Sabtu, 13 Desember 2008

Pakan Kegemaran Murai Batu di Alam.


Di alam, MB adalah burung yang gemar mencari makan di tanah dan di pohon-pohon berukuran kecil serta rendah (perdu).
Berdasarkan kebiasaan dari MB ini, maka dapat diketahui, bahwa cacing tanah dan juga belalang adalah salah satu makanan kegemarannya.
Informasi yang saya dapatkan dari beberapa orang pemikat MB, sering kali mereka melihat MB yang sedang menjepit cacing di antara kedua paruhnya, apalagi pada musim trotolan di hutan.
Karena kemudahan dalam memperolehnya, ada sebagian hobbies yang menggunakan cacing sebagai media untuk melatih MBnya untuk memakan voer, dan berhasil.
Belalang adalah salah satu organisme dalam kehidupan hutan dan wilayah dataran rendah. Kemampuannya yang unik dalam berkembang biak, telah menjadikan belalang menjadi sumber makanan utama bagi sebagian besar burung pemakan serangga. Sebagian besar protein, vitamin dan nutrisi penting lain yang dibutuhkan MB berasal dari belalang.
Belalang juga diyakini sebagai pakan yang bisa membuat bulu-bulu MB terlihat cerah dan mengkilat. Sebab, sumber makanan yang menjadi pakan belalang secara tidak langsung membantu MB untuk dapat mengkondisikan penampilannya.
Selain cacing dan belalang seperti uraian di atas, jangkrik, kelabang, semut, rayap, ikan-ikan kecil dan juga ulat daun adalah sumber pakan alami yang biasa dikomsumsi oleh MB.








6 komentar:

  1. kayanya yg lagi makan cacing sedep bener yaa.....

    BalasHapus
  2. Itulah bukti bahwa MB memang gemar memakan cacing.

    BalasHapus
  3. Bang Herry Yth.
    Untuk MB kira2 dikasih cacing berapa kali dalam 1 minggu.

    Iman
    085.888.555.509
    Gunung Putri - Bogor

    BalasHapus
  4. Cukup 2x seminggu, di mana dalam 1 kali pemberian bisa 1-2 ekor cacing.
    Jangan berlebih, sebab cacing kaya akan protein dan lemak sehingga bisa membuat MB jadi gemuk.

    BalasHapus
  5. Bang Herry terima kasih infonya.

    BalasHapus
  6. Pak Herry, apa kabar? Salam kenal, saya membutuhkan sepasang indukan MB siap produksi, apakah bisa membantu? infonya 0817790390 mohon disms, matur nuwun wawan

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.