Rabu, 10 Desember 2008

MB Birahi dan Ngebatman.

Hati-hati dalam menafsirkan MB birahi dengan MB ngebatman atau ngelowo (buka sayap).
MB birahi ada yang ngebatman dan ada juga yang tidak, dan MB ngebatman, juga belum tentu artinya birahi.
Berdasarkan pengalaman saya, MB ngebatman lebih disebabkan oleh 3 faktor dominan, yaitu :

1. MB sedang dalam kondisi birahi. Hal ini disebabkan oleh settingan EF yang terlalu berlebihan. Biasanya ngebatman sambil ngejeruji dan berkicau dengan gaya merayu. (Kicauan dengan suara kecil)
2. MB terlalu jinak atau terlalu sering diganggu dengan tangan, sehingga tingkat agresifitasnya juga tinggi. Biasanya si MB tidak berkicau, hanya menunjukkan gayanya saja.
3. MB yang sedang dalam kondisi tidak prima, sehingga MB ini ngebatman untuk menakuti atau memperingati lawannya agar tidak mendekati dirinya. Biasanya MB ini ngebatman di tempat atau di dasar sangkar.

Dalam kondisi normal (tidak birahi) seharusnya seekor MB yang sudah jadi dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Tapi jika dalam kondisi birahi, maka kemungkinan yang akan terjadi adalah :

1. Jika didekati sangkarnya, cenderung agresif sambil membuka sayap.
2. Sering mematuki sesuatu yang ada di dalam sangkar.
3. Sering dijumpai gejala mematuki bagian sayap dan juga ekornya sendiri.
4. Jika ditrek cenderung ingin bertempur atau ngejeruji.
5. Mengeluarkan suara ocehan secara lirih sambil sujud secara perlahan, kemudain tegak lagi (gaya merayu).

Pengalaman saya yang lain, ada MB yang dari kecil sudah terbiasa dibuat jinak, terbiasa diberikan EF dengan tangan dan begitu melihat pemiliknya langsung ngebatman bahkan bisa sambil mengepak-ngepakan sayapnya. Ini bukan tipe MB birahi, melainkan tipe MB yang terlalu jinak. Dan tipe seperti ini juga bukanlah MB tipikal lomba.

Ada MB yang karakternya sangat galak, begitu diadu dengan MB lain, MB tersebut malah menabrak sangkar sambil ngebatman. MB seperti ini biasanya gacor di rumah dan mau bongkar isian di rumah, tapi jarang sekali yang bisa kerja optimal di lomba.

Ada MB yang sangat bagus sekali. Pada saat kondisinya kurang fit, MB ini cenderung ngebatman pada saat melihat MB lain dan terkesan tidak bergairah. Sebaiknya jangan memaksakan MB yang sedang dalam kondisi tidak fit seperti ini.

Jadi kesimpulannya, ngebatman bisa disebabkan oleh banyak faktor.
Untuk mengatasinya, langkah awal yang perlu dilakukan adalah mencari faktor penyebabnya terlebih dahulu. Kalau sudah didapat factor penyebabnya, maka akan mudah bagi kita untuk menyiasatinya.

70 komentar:

  1. weleh, ari judulnya saya ampe kepikran yang gak-gak.. hhihi... Salam kenal mas.. :)

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga buat Om Mymoen.

    BalasHapus
  3. waduh,,,ada MB ku yang begitu d deketin langsung ngebatman n ngepak2 sayap tp sambil gacor.....gmn tuh om ?? apakah ada yg salah dengan kekasih MB ku ?? padahl ga jinak2 banget

    BalasHapus
  4. Bisa jadi MBnya birahi.
    Coba setting ulang pemberian extra foodingnya.
    Pengumbaran juga bisa dijadikan salah satu solusi terbaik.

    BalasHapus
  5. Salam Kenal Om.., betul skali Om, MB saya karakternya sngat galak, kalau di rmah gacor dan kalau dilambaikan tangan langsung gacor, tpi kalau di adu ngbatman dan ngejeruji tanpa bersuara sedikitpun. kira kira dapatkah MB saya ini dipernbaiki ? bagaimana caranya ? trimakasih Om

    BalasHapus
  6. MB seperti ini jangan sering diganggu pakai tangan. Settingan EFnya kalau bisa dikurangi. Jika mau ditrek usahakan jangan terlalu dekat gantangannya dengan MB lawan, sebaiknya berjauhan dulu.

