Jumat, 02 Desember 2011

Permasalahan Umum Penangkaran MB


Artikel ini saya sajikan sekedar untuk sharing buat rekan-rekan hobies yang sedang menangkarkan Murai Batu. Dari berbagai sumber dan referensi, saya coba menyimpulkan bahwa ternyata banyak sekali permasalahan yang sifatnya umum dalam penangkaran MB.
Di bawah ini adalah permasalahan yang dimaksud.

1. Perubahan suhu udara.
Ada kecenderungan, salah satu atau kedua indukan MB yang akan ditangkar adalah MB rawatan yang awalnya rutin ditempatkan di dalam ruangan dan kemudian dipindahkan ke kandang ternak untuk ditangkar yang umumnya ada di luar ruangan (tempat terbuka).
Perbedaan suhu udara di siang dan malam hari antara di luar ruangan dan di dalam ruangan sangat substansial. Perubahan suhu ini bisa memicu MB untuk memasuki masa mabung. Proses mabung ini cenderung tidak normal dan sering diistilahkan sebagai mabung palsu atau nyulam, sebab si MB hanya mengalami sebagian kecil saja kerontokan bulunya. Kejadian ini bisa menggangu siklus hormonal tahunan yang umumnya terdapat pada MB.
Secara tidak langsung, hal ini juga akan mengganggu proses penangkaran dan solusi yang terbaik adalah membuat indukan MB untuk bisa beradaptasi terlebih dahulu dengan suhu luar ruangan baik di siang maupun malam hari untuk beberapa waktu sebelum dilakukan proses penangkaran.

2. Ketersediaan Pakan.
Pakan, khususnya Extra Fooding (Live Food) seperti jangkrik, cacing dan kroto yang diberikan secara terbatas, cenderung akan berpengaruh buruk terhadap proses perkembangbiakan MB. Secara naluriah, MB hanya akan berkembang biak dan membesarkan anakanya jika kondisi ketersediaan pakan mencukupi.
Solusi untuk permasalahan ini, berilah EF secara melimpah selama proses penangkaran dilakukan.

3. Indukan Jantan yang terlalu Dominan
Indukan jantan yang terlalu dominan (penguasa) memiliki resiko tinggi untuk membunuh pasangan betinanya. Pejantan tangguh seperti ini biasanya adalah pejantan responsif, dan bermental tempur tinggi. Waspadai proses penjodohan jika anda memiliki penjantan tangguh, jangan sampai si betina menjadi korban pembantaiannya.

4. Pernikahan Dini.
Penjodohan yang baik adalah jika si Jantan dan betina sudah dianggap siap untuk kawin. Salah satu ciri bahwa penjodohan sudah siap adalah jika si betina mau berkicau jika didekatkan si jantan dan demikian juga sebaliknya, si jantan akan berkicau dengan suara lirih (merayu) jika didekatkan dengan betina.
Jika terlalu cepat dijodohkan, bisa saja mereka mau membuat sarang, tapi tidak akan segera bertelur.

5. Kehadiran MB atau Pasangan Lain.
Sebagian besar MB akan merasa terganggu dengan kehadiran MB lain, sebab MB memiliki karakter teritorial sebagaimana sifat alamiahnya. Jika sifat alamiah ini masih kental melekat pada si MB, jantan dan betinanya akan menghentikan proses reproduksi, termasuk membuang atau memakan sendiri telur dan bahkan membunuh anakannya, jika merasa terganggu dengan kehadiran atau kicauan MB lain. Solusi terbaik untuk pasangan MB seperti ini adalah menangkarkannya secara solitaire.

6. Penempatan Kandang.
Kandang penangkaran yang baik adalah kandang yang bisa terkena paparan sinar matahari secara langsung. Tapi, perlu juga diwaspadai, jangan sampai berlebihan. Berilah sedikit tempat peneduh agar si MB bisa terlindungi dari sengatan sinar matahari di siang hari. Suhu yang terlalu tinggi juga bisa menghambat proses reproduksi pada MB.

7. Suasana Kandang.
Sebagian besar pasangan MB membutuhkan ketenangan selama proses reproduksi. Seringnya orang berlalu lalang, binatang predator (Tom and Jerry) terlihat dengan jelas oleh indukan, suasana bising (suara orang teriak, suara dapur, dll) dan terlalu sering melakukan pengintaian (memeriksa jumlah telur dan memeriksa jumlah anak yang menetas) akan membuat MB menjadi mudah stress dan mengganggu proses reproduksi.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi calon breeder MB.

122 komentar:

  1. om herry kalau yang ada/banyak tersedia cuma cacing dan jangkrik apa masih mungkin murai untuk diternak...

    BalasHapus
  2. Mungkin saja. Tapi akan lebih bagus jika jenisnya variatif, sebab 1 atau 2 jenis pakan saja cenderung tidak akan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral alami yang dibutuhkan indukan maupun anakan. Solusinya, anda harus memanfaatkan vitamin dan mineral dari suplemen yang dijual dipasaran.

    BalasHapus
  3. om herry kebetulan di rumah lg belajar ternak mb dan kebetulan da 1 bulan di sangkar ternak td pagi say liat ternyata si betina lg mabung soalnya banyak bulu sayap yg jatuh, trus bagaimana penangannya apa perlu dipisah atau dibiarkan di dalam kandang?
    trus apa nantinya setelah selesai mabung/dipisahkan perlu lg proses penjodohan?
    kalau si jantan saya ambil untuk ngamen di latberan dan nantinya juga akan melalui proses penjodohan juga tidak?
    maaf terlalu banyak tanya.

