Minggu, 06 Juli 2008

Tips Agar MB Bakalan Cepat Makan Voer

Kali ini saya akan mencoba berbagi dengan anda, terutama dalam hal penanganan MB bakalan. Penanganan yang salah dan tidak tepat, banyak menimbulkan resiko MB bakalan tidak mau makan voer dan pada akhirnya berujung pada kematian.
Setelah kita mendapatkan MB bakalan, maka langkah apa saja yang harus dilakukan agar kita dapat menurunkan tingkat resiko kematian.
Inilah tips yang sering saya lakukan terhadap MB bakalan.

1. Harap anda membaca terlebih dahulu tentang Tips memilih MB bakalan.

2. Pada saat anda memilih MB bakalan, anda harus yakin dgn melihat sendiri, bahwa MB bakalan yang akan anda beli mau memakan EF seperti jangkrik atau Ulat Hongkong pada saat diberikan. Ini paling penting, karena dari hal tsb, kita bisa yakin bahwa MB bakalan tsb mau makan dan tidak bermasalah dgn mulut dan pencernaannya.
Triknya, coba lempar UH atau jangkrik kecil pada MB bakalan, jika langsung mau dimakan berarti resiko awal sudah terlewati.

3. Persiapkan kandang untuk MB bakalan yang baru kita dapat.
Sebaiknya kandang berupa kandang berbentuk persegi dan diletakkan agak sedikit rendah.
Saya memilih Kandang persegi, karena mudah untuk digantung menempel ke dinding, dibandingkan kandang bulat. Pada tahap awal usahakan kandang tetap stabil, artinya jangan sering diganggu dan dipindah-pindah, sampai MB bakalan tsb makan voer.
Letak yang sedikit rendah, maksudnya untuk memudahkan pemantauan terhadap makanan dan kotoran MB bakalan tsb.

4. Sebelum kita masukan MB bakalan yang baru ini ke dalam kandang, sebaiknya MB tsb dibasuh terlebih dahulu dengan air. Hal ini berguna untuk menurunkan stress dari MB selama perjalanan maupun pada saat kita masukkan ke dalam kandang baru. Jangan lupa letakkan juga mangkok mandi dalam sangkar untuk kebutuhan mandi MB tsb. Biasanya setelah dibasuh, MB akan langsung mandi dalam mangkok mandi.

5. Setelah itu, coba berikan voer favorit anda yang sudah terlebih dahulu dihaluskan (sehalus tepung).
Lalu campurkan UH sebanyak 25 ekor dan lumatkan dalam voer halus. Ingat, lumatkan sehingga tepung voer melekat pada bagian UH yang lumat. Jangan lupa sisipkan juga UH yang masih hidup sebanyak 10 ekor dalam tempat makanannya.
Maaf saya sering menggunakan UH dibandingkan dgn Kroto, karena kroto memang langka di Banda Aceh. Tapi sesungguhnya kroto jauh lebih bagus dari UH.
Adanya UH yang masih hidup dan bergerak-gerak, untuk merangsang MB mau makan ke tempat makanannya.

6. Sebaiknya tempat makanan diletakkan didasar kandang dan bentuknya besar. Ini untuk memudahkan MB melihat lokasi makanan dan merangsang MB untuk mau cepat makan.
Dialamnya, MB adalah jenis burung yang suka turun ke tanah dalam mencari makan. Jadi pada tahap awal sebaiknya letak tempat makanan tidak perlu sejajar dgn tangkringan.


Salam MB Mania,


7. Lakukan proses ini sebanyak 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

8. Jika tepung voer terlihat kotor, sebaiknya langsung diganti dgn tepung voer yang baru.

9. Jika warna kotoran MB bakalan telah sama dgn warna voer, dan kotorannya juga terlihat sedikit padat, coba campurkan voer halus dgn yang kasar.

10. Jika prosesnya berhasil dalam arti kata MB tsb sudah mau makan voer kasar dan tidak perlu lagi bantuan UH yang dilumatkan, berarti Kita sudah berhasil membuat MB bakalan mau memakan voer.

Selamat mencoba.

