Sabtu, 06 Desember 2008

Kutilang Emas (Cucak Kuning) Master Favorit MB.


Kutilang Emas adalah nama sejenis burung berkicau dari suku Pycnonotidae. Burung ini juga dikenal umum dengan nama Cucak kuning  atau tempuruk kunyit. Nama ilmiahnya adalah Pycnonotus melanicterus (Gmelin, 1789). Sementara dalam bahasa Inggris disebut Black-crested Bulbul, merujuk pada jambulnya yang hitam.

Burung yang berukuran sedang, agak kecil dan ramping. Panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 18 cm.

Sisi atas tubuh berwarna hijau zaitun, sisi bawah kuning terang yang indah. Dengan kepala dan jambul hitam kelam, dan warna merah terang pada tenggorokan (kecuali ras Kalimantan, yang kuning tenggorokannya).
Iris putih, krem, kuning pucat atau kemerahan, paruh dan kaki hitam.

Kutilang Emas adalah salah satu burung master yang favorit buat MB. Selain memiliki kicauan indah, Kutilang Emas juga memiliki karakter suara yang sedikit monoton dan sangat mudah ditirukan oleh MB. Suaranya yang kristal dan penuh dengan tembakan-tembakan, akan sangat enak didengar jika dibawakan oleh MB.

Sebagian besar MB akan dapat dengan mudah memaster suara Kutilang Emas, sebab selain bisa hidup berdampingan di habitatnya, Kutilang Emas juga merupakan salah satau burung yang rajin berkicau, serta mampu merangsang MB untuk ikutan berkicau.



10 komentar:

  1. terimaksih infonya

    BalasHapus
  2. trus dmn saya bs download suara kutilang masnya bapak???

    BalasHapus
  3. bukankah suara kutilang itu akan merusak suara jagoan kita yang akan dimaster??

    BalasHapus
  4. @Cahyo: Sepertinya anda belum pernah mendengar suara burung ini.

    BalasHapus
  5. kalo gak ada jambulnya,laki2/ betina????

    BalasHapus
  6. Om saya baru beli kutilang emas, penasaran pengen denger suaranya, karena baru sekali ini miara sekalian persiapan pengen punya MB Aceh yang kakinya hitam, he he he

    BalasHapus
  7. om herry, untuk membedakan jantan betinanya gmn ya? trus u master MB bgsnya yg jantan ato betina ya? bagusan mana suara iris mata putih & merah? makasih sblmnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaan mencolok antara jantan dan betina terletak pada warna merah yang ada disekitar bawah paruh atau leher. Jantan memiliki warna yang jauh lebih dominan.

      Hapus
  8. Om hery mohon petunjuknya nih..klo kutilang sutra bagus gak untuk master murai???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus, apalagi jika kutilang sutranya gacor.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.