Senin, 20 April 2009

Murai Batu Bakalan



Murai Batu bakalan ini saya peroleh sekitar satu bulan yang lalu. Saya dapatkan Murai Batu ini dengan kondisi baru tangkapan hutan dan belum ngevoer, dengan harga perolehan 300K di sebuah kios burung yang ada di kawasan Neusu Banda Aceh.
Berdasarkan informasi dari pemikatnya, Murai Batu bakalan ini didapat dari kawasan Gunung Siron, yang ada di wilayah Indra Puri Aceh Besar.

MB ini bertubuh relatif sedang bahkan cenderung kecil, dengan ekor yang juga relatif sedang dengan meiliki panjang sekitar 15-16 cm.
Hanya butuh waktu dua hari untuk membuat MB ini mau memakan voer. Selang beberapa hari kemudian, MB ini sudah mulai berani ngeriwik.
MB ini relatif masih muda. Hal ini bisa dilihat dari masih adanya bintik trotol pada bagian luar sayapnya. Demikian juga dengan bagian dalam rongga mulutnya, di mana masih berwarna sedikit terang.
Saya perkirakan MB ini belum genap berusia 1 tahun.
Sekarang ini MB tersebut sudah rajin ngeriwik dan mulai rajin ngeplong. Suara kretekan lumayan keras dan rapat.
MB ini juga masih full dengan suara hutan, walaupun di rumah saat ini ada beberapa ekor burung masteran yang menemaninya.




10 komentar:

  1. buat OLS aja om.... hehehehe

    BalasHapus
  2. wah selamat ya om... MB nya mantap.

    BalasHapus
  3. tanya dong...kalau ekornya hitam semua dan diatas ada putih, murai mana ya?

    BalasHapus
  4. wah buat saya aja apao om...

    BalasHapus
  5. MB ini sudah ada di Jakarta sekarang.

    BalasHapus
  6. Ngilerrrr...bisa ngga kesampaian memiliki MB bakalan dari Om Herry

    BalasHapus
  7. saya mau dongmurai batu aceh. dijual gak? kl dijual insya allahnl nanti lebaran saya ke banda, kebetulan istri saya orang aceh.ini no hp saya0819644576. thanks ya

    BalasHapus
  8. Main saja ke kawasan Neusu Banda Aceh. Di sana banyak kios-kios burung yang menjual MB.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum,
    Pak Herry, saya mo nanya ttg cara penjinakkan murai bakalan selain dgn cara di gantung di tempat yg ramai, karna kondisi rumah saya tidak memungkinkan untuk itu, selain di rumah sepi, kalo saya gantung di depan rumah ntar MB nya malah hilang di curi maling. Kira2 ada gak om caranya? Karena trus terang om, jangankan MB bakalan nya yg liar & stress kalo ngeliat saya, saya juga ikutan stress ngeliat dia liar nya minta ampun.....hehehehe.
    Makasih om udh mau dengerin curhat saya.....wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Salah satu cara menjinakkan MB adalah adalah dengan meletakkan sangkaranya di lantai. Syaratnya, harus aman dari segala macam gangguan. Tahapannya, sangkar dibuka krodongnya sedikit demi sedikit setiap hari.
      Semoga bisa membantu.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.