    BalasHapus
  4. Pisahkan saja jantannya dan biarkan si betina di kandang ternak hingga selesai mabung.

    BalasHapus
  5. Posting yang bagus sekali bung!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Om, hanya saja belum final nich artikelnya.

      Hapus
    2. Om Herry, maaf nih sebelumnya saya Beonk http://www.kurketuk.web.id dr bogor, mu numpang tampang, boleh yaa OM,saya lagi belajar bikin blog Om tapi saya blum bisa bikin artikel sendiri. terimakasih banyak Om.

      Hapus
    3. Banyak membaca adalah kunci utama untuk bisa menulis.

      Hapus
    4. terima aksih om atas nasehatnya

      Hapus
  6. SALUDO ME PÁRESE UNA AVE EXTRAORDINARIAMENTE, SU CANTO ES ESPECIAL, SIGA LUCHANDO PARA LOGRA CRIAR EN CAUTIVERIO, TODA ESPECIE TIENE VARIOS CICLOS BIOLÓGICOS EN EL AÑO Y EN ENTRE ELLOS LA DE REPRODUCIR, LA IDEA ES CAPTAR OBSERVAR PARA DETERMINAS EN QUE MOMENTO ELLOS ESTÁN CELOS, ESO NO SE PUEDE EVITAR EN LOS SERES VIVOS.

    BalasHapus
  7. slmn knal om herry,ap kbar om?...
    sy mau tnya om maasalah MB sy,MB sy klo bunyi tidak membuka mulut nya,suara nya kecil tapi lama klo bunyi,trus klo tngah malam gt suara nya bsar tapi klo bunyi cm sbentar,apakah MB sy dlm proses bljar bunyi atau ad mslah lain pada MB sy.mohon pencerahan nya om herry karna sy baru belajar pelihara MB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali.
      MBnya sedang dalam proses adaptasi dan sudah memperlihatkan gejala yang positif.
      Tahap awalnya memang MB cenderung hanya ngeriwik (mulut tidak terbuka, suaranya halus dan hanya ekor yang terlihat sedikit bergoyang).
      Intensitas ngeriwik ini akan lebih tinggi jika MB sering mendengar suara air mengalir atau suara di dapur jika sedang ada orang menggoreng.
      Coba mandi dan jemurnya dilakukan secara teratur dan EFnya diberikan teratur.
      Jangan lupa baca artikel tentang tahapan dalam merawat MB yang ada dalam blog ini.

      Hapus
  8. assalamualaikum w.b om herry.
    maaf ne saya mau tnya om.saya baru beli MB ekor nya 14 cm trus ekor putih yang warna nya separuh hitam,yang saya mau tanyakan MB saya tu apa MB dari kalimantan atau lampung,ssebab mb yang saya beli kata yang jual dari ujung batu.mohon konfirmasi nya om.
    assalamualaikukm w.b

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Jika harga MBnya > 1.000K = MBnya cenderung dari Sumatera.
      Jika harga MBnya < 1.000K = Mbnya cenderung dari Kalimantan.

      Hapus
  9. om apakah betina umur 8bln da bisa di jodohkan dan dikawinkan untuk menuju proses bertelur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan MB betina hasil tangkaran, usia 8 bulan sudah dianggap cukup untuk dijodohkan. Tapi betina hasil tangkapan hutan, usia 8 bulan masih relatif muda sekali bahkan masih ada bintik trotolannya.
      Usia yang belum matang secara sexual, juga beresiko jika dipaksakan untuk dibreeding.

      Hapus
    2. betina saya sudah umur 8bln hasil ternakan apakah setelah jodoh bisa untuk kawin dan bertelor atau nunggu mabung pertama baru bisa kawin dan bertelor.

      satu lagi om, untuk mengetahui berapa lama waktunya sehari atau minimal 3jam jantan dan betina disatukan bisa dikatakan jodoh. misal setelah disatukan keduanya tidak berantem tetapi 2 / 1 jam kemudian berantem atau emang kalau tidak jodoh itu sewaktu disatukan keduanya langsung menyerang atau menunggu beberapa saat baru berantem (maaf pemula)

      Hapus
    3. Dalam beberapa jam, MB yang sudah jodoh akan bisa terlihat. Cirinya, MB betina akan lebih dominan dibandingkan jantan. Betina akan terkesan mengejar si Jantan dan si jantan akan lebih mengalah. Jika terjadi hal sebaliknya, sebaiknya langsung dipisah, sebab beresiko si jantan akan membunuh betina.

      Hapus
  10. thanks om..

    infonya bermanfaat nih...lagi coba ngawinin nias (jantan) sama medan (betina)....apa perlu dipisahkan indukan jantan kalo anaknya sudah menetas...atau secara alami baik jantan maupun betina mau merawat anak-anaknya...

    BalasHapus
  11. Ass.Wr. Wb. Om Heri, Gimana cara memindah jantan/Betina MB dari Kandang Penangkaran ke kandang Solitere. TK Bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Om suka memancing, biasanya ada semacam serokan yang terbuat dari nilon untuk menangkap ikan hasil pancingan. Serokan ini bisa digunakan untuk menangkap MB dari kandang ternak. Yang paling praktis sich gunakan saja kandang jebakan.

