Rabu, 27 Mei 2009

Teliti Sebelum Membeli



Sebagai penggemar Murai Batu, ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum anda membeli burung tersebut. Dari sekian banyak hal, silahkan pertimbangkan tips yang akan saya sampaikan berikut ini.


1. Hindari membeli Murai Batu yang buta.

Cara termudah untuk mengetahui seekor MB dalam keadaan buta atau tidak adalah dengan mendekati si MB. Jika si MB bergerak dengan cara berputar pada satu arah, kemungkinan besar si MB mengalami kebutaan pada satu sisi matanya.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan bagian mata yang buta ini, biasanya bagian bola matanya akan berwarna keputihan.

2. Hindari membeli Murai Batu yang sering mencabuti bulunya sendiri.

Ciri utama MB yang sering mencabuti bulunya sendiri adalah, ada bagian tertentu ditubuhnya yang mengalami kebotakan. Bagian ini biasanya ada di bawah perut. Selain itu, bulu-bulu besarnya juga cenderung rusak dan kurang sedapuntuk dipandang.
Proses pencabutan bulu biasanya baru terjadi pada saat si MB selesai mandi. Hal ini terjadi karena air dapat merangsang bakteri atau jamur yang ada ditubuhnya untuk bereaksi.

3. Hindari membeli Murai Batu yang dalam kondisi cacat fisik.

Hal yang sering luput dari pandangan mata pada saat kita membeli Murai Batu adalah kelengkapan jari kaki dari si MB.
Sebelum ini terjadi, ada baiknya anda juga ikut memperhatikan jumlah jari kaki dan kelengkapan kuku dari kaki si MB.

4. Hindari membeli Murai Batu yang tidak berekor.

Dengan harga yang lebih rendah, biasanya MB tak berekor bisa dengan mudah memikat hati konsumen. Kalau asal usul dari si MB tidak jelas, maka sebaiknya urungkan niat anda untuk membelinya, sebab bisa jadi MB tersebut adalah MB yang ekornya hitam semua.

5. Hindari membeli Murai Batu yang belum ngevoer.

Bagi sebagian besar hobbies pemula, sebaiknya anda jangan melakukan gambling dengan membeli MB tangkapan hutan yang belum memakan voer.
Selain resikonya terlalu besar, perhitungan nilai ekonomisnya jauh lebih menguntungkan jika anda membeli MB yang sudah ngevoer.

6. Hindari membeli Murai Batu yang kondisi fisiknya sudah lemah.

MB yang memiliki kondisi fisik lemah, biasanya akan sangat rentan terhadap kematian. Jika seekor MB sudah tidak sanggup lagi untuk berdiri tegakdi tangringan dan hanya terduduk di dasar sangkar, sebaiknya dihindari untuk dibeli.

7. Hindari Murai Batu yang tidak mau memakan EF.

Jika anda menumpai MB yang dalam waktu tertentu anda perhatikan tidak mau menyentuh makanan ataupun memakan EF, sebaiknya anda waspada, sebab bisa jadi MB tersebut dalam kondisi sakit dan bisa jadi MB tersebut adalah MB hasil tangkapan dengan menggunakan mata pancing.

8. Hindari membeli Murai Batu dewasa tangkapan hutan pada musim trotolan.

Membeli MB dewasa tangkapan hutan pada musim trotolan adalah sesuatu yang sangat beresiko. MB dewasa ini diyakini juga memiliki anak pada musim trotolan, sehingga MB seperti ini memiliki tingkat stress yang tinggi dan selalu teringat dengan anak dan indukannya, sehingga MB ini beresiko tinggi untuk mati selama dalam perawatan.

