Kamis, 21 Mei 2009

Daftar Istilah (Terminology) dan Singkatan (Akronim)

Bagi sebagian besar pemula yang menjadi penggemar burung, khususnya Murai Batu, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan dalam memahami istilah-istilah (terminolgy)dan singkatan yang sering digunakan dalam keseharian pada komunitas penggemar burung.
Dalam kesempatan ini, saya akan mencoba sedikit berbagi dengan para pemula ini tentang apa yang saya fahami mengenai istilah-istilah yang sering digunakan oleh komunitas penggemar burung.

DAFTAR ISTILAH DAN SINGKATAN

MB = Murai Batu (Burung yang menjadi topik utama dalam Blog ini)

Burung Master = Adalah burung yang rajin berkicau dan suaranya diharapkan dapat direkam oleh burung lain, misanya Murai Batu.
Contoh burung master adalah :

Kenari.
LB = Love Bird
CJ = Cucak Jenggot
JS = Jalak Suren

EF = Extra Fooding (Makanan hidup berupa serangga, ulat, cacing telur semut yang biasanya diberikan pada burung yang dipercaya bisa meningkatkan peforma burung)

Voer = Makanan pabrikan yang biasanya terdapat dalam kemasan yang diperuntukkan buat burung. Makanan ini biasanya berbentuk butiran-butiran kecil seukuran padi.

Ngevoer = Kondisi di mana burung sudah mau memakan voer.

Kroto = Adalah telur semut merah (semut rang-rang). Kroto diyakini berpengaruh besar terhadap peforma burung berkicau, khususnya MB, sebab kroto memiliki kndungan protein sangat tinggi.

MH = Muda Hutan (Adalah burung yang berusia muda dan sudah berpisah dengan indukannya. Burung ini sudah dapat hidup mandiri dan memiliki postur serta bulu seperti burung dewasa, hanya saja ada tanda-tanda tertentu yang menjadi ciri bahwa burung ini masih muda, diantaranya bagian kakinya masih bersih atau belum bersisik, paruh dalamnya masih berwarna cerah dan ada juga yang masih menyisakan bintik trotol pada bagian sayapnya)

Mabung = Proses pergantian bulu pada burung yang biasanya terjadi 1 kali dalam 1 tahun. Proses inni diawali dengan kerontokan dan akan diikuti dengan adanya pertumbuhan bulu-bulu baru yang terlihat lebih bagus dan leih cerah warnanya. Mabung sering juga diistilahkan dengan kata "ngurak".

Trotol = Adalah anakan burung yang masih berusia relatif sangat muda. Kata ini digunakan sebagai penggambaran adanya bintik seperti totol pada bagian tubuh anakan burung.

Ngeriwik = Suara kecil yang diperdengarkan oleh burung berkicau. Biasanya suara kecil ini diperdengarkan pada saat burung sedang dalam keadaan santai, atau pada saat turun hujan.

Ngeplong = Suara besar yang diperdengarkan oleh burung berkicau.

Ngebatman = Kondisi di mana burung membuka dengan lebar kedua sayapnya. Kondisi ini bisa terjadi karena si burung sedang birahi atau bisa juga terjadi karena merasa tertekan dengan adanya burung.

Ngetrek = Mempertemukan beberapa ekor burung berkicau dalam waktu tertentu yang biasanya relatif singkat, untuk melihat atau mengukur keberanian dan kemampuan kicauannya. Biasanya burung akan saling berkicau jika bertemu dengan burung sejenis, apalagi jika burung tersebut berkarakter fighter, seperti Murai Batu.
Proses ini hanya dapat dilakukan jika burung yang akan kita trek atau pertemukan adalah burung yang sudah terawat dan juga sudah berani berkicau dengan rajin.

Nagen = Kondisi di mana burung berkicau dengan posisi tenang atau diam di tempat pada saat ditrek atau dilombakan.

Ngefight = Kondisi di mana burung berkicau dan terlihat atraktif dengan cara menunjukkan sifat fighternya.

Ngejabrik = Kondisi di mana burung terlihat diam pada saat ditrek atau dipertemukan dan ada bagian bulunya yang terlihat berdiri seperti merinding. Sering juga istilah ini disebut dengan ngebagong.

Ngedrop = Kondisi di mana burung dalam keadaan tidak pada kondisi normal, atau sering juga diistilah kan dengan kondisi stress.

Ngeroll = Suara kicauan dari burung yang terdengar mengalun dengan panjang tanpa henti dalam waktu yang relatif lama.

Keramba = Tempat mandi khusus untuk burung yang biasanya bebentuk persegi dan memiliki pintu seperti sangkar burung.

Kandang Solitaire = Adalah kandang yang hanya diperuntukan bagi 1 ekor burung.

Kandang Umbaran = Adalah kandang yang berukuran besar yang difungsikan untuk melatih stamini burung. Ukurannya yang besar berguna agar burung dapat terbang secara bebas seperti dialamnya.

Krodong = Kain penutup sangkar burung.

16 komentar:

  1. apakah istilah Bakalan sama dengan Muda Hutan ?

    BalasHapus
  2. MB Bakalan adalah MB yang masih bahan, bisa dari trotolan hingga MB dewasa.
    Tapi di pasaran, MB muda hutan sering juga disebut sebagai MB bakalan.
    Jadi bakalan sebenarnya tidak identik dengan muda hutan.

    BalasHapus
  3. Om kalau Muda Hutan itu identik dengan tangkapan yang masih trotol ?

    BalasHapus
  4. klo molting apaan om?????

    BalasHapus
  5. Molting adalah proses perubahan atau pergantian bulu dari bulu trotol ke bulu dewasa.
    Proses ini berbeda dengan mabung, sebab molting bukan pergantian bulu secara menyeluruh yang ditandai dengan adanya kerontokan seluruh bulu untuk diganti dengan bulu baru.

    BalasHapus
  6. alow
    MB sy umur 3 bln
    trus mabung dan buntutnya cuma nambah 3 cm, dansekarang panjangnya 12 cm
    sy mau tanya, apa kalau mabung lagi bisa lebih panjang?

    BalasHapus
  7. Bisa, sebab ekor MB masih bisa bertambah panjang maksimal selama 3 kali mabung.
    BTW, berilah komentar atau pertanyaan pada topik yang sesuai.

    BalasHapus
  8. kalo UH apa ya om ??

    BalasHapus
  9. kalau mb wt itu mksdnya apa om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. WT= White Tail, artinya ekor putih. Lawannya adalah BT= Black Tail.

      Hapus
    2. Ekor putih Murai sumatra dan Ekor hitam murai nias apakah gtu om?

      Hapus
    3. Ekor putih adalah MB yang memiliki 3-4 pasang warna putih pada ekornya. Habitatnya bukan cuma Sumatera, bisa juga Kalimantan dan semenanjung Malaysia.

      Ekor hitam adalah MB yang warna ekornya semua hitam dan relatif pendek. Habitatnya bykan hanya Nias, tapi ada juga di Simeulue Aceh, Mentawai Sumbar bahkan Kalimantan.

      Hapus
    4. Ekor putih adalah MB yang memiliki 3-4 pasang warna putih pada ekornya. Habitatnya bukan cuma Sumatera, bisa juga Kalimantan dan semenanjung Malaysia.

      Ekor hitam adalah MB yang warna ekornya semua hitam dan relatif pendek. Habitatnya bykan hanya Nias, tapi ada juga di Simeulue Aceh, Mentawai Sumbar bahkan Kalimantan.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.