Minggu, 06 Juli 2008

Tips Agar MB Bakalan Cepat Makan Voer

Kali ini saya akan mencoba berbagi dengan anda, terutama dalam hal penanganan MB bakalan. Penanganan yang salah dan tidak tepat, banyak menimbulkan resiko MB bakalan tidak mau makan voer dan pada akhirnya berujung pada kematian.
Setelah kita mendapatkan MB bakalan, maka langkah apa saja yang harus dilakukan agar kita dapat menurunkan tingkat resiko kematian.
Inilah tips yang sering saya lakukan terhadap MB bakalan.

1. Harap anda membaca terlebih dahulu tentang Tips memilih MB bakalan.

2. Pada saat anda memilih MB bakalan, anda harus yakin dgn melihat sendiri, bahwa MB bakalan yang akan anda beli mau memakan EF seperti jangkrik atau Ulat Hongkong pada saat diberikan. Ini paling penting, karena dari hal tsb, kita bisa yakin bahwa MB bakalan tsb mau makan dan tidak bermasalah dgn mulut dan pencernaannya.
Triknya, coba lempar UH atau jangkrik kecil pada MB bakalan, jika langsung mau dimakan berarti resiko awal sudah terlewati.

3. Persiapkan kandang untuk MB bakalan yang baru kita dapat.
Sebaiknya kandang berupa kandang berbentuk persegi dan diletakkan agak sedikit rendah.
Saya memilih Kandang persegi, karena mudah untuk digantung menempel ke dinding, dibandingkan kandang bulat. Pada tahap awal usahakan kandang tetap stabil, artinya jangan sering diganggu dan dipindah-pindah, sampai MB bakalan tsb makan voer.
Letak yang sedikit rendah, maksudnya untuk memudahkan pemantauan terhadap makanan dan kotoran MB bakalan tsb.

4. Sebelum kita masukan MB bakalan yang baru ini ke dalam kandang, sebaiknya MB tsb dibasuh terlebih dahulu dengan air. Hal ini berguna untuk menurunkan stress dari MB selama perjalanan maupun pada saat kita masukkan ke dalam kandang baru. Jangan lupa letakkan juga mangkok mandi dalam sangkar untuk kebutuhan mandi MB tsb. Biasanya setelah dibasuh, MB akan langsung mandi dalam mangkok mandi.

5. Setelah itu, coba berikan voer favorit anda yang sudah terlebih dahulu dihaluskan (sehalus tepung).
Lalu campurkan UH sebanyak 25 ekor dan lumatkan dalam voer halus. Ingat, lumatkan sehingga tepung voer melekat pada bagian UH yang lumat. Jangan lupa sisipkan juga UH yang masih hidup sebanyak 10 ekor dalam tempat makanannya.
Maaf saya sering menggunakan UH dibandingkan dgn Kroto, karena kroto memang langka di Banda Aceh. Tapi sesungguhnya kroto jauh lebih bagus dari UH.
Adanya UH yang masih hidup dan bergerak-gerak, untuk merangsang MB mau makan ke tempat makanannya.

6. Sebaiknya tempat makanan diletakkan didasar kandang dan bentuknya besar. Ini untuk memudahkan MB melihat lokasi makanan dan merangsang MB untuk mau cepat makan.
Dialamnya, MB adalah jenis burung yang suka turun ke tanah dalam mencari makan. Jadi pada tahap awal sebaiknya letak tempat makanan tidak perlu sejajar dgn tangkringan.


Salam MB Mania,


7. Lakukan proses ini sebanyak 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

8. Jika tepung voer terlihat kotor, sebaiknya langsung diganti dgn tepung voer yang baru.

9. Jika warna kotoran MB bakalan telah sama dgn warna voer, dan kotorannya juga terlihat sedikit padat, coba campurkan voer halus dgn yang kasar.

10. Jika prosesnya berhasil dalam arti kata MB tsb sudah mau makan voer kasar dan tidak perlu lagi bantuan UH yang dilumatkan, berarti Kita sudah berhasil membuat MB bakalan mau memakan voer.

Selamat mencoba.

142 komentar:

  1. Pancen top nih pakarnya...
    Kapan ya bisa punya momongan pilihan Om Heri

    BalasHapus
  2. Wah..koleksinya kapan nih dapat juga.
    Kalo pakar yg bicara memang mantap

    BalasHapus
  3. Bagus sekali tips nya, saya coba ke cendet ahh... siapa tau berhasil juga, soal nya kantung saya belum cukup untuk beli bakalan MB(Sayang mahal mahal melayang ditempat sampah). Karna saya bersyukur cendet bakalan saya belum Mati hehe...
    Udah 3 Minggu saya pelihara, dan udah jinak (dari awalnya liar tak terkendali)...

    BalasHapus
  4. om hery emang pakarnya murai!!!
    mau nanya om,perlu waktu berapa minggu untuk mb mau makan voer sendiri? trus lebih bagus mana seh cara antara voer yg dicampur air dengan yang ga??? soalnya saya bingung om ad beberapa orang yang mengatakan klo voernya harus dicampur air sdikit.
    biasanya voer yg om gunakan merkny ap?? (klo Boleh tau..hehehehe)
    makasih sebelumnya om....

    BalasHapus
  5. Voer yang dicampur air (agak terihat basah), biasanya dikhususkan buat MB yang masih diloloh (disuap). Sedangkan buat MB biasa sebaiknya tidak perlu, sebab voer yang basah tidak bisa bertahan lama dan mudah basi.
    Saya menggunakan voer merk Fancy, karena komposisinya yang lengkap dan cenderung digemari oleh MB-MB saya.

    BalasHapus
  6. Kalo pake kroto apa juga perlu dilumatkan dulu seperti yang diperlakukan pada UH, oom ???

    BalasHapus
  7. Kalau pake kroto, tidak perlu dilumatkan.
    Cukup dicampur dengan komposisi awal krotonya lebih banyak dibandingkan tepung voer.

    BalasHapus
  8. sedikit yang kurang jelas om, kalau belum makan voer, apa sebaiknya:
    1. Diletakkan di tempat ramai atau sepi?
    2. Siang hari bagus di kerodong atau tidak?