    BalasHapus
  7. Istilah birahi darimana lagi ini, sy pikir ketika birahi yg jntan harusnya makin gacor tuk menarik simpati ceweknya....eh ternyata sy salah. Salam kenal ya om, Deni bekasi

    BalasHapus
  8. Salam kenal om.MB saya baru selesai mabung.akhir2 ini saya melihat MB saya itu,di atas bulu sayap selalu muncul bulu putih yang tidak enak di pandang.settingan mkn pagi 2sendok kroto + 5 jangkrik.sore 5 jangkrik.mohon petunjuknya om.agar tidur saya tenang om.thanks.

    BalasHapus
  9. Salam kenal kembali.
    Bulu putih itu adalah gejala yang normal, hampir semua MB akan terlihat seperti itu pada saat sedang santai.
    Tapi pada kondisi sigap, bulu putih itu akan langsung menghilang.

    BalasHapus
  10. Om herry salam kenal dan apa kabar.....MB saya kalo ngeliat lawan langsung ngebatman dengan posisi tegak kayak ngobra gitu trus sambil ngeluarin tembakan itu disebabkan apa ya om...birahi atau kalah mental ?, karena MB ini memang masih muda dengan melihat rongga dalam mulutnya yg merah muda agak keputihan...apakah mungkin setelah usia mapan MB tsb bisa hilang batmannya...trims om...ditunggu jawabannya..salam....

    BalasHapus
  11. MBnya sedang tidak kondisi tuch.
    Coba baca kembali uraian di atas, apakah MB anda sesuai dengan karakter yng dijelaskan pada uraian tersebut.
    MB yang terlalu muda juga sangat beresiko kalah mental, jadi sebaiknya disimpan saja dulu.

    BalasHapus
  12. om mb saya sempet gacor setelah itu ngebetmen sambil ngejeruji, terus main lagi, terus selalu berulang2 begitu, gimana solusinya om,

    BalasHapus
  13. @Nazmi: MBnya kurang kondisi. Coba kalau ditrek, jarak antar gatangan sedikit dijauhkan, dengan tujuan agar MBnya tidak ngejeruji pada saat melihat lawan.

    BalasHapus
  14. om mb saya sempet gacor setelah itu ngebetmen sambil ngejeruji, terus main lagi, terus selalu berulang2 begitu,

    seperti saran om, sudah saya jalani makasi om sudah mulai ada perkembangan,

    terus saya minta saran om, kata om MBnya kurang kondisi, tolong jelaskan om!
    dan setingan yang bagus gimana om??
    setingan saat ini:
    jangkrik, 2 pagi 2 sore
    keroto, 1 sendok teh, 4 kali seminggu
    ulat hongkong, 2 setiap harinya
    diumbar 4 kali dalam seminggu selama 3jam
    cacing 2ekor 2kali seminggu
    tolong solusinya om,
    terimakasi sebelum nya om

    BalasHapus
  15. Kalau MBnya kondisi, jelas tidak akan ngejeruji. Untuk settingan EF harian, sebaiknya kroto cukup 2x seminggu dan jangkrik 3/4 pagi dan 3/4 sore dan
    Cacing cukup 1x seminggu.
    Sebelum ditrek, usahakan agar MBnya dimandikan terlebih dahulu.