71 komentar:

  1. Pancen top nih pakarnya...
    Kapan ya bisa punya momongan pilihan Om Heri

    BalasHapus
  2. Wah..koleksinya kapan nih dapat juga.
    Kalo pakar yg bicara memang mantap

    BalasHapus
  3. Bagus sekali tips nya, saya coba ke cendet ahh... siapa tau berhasil juga, soal nya kantung saya belum cukup untuk beli bakalan MB(Sayang mahal mahal melayang ditempat sampah). Karna saya bersyukur cendet bakalan saya belum Mati hehe...
    Udah 3 Minggu saya pelihara, dan udah jinak (dari awalnya liar tak terkendali)...

    BalasHapus
  4. om hery emang pakarnya murai!!!
    mau nanya om,perlu waktu berapa minggu untuk mb mau makan voer sendiri? trus lebih bagus mana seh cara antara voer yg dicampur air dengan yang ga??? soalnya saya bingung om ad beberapa orang yang mengatakan klo voernya harus dicampur air sdikit.
    biasanya voer yg om gunakan merkny ap?? (klo Boleh tau..hehehehe)
    makasih sebelumnya om....

    BalasHapus
  5. Voer yang dicampur air (agak terihat basah), biasanya dikhususkan buat MB yang masih diloloh (disuap). Sedangkan buat MB biasa sebaiknya tidak perlu, sebab voer yang basah tidak bisa bertahan lama dan mudah basi.
    Saya menggunakan voer merk Fancy, karena komposisinya yang lengkap dan cenderung digemari oleh MB-MB saya.

    BalasHapus
  6. Kalo pake kroto apa juga perlu dilumatkan dulu seperti yang diperlakukan pada UH, oom ???

    BalasHapus
  7. Kalau pake kroto, tidak perlu dilumatkan.
    Cukup dicampur dengan komposisi awal krotonya lebih banyak dibandingkan tepung voer.

    BalasHapus
  8. sedikit yang kurang jelas om, kalau belum makan voer, apa sebaiknya:
    1. Diletakkan di tempat ramai atau sepi?
    2. Siang hari bagus di kerodong atau tidak?

    MB saya jarang sekali nangkring di tempat voer, kalo dia matuk2 saya gak tau dia makan atau tidak, tapi kotorannya sudah mulai berwarna coklat muda kadang2 sih putih juga, kira2 dia sudah sampai level mana ya?

    BalasHapus
  9. Kalau MBnya belum ngevoer, sebaiknya ditempatkan pada lokasi yang agak sepi.
    Selama belum ngevoer, sebaiknya tetap dikrodong, agar MB merasa tenang dan nyaman dengan linkungan barunya.

    Setelah ngevoer, baru MBnya diajarkan untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

    BalasHapus
  10. om saya pernah denger klo murai itu klo makannya voer kurang bagus....badannya gak bs ramping gtu....dan harusnya ful kroto n jangkrik mohon pencerahan dunk.....makasih

    BalasHapus
  11. Sebagian besar hobbies berupaya untuk membuat MBnya mau memakan voer.
    Makanya MB yang sudah ngevoer memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan MB yang belum ngevoer.
    MB yang sudah ngevoer, memiliki tingkat resiko kematian yang lebih kecil dibandingkan dengan MB yang dipaksa untuk tidak memakan voer.

    BalasHapus
  12. om herry memang top,,
    sya ska dengan tips nya om,,saya pemula di dunia burung..saya dari bandung om,,

    slm knl ya om..

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Untuk mb bahan itu apa perlu dikerodong terus sampai dia tenang ,sy msh penasaran untuk coba belu lg mb bshan pm herry,yg perlu diliat dari mb bahan apa nya kira2 ? Body,warna bulu atau bagimana menurut om heri,mohon penjelasannya,trima kasih sebelumnya

      Hapus
  14. Aslm Bang Herry yg saya hormati..
    Saya mo tanya :
    1. Kalo MB masih bahan dikrodong dan ditaruh ditempat gelap dikamar, apa boleh....
    2. Didekat rumah ada kios burung besar bisa dikategorikan Agen/distributor bagi penjual burung, setiap 2 minggu sekali selalu dikirim bahan MB dari Medan ( yang mulus buntutnya harga 750 rb dan yang bondol 400 rb), sebaiknya saya beli bahan MB apa mulus apa bondol ?
    3. Apa boleh MB bahan ditaruh berdekatan dengan MB yg sudah gacor....posisi dikerodong...
    4. Mohon saran dan petunjuknya...

