Senin, 12 Oktober 2009

MB Trotolan Jantan dan Betina


MB Trotolan Betina




MB Trotolan Jantan


Gambar di atas adalah MB Trotolan Jantan dan MB Trotolan Betina yang saya dapatkan dari web tetangga.
Maksud dan tujuan dari topik ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang perbedaan MB Trotolan Jantan dan Betina bagi para hobbies MB, khususnya hobbies pemula.



MB Trotolan Jantan



MB Trotolan Betina


Ciri-ciri fisik yang membedakan antara trotolan jantan dan betina, diantaranya :
1. MB Trotolan jantan, cenderung memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan MB Trotolan betina.
2. MB Trotolan jantan memiliki tanda berupa bercak hitam pekat, baik di bagian bawah leher maupun di bagian punggung atau bagian luar sayapnya.
3. Bulu bagian bawah dada MB trotolan jantan biasanya berwarna orange cerah, sedangkan yang betina biasanya berwarna keputihan.

39 komentar:

  1. Mantaaap.. Mudah2an kedepannya om Herry tidak perlu lagi mengambil foto dari web tetangga. nanti bisa koq ambil fotonya dari web sendiri. hehehe

    BalasHapus
  2. wui..mantap om, makasih atas infonya. sekarang keraguan atas mb trotolan di rumah sudah kejawab. sekali lagi makasih ya om, dan terus bekarya memberikan penncerahan bagi pemula seperti saya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas apresiasinya.

    BalasHapus
  4. pengen bangat pelihara MB dari trotol....

    BalasHapus
  5. terimakasih....jadi nambah pinter....salut om..

    BalasHapus
  6. malam om herry
    kalau ciri dari trotolan MB kalimantan gimana ya?,

    BalasHapus
  7. Cirinya MB trotolan dari segi fisik, sulit sekali dibedakan.
    Tapi kalau sudah molting, jelas terlihat bahwa MB Borneo ekornya pendek.
    Jadi, sebaiknya cari MB trotolan yg ekornya melebih panjang tubuhnya, itu jelas bukan MB Borneo.
    Harga juga ikut dipengaruhi dari asal si MB.

    BalasHapus
  8. siang smua...
    aku mau nanya ini..
    aku sewaktu mau jual murai batu ke salah satu toko burung katanya murai batu yang ekor nya panjang kurang bagus dari pada murai batu yang ekor pendek...trus harga nya lebih murah yang panjang katanya.apa betul seperti itu???
    mohhon penjelasannya.thanx

    BalasHapus
  9. ass..bang Heri...
    mo nanya soal trotolan MB nich...tadi pagi saya baru dapet trotolan MB, kata yang jual sich pekan baru, klamin jantan,ekor melebihi badan,matanya melotot,paruh panjang,kaki kehitaman,kepala ceper.harganya 310rb kemahalan gak bang ? soalnya saya tawar 275rb dia gak ngasih..oh ya sekalian bang...cara perawatannya gimana bang ? sama gak dg pola perawatan MB MH yg pernah abang postingkan tempohari. skrg sedang saya coba beri voor yg dihaluskan diaduk sama kroto lalu saya krodong soalnya masih giras. Trim's ya bang...

    BalasHapus
  10. Siang bang Heri...
    Mo nanya lagi nich bang... 2 minggu yg lalu temen saya beli MB MH , Kata yg jual MB pekan Baru. Tp Sampai Saat ini Tu burung blm ngevoor,padahal pemberian makannya sdh sesuai saran bang Heri : Voor dihaluskan spt tepung dan diaduk dg kroto. Tolong pencerahannya bang... Oh ya bang sekedar informasi MB MH tsb dari awal tdk terlalu giras, bahkan dihari kedua sdh berani mandi di keramba tanpa ditangkap. Trim's ya bang...

    BalasHapus
  11. Jika ingin membuat MB tersebut ngevoer, campuran voer dan kroto dari hari ke hari harus berubah di mana semakin lama voernya harus semakin dominan.
    Jika kotorannya sudah berwarna seperti warna voer dan terlihat padat, voer tidak perlu lagi dihaluskan, tapi cukup setengah halus saja, sehingga nanti akhirnya akan menjadi voer padat yang diberikan.

    BalasHapus
  12. Selamat pagi....semua

    mohon pencerahan nih...aq penghobi mb karna suaranya yg merdu,aq jg punya mb yg udah bunyi terus,tp sekarang udah mati,dan rencananya mau beli lg mb trotol yg dari indukan bagus, dan kebetulan tetangga punya penangkaran mb yg indukannya bagus2, yang mau sy tanyakan bagaimana perawatan mb trotol hingga nanti dewasa dapat menjadi mb yg bagus. karena denger2 walaupun indukannya bagus tp klo perawatannya jelek mb tidak akan bagus. terima kasih.