      Hapus
  12. Om Herry,saya mau tanya kalau menangkarkan MB bersebelahan (bersekat triplek) dengan menangkar Kacer yg gacor terus, apa mengganggu produksi MB Om ? Posisi MB Jantan lagi mabung apa masih tetap produktif ? trima kasih atas pencerahanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya belum pernah menjumpai permasalahan seperti ini. MB dan Kacer cenderung kurang akur.
      MB jantan tetap akan produktif walaupun dalam kondisi mabung, tapi tidak untuk MB betina.

      Hapus
  13. Om sy jga pegen belajar ternak murai om,apakah murai yg pernah di di kawinkan
    Masih bsa di gunakan untuk kontes om,sepasang murai aceh yg untuk ternak berapa harganya om,bsa krm ke tanjung pinang ngak y om.makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB yang pernah ditangkarkan masih bisa koq dibawa ke kontes, tentunya dengan perawatan ulang.
      Maaf, saya tidak memiliki sepasang MB yang siap ternak dan tidak bisa kirim ke Tanjung Pinang.

      Hapus
    2. Makasih bang herry atas pejelasan nya,,,,,klau msh boleh msh banyak pertanyaan yg akan sy tanyakan di lain waktu maksh bang herry.
      Maju terus kicau mania sukses slalu untuk smua pengemar burung

      Hapus
  14. om herry,saya coba menangkarkan murai batu saya.ketika didekatkan jantannya bunyi ngeriwik gayanya seperti mau teler (lain dari biasanya). dan betinanya sudah ngeper2kan sayap. kemudian saya gabung di kandang penjodohan. pada awalnya sang jantan mengejar betinnya namun akhirnya jantannya takut dengan sang betina? apa solusinya ya om?, apa tanda2 murai jantan yang siap birahi? terimakasih om! jaya terus om herry!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaya dari si jantan itu namanya gaya merayu. Jika si jantan sudah mau mengalah kepada si betina, itu tandanya pasangan tersebut sudah jodoh.

      Hapus
  15. Om hery, saya dr jombang Jatim mau tanya, saya baru saja mulai belajar ternak murai batu, sudah bertelur dan mengeram, tetapi kenapa telurnya dibuang sama induknya dan didalam telurnya sdh ada anakanya? kemungkinan apa yg terjadi dalam ternakan saya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak faktor yang bisa membuat indukan bertingkah seperti itu, diantaranya:
      - Indukan merasa tidak nyaman karena adanya manusia atau hewan predator (kucing atau tikus) yang berlalu lalang di dekat kandang ternak.
      - Ada suara MB lain yang cenderung membuatnya terganggu secara teritorial.

      Coba dicari sendiri faktor penyebabnya dan dari sana baru usahakan untuk mendapatkan solusi terbaik.

      Hapus
  16. ass..om HA.
    mhon sran om. pemula lg blajar breding..sy pnya betina ring gacor..yg mau sya jdoh kan dgan mb tgkpan hutan.. prmsalaha nya betina nya klo di tmpel pejantan jus tru betina nya yg ngeplai2 kya ngajak tarung trus galak ngebetmen gtu om..kl pjntanya kdang ska mainin ekor dn ngriwik2 gtu om. sya prhtin kadang btina jga ska cbutin ekor pth nya.. gmn ni om slusin nya.. msh bsa di jdoh kan apa gk om HA.. trimaksih bnyak sblum nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses awal penjodohan MB adalah dengan membuat pasangan beradaptasi terlebih dahulu untuk bisa saling kenal. Biarkan betina menguasai kandang penangkaran terlebih dahulu dan gantang pejantan dengan kandang solitaire didalamnya.
      MB baru bisa dikatakan jodoh apabila keduanya terlihat akur dan betinanya lebih dominan atau lebih menguasai pejantan. Jangan sampai terjadi yang sebaliknya, sebab resikonya si betina bisa dihajar sampai mati oleh pejantan.

      Hapus
  17. Salam kenal Om Herry,
    Saya mencoba breeding sepasang MB dan sudah jodoh, skrg ini sudah dikandang penangkaran dan membuat sarang, tapi udah satu bulan sarangnya siap MB betina tidak kunjung bertelur...mohon pencerahannya Om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali anda berkunjung ke breeder yang sudah berhasil. Di sana anda akan mendapatkan banyak ilmu dan sharing pengalaman. Banyak hal-hal kecil yang kadang terabaikan, ternyata menjadi faktor penting dalam keberhasilan breeding.

      Hapus
  18. Salam kenal dr saya 750F189A
    Pak saya dpt oleh2 dr mertua MB sepasang, beliau bil baru nangkap 2minggu sblm ke jkt, Mb msh super giras ke duanya. Mb saat ini dlm 1sangkar gantung.
    Pertanyaan saya bisakah mb tersebut berproduksi bila langsung di masukkan kandang besar uk 1,5x1,5x2m???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Lamngkah awal sebaiknya buat dulu MBnya beradaptasi dengan lingkungan, minimal tidak lagi terlalu giras dan takut sama orang. Setelah itu baru lakukan proses penjodohannya.

      Hapus
  19. Saya mau tanya om apa mb betina wrnanya ada yg sama hitamnya dg jantan soalnya saya baru dapat mh

    BalasHapus
  20. Misi om, numpang nimbrung, MB saya selalu perang bunyi dg MB lainnya soalnya sangkar saya taruh bersebelahan hanya terhalang tirai, tp kalau saya dekatkan tanpa penghalang hanya perang fisik, menari-nari gitu gak ada yg bunyi, kenapa gitu ya.? Boleh gak sesekali saya dekatkan MB kayak td om.? Maklum om baru punya MB.