    MB saya jarang sekali nangkring di tempat voer, kalo dia matuk2 saya gak tau dia makan atau tidak, tapi kotorannya sudah mulai berwarna coklat muda kadang2 sih putih juga, kira2 dia sudah sampai level mana ya?

    BalasHapus
  9. Kalau MBnya belum ngevoer, sebaiknya ditempatkan pada lokasi yang agak sepi.
    Selama belum ngevoer, sebaiknya tetap dikrodong, agar MB merasa tenang dan nyaman dengan linkungan barunya.

    Setelah ngevoer, baru MBnya diajarkan untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

    BalasHapus
  10. om saya pernah denger klo murai itu klo makannya voer kurang bagus....badannya gak bs ramping gtu....dan harusnya ful kroto n jangkrik mohon pencerahan dunk.....makasih

    BalasHapus
  11. Sebagian besar hobbies berupaya untuk membuat MBnya mau memakan voer.
    Makanya MB yang sudah ngevoer memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan MB yang belum ngevoer.
    MB yang sudah ngevoer, memiliki tingkat resiko kematian yang lebih kecil dibandingkan dengan MB yang dipaksa untuk tidak memakan voer.

    BalasHapus
  12. om herry memang top,,
    sya ska dengan tips nya om,,saya pemula di dunia burung..saya dari bandung om,,

    slm knl ya om..

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Untuk mb bahan itu apa perlu dikerodong terus sampai dia tenang ,sy msh penasaran untuk coba belu lg mb bshan pm herry,yg perlu diliat dari mb bahan apa nya kira2 ? Body,warna bulu atau bagimana menurut om heri,mohon penjelasannya,trima kasih sebelumnya

      Hapus
  14. Aslm Bang Herry yg saya hormati..
    Saya mo tanya :
    1. Kalo MB masih bahan dikrodong dan ditaruh ditempat gelap dikamar, apa boleh....
    2. Didekat rumah ada kios burung besar bisa dikategorikan Agen/distributor bagi penjual burung, setiap 2 minggu sekali selalu dikirim bahan MB dari Medan ( yang mulus buntutnya harga 750 rb dan yang bondol 400 rb), sebaiknya saya beli bahan MB apa mulus apa bondol ?
    3. Apa boleh MB bahan ditaruh berdekatan dengan MB yg sudah gacor....posisi dikerodong...
    4. Mohon saran dan petunjuknya...

    Iman di Bekasi

    BalasHapus
  15. Waalaikum salam.
    1. MB bahan yang diletakkan di kamar, sebaiknya tidak perlu krodong dan akan lebih baik jika tidak dikrodong, supaya cepat beradaptasi.
    2. Sebaiknya yang ada ekor, agar tahu bagaimana ukuran dan bentuk ekornya.
    3. Jangan, resikonya MB bahan akan mudah stress.

    BalasHapus
  16. terima kasih infonya bang herry.... rencana besok hari Kamis bahan MB dari medan datang, jd sy harus cepat2, kalo tidak gak dapat.

    Iman
    murai.batu99@gmail.com

    BalasHapus
  17. Yth. Bang Herry
    Bakalan MB yg baru dibeli tgl 6 Mei, ditaruh di kamar yg minim cahaya (agak gelap), kira2 perlu dikerodong gak, sampai berapa lama dikandang bakalan MB dikasih tempat mangkok mandi, kemudian perlu gak tiap pagi dijemur/ditaruh diluar diangin-anginkan, kalo saya taruh diluar bulu mengembang, Atau tetap ditaruh dikamar dengan posisi tetap dikerodong smp mkn Voer ?
    Mohon Bang Herry pencerahannya....

    Iman
    Gunung Putri-Bogor

    BalasHapus
  18. om hery pakarnya murai... saya baru dapatkan murai dari hutan skitar 2 bulan lalu kliatannya ndak mau makan voer tp jangkrik n kroto mau. kira yang dari hutan gini bs dternak ndak om???? tak taruh dipnangkaran tak kasih betina blm da respon om.

    BalasHapus
  19. @Iman : Kalau Mbnya diletakkan di kamar gelap sebaiknya tidak perlu krodong. Pada saat dibawa ke luar, jangan langsung terkena sinar matahari, sebab bisa mudah terkena katarak.

    BalasHapus
  20. @Choir : Ma'af, saya bukan pakar tetapi hanya seorang hobbies.
    MB yang belum makan voer adalah MB yang dianggap belum mampu beradaptasi dengan perubahan pola makan. Selama MBnya mau berjodoh, bisa saja MB tersebut ditangkarkan.

    BalasHapus
  21. Siang om Herry,

    Numpang nanya nih.., saya baru belajar pelihara burung, seminggu yg lalu saya beli anakan murai lampung, saya sudah terapkan tips dari on herry.. saya campur dengan kroto dan UH + 3:3 ekor jangkrik pagi dan sore, pertanyaan saya : kenapa kotoran murainya masih berwarna putih dan hitam encer, bagaimana cara mengatasinya agar mb saya mau memakan voer yg kasar..? apakah memang perlu waktu dan berapa lama ?
    Terima KAsih..

    BalasHapus
  22. Voernya terlebih dahulu harus dihaluskan dengan cara digiling. UH sebaiknya digunting menjadi 2 bagian, dan jangkrik dibuang bagian kakinya setelah itu digunting bagian perutnya agar tepung voer lengket pada jangkrik atau UH, sebaiknya diaduk dengan rata.
    Lakukan hal ini 2-3 kali sehari. Selang 3-5 hari, kotoran MB akan terlihat berwarna voer.

    BalasHapus
  23. Bang her sy jg py mb medan bakalan muda hutan blm voer yg br saya beli 3 mingguan skr ngeriwik dan sy lakukan spt py bang her lakukan tp saya pake kroto ma jangkrik dan dah seminggu sy coba tetep ae ga mau krn sy liat kotoran burunge warnane ga sama dgn voer..yg sy herankan klo krotone abis dia sering matuk2 tempat pakan kyk ngasi kode..ada cara lagi ga bang her agar mb sy mau ngevoor? Tolong bantuan dan saran bang her sy tunggu..makasi byk..

