Senin, 15 Desember 2008

Kebiasaan MB Mabung

Saya hanya mau sedikit sharing tentang kebiasaan MB mabung, dan saya fokuskan atau khususkan hanya pada masalah ekornya saja.
MB cenderung akan menyisakan ekor putihnya pada saat seluruh ekor sudah jatuh. (dalam kondisi mabung normal).
Ekor putih ini diyakini berguna untuk menjadi penyangga bagi ekor utama yang kelak akan tumbuh. (karena ekor putih ada di bagian bawah dari ekor utama).

Ekor putih ini kelak akan jatuh juga dan biasanya setelah ekor utama mulai sedikit panjang dan terlihat kokoh, sehingga tidak perlu lagi disangga.

Perhatikan contoh gambar MB yang dalam kondisi mabung di bawah ini, di mana ekor putih belum jatuh, karena menunggu tumbuhnya ekor utama.







11 komentar:

  1. Ichsan Samarinda21 Mei 2010 pukul 09.16

    Assalamualikum
    Mas mau nanya siklus mabung untuk MB tiap brp kali dalam setahun? apakah selama MB mabung pasti tidak akan berkicau? TKS
    Wassalam...

    BalasHapus
  2. Siklus mabung alami, terjadi 1 kali dalam setahun.
    Sebagian besar MB akan cenderung malas berkicau selama mabung, karena merasa sakit pada masa tersebut, walaupun ada juga sebagian kecil MB yang tetap aktif berkicau.

    BalasHapus
  3. Numpang nanya Om, saya punya sepasang MB muda hutan di dalam kandang penangkaran. 2 hari lalu saya temukan beberapa helai bulu sayap rontok, dan ada juga 1 helai bulu ekor putih. Pakan full EF : jangkrik, cacing dan UH cukup banyak. MB jantan baru mulai rajin ngriwik. Lalu saya ambil dan saya pisah ke sangkar soliter, si jantan makin rajin berkicau. tetapi saya temukan lagi 2 helai bulu dada rontok. Apakah ini tanda-tanda MB saya lagi masa mabung ataukah rontok karena pengaruh pakannya?
    Trims.

    BalasHapus
  4. MBnya menunjukkan gejala mabung. Jika memang sudah ditangkarkan, proses mabungnya relatif akan lebih singkat (bisa sekitar 1-1,5 bulan)dibandingkan jika MBnya masih solitaire di mana bisa memakan waktu sekitar 2-3 bulan.

    BalasHapus
  5. Mau nyambung ni Om. Kalo mabung, biasanya bulu bagian mana dulu yang rontok Om?

    BalasHapus
  6. Silahkan baca kembali artikel tentang proses mabung pada blog ini.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum...
    mau nanya nih bang,bulu sayap MB saya dua hari lalu rontok, dan saya pikir ini proses mabung, tp tadi pagi kok gak ada satu bulu pun lagi yang rontok ya?? knp??
    apa yg harus saya lakukan supaya MB saya cepet mabung??
    trims bang..

    BalasHapus
  8. @Edwar: Coba MBnya dirawat dengan pola rawatan MB mabung. Silahkan baca kembali artikel terkait pada blog ini.

    BalasHapus
  9. Om Herry, mau tanya seputar MB saya.
    Mb saya awal mabungnya sekitar bulan Sept 2010 tadi dan sekarang barusan beres mabungnya dan semua bulu2nya sudah full.
    Tp kenapa dalam minggu ini satu persatu bulu sayap, bulu2 halus dan bulu ekor yg hitam bagian bawah mulai rontok lagi satu persatu. Kok baru beres mabung ehh mabung lagi?
    Dan kondisi MB sehat, lincah dan tetap gacor.
    Pola makannya Kroto 1 sendak makan 3X seminggu dan setiap hari makan Voer, mandi 3X sehari plus jemur max 1 jam.
    Tolong masukannya, krna terus terang saya kecewa berat, sudah lama menunggu untk bulu2 nya yg panjang dan mulus tp ternyata kembali nol lagi.
    Terima Kasih, Om...

    BalasHapus
  10. Ada dua kemungkinan yang bisa menyebabkan kasus tersebut.
    Pertama, adanya kesalahan dalam pola rawatan selama mabung, misalnya terlalu cepat dijemur atau tidak dikondisikan untuk full istirahat.
    Kedua, adanya faktor pemicu yang membuat MB kembali mabung, biasanya faktor makanan.
    Untuk kasus ini, MB tidak akan mengalami mabung ulang secara sempurna, biasanya hanya sebagian saja bagian bulu yang jatuh, jadi kondisikan saja MBnya untuk istirahat.

    BalasHapus
  11. assalamualaikum pak herry..
    mau tnya ,dmna y sya bisa pesan sounic master,masalah nya di pekanbaru gak ada jual.klo ada pak herry tau minta nmor hp nya donk,mhon konfirmasi nya pak herry.

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.