    BalasHapus
  21. ass. wr wb... maaf mengganggu... kebetulan di rumah ada penangkaran MB dan ada juga MB yg dirawat untuk lomba... Trus yang jadi pertanyaan saya... apakah ada pengaruhnya ke MB yang dirawat untuk lomba, apabila terlalu sering mendengar suara MB betina ngeplong2... mohon pencerahannya dan solusinya...

    coz semenjak ada penangkaran MB dirumah... MB yang dirawat buat lomba stiap di lapangan selalu tidak kerja maksimal.... makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya, MB buat lomba harus diasingkan dan tidak berdekatan dengan lokasi penangkaran, sebab hal ini mempengaruhi mental tarung dan staminanya pada saat lomba.

      Hapus
  22. Om herry, saya baru mulai menangkar murai batu ne, murai batu pejantan saya ketika di satukan dalm sangkar, gak mau bunyi dan merayu betinanya, malah ada mulutnya menganga seakan kepansan, dan juga gag mau menyahut suara betina, ketika di pisahkan lagi dalam kandang soliter, murai jantannya gacor lagi... kira2 apa penyebabnya ya pak??? Apa pejantan saya blm siap kawin, penjantan saya baru 2 kali mabung pak. Mksh atas pencerahannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu alaikum ..
      salam kenal dari banjarmasin ( kalsel)
      saya punya MB pejantan black tail Nias dan betina borneo
      sudah saya masukin kandang ternak.pada awalnya pejantan 2 kali aja ngejar betina selang beberapa menit sudah berubah,betina nya yg dominan dan pejantannya seperti takut dan selalu menghindar bila terlalu deket dg betina nya.
      apa bisa di katakan sudah jodoh itu pak?
      kira kira memungkinkan gak bila murai tersebut beda KTP?
      mohon sarannya pak
      terimakasih

      Hapus
    2. Sebaiknya memang seperti itu, di mana betina lebih dominan sehingga resiko KDRTnya lebih kecil.
      Semua MB bisa jodoh walaupun beda wilayah habitatnya.

      Hapus
    3. Selamat siang Pak
      2 hari ini terpantau,pejantang nengger di lobang sarang bahkan kadang kadang seperti angrem di sarang yang saya bikin.
      itu pertanda apa ya pak?
      terimakasih

      Hapus
    4. Sudah jodoh tuch. Sabar saja menunggu proses bertelur betinanya.

      Hapus
    5. Sudah jodoh tuch. Sabar saja menunggu proses bertelur betinanya.

      Hapus
    6. Alhamdulillah...
      Tp kalo malem tidur nya kok masih jauh jauh ya...
      kalo mandi sih sudah bareng gantian nyebur di bak mandi nya dan belum terpantau mesra2 an..

      Hapus
    7. Assalamu alaikum om Herry

      Alhamdulillah berkat masukan dari om Herry sekarang sudah netas 2 ekor

      Hapus
  23. Maaf om hery mau tax saya pemula….. Saya menangkar sepasang mb drumah sudah selama hampir 2 bulan… 3 minggu pertama saya lihat sudah bertelur tpi ktika masa pengeraman 14 hari saya lihat lagi telurx malah gk ad… trus akhir2 ini malah si jantan kliatanx takut sama betina…. Mohon solusix…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa maksud tidak ada...???
      Apakah telurnya menghilang...???
      Jika ya, kemungkinan ada predator yang bisa mengakses kandang penangkaran.
      MB jantan yang sudah jodoh memang terlihat mengalah pada betinanya.

      Hapus
  24. Selamat pagii suhu Herry..
    dari surabaya mau menuntut ilmu..
    Sy punya MB hutan, burung lapangan, yg lg mabung kurlebih 2bln yg lalu. dn skrg bulu sayap, kepala,dll sudah kembali mulus. kecuali eKor. Yg tak kunjung ambrol.
    Dengan kondisi yg demikian. Apakah MB boleh saya jodohkan.??? Apabila jodoh dn nantinya bertelur. Apakah telurnya isi..????
    Mohon pencerahanya pak.
    Terima kasiih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB tersebut bisa untuk dijodohkan.
      Mengenai masalah telurnya, tergantung banyak faktor, misalnya pakan yang tersedia, kecukupan usia betina dan masalah fertilitas dari pasangan.

      Hapus
  25. salam kenal om herry,saya punya 1pasang murai batu.sudah 2bln saya lepas burung ke kandang ternak.burung yg jantan galak sekali,setiap hari yg betinanya di kejar kejar sampai kaki nya bengkak di patok.posisi ke duanya ngurak habis dan burung tersebut udah jodoh.pakan yg di kasih juga full kroto untuk ngurangin birahi nya.tapi masih juga galak yg pejantannya.jadi gi mana solusinya om herry.thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya pisahkan pasangan tersebut, karena beresiko betinanya bisa tewas dibantai. Saran saya, cari betina lain sebagai pengganti dan jika sudah dapat, masukkan si betina terlebih dahulu dalam kandang ternak minimal selama 1 minggu. Setelah itu baru gantang pejantan, tapi jangan dilepas dalam kandangternak atau disatukan dulu. Setelah terlihat mau akur dan saling berdekatan, barulah dijodohkan.