    BalasHapus
  24. Pemberian EFnya mungkin berlebihan.
    Coba giling ulang voer sampai halus sebanyak 2-3 sendok makan.
    Pagi hari berikan 1 sendok kroto dan aduk dengan voer halus.
    Siang atau sore hari berikan jangkrik 4 ekor dengan terlebih dahulu membeset bagian perutnya dan usahakan bagian perut ini bercampur dengan tepung voer.
    Malam hari giling lagi voer yang baru seperti di atas dan berikan jangkrik 3 ekor dengan proses yang sama seperti di atas.
    Esok hari, lakukan proses yang sama seperti di atas.
    Usahakan malam hari kandang mendapat pencahayaan yang cukup sehingga MB bisa melihat mangkuk makanan.

    BalasHapus
  25. Bang her cara yang bang her udah sy praktekan dan burunge dah mau makan jangkrik dan kotoran dah ada warna voer sedikit tp burung saya kok mbola yang bang her kayak brge stress..saya minta saran bang her langkah ato tindakan yg bagaimana harus saya lakukan krn tkt saya klo brge mati..makasi banyak..

    BalasHapus
  26. Makanya burung bahan jangan terlalu sering diganggu. Biarkan dulu burungnya ngevoer dengan sempurna.

    BalasHapus
  27. Bang her maaf repotin lagi nich..mb bakalan mh skr tak balikin kroto sebab burung kliatan ga sehat sukae ndek bawah pangkr̉ingan dan ga doyan mkn diliat dari kotorane..apa yang harus saya lakukan sebab saya benar2 pemula..makasi

    BalasHapus
  28. Coba berikan obat penambah nafsu makan berupa Super N sebanyak 5 tetes langsung kemulutnya.

    BalasHapus
  29. Bang kalo ngasi super N berapa hari? Andaikata kalo dicampur ma air minum gmna bang? Emang kalo burunge dipegang gak pa2 yah bang dalam kondisi stress/sakit? Maaf byk bertanya dan mohon bimbingane sebab bang herry baek dech ma pemula2 kyk kita..he3x...

    BalasHapus
  30. Super N cukup diberikan 1 kali saja.
    Sebaiknya diberikan langsung tidak melalui air minum, sebab rasanya yang sedikit sepat kurang digemari MB.

    BalasHapus
  31. Om heri gmana kalo UH nya di tumbuk kira2 mau ga ya? trus apa ga mati klo d kasih jangkrik , tolong d jawab ya bang,,,,

    BalasHapus
  32. Ulatnya jangan ditumbuk, cukup digunting menjadi 2 atau 3 bagian saja.
    MB tidak akan mati kalau diberikan jangkrik, sebaiknya bagian kaki belakang jangkriknya terlebih dahulu dimutilasi.

    BalasHapus
  33. syubbaan_akbar@yahoo.co.id4 Februari 2011 pukul 16.06

    bang kira2 brapa lama MB bisa makan voer total,,,,? ane mo nyoba miara nih,,,

    BalasHapus
  34. Pengalaman saya dalam merawat MB untuk mau makan voer total, paling cepat 3-4 hari dan paling lambat 2 minggu.
    Kuncinya, jika kotoran MB sudah berbentuk dan berwarna seperti warna voer, EF secara perlahan dikurangi agar si MB mau mengkonsumsi voer.

    BalasHapus
  35. Om mb saya dari hari kamis baru beli sampe sekarang udah ikutin sarannya om apa boleh langsung kasih pur kasar om?

    BalasHapus
  36. Om ada apa sih klo MB kepalanya murungkut k dalem badan tapi masih gesit, sakit kah? Apa ingin mabung tolong d jawab? Trim ksh

    BalasHapus
  37. @Ilham : Voer kasar hanya boleh diberikan jika si MB sudah mau makan voer halus dan kotorannya sudah berwarna seperti warna voer dan terlihat padat.

    BalasHapus
  38. MB yang kepalanya terlihat seperti itu adalah MB yang sedang dalam kondisi tidak fit.
    MB yang mau mabung lain lagi cirinya, silahkan baca saja artikel tentang MB mabung.

    BalasHapus
  39. Om klo MB keadaannya seperti kata "HAMBA ALLAH" penyembuhannya bagai mana om? om bolehkah saya minta no tlpon om , trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  40. Om mantap bngt semua jawabannya tepat, saya juga mau nanya , boleh ga sih om klo bahan MB d jemur ? katanya bisa serak klo d jemur , trus klo permasalahan seperti yg d katakan oleh "hamba allah" penyembuhannya bagaimana om? mohon d jawab ya om

    BalasHapus
  41. MB yang terlihat kurang fit, biasanya akan menunjukkan tanda-tanda berupa leher yang ditarik ke dalam, bulu-bulu yang terkesan dimegarkan dan kotoran yang terlihat berlendir.
    Faktor penyebab bisa karena stress dan bisa juga karena faktor perubahan cuaca yang ekstrim.
    Solusinya, full krodong dan berikan full EF selama beberapa hari dan bisa juga diberikan cairan Super-N sebanyak 3-5 tetes setiap hari langsung kemulutnya, hingga MB terlihat normal kembali.

    BalasHapus
  42. om kalo d kasih obat antibiotik yg laen bisa g om? contohnya RIFAMPICIN untuk dosisnya gmana ? cara pmakayannya gimana? om saya mhn mav klo bnyak nanya.

    BalasHapus
  43. Karena saya belum pernah menggunakan, maka saya tidak berani merekomendasinya penggunaan obat tersebut.

    BalasHapus
  44. om kemarin MB saya d semprot padahal dalam keadaan kurang fit tapi dia malah nyemplung lagi k tempat air apa itu bahaya om? trus KLO SUARA MB serak bisa ga d kasih air embun atau madu? trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  45. om, saya baru beli murai batu, gacornya ok,,,saling sahutan dengan mb lamaku,,,tapi keesokan harinya mb tsb tidak makn pur dan kelihatan lesu,,,,kotorannya putih berlendir,,,mau tanya apa penyebabnya dan bagaimana penanganannya supaya normal kembali,,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB anda yang baru sepertinya tertekan dengan MB lama sehingga terkesan stress dan beresiko pada kematian. Solusi terbaik, salah satu MB harus ada yang dipisahkan atau dijauhkan dulu. Kondisikan MB baru untuk mau makan kembali dan perbanyak EF berupa jangkrik dan kroto dan berikan cairan marvel aid dalam minumannya.