    Iman di Bekasi

    BalasHapus
  15. Waalaikum salam.
    1. MB bahan yang diletakkan di kamar, sebaiknya tidak perlu krodong dan akan lebih baik jika tidak dikrodong, supaya cepat beradaptasi.
    2. Sebaiknya yang ada ekor, agar tahu bagaimana ukuran dan bentuk ekornya.
    3. Jangan, resikonya MB bahan akan mudah stress.

    BalasHapus
  16. terima kasih infonya bang herry.... rencana besok hari Kamis bahan MB dari medan datang, jd sy harus cepat2, kalo tidak gak dapat.

    Iman
    murai.batu99@gmail.com

    BalasHapus
  17. Yth. Bang Herry
    Bakalan MB yg baru dibeli tgl 6 Mei, ditaruh di kamar yg minim cahaya (agak gelap), kira2 perlu dikerodong gak, sampai berapa lama dikandang bakalan MB dikasih tempat mangkok mandi, kemudian perlu gak tiap pagi dijemur/ditaruh diluar diangin-anginkan, kalo saya taruh diluar bulu mengembang, Atau tetap ditaruh dikamar dengan posisi tetap dikerodong smp mkn Voer ?
    Mohon Bang Herry pencerahannya....

    Iman
    Gunung Putri-Bogor

    BalasHapus
  18. om hery pakarnya murai... saya baru dapatkan murai dari hutan skitar 2 bulan lalu kliatannya ndak mau makan voer tp jangkrik n kroto mau. kira yang dari hutan gini bs dternak ndak om???? tak taruh dipnangkaran tak kasih betina blm da respon om.

    BalasHapus
  19. @Iman : Kalau Mbnya diletakkan di kamar gelap sebaiknya tidak perlu krodong. Pada saat dibawa ke luar, jangan langsung terkena sinar matahari, sebab bisa mudah terkena katarak.

    BalasHapus
  20. @Choir : Ma'af, saya bukan pakar tetapi hanya seorang hobbies.
    MB yang belum makan voer adalah MB yang dianggap belum mampu beradaptasi dengan perubahan pola makan. Selama MBnya mau berjodoh, bisa saja MB tersebut ditangkarkan.

    BalasHapus
  21. Siang om Herry,

    Numpang nanya nih.., saya baru belajar pelihara burung, seminggu yg lalu saya beli anakan murai lampung, saya sudah terapkan tips dari on herry.. saya campur dengan kroto dan UH + 3:3 ekor jangkrik pagi dan sore, pertanyaan saya : kenapa kotoran murainya masih berwarna putih dan hitam encer, bagaimana cara mengatasinya agar mb saya mau memakan voer yg kasar..? apakah memang perlu waktu dan berapa lama ?
    Terima KAsih..

    BalasHapus
  22. Voernya terlebih dahulu harus dihaluskan dengan cara digiling. UH sebaiknya digunting menjadi 2 bagian, dan jangkrik dibuang bagian kakinya setelah itu digunting bagian perutnya agar tepung voer lengket pada jangkrik atau UH, sebaiknya diaduk dengan rata.
    Lakukan hal ini 2-3 kali sehari. Selang 3-5 hari, kotoran MB akan terlihat berwarna voer.

    BalasHapus
  23. Bang her sy jg py mb medan bakalan muda hutan blm voer yg br saya beli 3 mingguan skr ngeriwik dan sy lakukan spt py bang her lakukan tp saya pake kroto ma jangkrik dan dah seminggu sy coba tetep ae ga mau krn sy liat kotoran burunge warnane ga sama dgn voer..yg sy herankan klo krotone abis dia sering matuk2 tempat pakan kyk ngasi kode..ada cara lagi ga bang her agar mb sy mau ngevoor? Tolong bantuan dan saran bang her sy tunggu..makasi byk..

    BalasHapus
  24. Pemberian EFnya mungkin berlebihan.
    Coba giling ulang voer sampai halus sebanyak 2-3 sendok makan.
    Pagi hari berikan 1 sendok kroto dan aduk dengan voer halus.
    Siang atau sore hari berikan jangkrik 4 ekor dengan terlebih dahulu membeset bagian perutnya dan usahakan bagian perut ini bercampur dengan tepung voer.
    Malam hari giling lagi voer yang baru seperti di atas dan berikan jangkrik 3 ekor dengan proses yang sama seperti di atas.
    Esok hari, lakukan proses yang sama seperti di atas.
    Usahakan malam hari kandang mendapat pencahayaan yang cukup sehingga MB bisa melihat mangkuk makanan.