    BalasHapus
  16. kalau penjemuran dan umbaran gimana om,,,

    BalasHapus
  17. salam kenal pak herry,saya dani dari surabaya,ini mau nanya gimana cara ngajari MB tangkapan hutan biar mau makan voer? padahal sudah saya coba dengan cara kroto saya campur dengan voer halus dengan kombinasi 1 sendok voer dan 3 semdok kroto tapi tetap saja MB saya tidak mau makan,trimakasih maaf banyak tanya saya pemula

    BalasHapus
  18. Salam Kenal Bang Herry...
    MB sy sangat jinak dan gacor ngeplong, klu tangan dilambai2kan atau waktu ngasih makannya selalu ngeriwik dan tak jarang ngeplong sambil mematuk-matuki tangan.
    Begitu jg saat diadu gaya badan dan kicawannya dan isiannya main semua.
    Tp setiap anak sy mendekatkan Hamster pd MB sy dan tak lama kemudian bila didekati atau dimainkan dgn tangan si MB Ngebatman / Ngelowo, dan selang 3 jam kemudian normaaal kembali spt yg sy sebutkan diatas dan begitu kejadiannya setiap kali ngelihat Hanster.
    Apakah karena hal tsb MB sy lama kelamaan akan rusak mentalnya, mengingat walaupun anak sy sering sy marahi tp tnp sepengetahuan sy sering menakut-nakuti si MB dgn Hamsternya.
    Adakah solusinya atau pola makan si MB perlu sy robah, Menu tiap harinya Kroto 1 sendok makan pagi dan 1 sendok makan sore. MB digantung dlm rumah dgn sirkulasi udara cukup dan tdk pernah dikrodong, jemur pagi 2 hari sekali selama 1-2jam.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  19. Sebaiknya jangan terlalu sering mengganggu MB dgn tangan, nanti MBnya malah jadi terlalu jinak dan tidak mau kerja.
    Mengenai Hamster, itu adalah reaksi alami MB jika melihat musuh. Solusinya, biarkan MBnya full krodong selama ditinggal.
    EFnya terlalu berlebih, sebaiknya kroto cukup 2-3 kali seminggu dan jangkrik 3-5 pagi dan 3-5 sore setiap hari.

    BalasHapus
  20. Terima Kasih Bang, atas saran dan masukannya.
    Yg Abang anjurkan akan sy terapkan pd MB sy.

    BalasHapus
  21. Om Herry terimakasih atas jawaban2nya, walaupun saya tdk tanya tapi saya cukup puas atas jawaban om Herry thdp rekan2 pecinta murai lainnya, salam kenal om..

    BalasHapus
  22. om herry sy punya MB muda baru 2x mabung, tapi punya karakter ganas/galak tetapi jinak, tiap dipertemukan dgn MB lain maunya ngelabrak trs ingin menyerang secara fisik... jarang sekali ngeluarin kicauan besar ketika di trek hanya suara ngeriwik saja sambil nabrak2 sesekali ngebatman, apa karena MB ini masih muda? jadi secara mental belum siap? ato memang sudah karakternya begitu? utk setingan EF wajar2 saja jangkrik pagi 3 sore 3,
    apakah MB sperti ini bisa di perbaiki utk di orientasikan ke lomba? mohon pencerahannya om herry terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghadapi MB seperti ini harus sabar. Kunci dari permasalahan MB ini ada pada settingan. Bisa EFnya dikurangi atau dibuat tinggi sekalian. Jadwal mandinya juga harus sedikit ditambah untuk sedikit meredam minat tarungnya. Selain itu, pada saat ditrek, coba jarak gantangan diatur sedikit jauh, sehingga tidak memancing MB untuk melabrak.

      Hapus
  23. Ass...Salam knal Om Herry...
    Sy farhan dr cirebon,baru dpt MB jinak ni Om,,rncana mau coba dilatih trek,kira2 apa yg hrus sy prsiapkan Om,,trima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba MBnya disetting dengan EF rendah dulu, misalnya jangkrik 3-3, kroto 1/2 sendok dan lihat hasilnya. Jika kurang greget, settingan EF bisa dinaikkan secara perlahan dan bertahap. Dari proses trial-error ini, kita bisa mendapatkan settingan yang tepat buat si MB. Demikian juga dengan mandi jemurnya, cari settingan yang pas dari proses trial-error.