      Hapus
  46. Asalamu'alaikum Pak Herry, saya mau nanya dan moga mendapat pencerahan dari bapak. murai batu saya lumayan gacor, dan telah lama saya pelihara tapi sampai saat ini tidak mau juga nge-voer walaupun saya sudah pakai beberapa cara, ex: voer halus + EF (UH atau kroto). kira2 saya harus gimana ya pak? apakah saya turuti trus seleranya atau saya paksa lagi untuk membuat dia nge-voer? walaupun saya sudah pesimis. Sebelum & sesudahnya saya ucapkan terima kasih buat Pak Herry, moga perlindungan, kesehatan dan rejeki yang berlimpah terus Allah limpahkan untuk Pak Herry dan keluarga. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikukm salam.
      Asusmsinya, selama si MB sudah kenyang dengan EF, maka dia tidak akan menyentuh voer.
      Coba pemberian EFnya dikurangi secara bertahap dengan harapan si MB mau menyentuh voer atau mau memakan EF yang dicampur dengan voer.

      Hapus
    2. Baik pak herry, akan saya coba lagi. Terima kasih ya pak. Wassalam.

      Hapus
    3. Assalamualikum,
      Pak herry boleh saya minta no hp nya?sms saja ke no saya 08176880903, bolehkah saya diskusi seputar murai, kebetulan sejak di jkt saya jadi hobby burung, ketika saya di lambaro blm tau banyak ttg murai, wassalam

      Hapus
  47. assalamualaikum..
    pak Herry bagaimana cara mngatsi MB bakalan saya bila MB sya hnya mau mkn voer bsah sja,sdgkn voer kring ny hnya dipatuk2ny sja shingga hnya jd brntkan sja..
    mohon saran ny pak..
    trmksh sblmny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda kurang sabar. Mematuki voer adalah proses awal dari MB dalam belajar ngevoer. Ingat, voernya harus halus terlebih dahulu.

      Hapus
  48. ass om herry..sy punya murai lampung baru 3 mgg..tak kasih voer leopord merah mulai mandan padat tp kt temen srh ganti pake fancy..skr nol lagi mkn voer nya...apa gak masalah om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak masalah koq. Yang penting MBnya mau makan voer.

      Hapus
  49. voer yang bagus merek apa om buat ngajari makan voer nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua jenis voer bisa digunakan untuk melatih MB memakan voer.
      Berdasarkan pengalaman dan juga komposisi yang ada didalamnya, voer "fancy gold" cenderung yang paling cocok buat MB.

      Hapus
    2. Apakah voer nya perlu ditambah sedikit air agar menyatu dengan EF ?
      soalnya sampai 5 hari ini saya perhatikan MB saya jika mau makan, EF nya di kibas2kan dulu sampai voernya pisah dengan EF nya.

      Hapus
    3. Memang ada MB yang bertipikal demikian. Lanjutkan saja prosesnya dan akan lebih baik lagi jika voer halusnya diaduk dengan kroto segar.

      Hapus
    4. selamat siang pak, saya butuh informasi ni pak..
      Setiap pagi saya ganti voernya kok ada voer yang bulat lonjong dalam kandang MB MH saya.
      Sebagai pertimbangan, saya memberi MB jangkrik 5 pagi + UH 5 + Voer halus + kasar sedikit, siang jangkrik 3 +UH 3 + lagi voer halus, sore jangkrik 5 + UH 5 + Voer halus sedikit. (Masi mengajari MB makan VOER).
      1. apakah normal/wajar ada kotoran MB yang berbentuk bulat lonjong tersebut pak ?
      2. apakah metode pe-ngevoer-an saya bisa diterapkan ?

      Hapus
    5. 1. Tidak ada yang baku dalam bentuk kotoran MB, sebab kotoran hanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Perhatikan saja warnanya, apakah sudah mirip dengan warna voernya. Jika sudah, artinya si MB sudah mulai ngevoer.
      2. MB yang dalam proses ngevoer, jangan terlalu banyak diberikan EF. Biasanya MB akan mngacak-acak voer halusnya (untuk mencari EF dalam voer halus) ini adalah hal normal dalam proses belajar ngevoer.

      Hapus
    6. maaf pak saya mau nanya lagi nih, soalnya saya lagi bingung.
      MB saya klo dilihat dari kotorannya sudah berwarna Hijau+Putih tapi belum kelihatan padat.trus porsi EF nya sudah saya kurangi JK 3p/s, dan saya potong jadi 4 bagian per-jangkrik n diaduk ke voer yang agak kasar+halus sekarang.tapi setelah EF habis dalam tempat makanan MB terus aja mengacak2 voer tsb ya?
      yang mau saya tanyakan, Kapan saya pisahkan voer dan EF nya ya pak..
      Maaf ya pak banyak nanya,soalnya ni perdana saya melihara MB.

      Hapus
    7. EF berikan saja secara terjadwal, pagi 3 sore 3. Pada saat lapar, MB akan coba mengais makanan dari mangkok voer. Jika voernya habis, berikan lagi. Jika MB sudah lancar makan voer, maka voernya tidak perlu lagi dihaluskan dan EFnya berikan saja secara utuh.

      Hapus
  50. om herry maaf ni murai saya udh 2 mingguan kok lom mau mkan voer ya..gmna solusinya om??tlong di bantu om??

    BalasHapus
  51. Om apa bnar ada mb medan super dan semi
    Trus lampung super..apa itu bnar adanya

    BalasHapus
  52. Assmlkum pak herry mohon infonya, saya sudah 1 minggu beli murai medan muda hutan, sudah rajin ngeriwik... Tpi kalo keadaan sepi tidak ada orang sering mengangkat 1 kakinya dan tetep ngeriwik... Saya lihat di kakinya tdk ada luka, bgaimana solusinya pak? Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarkan saja, MB memang suka seperti itu, khususnya jika kakinya sedang ada sedikit masalah dan memasukan salah satu kakinya ke dalam perutnya adalah proses therapy yang sedang dilakukan. Nanti akan normal dengan sendirinya.