      Hapus
  26. siang mas,,,,,, saya manikdari siantar, nanya mas , saya punya ternak MB 3 set. semua pada nelor trus ngeram 14 hari tapi gak prnah jadi. udah 6 kali jong terus. gmana solusinya ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus pastikan dulu, apakah telurnya berisi (ada embrionya) atau tidak.
      Telur yang ada embrionya, biasanya akan berbau busuk jika dipecahkan.
      Kasus ini sering terjadi pada indukan yang tingkat stressnya masih tinggi dan asupan nutrisi semasa musim kawin agak kurang.
      Telur yang kosong (tidak ada embrionya), umumnya bisa disebabkan oleh faktor usia indukan yang terlalu muda dan salah satu indukan belum mencapai tingkat birahi yang dibutuhkan.
      Pemberian vitamin pemicu birahi mungkin bisa dijadikan solusi dan jangan lupa untuk memperbanyak pasokan EF didalam kandang.

      Hapus
    2. Kalau mulai menangkar mb dari kecil satu pasang kita campur terus apakah bisa berkembang biak Om matur nuwun

      Hapus
    3. Hal ini jarang dilakukan, sebab ada kemungkinan yang betina bisa dihajar oleh jantan karena banyak faktor.

      Hapus
    4. anakan mb dari satu gen apa bisa jodoh om?

      Hapus
    5. Bisa. Itu istilahnya inbreed. Tapi sebaiknya dihindari sebab secara genetik inbreed cenderung bisa menghasilkan anak cacat.

      Hapus
    6. Bisa. Itu istilahnya inbreed. Tapi sebaiknya dihindari sebab secara genetik inbreed cenderung bisa menghasilkan anak cacat.

      Hapus
  27. Bg Sy belajar poligami murni mb,dengan 2 betina 1 jantan.skrg lg posisi angkut sarang kedua betinanya di sarang masing2.nah masalah timbul krn pejantan nya lg ngurak pula,apakah kira2 bisa ngawin gak bg pejantan itu?thx pencerahannya om herry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu dikhawatirkan, kecuali jika betinanya yang ngurak atau mabung, maka si betina perlu istirahat.

      Hapus
    2. kalau mb betina ganti bulu apakah wajib jantan dipisahkan mohon penjelasannya Bang Herry trims.

      Hapus
    3. Ya, sebaiknya harus dipisah dari penjodohan.

      Hapus
  28. Pak Hery,saya punya MB pasangan baru,baru 2 mnggu ini saya jadikan satu dalam kandang breeding tentu saja sebelumnya melalui proses penjodohan. Yang saya tanyakan, selama 2 mnggu ini yg betina kelihatan lebih dominan drpd jantan contohnya sewaktu kasih pakan selali saja jantan takut untuk mendekatinya. Trus sewaktu tidur juga tidak pernah saling berdekatan. Kira2 pasangan MB saya jodoh apa tidak ya pak? Soalnya sblm saya jodohkan sama betina ini, si jantan sudah pernah membantai betina sampai stres dan akhirnya mati, trus saya ganti betina dan ganti metoda penjodohannya akhirnya bisa disatukan walau betina teekesan galak.Oh iya, usia MB jantan white tail lebih dr 2 tahun, usia betina lebih dr 1 tahun, 2-2nya masih dlm proses dorong ekor setelah mabung Pak. Mohon pencerahannya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betina yang terkesan lebih dominan adalah dalah satu tanda pasangan tersebut sudah jodoh. Genjot EF saja yang banyak.

      Hapus
  29. Sy punya 6 pasang MB sdh produksi 5-9x.itu di pemilik pertama.
    Cuma yg sy perhatikan, MB giras sekali.
    Pertanyaan saya, apakah MB yg giras bs berproduksi (Krn ungkapan pemilik sdh produksi). Kondisi MB Bunyi/Gacor kandang ternak saja.
    Teri.akasih

    BalasHapus
  30. Bisa, hanya saja perlu disiasati dgn cara meminimalkan atau mengisolasi kandang dari aktivitas manusia yg berlalu lalng.

    BalasHapus
  31. Assalamu'alaikum om,saya dari Lamongan.
    Saya pantau blog ini dari dulu ternyata masih aktif.. Jooss om Heri..
    Yg mau saya tanyakan :
    Apa bisa pejantan lagi proses dorong ekor kita jodohkan?
    Trimakasih om Heri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam.
      Untuk pejantan bisa.
      Tapi untuk betina harus dihindarkan.

      Hapus
  32. Assalamualaikum bang Herry, saya ferry dr Bengkulu pemula dalam menangkar murai batu walaupun bnyk sekali teman2 penangkar yg saya kenal namun baru skrng ada keinginan menangkar. Saya hanya mencoba mencari perbandingan mengenai masukan2 dr tmn2 breeder agar lebih puas. Saya baru saja ngangkat sepasang mb yg sdh jodoh, sayang wkt ditake over ke saya pejantannya kecabut ekor dan sempat stres stngh hari. Esok harinya saya pisahkan jantan dan betina dgn kandang biasa namun berdekatan dan jantannya kembali gacor. Namun masalah timbul sewaktu dimasukkan kekandang tangkaran yg baru, jantan tidak lg gacor malah sempat sembunyi didasar kandang. Hari ini baru mau ketangkringan tp terkesan mengalah dan menghindar dgn betina dan mulut menganga(katanya pertanda sdh jodoh dan justru ini yg diinginkan).pertanyaan saya, klw sebelumny jantan lebih dominan dan gacor saat msh di pemilik sblmnya apakah dgn kondisi skrng sama2 tdk bunyi memungkinkan terjadi perkawinan? Biasanya syarat perkawinan berhasil bila jantan makin gacor didalam kandang. Trm kasih bnyk atas masukannya bang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjodohan berhasil jika kedua MB akur. Pejantan tidak harus gacor selama penjodohan, malah cenderung mengalah pada betina.

