Jumat, 25 September 2009

Tips Ringan Mengatasi MB yang Mencabuti Bulu.



Mungkin kita pernah menjumpai atau bahkan mengalami sendiri, MB peliharaan yang suka mencabuti bulu.
Kasus seperti ini pernah juga saya alami.
Proses pencabutan bulu ini sering disebabkan oleh adanya jamur atau bakteri yang bersarang pada bagian bulu, khususnya di sekitar dada bagian bawah.

Pada kesempatan ini, saya mau sedikit sharing pengalaman dalam mengatasi permasalahan ini.
Pengalaman ini saya dapatkan dari hasil diskusi dan sharing dengan rekan-rekan sesama hobbies yang pernah mengalami kasus atau permasalahan ini.

Penyebab utama dari permasalahan pencabutan bulu pada MB adalah faktor kebersihan kandang dan juga udara yang lembab.

Kandang yang kurang bersih adalah media yang sangat baik bagi proses pertumbuhan dan perkembangbiakan jamur/bakteri yang bisa menyebabkan MB mencabuti bulunya.

Udara lembab (seperti kasus yang saya alami), juga merupakan faktor pemicu yang bisa menimbulkan jamur/bakteri bisa dengan mudah berkembang biak di dalam sangkar.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah :
1. Jagalah kebersihan sangkar dan tempat pakan atau minum.
2. Rajinlah untuk menjemur MB dan juga sangkarnya di pagi hari, sebab sinar ultra violet di pagi hari diyakini bisa membunuh kuman, jamur dan bakteri yang ada pada tubuh MB dan juga yang ada pada sangkar.
3. Jika jamur telah menyerang MB anda, jangan dimandikan dulu selama beberapa hari (4-6 hari).
4. Pada masa itu, tangkap MB dan oles/gosokan secara perlahan kunyit yang sudah dikupas kulitnya pada bagian tubuh MB yang bulunya sudah dicabuti.
5. Lakukan hal ini selama 4-6 hari hingga gejala pencabutan bulu tidak lagi terlihat.
6. Jika berhasil, maka proses perawatan bisa dilakukan seperti sedia kala.
7. Hindari penggunaan keramba mandi secara bersama, sebab jamur/bakteri ini bisa menular melalui media air.

Semoga bermanfaat.

59 komentar:

  1. Sedikit tambahan, semprot kandang atau sangkar dengan cairan antiseptik minimal 2 minggu sekali.

    BalasHapus
  2. Thanks Om Ben atas tambahan infonya.

    BalasHapus
  3. om bisa gak kasus ini disebabkan juga birahi yg berat

    KD denis

    BalasHapus
  4. Bisa, tapi kasusnya berbeda.
    MB yang over birahi, tidak akan mencabuti bulu di bagian bawah dada seperti kasus di atas, tapi cenderung mencabuti bulu sayap dan ekor.

    BalasHapus
  5. Selain perawatan dengan cara tradisional seperti di atas, apakah penyembuhan dengan larutan kimia yang diperjual-belikan dapat dilakukan, om?

    BalasHapus
  6. Maaf Om Suwarno, saya belum pernah menggunakan obat-obatan kimia, sehingga saya tidak bisa menjawabnya dengan pasti. Selain itu, obat-obatan kimia biasanya memiliki efek samping.

    BalasHapus
  7. Om, ayah saya penangkar MB ma cucak rawa.
    saya mau nanya tentang penyakit MB Om,.
    Gini, indukan Mb pernah mati gara-gara kepalanya tengleng, kira2 saba'y tengleng apa ya om? terus apa solusi'y??
    Terus waktu peyikan umur sekitar 1 bulan, jari jari kaki kadang sulit mencengkeram, abis itu lumpuh, menurut om kenapa??
    Aku tunggu jawabannya om, Terimakasih sebelum'y om.