      Hapus
  53. Assalamulaikum pak herry,saya mau tanya kotoran mb saya berwarna hijau agak berlendir sedangkan voer nya coklat?saat ini burung ngeriwik dan kadang ngeplong.
    Kira2 itu sakit apa ya dan mengatasi nya pakai obat apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Mbnya masih geriwik dan ngeplong, artinya tidak sakit. Bisa jadi warna kotorannya pengaruh dari EF yang diberikan, misalnya jangkrik. Abaikan saja hal-hal kecil seperti itu.

      Hapus
  54. Ass bang heri,mohon bantuannya,sy sdh beli mb 1,tapi 4 hari kemudian mati,padahal jangkrik sm uh nya dimkn terus,dan skrng sy sdh beli mb yg baru lg,mohon bantuannya bang heri,maklum sy msh bnr2 pemula,trimakasih bang heri,mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Mbnya belum ngevoer, ajari dulu makan voer dengan bantuan UH atau kroto dan sebaiknya jangan diberikan jangkrik dulu hingga si MB betul-betul sudah mau makan voer.
      Indikator si MB sudah makan voer bisa dilihat dari kotorannya.
      Selama prose ngevoer sebaiknya kondisikan si MB full krodong dulu.

      Hapus
  55. Om heri assalamualaikum....semoga sehat selalu,muray ku sdh 1 minggu bln ngevur tp rajin bunyi,ngeplong bagus nggk kira2,biasanya ngevur total berapa mibggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb yang sudah mau berkicau dan ngeplong, adalah tanda MB tersebuat sehat dan bagus. Jika dari tangkapan hutan, umumnya saya hanya membutuhkan waktu rata-rata 1 minggu untuk membuat MB mau ngevoer total.

      Hapus
  56. om mau nanya saya udah 2x beli murai mh tapi 3-4 hari trus mati tapi saya nggak putus asa mau beli lagi cuman mohon diberi advisnya biar nggak mati lagi - trus terang aja saya ingin ternak murai - gimana baiknya om ???? - terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  57. Jika orientasinya untuk ternak, sebaiknya gunakan burung yang sudah ngevoer dan terawat lama. Harapannya, burung tersebut sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan manusia dan lebih mudah untuk dijodohkan. Biayanya memang lebih mahal, tapi tingkat kepuasannya akan lebih tinggi.

    BalasHapus
  58. Pak herry minta sarannya tentang ekor murai gk tumbuh2 sdah 5 bln lebih tanda2 ekor kluar lom terlhat trimah kash asslamualaikum

    BalasHapus
  59. Salam om harry...! Apakah mb mabung bs dilatih ngevoer, atau kah nunggu proses mabung selesai baru dilatih untuk ngevoer...mksh om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tapi komposisi EFnya agak diperbanyak.

      Hapus
  60. Om Herry, mau tanya. Kalo murai muda hutan diberikan cacing tanah dicampur dg voer halus apakah boleh? Bila boleh cara pemberian dan dosisnya berapa per harinya?
    Denger2 kalo mau cepet voer pake cacing tanah yg dipotong2 trs dicampur dg voer.
    Mohon pencerahan dari om Herry yg sudah berpengalaman.
    Terima kasih om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, dan voernya harus dihaluskan terlebih dahulu. Dosisnya, 2-3 ekor cacing, kemudian dipotong-potong dan berikan 3x sehari hingga kotoran MBnya berwarna seperti warna voer.

      Hapus
  61. Salam Om Herry.?
    saya mau coba murai nih, tapi yg bagus memilih murai yg trotol, atau yg muda.?
    maksih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trotol atau Muda Hutan, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau mau coba, sebaiknya cari MB yang sudah ngevoer dan sudah mau berkicau. Itu yang resikonya paling rendah.

      Hapus
  62. Pak Hery mohon pencerahan.. mb sy baru terapi makan voer sesuai arahan, tapi sy pernah liat burung seperti muntah mengeluarkan voer berbentuk bulat, itu kenapa ya pak..terima kasih atas jawaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu namanya nyepah, memuntahkan sisa makanan yang tidak bisa digiling dalam pencernaannya. Abaikan saja, sebab itu umum terjadi pada MB.

      Hapus
  63. Pak herry saya mau tanya
    Kenapa murai kok gak mau makan voer kering
    Tapi kalau voer basah makanya lahap
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus ulang lagi prosesnya.
      Melatih MB makan voer memang butuh kesabaran. Coba lakukan proses seperti tips di atas.

      Hapus
    2. Terimah kasih saranya pak herry
      Skrg murai saya sudah makan voer tp masih voer lembut,saya coba campur dengan voer kasar malah diacak acak pak,bagaaimana pak solusinya?? Trims

      Hapus
    3. Prosesnya harus bertahap. Awali pencampuran dengan voer kasar dengan takaran rendah. Setelah itu takaran voer kasarnya dinaikkan perlahan. Jika MBnya masih juga mengacak-acak voer setelah proses ini berjalan, coba ganti voernya dengan yang ukuran mini.

      Hapus
  64. pak hery murai saya ekornya gk tumbuh udah 5 blan.apakah bisa tumbuh, tros bagaimana caranya????

    BalasHapus
  65. Sepertinya anda harus bersabar hingga si MB mabung.. Coba kondisikan dengan pola rawatan MB mabung dan anda bisa baca artikelnya dalam blog ini.

    BalasHapus
  66. Om heri mau tanya ! Saya punya mb sdh bunyi , sdh 6 bln tapi blm mau makan vour ! Apa yg harus saya lakukan agar mb cepat makan vour ! Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Giling voer hingga halus, lalu potong dan campurkan EF kegemaran MB anda dengan voer halus ini. Takaran EFnya sedikit dikurangi dengan harapan su MB mau memakan voer. Ikuti saja petunjuk di atas.