      Hapus
  33. Assalamualaikum om heri saya dari sragen pemula menangkar murai baru 2 hari penjodohan tapi saat memisahkan murai tarung ekor betina ke cabut semua apakah penjodohan tetap bisa di langsungkan dengan betina tanpa ekor dan apakah bisa tumbuh ekor secara normal? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam.
      MB betinanya pasti stress tuch dan sebaiknya jangan dipaksakan untuk untuk dijodohkan kembali, apalagi sebelumnya sudah kurang akur.
      Saran saya, cari saja betina lain yg sudah siap untuk dijodohkan.

      Hapus
    2. Waalaikum salam.
      MB betinanya pasti stress tuch dan sebaiknya jangan dipaksakan untuk untuk dijodohkan kembali, apalagi sebelumnya sudah kurang akur.
      Saran saya, cari saja betina lain yg sudah siap untuk dijodohkan.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  34. Mau tanya om.sy punya mb 1 pasang keliatannya sudah jodoh pas si betinanya ngeleper si jantan lngsng mau ngawin si betina tp tidak jadi malah ngehindar gtu ky tkut bgt sma betinanya.knpa y om?solusinya bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar saja. Sudah jodoh tuch. Coba EFnya sedikit ditambah agar bisa menaikkan birahinya.

      Hapus
    2. Asalamualaikum Om herry sy mau Tanya lg mb betina sy bertelur setelah bertelur meninggalkan sarangnya untuk makan lalu s jantan hinggap di sarang lalu memakan telur yg d sarang setiap betina bertelur pasti d makan s jantan.sudah 2 kali seperti itu.solusinya bagaimana ya om

      Hapus
    3. Waalaikum salam.

      Solusi sederhananya:
      1. Pisahkan pejantan jika terlihat si betina akan atau sedang bertelur. Anda bisa fahami perilaku si betina jika akan bertelur.
      2. Manfaatkan mesin penetas.

      Hapus
  35. Selamat siang pak. Saya mau tanya. Saya ada 2 pasang murai batu. Pasangan pertama sudah jodoh pak, karena saya belinya memang sepasang tapi sepasang hutan pak. Tapi sudah 3 bulan lebih belum menunjukkan tanda2 akan bertelur. Yg pasangan ke 2 sudah 1 bulan jodoh tapi setiap kali yang jantan mendekati yg betina murai betinanya selalu membuka mulutnya seakan2 penolakan buat si jantannya. Pertanyaan saya bagaimana cara mengatasi ke 2 pasangan saya tadi pak. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba perbanyak atau tambah EFnya dan jika perlu lebih variatif.
      Anda juga bisa memanfaatkan obat pemicu birahi.

      Hapus
  36. om hery mau tanya kalo mb di pemilik pertama udah aktif produksi trus saya beli malah mabung ganti ekor semua sekarang sudah hampir panjang full semua baik jantan maupun betina , tapi kalo diberi makan berebut betina kalah mau dipatok sesekali atau dua kali tapi setelah itu baikan lagi dan betina kalo di dekati jantan ngleper ngleper dan buka mulut ,, pertanyaannya apakah masih jodoh kalo kondisi seperti itu dan saat dorong ekor begitu apa mau produksi, dan gimana solusinya, terima kasih sebelumnya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Logikanya, jika tidak jodoh pasti akan terjadi pembantaian terhadap MB betina.
      Jika mau berproduksi coba EFnya diperbanyak dan lebih variatif

      Hapus
    2. Salam kenal om.Herry
      Saya mau tanya saya ada mb 2pasang 2betina nya mabung om
      jadi harus gimana om apaka harus di pisa atau biar kan saya,trus kalau membuat mb cepat birahi gimana ya om...makasi om atas solusinya

      Hapus
    3. Salam kenal kembali.
      Betina yang sedang mabung sebaiknya harus istirahat dulu dari proses breeding.

      Hapus
  37. Salam kenal pak,
    Saya memiliki murai sepasang akan tetapi yang jantan sakit dan mati, tinggal si betina yang masih hidup dan siap kawin, pertanyaan saya apakah kita bisa mengawinkan murai batu seperti mengawinkan ayam, artinya setelah kawin kita pisahkan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya beda dgn ayam.
      Pahami dulu karakter MB betinanya.
      Fakta menunjukkan, betina bisa dipisah dari pejantan untuk merawat anaknya sendiri.