    BalasHapus
  8. MB yang kondisinya seperti itu, diyakini mengalami pecah pembuluh darah (bludrek).
    Penyakit ini tidak ada obatnya, hanya perlu antisipasi dengan cara tidak melakukan penjemuran secara over dan menjaga Extra Fooding yang teratur.

    Mengenai kelumpuhan pada piyik, hal ini lebih sering disebabkan oleh kurangnya asupan zat kalsium. Solusinya, sejak piyikan harus diberikan zat kalsium (zat kapur) yang bisa dibeli di apotik untuk ditambahkan pada makanan si piyik. Penjemuran di pagi hari juga dibutuhkan.

    BalasHapus
  9. Sudah ada testimoni bahwa cara tersebut diatas manjur. Link nya ada di www.duniahobi.com

    BalasHapus
  10. Kpla murai yg Tengleng it disebabkn krn pembuluh darah yg pecah.
    Pembuluh darah yg pecah it krn ap?krn indukan jantan muraiku kmrn koit gara2 kplany tengleng.
    Trmksh.

    BalasHapus
  11. Kasus ini masih menjadi misteri bagi saya pribadi.
    Ada sebagian pendapat yang menyatakan ini disebabkan oleh faktor makanan, tapi ada juga menyatakan ini disebabkan oleh virus.
    Kalau memang disebabkan oleh 2 hal tersebut di atas, pasti ada solusinya, minimal kita bisa jaga kebersihan pakan dan juga kandang.
    Tapi kalau ini akibat masalah genetik, jelas akan sulit didapatkan solusinya.

    BalasHapus
  12. Are Race Solo24 April 2010 22.08

    Salam kenal bos... Saya punya MB yang kasusnya suka nyabutin bulu sayap, sepengetahuan saya itu karena over birahi tapi setelah saya lakukan terapi seperti mandi malam dan mencarikan pasangan (MB betina) kebiasaan itu berhenti, tapi ini setelah satu minggu kok mulai lagi..ya??? ada solusi???

    BalasHapus
  13. Kasus yang ada alami juga banyak dialami oleh hobbies lain.
    MB seperti ini cenderung akan mencabuti bulu jika mendengar suara MB lain, sebab hal itu adalah pelampiasan kemarahannya.
    Solusinya, cari pasangan yang cocok dan kurangi pemberian EF serta hindari dulu mendengar suara MB lain.

    BalasHapus
  14. Are Race Solo27 April 2010 10.39

    Thank's atas sarannya..bos. MB'ku waktu cabut bulu itu udah masuk kandang penangkaran. Ini udah aku ikuti solusinya dengan cuma memberi makan voer aja dalam 2 hari ini kebiasaan nyabuti bulunya berhenti. Untuk bulu sayap yg udah dipatuk n rusak baiknya didiamkan n ditunggu rontok apa dicabut..ya??? Trus dia harus diambil dari kandang(dipisah) atau dibiarkan tetap dikandang, bos??? Maaf banyak tanya, ya..bos..coz baru pemula...he3x

    BalasHapus
  15. Kalau mau cepat tumbuh, sebaiknya dicabut.
    Tapi ingat, bulu yang akan dicabut harus dalam kondisi kering atau tua.
    Proses pecabutan sebaiknya dilakukan dengan cara membasahi dulu MBnya.

    BalasHapus
  16. Bang herry, ada tmbahan untuk menjaga kebersihan kandang tiap pagi, alas/karpet plastik dibersikan sikat pakai air+rinso, lalu disikat lagi pakai air+karbol, lalu dijemur. moga bermanfaat.

    BalasHapus
  17. Betul, kebersihan kandang adalah hal utama dalam merawat MB.

    BalasHapus
  18. om saya ingin bertanya.. burung MB saya makan bulu sendiri tetapi sekarang kondisinya baru selesai mambung kurang lebih 3 hari.. apakah bulu yg botak itu akan tumbuh..? mungkin ada tambahan or saran dari om

    BalasHapus
  19. @Adam: Kalau tidak diobati, maka pencabutan bulu akan kembali terulang dan bagian yang botak tidak akan tumbuh.