      Hapus
  67. Aslm
    Salam om herryry!
    Om sy Mau tnya.sy pnya brung murai bakalan hutan.
    Udah da 2 Hari disy.
    Cara cepat supaya murai Mau mkn voer gmn om?
    Sy liat bulu burung mengembang trus.burung jg kurang aktif.burung jg sesering kli tiduran di bawah.
    Sy mnt saran om.bgmn mengatasinya.
    Slbm terima ksh om...!
    Slm knl dedy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin MB anda sedang sakit. Tangkap MBnya, berikan Super N 3-5 tetes langsung kemulutnya. Untuk sementara berikan full EF dulu seperti jangkrik, UH atau kroto dan jangan dioaksa ngevoer dulu hingga MBnya terlihat sehar. Letakan wadah EFnya di bawah agar mudah dimakan oleh MB.
      Jika selang 1-2 jam EFnya tidak disentuh, maka anda harus menyuapinya.
      Berdo'a saja supaya si MB bisa melalui masa kritis.

      Hapus
  68. Pak sy nau nanya dikit.
    Tempat sy di lampung ada yg jual murai malaysia muda hutan
    Ada sisa 2 ekor lg sisa kiriman 3 minggu yg lalu dari 20 ekor awalnya.sy liat 2 ekor ini sehat dn giras smpai skarng krn tinggal sisa. Dan katanya besok mau datan lg yg baru kisaran 50 ekor tangkapan hutan mb malaysia.nah sy binggung mau beli yg sisa ekornya masih utuh tpi pd patah setengah yg bagian ekor utamanya.mau nunggu yg baru krn banyak pilihan bisa dpt ekor yg utuh dn mulus tapi blm tntu bisa tahan lama kya yg sisa tdi udah sempat lama di tmpat kiosny hampir stngah bulan. Nah menurut bapak saran yg bagus gmn y pak.krn sy udah 2 x beli bahan mati trus dn g mau trulang lg.sdangkan klo beli yg stngah jadi uang kantong g cukup dn hrga ga terjangkau lg.sbg gambaran bahan medan dn mlsia 1,8 jt jika udah jadi hrga 3-4 jt.mohon pencerahannya pah bias sy ttap optimis dgn indahnya burung exsotis ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tersisa di kios biasanya limbah artinya bukan yang terbaik.
      Tunggu saja yang baru.

      Hapus
  69. Salam Kenal Pak Herry,

    Sebelumnya perkenalkan saya pemula yg ingin memelihara MB. 2 hari lalu saya beli MB MH di salah satu Pasar Burung di Surabaya. Saya melihat sendiri si MB rakus makan UH dan UK. Bahkan dia mendominasi di dalam sangkar (di penjualnya 1 sangkar isi 3 MB). 2 hari ini tiap pagi si MB ngeriwik kadang ngeplong. Tetapi masih sangat liar. Saya taruh sangkar di kamar belakang karena kebetulan kosong tidak dipakai. Lampu penerangan 3 Watt selalu saya hidupkan agar si MB melihat cepuk makanannnya. Beberapa hal yg mau saya tanyakan :

    1. Saya belum berani memberikan jangkrik pada MB, katanya kalau belum ngevoer belum boleh makan jangkrik? apakah benar pak? apa sebelumnya di hutan si MB tidak makan jangkrik hutan?

    2. Bagaimana semestinya pola rawatan? 2 hari ini masih di dalam kamar belum pernah saya pindah2.

    3. Bagaimana agar MB saya rakus makan lagi pak? Karena waktu di pasar sangat rakus, tetapi sekarang sepertinya kurang fokus dengan cepuk makanannya, lebih sering terlihat posisi waspada kalau ada orang lewat.

    Mohon saran dan masukannya pak.
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    Salam hormat,
    Andre

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Jangkrik boleh diberikan, dgn catatan mutilssi dulu semua kakinya dan beset perutnya dgn gunting dan sedikit diaduk dgn voer yg sudah dihaluskan.
      2. Tetap full krodong dan jgn terlalu sering dilihat kecuali pada saat memberi pakan dan minum saja.
      3. Berikan Super N beberapa tetes pada mangkok minumnya'

      Hapus
    2. Terimakasih Pak Herry masukannya. Akan saya coba. :)

      Hapus
  70. Assalamualaikum mas heru
    Saya mau tanya nih,di bawah tempat mangkok voer MB saya berserakan voer nya,apakah itu indikasi MB saya sudah makan voer???
    Kedua,apakah dengan sering makan voer MB akan cepat adaptasi???
    Ketiga,apakah sudah sesuai pola makan yg saya berikan sedikit kroto diatas voer dan 2-5biji UH sudah cukup untuk pakan nya tiap hari???
    Trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kemungkinan ya. Coba perhatikan kotorannya apakah sudah berwarna seperti warna voer.
      2. Ngevoer adalah salah satu indikator bahwa si MB sudah beradaptasi.
      3. Jika sudah ngevoer padat, harus ditambah lagi dgn jangkrik 3-5 pagi dan 3-5 sore.

      Hapus
  71. Terimakasih pak atas ulasannya,
    Akhirnya murai batu dan kacer saya sdh ngevoer dlm wkt 1 minggu

    BalasHapus
  72. apa pas pelatihan burung makan voer harus full krodong atau gimana?
    mohon diberi pencerahan soalnya saya beli murai girasnya nakujubilah pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya full krodong dan secara bertahap krodongnya dibuka perlahan sedikit demi sedikit.

      Hapus
  73. Om.heri maap sebelum nya mau tanya ni, knp murai sy jd terlihat seperti susah menelan Ef ya dan kadang terlihat seperti ada yg mau dimuntahkan dr mulut nya..
    Dan murai jg jd terlihat jarang minum om, pernah sy liat dr dekat dibagian mulut nya seperti ada air nya om..
    Kira2 ada masalah apa sma mb sy, mohon bantuan nya om..
    Sy bingung karna baru2 ini sy jd pemula momong mb om, trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba berikan EF yang lembut seperti kroto atau jangkrik yg sudah dimutilasi. Berikan juga Super N pada wadah minumnya.

