru bulunya bagus (gda bercak merah dibawah paruh dan sayap). Yang saya tkt kan saya membeli Mb borneo betina.
    2. Apakah ada efeknya kalau Mb saya bertemu dngn kacer saya... Karna klo diliat sama2 msh muda, sy blm berani mempertemukan walaupun dalam gantangan yg cukup jauh... Yg ditakutin salah satu atau bahkan keduanya kalah mental...
    Tolong pemasukannya y om. Mksh bngt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Secara umum, sehabis molting, biasanya MB akan berganti bulu dengan sempurna, walaupun ada 1-2 kasus masih menyisakan bintik trotolan di bagian sayapnya.
      2. Ada. Sebaiknya jangan ditempatkan dalam jarka dekat dalam 1 rumah.

      Hapus
  87. Slmt mlm om Herry,,sy baru dpt MB medan muda tangkapan hutan , fisik bagus, mulai ngevoer halus, mulai rajin ngeriwik, pas sedang ngeriwik tiba2 seperti keselek/ada makanan nyangkut d tenggorokan,,sy peratikan gk hanya sesekali om tp sering, apa burung ini masih normal,,,? Trus gimana ngatasinya om...? Mohon pencerahanya..mksh banyak om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang aneh nich dari pertanyaan anda. MB cemderug tidak akan berkicau/ngeriwik jika ada sesuatu yang mengganggu tenggorokannya.
      Jika MBnya masih rajin ngeriwik, abaikan saja kasus ini, sebab tenggorokannya tidak bermasalah.

      Perlu juga difahami, pada saat ngeriwik, bagian leher MB juga mengalami gerekan halus dan terjadi sedikit pelebaran ukuran leher karena terpompanya udara di sana untuk mengeluarkan suara.

      Hapus
    2. Ok om, mksh banyak atas jawabanya..kmrn sy sempet ragu karena mslh itu..skrng sy yakin karena MB makin rajin ngeriwik dgn settingan EF jangkrik p5/s5 + kroto + voer T*p S***g d haluskan, Salam kenal buat tmn2 MB mania..

      Hapus
  88. Om mau tanya murai batu saya ngdrop ap solusinya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Full krodong dan perdengarkan suara-suara gemercik air sebagai therapy.

      Hapus
  89. ,mb selalu mengangkat satu kakinya dan bulunya mengembang itu knp ya?
    ,mohon solusinya gan

    BalasHapus
  90. 1. Kakinya sedang bermasalah (mungkin keseleo, kram, dll) MB berusaha menyembuhkannya dengan cara seperti itu. Jika terlihat mencengkram keduanya pada saat MBnya meloncat, abaikan saja masalah ini.
    2. Bulu mengembang adalah salah satu tanda Mb kurang fit. Coba dijemur di pagi hari dan berikan EF (jangkrik dan kroto sedikit lebih banyak).

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.