    BalasHapus
  20. om saya mohon pencerahanya ..dah sekitar 6bln murai saya nyabutin bulu sayap,dah saya kasih pur aja tp msih begitu juga,saya cabutin tp mlah bulu ekor yg dicabutin.mohon masukanya om..om senior seperti om herry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti penjelasan di atas, selama MB ini masih mendengar suara MB lain dan masih menunjukkan sikap fighternya, maka si MB akan cenderung mematuki atau mencabuti bulu sayap atau ekornya. Butuh waktu panjang untuk proses penyembuhan, bisa 1 kali mabung.
      Solusinya memang harus ekstra keras yaitu karantina dan buat dia solitaire.

      Hapus
  21. salam kenal om, saya budi dr Maospati. Mau tanya kenapa MB saya suka cabut bulu setelah makan kroto??????Prestasi MB saya Juara 5 Latberan,Juara 7 Bupati Cup Madiun. Mohon solusi >>>tapi tetap bisa prestasi>>>Trims

    BalasHapus
  22. Coba hentikan pemberian krotonya dan ganti dengan meningkatkan porsi jangkrik, jika memang anda yakini bahwa pemberian kroto adalah penyebab utama si MB mencabuti bulunya. Lihat hasilnya, jika si MB menghentikan pencabutan bulu, artinya itu hal yang positif. Semoga berhasil.

    BalasHapus
  23. wah om herry makasih banget pas banget ketemu artikel ttg mb yg nyabutin ekor, mb saya sekarang nyabutin ekor, tapi hanya nyabutin ekornya saja om, bulu dada tidak dicabuti, apa itu karna kutuan atau over birahi om? saya baru beli mb ini kemudian saya beri pakan nya kroto 1/1 p/s dan jangkrik 5/4 p/s setelah saya perhatikan mb saya ini berbadan kecil tidak besar apa karena badannya kecil dengan setelan makan spt itu menjadi over birahi ya om?
    makasih banyak om herry...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencabutan ekor yang dilakukan oleh MB, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :
      1. MBnya birahi. Solusinya kurangi takaran pemberian EF dan jadawal mandinya ditambah.
      2. MBnya kutuan. Solusinya semprot dengan carian pembasmi kutu.
      3. MBnya merasa tertekan dengan suara MB lain. Solusinya singkirkan dari suara MB-MB lain yang menekannya.
      4. Mbnya trauma. MB ini sebelumnya pernah dicabut bulu ekornya secara paksa. Trauma dengan pencabutan tersebut yang membuat MB ini mencabuti sendiri bulu ekornya. Solusinya perlu kesabaran dalam perawatan.

      Hapus
    2. saya baru memperoleh MB ini om, jadi saya kurang paham apa pernah dicabut, atau pernah di trek MB ini, MB ini masih terhitung muda om, saat ini tridmen yg sedang saya lakukan, porsi makan pada EF saya beri 1 ekor jangkrik/ hari, kemudian kroto jadi 1 sendok makan/ hari, dan porsi mandi saya tambahkan pada malam hari, sebelum nya jangkrik 5/4 P/S kroto 1 sendok makan P/S dan mandi hanya pada sore hari nya saja,,
      apa bisa sembuh ya om MB seperti ini?
      maaf om banyak nanyanya, makasih banyak om...

      Hapus
  24. Om Herry saya punya Cucak Rawa selalu saja nyabutin bulu ekor sampai pada patah tersisa pendek2 di pangkal ekornya, lalu saya cabutin dan mulai tumbuh lagi dia cabutin lagi dan begitu seterusnya sudah sangat sering saya lakukan cabut paksa sisa patahannya...kenapa ya om birahi atau kutuan/jamuran? ngatasinnya bagaimana ya OM...? makasih banyak atas nasehat dan sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya jangan mencabut bulu ekor secara paksa sebab hal ini bisa membuat trauma pada burung.
      Saya curiga, faktor trauma inilah yang membuat CR anda selalu mencabuti atau mematuki bulu ekornya.
      Pada Cucak Rawa, buah juga merupakan salah satu faktor pendorong birahi. Jika memang karena faktor ini, coba porsi pemberian buahnya sedikit dikurangi.