      Hapus
  74. Malam pak herry,

    Sy baru ambil mb hutan, kondisi ngeplong semaunya, saat pantau menurut penjual nya yg kebetulan jg ternak kondisi mb sdh 2x mabung dan purtot dgn merk to**ong, jangkrik 5p/s (sy tes makan jangkrik saat pantau), dan benar memang purtot dilihat saat mb mengeluarkan kotoran yg gumpal.
    Stlh dirumah sy terapi adaptasi seminggu dgn kerodong namun kondisi mb malah menolak jangkrik, ditangkap namun dikeluarkan lg, voer pun tidak disentuh tapi kroto malah dia rakus. Mb saat ini sdh 10 hari pak dirumah, mohon pencerahannya pak

    Ht
    Bekasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan anda memberikan kroto dalam jumlah banyak.
      Coba berikan kroto siang hari saja dgb takran cukup 1 sendok teh.
      Burungnya juga kalau bisa mandi jemur setiap hari.

      Hapus
  75. Malam pak hery, tips pak hery sukses pak, mb mh saya sdh ngevoer (alhamdulillah), tapi muncul kendala lain pak, mb nya jd ogah2an makan jangkrik, biasanya 7 pagi 7 sore jangkrik abis (kaki kepala sdh bersih) tapi setelah ngevoer knp hanya 2/3 jangkrik tiap pagi sore yg dimakan, justru kroto dan ulat bambu yg lebih disuka, takaran kroto 1 sendok teh per hari dan ulat bambu 1 ekor per hari, apa memang karakter mb nya ato ada masalah lain ya pak, mohon solusinya pak


    Ht
    Bekasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diset ulang pemberian EFnya.
      Pagi jangkrik cukup 4-5. Siang kroto cukup seminggu 3x. Sore jangkrik 5.
      Ulat bambu stop, sebab itu hanya untuk MB yg relatif agresif sehingga perlu diredam dgn ulat bambu.
      EF jangan diberikan sekaligus.
      Selamat mencoba.

      Hapus
    2. Coba diset ulang pemberian EFnya.
      Pagi jangkrik cukup 4-5. Siang kroto cukup seminggu 3x. Sore jangkrik 5.
      Ulat bambu stop, sebab itu hanya untuk MB yg relatif agresif sehingga perlu diredam dgn ulat bambu.
      EF jangan diberikan sekaligus.
      Selamat mencoba.

      Hapus
  76. Pagi Pak Hery, tips nya sdh sukses Pak -trims banyak Pak-, MB udh mulai ngeriwik Pak hehee, tapi kok paruh nya rapat ya Pak waktu ngeriwik, pernah sekali saya pergoki bunyi sambil buka paruh ampunn kencengnya bikin kuping pengeng tapi enak Pak -merdunyaaa,,-, tapi cuma skali pak #tepokjidat, itu sy pergoki pagi jam 7 sblm saya jemur, supaya dia ngoceh sambil buka paruhnya bagaimana ya Pak, ada tips Pak?, mohon tipsnya lg Pak, trima kasih Pak Heri:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mandi jemurnya rutin dilakukan setiap pagi. EF perlahan dinaikan.
      Jangkrik pagi 5-7 dan sore juga sama. Kroto berikan setiap siang dan lihat hasilnya.

      Hapus
    2. Pak, krotonya setiap siang maksudnya dikasi setiap hari ya Pak?

      Hapus
  77. Ass. Pk hery...
    Saya baru 2 hari beli MB hutan borneo, saya usah coba kasih makan voer lembut dan sedikit di campur kroto,setiap makan voernya selalu di kibas kibas tp saya lihat kotorannya sudah sama dngn warna voeenya,apa yg harus saya lakukan selajutnya,biar bisa total makan voer??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarkan voernya tetap halus dulu, tapi porsi krotonya dikurangi perlahan.
      Pada saat kotoran sudah mulai terlihat berukuran agak besar dan padat, voer halus bisa dicampur dgn voer kasar atau 1/2 kasar.

      Hapus
    2. Biarkan voernya tetap halus dulu, tapi porsi krotonya dikurangi perlahan.
      Pada saat kotoran sudah mulai terlihat berukuran agak besar dan padat, voer halus bisa dicampur dgn voer kasar atau 1/2 kasar.

      Hapus
  78. Ass. Pak heri, saya baru mulai merawat MB MH sudah seminggu saya rawat tpi masih belum mau mkn voer dan masih giras. Sebelumnya sudah saya mandikan pada pagi hari dan sempat bunyi ngeplong cuma sekali itu aja. Setiap dimandikan mb terlihat tenang tapi setelah bulu sudah kering giras lagi. Klo makan UH lumayan rakus. Pertanyaan saya apakah mb masih boleh dimandikan. apa harus full krodong trus sampai tidak giras lagi, trus kenapa mb saya sering menggetarkan bulunya. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya si MB dilatih dulu untuk mau makan voer dgn sempurna. Setelah itu baru dilatih yang lainnya.

      Hapus
  79. Assalamualaikum,.
    Mau nanya pa saya punya murai muda utan yg belum makan voer,cara kasih makan nya sudah sama seperti yg bapa sarankan cuma jangkriknya saya kasih 15 ekor pagi dan malam,.dikasih UH cuma 5 ekor..menurut bapa pemberian jangkriknya kebanyakan tidak,trus kalau pemberian UH terlalu banyak katanya panas ke badan burungnya,.apa betul pa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya salah.
      MB anda akan sulit mau memakan voer jika seperti itu.
      Baca lagi uraian yang sudah saya tulis.

      Hapus
    2. Caranya salah.
      MB anda akan sulit mau memakan voer jika seperti itu.
      Baca lagi uraian yang sudah saya tulis.

      Hapus
  80. ass om herry saya mau tanya MB MH yg belum nge voer boleh dimandikan dan di jemur tdk pak?, dan klo kotoran berlendir putih kental itu sehat apa kurang fit pak? kadang MB MH saya suka ngangkat kaki satu tapi pada saat di cek bagian kaki aman dan pada saat di krodong bulu mengembang tetapi kalau di buka biasa saja pak apakah aman" saja pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya dilatih ngevoer dulu dan tidak perlu mandi jemur.
      Kotoran seperti itu adalah tanda bahwa si MB kurang fit.