      Hapus
  24. om bagaimana mengatasi murai ngebatman apakah selama 1minggu lepas EF dan biasanya berapa lama bisa ketahuan kalau birahi MB tersebut telah kembali normal/menurun.
    type mbnya bunyi lot kadang2 30 mnt tanpa henti kecuali pas makan dan minum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menghilangkan kebiasaan ngebatman bisa butuh waktu relatif lama, sebab ngebatman bisa disebabkan oleh banyak faktor diantaranya terlalu jinak, settingan EF yang tidak sesuai atau kondisi burung yang kurang fit dan relatif tertekan dengan MB-MB lain, jadi tidak hanya karena faktor birahi saja.
      Untuk menghilangkan birahi relatif lebih mudah, kurangi settingan EF secara perlahan dan tambah jadwal mandinya. Pemberian acing juga diyakini bisa sedikit mengurangi efek birahi.

      Hapus
    2. om setelah seminggu ini hanya full kerodong dan full voer aja mb saya da berkurang gacornya dan sekarang kalau tangan saya masukan (waktu ganti air minum dan voer ) sayap mb tidak mekar(buka).
      sekarang da mulai saya setel jangkrik 2/2 dah berjalan 3 hari yg lalu, misalkan 2minngu lg tuh mb saya trek dengan mb temen (mgkn sekitar 3 ekor mb) sudah boleh tidak sekalian mau cari lagi setelan yg pas.

      Hapus
    3. Anda termasuk tipikal hobbies MB yang relatif kurang sabar. Dampak perubahan settingan terhadap MB biasanya baru dapat dirasakan setelah dilakukan selama 3-6 bulan.
      Intinya tidak ada yang berlaku secara instan dalam perawatan MB. Jadi sebaiknya anda lebih bersabar untuk mendapatkan hasil yang optimal.
      Analoginya seperti manusia, tidak akan mungkin otot manusia bisa terbentuk jika baru 1-2 minggu berlatih mengangkat barbel, perlu waktu untuk bisa menampakkan hasil seperti yang diinginkan.

      Hapus
  25. salam kenal bang saya punya mb anakan hutan, sudah gurak satu kali. awalnya burung Oke baget mantap abis terus sekarang sering matuki sangkar dan masih bergaya siap tarung kalau di trek terlau dekat gebetmen. kalau awalnya EF nya jangrik 5 pagi tiga sore keroto nonstop 3 sendok setiap hari tetapi sekarang EF nya saya turunin jangrik 3 pagi 2 sosre kroto 1 minggu 3x terek lagi hasil masi sama terus coba lagi jangriknya 0 keroto 1x seminngu hasil masi tetap sama. bang tolong dong bang solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB yang sering mematuki bagian sangkar adalah ciri dari MB yang sedang birahi. Penambahan jadwal mandi, bisa ditambah di malam hari dan pemberian cacing sebagai pengganti EF bisa sedikit meredam tingkat birahi MB.

      Hapus
  26. siang om H.A salam kenal, dan sekalian numpang tanya ya om, selain EF cacing untuk mengurangi masalah birahi apa saja ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain mengurangi porsi EF, Mandi secara teratur sehari 2x yaitu pagi dan sore juga diyakini bisa mengurangi tingkat birahi.

      Hapus
    2. sebelumnya makasih om H.A MB saya sekarang agak berkurang birahinya om ,tapi lom full anteng,masih pengen ngelabrak lawan treknya, harian MB jangkriknya p/s 5/5 om, kroto gak doyan sama sekali. apa EFnya harus di kurangin lagi om? makasih om.

      Hapus
    3. Coba EFnya diselingi dengan pemberian cacing. Selain itu, coba MBnya juga dimandikan malam hari.

      Hapus
    4. berarti setiap pemberian EF jangkrik di selingi cacing 1 ekor ya atau bagaimana? terimakasih om..

      Hapus
  27. lam kenal pak herry, sy mau minta petunjuknya, sy punya mb lumayan gacor dan jinak, tp punya kebiasaan nyabutin bulu sayap sampe pada patah, gimana cara agar mb sy tidak nyabuti bulu lagi, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya bisa panjang. Asingkan MBnya dari suara burung dan suara MB lain, biarkan sendiri sampai mabung berikutnya.
      MB yang berkelakuan seperti itu biasanya adalah MB muda yang terlalu dipaksakan untuk tarung di lapangan. Sifat fighternya bagus, tapi karena terlau muda, jadi tertekan oleh MB-MB tua.