      Hapus
    2. Akan saya coba Om, makasih atas pencerahannya

      Hapus
  25. Salam kenal om Herry

    Saya punya MB Nias, saat ini kondisinya sedang molting, cuman yang mengganggu fikiran saya, burung ini suka mencabuti bulu dadanya sampai kelihatan kulit dagingnya, warna bulu sayap dan ekor sudah kusam dan agak kecoklatan, saya dapat burung ini dari kawan yang pemeliharaan sebelumnya tiap hari di mandikan dan dijemur walau dalam keadaan mabung, sekarang selama hampir 1 minggu saya rawat full krodong.
    Pemberian makan jangkrik 5/5 kroto 1 sendok makan dan UH 5 pagi. Apakah ini normal proses mabung atau ada hal lain om herry, saya kasihan melihat kondisinya karena mulai dari dada sampai sela paha trondol tanpa bulu, walaupun begitu burung masih suka bunyi sesekali, mohon infonya, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika memang mabung, waktu yang sangat tepat untuk pengobatan cabut bulu. Sehari 2x (pagi dan sore) MBnya diolesi dengan kunyit. Selama mabung kroto sebaiknya distop dulu. Pada saat ekor terlihat tumbuh baru, kroto baru bisa diberikan kembali.
      Selama mabung, kondisikan perawatan untuk MB mabung, full krodong dan jangan mandi jemur. Anda bisa baca artikelnya agar lebih jelas.

      Hapus
  26. Om mau tnya dunn murai saya suka mncabuti bulu bawah dadanya saat melihat lawanya,pa kah ni bisa dikatan dad kutunya pa over birahi taw klah mental?tolong dung om sampai strees saya mikirinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB yang suka mencabuti bulu di bagian bawah dadanya cenderung MB yang bulunya berjamur atau ada bakterinya.
      Sedangkan MB yang mencabuti bulu sayap atau ekor adalah salah satu ciri MB yang tertekanatau over birahi. Solusinya baca sendiri artikel di atas.

      Hapus
  27. om.. saya baru beli MB. tapi keadaannya kurang baik
    1. sayapnya lemah sebelah
    2. agak susah makan voer
    3. seperti ada kutu d bulunya.
    4. burung susah bunyi dan l3mas..
    bagaimana solusinya om. mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya cari MB lain saja. Dengan kondisi MB seperti itu, resikonya terlalu tinggi. Coba anda baca artikel tentang tips memilih MB bakalan.

      Hapus
    2. aduhhhh om...
      baru ada perkembangan smlm.. mb nya dah bunyi. trus dah makan voer dan juga dah g kutuan om.. cuma sayap sebelahnya lemas. sepertinya ada 4 bulu sayap yg hilang. bagaimana cara bulu sayapnya cepat sembuh...
      nah kebetulan d rmh saya juga ada kacer gacor... tp dah saya jauhin, cuma kedengeran dikit.. apakah itu berpengaruh?
      mohon petunjuknya om.. saya masih pemula...

      Hapus
    3. Komentar anda meragukan. Bagaimana mungkin MB baru, dalam semalam dari kondisi lemas bisa langsung bunyi dan ngevoer dan hilang kutuannya.
      Saya yang kurang mengerti tulisan anda atau anda yang memang mengada-ada.