    BalasHapus
  13. Perawatan MB trotolan itu sebenarnya mudah.
    Cukup makan, minum dan penjemuran serta EF yang teratur.
    Jangan lupa untuk dimaster dengan burung-burung masteran yang gacor.

    BalasHapus
  14. Om Herry, mau tanya nihh...
    Sy baru dapat MB anak lewat yg sedang Molting dorong ekor, ekornya baru tumbuh 5 cm dan seluruh bulunya sdh spt MB dewasa.
    Mentalnya bagus dan sdh mulai ngeplong, ngeplay dan gacor. Tp suaranya masih agak serak. Krtekan sangat besar dan burung nya lincah, tp tdk terlalu giras.
    Yg ingin sy tanyakan :

    1. Anak MB sy sdh bisa dimandikan dan jemur blm?
    2. Sdh bisakah dimaster dgn CD Smatr Mastering?
    3. Kira-2 berapa lama lg ekornya tumbuh full?
    4. Apakah boleh klu siang tdk dikrodong, kecuali malam pd saat dimaster, dan apa sj yg harus sy lakukan untk perawatan harian nya?

    Mohon penjelasan nya yaa Om, krna sy masih awam dan kepingin pelihara MB ini sampai jadi.
    Terima kasih...

    BalasHapus
  15. Sebenarnya semua sudah pernah saya bahas dalam blog ini, hanya saja anda terkesan malas mencari referensinya.
    1. Sebaiknya tidak perlu mandi dan jemur dulu.
    2. Bisa.
    3. 5-7 minggu dan tergantung asupan makanan.
    4. Sebaiknya tetap full krodong untuk menjaga kerapian ekor.

    BalasHapus
  16. Terima kasih yaa Om Herry.

    BalasHapus
  17. smg om hery senantiasa sehat dan dilindungi tuhan, om saya ada pertanyaan untuk murai batu ( tdk dlm mabung )untuk harian apa musti dikerodong/cukup pd waktu mlm hari saja, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak bayak terimakasih. salam

    BalasHapus
  18. Kalau MBnya masih bahan (belum jadi), sebaiknya krodong di malam hari saja, sehingga di pagi dan siang hari si MB bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.
    Tapi jika MBnya sudah jadi dan cenderung ada MB lain didekatnya, sebaiknya full krodong.
    Tujuannya agar si MB bisa mempertahankan sifat fighternya.

    BalasHapus
  19. Pak Herry YTH, saya adalah kicau mania kota langsa, saya ingin bertanya kpd bpk mengenai settingan jangkrik dan masalah wajib umbar bagi murai orientasi kontes/lomba, sebab kebanyakan dari kami memberi EF berupa jangkrik dalam porsi agak besar 20 s/d 30 ekor/hari. Mohon pencerahannya ya pak...trima kasih dan sukses selalu untuk bapak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Settingan EF untuk lomba sebenarnya tidak ada yang bersifat baku. Ada MB yang perlu settingan EF banyak ada juga MB yang settingan EFnya sedikit. Demikian juga dengan pengumbaran, cenderung baru terlihat dampaknya buat MB yang bisa turun lebih dari 1 kelas lomba.
      Intinya, settingan ini hanya bisa didapat dari proses trial-erroe selama kita merawat si MB. Coba dulu dengan settingan rendah dan lihat hasilnya, jika kurang greget, coba naikkan settingannya hingga mendapatkan settingan yang betul-betul optimal.
      Saya lebih suka mengilustrasikan settingan MB ini seperti settingan karburator mesin pada sepeda motor. Semoga bisa bermanfaat.

      Hapus
  20. Om trotolan saya kata pnjualnya jantan tp kok bunyi kicaunya kok ngeban2 aja ya..gak variatif..apa mmg blm waktunya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB trotolan memang belum memiliki kemampuan kicau yang variatif. Setelah molting dan dimaster dengan suara burung isian, barulah si MB bisa mengeluarkan variasi suaranya.

      Hapus
  21. Om sory nich mo nanya...tolong dibantu yech?
    ane punya MB tp kok kagak doyan kroto yah...?
    tp klo ama UH and jangkrik doyan dia.
    Terus cara ngevoer-innya gimana tuh...?
    Apa iya MB yg kakinya item lebih bagus drpd yg kakinya putih bersih...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tuch tips ngevoerin MB tinggal dibaca aja.

      Hapus
  22. om hery yang terhormat dan hebat, mohon di koreksi ya om. saya punya murai batu, kata penjualnya sih MB nias. kan pas saya beli kaga ada ekornya tuh(alias brondol), nah kata penjualnya lg mabung diya. nah persoalanya setelah saya asuh slama kurang lebih 3 bulan atau sampe sekarang, wah buntutnya alias ekornya kaga numbuh2 tuh om..??? gimana dong om..??? mana tau saya murai nias apa murai jenis laenya. dan kira2 menurut om gmana soal ekor itu..?? bisa tumbuh kaga ya kira2..??? thinkyu om. mohon di koreksi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir semua jenis burung akan kembali menumbuhkan ekor jika sebelumnya ekor tersebut bondol atau tercabut. Ada yang proses tumbuhnya cepat (biasanya jenis burung pemakan buah-buahan) dan ada juga yang prosesnya memakan waktu lebih lama bahkan harus menunggu hingga memasuki proses mabung (salin bulu secara total). Jadi sebaiknya anda bersabar saja hingga MB anda memasuki masa mabung. Untuk pencerahan, silahkan baca-baca artikel tentang proses mabung yang ada di blog ini.