      Hapus
  38. Mas Herry. Bagi wawasannya.
    Sudah 3 hari ini saya mulai proses penjodohan murai batu, jantan umur 6-7bl(aceh) x betina umur 5-6bl (medan). saya dekatkan jarak 1m. Saya amati jantan sering ngleper sayap kanankiri terkesan nguyak betina sambil ngriwik saja. Tapi betina juga nanggapi tapi tidak menyahu riwikan sang jantan, mondar mandir di tangkringan natap sang jantan. yang saya tnyakan:
    1. Apakah ini sudah bisa dikatakan berjodoh?
    2. Apakah birahi nya belum sama, kalo blm sama birahi, bgaimna cara agar sama?
    3. Tretment selanjutnya, baiknya bgaimana mas??
    saat ini posisi jantan selesai dorong ekor umur sekitar 6-7 bln, betina juga dorong ekor skitar 5-6 bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia pasangan MB anda masih terlalu muda untuk dijodohkan. Saran saya anda masih perlu waktu untuk menjodohkan pasangan tersebut. Alternatifnya, anda bisa cari pasangan lain yg sudah cukup umur.

      Hapus
  39. Pak Herry,minta pencerahan.Saya punya pejantan balak umur 1thn posisi gacor dan berani ditrek dg murai jantan yg tua.Beranjak dr situ awalnya saya punya keyakinan si jantan umur 1thn tadi sudah bisa dijodohkan.Akhirnya saya beli betina,tp sayang umurnya lebih tua yakni berumur 2 thn untuk betinanya.Waktu penjodohan dikandang soliter betina terlihat ngleper2,dan terlihat juga saat pejantan ngeplong2 betina menyahut ocehan jantan.Stlh itu betina saya masukkan kandang ternak sementara yg jantan tetap saya tempel dikandang soliter didepan kandang ternak betina.Betina selalu terlihat mendekati jantan dan kleper2 dan menyahut ocehan jantan.Stlh itu yg jantan saya masukkan ke kandang ternak,namun yg terhadi betina nguber yg jantan dan yg jantan menghindar.Herannya setelah nguber yg jantan betina malah sembunyi di pasir pojokan kandang bagian bawah.Semantara saat betina berada dibawah pejantan masih asik ngeplong dan makan ef.Tapi sesekali betina nguber jantannya lagi.Saya bingung ini murai saya jodoh apa belum ya?kalau memang tidak jodoh pertanyaan sada kenapa si jantan waktu makan masih asik makan dan masih mau ngeplong dikandang tangkaran om?mohon penjelasan...terimakasih banyak sbelumnya om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si jantan sepertinya belum cukup birahi dan secara seksual, usia 1 tahun belum matang bagi jantan untuk penjodohan.

      Hapus
    2. Pak Herry,ini indukan saya sebaiknya dipisah atau tetap dicampur saja?saat ini kedua burung sudah tidak terlalu uber2an hanya saja tetap si jantan blm brani ngawin pdhl betina udah ngleper berat.Jika pejantan tetap saya satukan dg betina dikandang apa tidak apa-apa pak?apakah ada kemungkinan nantinya saat pejantan birahi kemudian betinanya langsung dikawin?atau justru sebaliknya karena justru saya satukan dimungkinkan pejantan malah stres?mohon masukannya pak.Terima kasih....

      Hapus
    3. Ganti saja pejantannya dgn yang usianya sudah cukup.

      Hapus
  40. pak,herry saya mau tanya ni.tolong penjelasan nya
    saya punya mb 1 pasang sudah jodo kurang lebih sudah 2 bulan ,sekarang setiap saya dekati sarang tembat mb itu bertelur mb jantan dan betina nya
    mara2 ,tapi kalau saya jauhi biasa2 saja,ada apakah itu ya pak herry,,mohon bantuan nya maklum pemula.makasi pak herry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu naluri alamiah dari pasangan MB yang memang memiliki sifat teritorial.
      Sebaiknya jangan terlalu sering didekati kandangnya atau jika mungkin kandangnya diselimuti saja agar si MB lebih nyaman.

      Hapus
  41. Asalamu'alaikum wr wb, salam kenal om

    BalasHapus
  42. Maaf Pak Herry, minta pencerahannya, saya ada MB 1 pasang sdh beberapa hari ini saya campur, si jantan sudah masuk glodok dan bunyi cit..cit...si betina mendekat tapi masih agak ketakutan, tapi kalau makan si jantan selalu dominan dan selalu mengejar ketika si betina mau makan padahal EF nya sdh saya kasih banyak... intinya jantan tidak menyerang tapi belum mau akur, ( terutama dalam hal makan )dan di kandang si jantan lebih banyak diamnya ketimbang di kandang harian,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya MB betina belum cukup birahi untuk berjodoh. Coba bantu dengan obat pemicu birahi yang banyak dijual di kios-kios burung.

      Hapus
    2. Selamat malam om, klo boleh tau obat pemicu birahi apa ya om?

      Hapus
  43. Selamat siang Mas Herry.
    Hari Sabtu kemarin, saya mulai masukkan murai jantan ke dalam kandang tangkar, sebelumnya sdh lama saya tempel. betina sdh masuk duluan skitar 1bulanan, jantan yang belakangan. setelah saya pantau beginilah hasilnya:
    1. Betina seperti menggoda njarak mendekati jantan.
    tapi sekali agak dekat,langsung diKABRUG jantan dengan membuka sayap seperti tarung. saya semprot terus-menerus. selama 3hri saya pantau, tetapi tdk ada perubahan. tetap saja jantan lebih agresif ngejar. apalagi kalau makan,pasti betina selalu tdk diizinkan. pertanyaan saya:
    1. Apakah saya harus ganti BETINA yang lain???
    2. Apakah JANTAN saya yang belum siap? atau sebaliknya?
    3. Treatmet seperti apa baiknya mas?
    terima ksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jantan sepettinya belum cukup birahi. Masukkan kembali jantan di kandang solitaire dan betina tetap di kandang ternak. Jika memungkinkan, gantung kandang jantan di dalam kandang ternak.
      Berikan EF berlebih untuk keduanya hingga si betina mau mendekati kandang jantan dan merasa nyaman berdekatan.
      Setelah terlihat akur, baru dilepas bersama dalam kandang ternak.