      Hapus
  28. ciuss ommm,,
    saya baru beli murai sekitar 1minggu yg lalu dari pedagan burung,,,
    awalNya burung itu lemas, tapi setelah saya jemur dan saya beri EF yg cukup, burung itu ada sedikit perkembangan, cuma pas saya lihat (sblm saya post ini) bulu di sayapNya banyak yg rontok, itu yg menyebabkan MB saya sedikit pincang,apakah ada solusinya om, agar pertumbuhan sayapnya bisa maksimal?
    atau burung saya blm tutas mabungnya?
    maaf sebelunNya om, saya baru 1 bulan hobi burung,

    BalasHapus
  29. satu lagi om,
    ternyata putih2 di buntut MB bukan kutu, tp kena kotoran MB,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikan saja EF yang cukup agar si MB sehat.

      Hapus
  30. Lam Kenal Om
    Mau tanya ni...
    Ada teman yg mau jual MB sangat gacor buka krodong langsung bunyi,Tapi MB tsb suka cabuti bulu sayapnya nyampe berdarah karena bulu baru numbuh lansung dicabut,Trus kata teman itu hanya over birahi,trus saya balik tanya udh dikuranmgi blm EF nya kata dia sudah EF nya 1-1 jakrik pagi-sore dari awal 5-3 akan tetapi sudah 1 mgg blm menunjukan hasil msh tetap nyabutin bulu trus.
    Yg saya tanyakan apakah ada kelainan ato penyakit lain pada MB tsb trus apa bisa disembuhkan dengan obat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda tipikal hobbies yang kurang sabar, sebaiknya hindari saja MB tersebut.
      MB ini adalah MB yang pernah tertekan oleh MB senior pada saat ditrek atau dilombakan. Proses penyembuhannya sangat lama. Minimal 1 x mabung harus solitaire tanpa ada suara burung lain dengan EF yang minimalis.

      Hapus
    2. Om herry saya punya permasalahan pada MB saya yang hobi nyabutin bulu sayap sampai habis, sampai tdk bisa terbang cuma loncat2 saja.. kebiasaan itu sdh lama sekali sampai skrg sudah memasuki mabung,. tp kebisaan itu tdk hilang juga, berbagai treatment sdh saya lakukan tp tdk ada perubahan, yg bikin saya kesal bulu sayap baru tumbuh stengah sudah dicabutnya... mohon carikan solusinya om buat MB saya ini, Baiknya di apakan?

      Hapus
    3. MB dengan tabiat seperti itu, biasanya adalah MB yang pernah tertekan dengan MB senior. Selama masih mendengar suara MB lain, tabiat ini tidak akan hilang. Salah satu solusinya, MB ini harus diungsikan dan dibuat solitaire dalam jangka waktu panjang hingga tabiatnya normal kembali.

      Hapus
  31. Salam kenal om hery! Saya ada MB yg waktu saya beli, bulu dada dan paha bulunya tidak rapi ada yg sedikit botak! Setelah beberapa bulan saya tangkap dan saya lihat ada tumbuh tunas baru, tetapi 2 hari yang lalu! Saya curiga kenapa bulu yg baru tidak menutupi permukaan kulitnya. Ternyata seperti dicabutin oleh siburung.

    Saya mau mencoba teori dari om hery! Untuk pengolesan kunyit sehari berapa kali untuk khasus MB saya? MB bisa dimandikan setelah berapa hari?

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah seminggu diterapi, MB bisa dimandikan kembali. Terapi baru berhasil jika sehabis mandi si MB tidak lagi terlihat mencabuti bulu-bulunya.
      Biasanya, bulu-bulu ini baru akan tumbuh normal kembali setalah proses mabung. Jadi bersabar saja.

      Hapus
  32. salam kenal om...
    saya mau tanya, ketika kita semprotkan cairan antiseptik pd sangkar, apa ada pengaruhnya pd burung apabila burung tersebut tdk kita pindahkan?

    BalasHapus
  33. Sebaiknya si burung dipindahkan, untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

    BalasHapus
  34. Om saya numpang tambahan lagi bagi penggemar KICAU...
    Coba anti septiknya ganti sama alkohol yg kadarnya tinggi, n campur sama sedikit air trus disemprotin ke kandangnya dan juga tangkringannya jangan lupa tangkringannya semprot trus sikat setelah bersih semprot lg dan jangan dulu diberi tangkringan nyilang dlu coz tangkringan yg bawah sering kali terkena kotoran saat MB ke tangkringan yg atas...cukup begitu ja om tambahan dari saya....SALAM KICAU MANIA....