7 komentar:

  1. get that
    saran droun sangat berati bagi kamo
    thanks

    BalasHapus
  2. Salam..Om heri yg baik, saya sangat menyukai MB (pemula bgt) dan dirmh saya mempunyai MB yg udah ngeplong tapi kok suaranya itu2 aja om..trus pada bulan apa musim trotolan itu om...trims bgt om atas jawabannya..salam

    BalasHapus
  3. MBnya jantan atau betina....????
    Kalau betina memang cenderung monoton.
    Musim trotolan di NAD antara April-September.
    Hanya saja, sekarang ini pasokan MB trotolan semakin susah di Banda Aceh.

    BalasHapus
  4. Om Herry, saya ingin menanyakan tentang permasalahan yg sedang saya alami pada MB yg sudah saya rawat hampir 5 bln ini. pada saat saya beli MB MH lewat ini sedang dlm kondisi mabung,sehat dan agak sedikit giras. sampai di rumah, MB saya kondisikan dengan therapy mabung (UH 10/10, jangkrik 3/3 P/S dan tidak mandi,jemur). Setelah 1 minggu, saya lihat kepala MB nya se2kali seperti patah2 (seperti kepala ayam yg makan karet) saya kira MB nya sedang tdk fit karena sedang dlm proses mabung. kira2 sekitar 1 bln yg lalu MB nya sudah selesai mabung (ekor sudah full tumbuh tapi masih ada 3 lbr bulu sayap yg masih berwarna kusam), paginya MB saya jemur sekitar 15 menit kemudian di angin2kan dan mandi dikeramba. pada saat sedang mandi dlm kolam keramba saya lihat kondisi MB makin parah, kepalanya se2kali patah2 dan kadang2 sampai mutar2 ditempat dlm kolam keramba. kemudian selama 2 minggu MB saya kondisikan full EF (UH 5/P,kroto 1 sendok makan 2x seminggu/ pagi,jangkrik 10/10 P/S,belalang 5 siang,air minum saya campur madu)voornya tidak disentuh sedikit pun. siang nya MB saya mandikan dengan semprotan,setelah 4-5 kali semprotan dengan settingan embun,kepala MB langsung patah2.
    apakah ini termasuk jenis penyakit?, apa penyebabnya?
    dan apakah bisa di sembuhkan?

    mohon maaf sebelumnya sudah merepotkan om Herry

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya MB anda mengalami gejala tetelo atau mungkin gejala ayan yang dipicu oleh air mandi.
      Penyakit ini sering disebabkan oleh virus yang menyerang fungsi syaraf pada unggas.
      Banyak obat yang isunya bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Coba saja search via om google untuk mencari tahu nama obatnya.

      Hapus
  5. Salam kenal om hery. OM...3 mggu yg lalu saya beli mb muda hutan yg ktnya dr aceh om...ekor lmyn pnjg sktr 17-20cm, kaki semi hitam blm nyisik. Minta penerawangan sm pencerahanya om gmn crnya spya mb saya cepet ngevoer. Kondisi setigan jngkrik 2 ekor sblm mndi pagi, sy jemur mpe bl kering bru sy ksh kroto 2 sndok mkn sm jngkrik 8 ekr sy cmpur voer yg sdh sy haluskan. Sorenya plg krja bru sy ksh jngkrik lg 8 ekor. Tp murai sy ini sprtinya pilih2 mknan om, sy ksh UH gk d sentuh sm skli, jngkrik pun yg d mkn cmn prtnya doang, kplnya di buang. Kroto yg sy cmpr voer pun cmn d pilih krotonya doang. 3 Minggu prwtan, sy liat dr ktrnya sprtinya gk ada perubahan dr awal om...gk ad tnda2 makan voer. Wktu sy bl ktnya ini mrai udh rawatan, cmn blm ngevoer. kndisi burung skrg msh sehat dan lincah, sdh mulai agak jinak. Klo siang sering ngriwik pendek2, mlm sm pg br sskli ngeplong. Mhn bnget bantuanya om...krn sy msh pemula bnget dlm mrwt murai btu. Salam kicau mania. Thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca kembali artikel tentang "Tips Agar MB Bakalan Cepat Makan Voer"

      Hapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.