      Hapus
  81. Assalamualaikum Bang Herry...mau tanya emang muray Medan tangkapan hutan masih ada? Sy beli di psr Pramuka jkt,ktanya Medan/sumatra hrga 1,5 jt,ekor kisaran 16/17 cm tp badannya kecil panjang ramping apa itu bener murai Medan Bang Herry...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam.
      Setahu saya, itu MB Malaysia.
      Pedagang nakal mengaburkan asal usulnya untuk menarik minat konsumen dan hobbies pemula.

      Hapus
    2. Waalaikum salam.
      Setahu saya, itu MB Malaysia.
      Pedagang nakal mengaburkan asal usulnya untuk menarik minat konsumen dan hobbies pemula.

      Hapus
  82. selamat sore salam sejahtera untuk om Herry Aceh beserta keluarganya..
    maff aku mau nnya om aku punya MB mh baru 1 minggu motif ekornya w apakah sudah bs dipastikan kalo murai aceh/lahat?trus dlm proses penge-voer an awalnya tak kasih jk lahab bgt tp 2 hr stelh itu gk mau makan jangkrik..skrg tak kasih UH voer top song coklat tp blom mau makan voer.mohon pencerahan nya om .oiya kalo kebnyakan makan UH apakah tdk berbahaya trhdp percernaan dan apakah tdk membuat burung klabakan /agresif?
    trimakasih sebelum dan sesudahnya om.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motif ekor tidak otomatis menjelaskan asal wilayah MB.
      Tidak ada efek samping UH untuk MB bahan yang belum ngevoer.

      Hapus
  83. Assalamualaikum Om...ada bbrp pertanyaan nih om...
    1. Berapa sih om jumlah jangkrik yang aman untuk murai dalam tahap pengevoeran?
    2. Salah satu murai saya awalnya voer total bbrp hari ini tidak mau makan voernya,tetapi burung masih sehat dan masih beekicau..
    Mohon bantuan Om Herry..teimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika si MB belum makan voer padat, jangkrik bisa diberikan 2-3 pagi dan 2-3 sore.
      Asumsinya, takaran itu tidak membuat si MB kenyang sehingga dia pasti akan makan voer.
      Jika si MB sudah makan voer padat, jangkrik bisa diberikan 5-5 pagi sore.

      Hapus
  84. assalamualaikum om herry, mohon masukannya

    sy baru beli murai trotol (ring) 2 minggu yg lalu, pas di beli umurnya satu bulan (baru nangkring dan belajar makan sendiri), berarti skrg umurnya sdh 6 minggu, kondisi saat ini kalo pagi jam 5 subuh dikeluarin sdh mulai ngeriwik, isiannya kayak ngeriwiknya pleci, murai sdh pasti jantan blom y om dan suhu serta master sekalian?

    sdh 2 minggu sy coba kasih voer, dari pur campur air + kroto dan voer kering t*p s*ng mini + kroto, keliatannya voer nya g di makan sama sekali, kayaknya trotolnya jago milah2 buat makan krotonya aja, biar mau makan voer gimana y om? pola makannya skrg subuh sy kasih jangrik 8, sebelom berangkat kerja kroto satu sendok makan, kadang2 2 sendok makan di bawahnya di kasih voer basah/voer mini, maghrib 4-8 ekor jangkrik, apa perlu dibikin lapar dulu biar voernya di makan? takut trotolnya mati kalo agak ekstrem ngajarin makan voernya, tapi g kuat juga kalo mesti beli kroto tiap hari

    mohon masukannya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasikan saja tips di atas.

      Hapus
    2. sudah saya terapin mulai hari sabtu om herry, voer fancygold giling halus, kroto sama jangkrik di aduk, tapi di makan kroto sama jangkriknya aja om, kayaknya ef nya kebanyakan sih om. bagusnya menurut om herry sy biarin aja dulu ef nya banyak pas trotol nanti abis mabung baru mulai kurangi ef dan serius bikin ngevoer atau serius di voerin mulai dari sekarang om? sy pernah baca ada pendapat yg bilang kalo trotol bagusnya full ef dan jangkrik sepuasnya

      satu lagi om, kalo usia 6 minggu sdh mulai ngeriwik dan terpantau belajar ngeplong, sdh pasti jantan blom y om?

      Hapus
    3. Dilatih saja terkebih dahulu MBnya untuk makan voer.
      Ngeriwik dan ngeplong bisa terjadi pada MB jantan dan betina.

      Hapus
  85. update kondisi murai trotol om, sekarang kotoran murai trotolnya sdh ada tanda-tanda makan pur halus+kroto om herry, sabtu ini (5 nov) mau sy tambahin pake pur 1/2 kasar, bagusnya pur 1/2 kasar di pisah di cepuk sendiri atau digabung dengan pur haslus+kroto om herry?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terap dicampur, tapi porsi krotonya dikurangi sedikit demi sedikit secara bertahap.

      Hapus
  86. update lagi om herry, murai trotolnya sdh makan pur kasar om (pur yg langsung dari bungkus om), saat ini karena masih trotol sy tetap campur kroto plus pur nya setiap hari om, nanti setelah selesai mabung pertama baru sy kurangin kroto nya sampai jatah kroto cuma 2x seminggu, makasih buat masukannya om, tips nya sdh sy terapkan dan berhasil di murai trotol sy

    BalasHapus
  87. Selamat siang on hery.. ada beberapa hal yg saya ingin tanyakan u/ MB bahan yg baru saja saya beli di pb.pramuka jkt.. saat terpantau dikios penjual sll ngeriwik sehingga saya minat u/membelinya. Spt yg om heri ulas tentang cara mengevoerkan mb bahan. Sdh saya terapkan,smp saat ini msh dlm proses om.
    Yg ingin saya tanyakan sejak seminggu yg lalu sejak saya adopsi mb.. dirumah mb sdh mulai bunyi ngeriwik dan ngeplong.. adakah asumsi mb aman dari kail pancing tangkapan... krn ada sebagian teman bilang,banyak juga mb bahan yg bunyi esok nya wafat.. mohon pencerahan om..


    Thk u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berfikir positip saja. MB yang mau ngeriwik atau ngeplong adalah tanda kobdisi si MB sehat.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.