    BalasHapus
  25. Bang her cara yang bang her udah sy praktekan dan burunge dah mau makan jangkrik dan kotoran dah ada warna voer sedikit tp burung saya kok mbola yang bang her kayak brge stress..saya minta saran bang her langkah ato tindakan yg bagaimana harus saya lakukan krn tkt saya klo brge mati..makasi banyak..

    BalasHapus
  26. Makanya burung bahan jangan terlalu sering diganggu. Biarkan dulu burungnya ngevoer dengan sempurna.

    BalasHapus
  27. Bang her maaf repotin lagi nich..mb bakalan mh skr tak balikin kroto sebab burung kliatan ga sehat sukae ndek bawah pangkr̉ingan dan ga doyan mkn diliat dari kotorane..apa yang harus saya lakukan sebab saya benar2 pemula..makasi

    BalasHapus
  28. Coba berikan obat penambah nafsu makan berupa Super N sebanyak 5 tetes langsung kemulutnya.

    BalasHapus
  29. Bang kalo ngasi super N berapa hari? Andaikata kalo dicampur ma air minum gmna bang? Emang kalo burunge dipegang gak pa2 yah bang dalam kondisi stress/sakit? Maaf byk bertanya dan mohon bimbingane sebab bang herry baek dech ma pemula2 kyk kita..he3x...

    BalasHapus
  30. Super N cukup diberikan 1 kali saja.
    Sebaiknya diberikan langsung tidak melalui air minum, sebab rasanya yang sedikit sepat kurang digemari MB.

    BalasHapus
  31. Om heri gmana kalo UH nya di tumbuk kira2 mau ga ya? trus apa ga mati klo d kasih jangkrik , tolong d jawab ya bang,,,,

    BalasHapus
  32. Ulatnya jangan ditumbuk, cukup digunting menjadi 2 atau 3 bagian saja.
    MB tidak akan mati kalau diberikan jangkrik, sebaiknya bagian kaki belakang jangkriknya terlebih dahulu dimutilasi.

    BalasHapus
  33. syubbaan_akbar@yahoo.co.id4 Februari 2011 16.06

    bang kira2 brapa lama MB bisa makan voer total,,,,? ane mo nyoba miara nih,,,

    BalasHapus
  34. Pengalaman saya dalam merawat MB untuk mau makan voer total, paling cepat 3-4 hari dan paling lambat 2 minggu.
    Kuncinya, jika kotoran MB sudah berbentuk dan berwarna seperti warna voer, EF secara perlahan dikurangi agar si MB mau mengkonsumsi voer.

    BalasHapus
  35. Om mb saya dari hari kamis baru beli sampe sekarang udah ikutin sarannya om apa boleh langsung kasih pur kasar om?

    BalasHapus
  36. Om ada apa sih klo MB kepalanya murungkut k dalem badan tapi masih gesit, sakit kah? Apa ingin mabung tolong d jawab? Trim ksh

    BalasHapus
  37. @Ilham : Voer kasar hanya boleh diberikan jika si MB sudah mau makan voer halus dan kotorannya sudah berwarna seperti warna voer dan terlihat padat.

    BalasHapus
  38. MB yang kepalanya terlihat seperti itu adalah MB yang sedang dalam kondisi tidak fit.
    MB yang mau mabung lain lagi cirinya, silahkan baca saja artikel tentang MB mabung.

    BalasHapus
  39. Om klo MB keadaannya seperti kata "HAMBA ALLAH" penyembuhannya bagai mana om? om bolehkah saya minta no tlpon om , trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  40. Om mantap bngt semua jawabannya tepat, saya juga mau nanya , boleh ga sih om klo bahan MB d jemur ? katanya bisa serak klo d jemur , trus klo permasalahan seperti yg d katakan oleh "hamba allah" penyembuhannya bagaimana om? mohon d jawab ya om

    BalasHapus
  41. MB yang terlihat kurang fit, biasanya akan menunjukkan tanda-tanda berupa leher yang ditarik ke dalam, bulu-bulu yang terkesan dimegarkan dan kotoran yang terlihat berlendir.
    Faktor penyebab bisa karena stress dan bisa juga karena faktor perubahan cuaca yang ekstrim.
    Solusinya, full krodong dan berikan full EF selama beberapa hari dan bisa juga diberikan cairan Super-N sebanyak 3-5 tetes setiap hari langsung kemulutnya, hingga MB terlihat normal kembali.