    BalasHapus
  35. Assalamuálaikum...
    Om Herry..
    Dalam kasus cabut/patuk bulu pada MB, kan tidak hanya terjadi pada bulu di daerah dada dan kloaka saja, sering juga kita lihat MB mematuk/memakan bulu di daerah sayap. Dimana sebagian orang mengatakan bahwa hal tsb bukan karena jamur/bakteri akan tetapi karena nirahi dan mental nge-drop.
    Apakah benar demikian Om?..
    Dan apakah perawatan untuk MB patuk/cabut bulu sayap dapat menggunakan Tips diatas.
    Terima kasih om.....Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk MB yang mematuki bulu sayap, itu adalah kasus yang berbeda. Solusi untuk MB seperti itu adalah proses pengasingan minimal selama 1 periode ganti bulu.

      Hapus
  36. Permisi om Herry
    Mau nanya soal MB yg blom lama saya beli
    kata si penjual sih habis mabung,burung gacor tapi kalo siang mriwik,
    Kondisi burung, bulu bawah dada deket kaki rontok, trus juga ekor kayak mau dorong, di bagian pangkal ekor terlihat 2 ekor hitam yang mau tumbuh kira2 udah 3 cm.
    1.kira2 MB saya kutuan ato gimana ya om?
    2.warna sayap pudar
    3.setelan pakan
    4.perawatan
    mohon pencerahannya om.
    thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB anda memang sedang dalam proses mabung.
      Khusus untuk bagian dada dekat kaki, gosok/oleskan kunyit.
      Perawatannya, kondisikan saja dengan pola rawatan MB mabung dan sayapnya nanti juga akan rontok dan tumbuh yang baru.

      Hapus
  37. Kalo boleh tau... cairan antiseptic apa yah ? Saya bingung MB saya mencabuti bulu dada bawah sampai paha....
    Kalo saya bilang over birahi... nggak yah... kemungkinan terbesar adalah kutu dan mental tertekan akibat treking yg extreme...

    Apakah kunyit itu hanya dioleskan begitu saja ? Bagaimana dengan disemprot dengan air sirih yang sudah dingin atau tidak panas lg ?

    Tolong informasinya....
    Trims..
    Salam berkicau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin banyak metode dan formula yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kasus MB mencabuti bulu, tapi metode yang saya gunakan sudah saya aplikasikan pada MB saya dan terbukti bisa mengatasi dan menyembuhkan penyakitnya.

      Hapus
  38. om herry ijin add fb om herry, biar mudah untuk konsultasi jika berkenan...

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum om Herry,...
    Saya suka cara om herry menerangkan/memberikan solusi tentang berbagai masalah terhadap murai batu,...
    Saya sedikit mempunyai ide dalam menangani murai yang terkena kutu/jamur,...om herry menyarankan dengan mengoleskan kunyit pada bagian yang terkena jamur,..untuk meminimalkan murai biar tidak stress karena di tangkap, bagaimana kalau kunyit tersebut dibikin cairan trus disemprotkan ke bagian yang terkena jamur,...sehingga burung tidak ditangkap seperti yang om herry sarankan. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas masukannya Om Agus.
      Berdasarkan pengalaman, metode penyemprotan saya anggap kurang efktif untuk mengatasi jamur yang cenderung menepel pada bagian kulit. Di satu sisi memang benar bisa mngurangi tingkat stress akibat penagkapan, di sisi lain, metode ini tidak akan mengatasi masalah jamur secara tuntas.
      Metode pengolesan akan menyebabkan reaksi langsung pada kulit yang berjamur. Metode ini juga dapat membasmi jamur hingga keakarnya.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.