      Hapus
  23. kalo ada anggapan bahwa: murai batu kalo dicabut bulu ekornya "secara paksa"(dengan harapan kepengen jd ekor yg lbh baik ketika tumbuh kembali) dia tidak akan bisa numbuh ekor lg. walau sehelaipun. krn tidak secara alami dia rontok atau mabung.
    ada yg ksh info gtu ke saya om.
    menurut om herry gmna..??? yg secara om sudah banyak pengalamanya di bidang murai gtu,
    mohon petunjuk nya om..????
    matur nuwun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggapan yang keliru. Sebaiknya jangan dicabut secara paksa, biarkan copot dan tumbuh secara alami.

      Hapus
  24. Mertimakasih Om buat info trotolannya...yang jelas trotolan ku itu jantan...soal KTP asal nya gak penting...yg jelas asli sumatera soalnya hasil pikatan sendiri di daerah asal...

    BalasHapus
  25. Adun lon lake saran droeneh..pakeun murai lon payah that diteum manoe lam keramba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB yang susah mau mandi dalam keramba lebih sering disebabkan oleh faktor tidak terbiasa. Jadi kita harus lebih sabar dalam melatihnya.
      Langkah awal, coba dijemur dulu sebentar sebelum dimasukkan ke keramba. Pancing dengan jangkrik agar si MB mau masuk kedalamnya. Posisikan tangkringan dekat dengan pintu kandang agar MB lebih mudah masuk ke keramba.

      Hapus
  26. Ass om herry..
    Om saya mau nanya ni knpa MB saya tdk mau mandi dlam keramba,tp ,klo masuk dan keluar keramba dia udh ngerti kali..
    Udh saya jemur dan semprot pn MB jg tdk mau mandi,cm loncat2 aja..
    Mhon sarannya om,,saya masih pemula ni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kesalahan bukan pada MBnya, tapi pada pemiliknya yang kurang sabar. MB yang mau mandi sebaiknya jangan dijaga terlalu dekat. Setelah dipancing dengan disemprot, cukup dijaga dari jarak jauh saja.

      Hapus
  27. Hehehe...
    ◦îЧɑɑˇ◦°◦ om,,tuannya yg gk sabar..
    Om emg hebat Ўªªªªª,..makasi sarannya om...
    Mdh2an om herry sehat dan sukses selalu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Om, dan semoga MBnya bisa mau mandi di keramba, sebab MB sebenarnya sangat suka mandi.

      Hapus
  28. misi om, numpang tanya...

    1 mnggu yg lalu sya bru bli 1 psang mb msh trotol umur kira2 2bln kurang, bli msh mkn bubur voer, tp skrang udah bsa voer kras..

    yg mo sya tnyakan, knp mb sya yg jntan dngn yg btina itu ekorx pnjangan yg betina, n knp klo lg brkicau lbh dominan yg betina y?? sdangkan yg jntan cm kdang2 bunyi(tp lbh kras dngn yg betina, klw sdang bunyi) pdhl ciri2ny dh bnr jntan n betinax..

    tlng pecerahanx.. trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB trotolan betina cenderung lebih cepat netas dibandingkan MB jantan dan awalnya cenderung lebih agresif dan reaktif di banding MB trotolan jantan. Sabar saja, sebab seiring berjalannya waktu MB jantan kelak nanti yang akan lebih dominan.

      Hapus
    2. owhh gt y om..
      sblumnya terimksih atas pencerahanx om..

      maaf mo tnya lg om..

      biasax sthu sya, Mb itu bsa dbdakan dngn warna bulu yg htam pekat n yg semu wlau msh trotol (maf sy msh pmula klo slah)..
      yg mo sy tnyakan, mb yg sya beli it yg betina hmpir sma dngn yg jntan dngn wrna yg pekat, n ad wrna kbiru2an.. apkah kmungkinan bsa jntan smua / mlh betina smua y om??..

      tlng pncerahanx lg om.. terimakasih sebelumx.

      Hapus
  29. Om,,saya mau tnya harga MB trotol di banda aceh sekarang brapa Ўªªªªª?...
    Klo ɑ̤̈̊ðɑ̤̈̊ rezeki rencana mau beli..
    Tlong ksh tau om Ўªªªªª..
    Ngarep bnget ni om..
    Sukses bwt om hery..

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.