    BalasHapus
  42. om kalo d kasih obat antibiotik yg laen bisa g om? contohnya RIFAMPICIN untuk dosisnya gmana ? cara pmakayannya gimana? om saya mhn mav klo bnyak nanya.

    BalasHapus
  43. Karena saya belum pernah menggunakan, maka saya tidak berani merekomendasinya penggunaan obat tersebut.

    BalasHapus
  44. om kemarin MB saya d semprot padahal dalam keadaan kurang fit tapi dia malah nyemplung lagi k tempat air apa itu bahaya om? trus KLO SUARA MB serak bisa ga d kasih air embun atau madu? trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  45. om, saya baru beli murai batu, gacornya ok,,,saling sahutan dengan mb lamaku,,,tapi keesokan harinya mb tsb tidak makn pur dan kelihatan lesu,,,,kotorannya putih berlendir,,,mau tanya apa penyebabnya dan bagaimana penanganannya supaya normal kembali,,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB anda yang baru sepertinya tertekan dengan MB lama sehingga terkesan stress dan beresiko pada kematian. Solusi terbaik, salah satu MB harus ada yang dipisahkan atau dijauhkan dulu. Kondisikan MB baru untuk mau makan kembali dan perbanyak EF berupa jangkrik dan kroto dan berikan cairan marvel aid dalam minumannya.

      Hapus
  46. Asalamu'alaikum Pak Herry, saya mau nanya dan moga mendapat pencerahan dari bapak. murai batu saya lumayan gacor, dan telah lama saya pelihara tapi sampai saat ini tidak mau juga nge-voer walaupun saya sudah pakai beberapa cara, ex: voer halus + EF (UH atau kroto). kira2 saya harus gimana ya pak? apakah saya turuti trus seleranya atau saya paksa lagi untuk membuat dia nge-voer? walaupun saya sudah pesimis. Sebelum & sesudahnya saya ucapkan terima kasih buat Pak Herry, moga perlindungan, kesehatan dan rejeki yang berlimpah terus Allah limpahkan untuk Pak Herry dan keluarga. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikukm salam.
      Asusmsinya, selama si MB sudah kenyang dengan EF, maka dia tidak akan menyentuh voer.
      Coba pemberian EFnya dikurangi secara bertahap dengan harapan si MB mau menyentuh voer atau mau memakan EF yang dicampur dengan voer.

      Hapus
    2. Baik pak herry, akan saya coba lagi. Terima kasih ya pak. Wassalam.

      Hapus
    3. Assalamualikum,
      Pak herry boleh saya minta no hp nya?sms saja ke no saya 08176880903, bolehkah saya diskusi seputar murai, kebetulan sejak di jkt saya jadi hobby burung, ketika saya di lambaro blm tau banyak ttg murai, wassalam

      Hapus
  47. assalamualaikum..
    pak Herry bagaimana cara mngatsi MB bakalan saya bila MB sya hnya mau mkn voer bsah sja,sdgkn voer kring ny hnya dipatuk2ny sja shingga hnya jd brntkan sja..
    mohon saran ny pak..
    trmksh sblmny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda kurang sabar. Mematuki voer adalah proses awal dari MB dalam belajar ngevoer. Ingat, voernya harus halus terlebih dahulu.

      Hapus
  48. ass om herry..sy punya murai lampung baru 3 mgg..tak kasih voer leopord merah mulai mandan padat tp kt temen srh ganti pake fancy..skr nol lagi mkn voer nya...apa gak masalah om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak masalah koq. Yang penting MBnya mau makan voer.

      Hapus
  49. voer yang bagus merek apa om buat ngajari makan voer nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua jenis voer bisa digunakan untuk melatih MB memakan voer.
      Berdasarkan pengalaman dan juga komposisi yang ada didalamnya, voer "fancy gold" cenderung yang paling cocok buat MB.

      Hapus
    2. Apakah voer nya perlu ditambah sedikit air agar menyatu dengan EF ?
      soalnya sampai 5 hari ini saya perhatikan MB saya jika mau makan, EF nya di kibas2kan dulu sampai voernya pisah dengan EF nya.

      Hapus
    3. Memang ada MB yang bertipikal demikian. Lanjutkan saja prosesnya dan akan lebih baik lagi jika voer halusnya diaduk dengan kroto segar.