      Hapus
  44. Pak hery mohon pencerahan,

    Untuk jantan yg sedang mabung apakah msh bisa dijodohkan (reproduksi), mohon pencerahannya pak hery

    BalasHapus
  45. salamualaikum om... om sy mw tanya, om dlu sy beli trotolan hutan tp setelah mabung malah jadinya balak 8, skrg sy mw tukerin lg sama penjualnya sama jantan+betina tangkapan hutan yg mw sy tanyakankl misal kedua burung tsb sy satuin dlm kandang bulat itu saling serang ga ya om... maksudnya biar ga ribut ngasih pakan sama tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam.
      Saran saya, sebaiknya dipisah.
      Sering kali ada kejadian pertikaian yang beresiko fatal jika keduanya disatukan dalam 1 kandang.

      Hapus
  46. Om mo nanya ini jantan saya ambil dari penangkaran krn si betina lagi mabung apakah mereka harus tetap saling bertatapan atau sebaliknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pisahkan saja dan kondisikan full krodong agar mabungnya lancar.

      Hapus
  47. Asslmkm om..mo tny ni..mb sy dah prduk.tp ggl panen trs..kdng 1 hr netas kdg 3hr dah trgeletak.ak dah cb pisah jntanny trnyata plkuny betina.trs yang trakhir umur 6hari dibantai jg...yg sy tanyakan apakah murai betina klo mau mabung jg bantai anaknya? krn stlah bantai 4 hari bulunya ambrol.satu lagi prtny sy,apakah pjantan yg g mau diem alias koar koar (gacor) mmbuat betina cpat birahi trs bantai anaknya ? Trmksih pencerahanya wassalamkm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permasalahannya kompleks. Saran saya untuk kasus seperti ini, setelah menetas sebaiknya langsung dipanen dan dilolohkan sendiri.

      Hapus
  48. Assalalamu alaikum wr,wb.
    Om Heri, mau minta pencerahan ini. saya pemula punya spasang MB lampung super. usia jantan -+1 tahun dan betina 8 bulanan. dah 2 minggu sangat akur dan betina dominan. stiap hari jantan masuk glodok dan bunyi ngriwik manggil betina. kadang betina cuma di pintu glodok setelah itu kluar lagi betinanya. jantan kluar glodok sambil bunyi dan mau ngawin tapi ga jadi trus. saya coba kluarkan jantan dari kandang, betinanya langsung manggil2. yg saya tanyakan, MB saya ini dah terbilang jodoh atau jodoh jodohan kayak pacaran gitu ya om? mohon juga bimbinganya untuk perawatan slanjutnya. Trima kasih semoga njenengan skluarga slalu sehat dan sukses sgala usahanya.

    BalasHapus
  49. Assalamu alaikum wr,wb. om Herry, mau tanya lagi ini. alhamdulillah tadi pagi betinanya dah angkut sarang tapi ga nggeget bawa sarangnya. anehnya, disore hari jantannya bulunya pada berdiri saat dikejar betina. sambil bunyi " wik" dan terbang menjauh kayak takut sama betinanya. kejadian itu dah 3 kali berturut turut setiap sore hari jam ashar. setelah itu jantan saya kluarkan dari kandang tangkar, dan saya angin2 kan diluar. diluar kandang jantan gacor lagi. kira kira, apa masalahnya ya om? apa jantan yang kurang umurnya ato memang karakter bawaan? jantan umurnya -+1 tahunan. trima kasih om, dan saya berharap akan mendapat saran dari njenengan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia pasangan MB anda relatif masih terlalu muda, khususnya pejantan yang baru berusia 1 tahun.
      Inilah yang saya istilahkan pernikahan dini.
      Saran saya, cobalah cari pasangan yang sudah cukup unur, atau tunggu pasangan ini hingga minimal mabung berikutnya.

      Hapus
    2. Terima kasih atas petunjuk Om herry, saya akan menjalankan saran ini. kalau andaikan diganti pejantanya, apakah langsung dgn proses perjodohan ulang secara langsung atau di jeda dulu dalam arti betinanya di sendirikan beberapa waktu gitu? makasih sebelumnya. saya sangat puas dengan tanggapan dari anda

      Hapus
  50. Om mau nanya sy ada 1 pasang mb yg minggu lalu saya beli di penangkaran usianya sekitar 5blanan (penangkar bilang sudah sepasang).. apa blh sy satukan disangkar ternak walau diliat dr usianya
    msh lom mapan utk dikawinkan..?? Dan 1 lg om sy ada 1 pasang murai mh yg masih giras yg br sy beli dan kata penjualnya dah cukup umur untuk
    diternak... langkah awal untuk murai mh yg msh
    giras gmana ya om soalnya sy pernah beli murai mh
    br 2 mnggu lbh mati... makasih atas infonya n sukses slalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Sebaiknya jangan disatukan, sebab ada resiko pertukaian diantara keduanya.
      2. Baca lagi artikel di blog ini tentang tips melatih MB makan voer.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.