      Hapus
    4. selamat siang pak, saya butuh informasi ni pak..
      Setiap pagi saya ganti voernya kok ada voer yang bulat lonjong dalam kandang MB MH saya.
      Sebagai pertimbangan, saya memberi MB jangkrik 5 pagi + UH 5 + Voer halus + kasar sedikit, siang jangkrik 3 +UH 3 + lagi voer halus, sore jangkrik 5 + UH 5 + Voer halus sedikit. (Masi mengajari MB makan VOER).
      1. apakah normal/wajar ada kotoran MB yang berbentuk bulat lonjong tersebut pak ?
      2. apakah metode pe-ngevoer-an saya bisa diterapkan ?

      Hapus
    5. 1. Tidak ada yang baku dalam bentuk kotoran MB, sebab kotoran hanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Perhatikan saja warnanya, apakah sudah mirip dengan warna voernya. Jika sudah, artinya si MB sudah mulai ngevoer.
      2. MB yang dalam proses ngevoer, jangan terlalu banyak diberikan EF. Biasanya MB akan mngacak-acak voer halusnya (untuk mencari EF dalam voer halus) ini adalah hal normal dalam proses belajar ngevoer.

      Hapus
    6. maaf pak saya mau nanya lagi nih, soalnya saya lagi bingung.
      MB saya klo dilihat dari kotorannya sudah berwarna Hijau+Putih tapi belum kelihatan padat.trus porsi EF nya sudah saya kurangi JK 3p/s, dan saya potong jadi 4 bagian per-jangkrik n diaduk ke voer yang agak kasar+halus sekarang.tapi setelah EF habis dalam tempat makanan MB terus aja mengacak2 voer tsb ya?
      yang mau saya tanyakan, Kapan saya pisahkan voer dan EF nya ya pak..
      Maaf ya pak banyak nanya,soalnya ni perdana saya melihara MB.

      Hapus
    7. EF berikan saja secara terjadwal, pagi 3 sore 3. Pada saat lapar, MB akan coba mengais makanan dari mangkok voer. Jika voernya habis, berikan lagi. Jika MB sudah lancar makan voer, maka voernya tidak perlu lagi dihaluskan dan EFnya berikan saja secara utuh.

      Hapus
  50. om herry maaf ni murai saya udh 2 mingguan kok lom mau mkan voer ya..gmna solusinya om??tlong di bantu om??

    BalasHapus
  51. Om apa bnar ada mb medan super dan semi
    Trus lampung super..apa itu bnar adanya

    BalasHapus
  52. Assmlkum pak herry mohon infonya, saya sudah 1 minggu beli murai medan muda hutan, sudah rajin ngeriwik... Tpi kalo keadaan sepi tidak ada orang sering mengangkat 1 kakinya dan tetep ngeriwik... Saya lihat di kakinya tdk ada luka, bgaimana solusinya pak? Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarkan saja, MB memang suka seperti itu, khususnya jika kakinya sedang ada sedikit masalah dan memasukan salah satu kakinya ke dalam perutnya adalah proses therapy yang sedang dilakukan. Nanti akan normal dengan sendirinya.

      Hapus
  53. Assalamulaikum pak herry,saya mau tanya kotoran mb saya berwarna hijau agak berlendir sedangkan voer nya coklat?saat ini burung ngeriwik dan kadang ngeplong.
    Kira2 itu sakit apa ya dan mengatasi nya pakai obat apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Mbnya masih geriwik dan ngeplong, artinya tidak sakit. Bisa jadi warna kotorannya pengaruh dari EF yang diberikan, misalnya jangkrik. Abaikan saja hal-hal kecil seperti itu.

      Hapus
  54. Ass bang heri,mohon bantuannya,sy sdh beli mb 1,tapi 4 hari kemudian mati,padahal jangkrik sm uh nya dimkn terus,dan skrng sy sdh beli mb yg baru lg,mohon bantuannya bang heri,maklum sy msh bnr2 pemula,trimakasih bang heri,mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Mbnya belum ngevoer, ajari dulu makan voer dengan bantuan UH atau kroto dan sebaiknya jangan diberikan jangkrik dulu hingga si MB betul-betul sudah mau makan voer.
      Indikator si MB sudah makan voer bisa dilihat dari kotorannya.
      Selama prose ngevoer sebaiknya kondisikan si MB full krodong dulu.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.