      Hapus
  28. MB saya sudah umur & sisik, klo trek cenderung ganas lompat2 spt mau berantem, lbh krg 30 detik mulai bunyi ngerol & nembak, tpi klo liat mb lain yg loncat, MB sy kembali ngak bisa diem ttp diselingi bunyi juga. MB dari sejak beli ngak makan Voer (full kroto) jangkrik sy kasih 4/4, di Rmh ngak ada Murai lain. volumen suara teriak juga ngak keluar pool. Bgm penanganannya om Herry ? Trims seblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba rubah pola makannya, artinya si MB harus diajari untuk ngevoer. Turunkan settingan EFnya dan lihat reaksinya. Mandi secara teratur juga diyakini dapat mengurangi sifat galak dari MB. Terakhir, MBnya jangan terlalu sering diganggu dengan tangan, sebab itu adalah kebiasaan awal yang membuat MB jadi berkarakter galak.

      Hapus
  29. Salam kenal Om Herry, saya mau minta arahannya tentang MB sy. umur nya kira2 baru 7 bln, tapi kelihatannya sangat galak kalau di dekati langsung melirik dan turun tangkringan, dan saat tangan masuk kedalam sangkar langsung nyerang dan matuk2 in.dan kalau mau di keramba susah bgt, klo menggunakan alat langsung di patukin.
    seperti ini tanda manja atau birahi ya Om? setingan EF jangkrik p5 s5 kroto 3x 1mgg.
    gmn caranya supaya normal MB sy Om??
    mohon sarannya ya om. thanks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini adalah tanda MB yang terlalu sering diganggu, sehingga terkesan tidak takut sama manusia. Di usia yang masih muda, solusi terbaik adalah membuat si MB kembali liar dengan jalan memasukkan ke kandang umbaran atau kandang besar dan biarkan selama waktu tertentu hingga karakternya berubah.

      Hapus
    2. Terima kasih atas solusinya Om. dan kalau hanya menunggu mabung tanpa memasukan kekandang umbaran. apakah ada pengaruh perubahan ga MB nya Om?
      trims waktunya Om..

      Hapus
  30. asskum.om..salam kenal aku punya muray batu muda,dan jinak.umur 1,7 bln,latihan sudah 2x juara 1,akhir2 ini ko galak,dan batman..suara berkurang..nabrak2kalau dideketin..solusinya gimana om,ini burung birahi apa ngedrop.?..makasih

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum oh herry, salam kenal nama saya ridho dari kota Langsa, saya punya MB baru selesai mabung, karena saat ini sedang dorong ekor maka settingan EF saya tingkatkan menjadi 15 ekor jangkrik Pagi, kroto 1 sendok makan tiap sore plus 10 ekor jangkrik...tapi om masalah baru mulai muncul nih. MB saya udah malas nge-voer dan sekarang mulai nge-batman kalo ngeliat saya ato pada saat tangan saya masuk ke kandang untuk mengganti voer/pluk minum, mau saya kurangi EF nya takut ntar proses dorong ekor nya tidak sempurna. Mohon solusi nya ya om, makasih om.Wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Settingannya terlalu tinggi tuch buat MB yang sedang dorong ekor.Settingan itu cocoknya buat MB yang mau turun ke lapangan.
      Dengan settingan itu, MB menjadi kenyang dengan EF dan otomatis tidak akan menyentuh voer.
      Coba EFnya diturunkan perlahan secara bertahap, sehingga menjadi jangkrik pagi 3 sore 3 dan kroto cukup 2x seminggu 1 sendok makan. Dengan demikian MB akan kembali mau makan voer.
      Dorong ekor memang membutuhkan kalori dan protein tinggi, tapi tidak dengan settingan EF seperti itu dan jangan heran jika MB anda jadi ngebatman.

      Hapus
    2. Ok om herry, makasih buat ilmu nya...btw om saya ada nge-add om di FB pake nama Ridha atau Alex....mohon di confirm ya om, sekali lagi makasih. Wassalam.

      Hapus
  32. permisi om.. saya mau tanya lagi.
    apakah mb lampung, jika ngelowo... dia memekarnya bulunya seperti borneo.. atau memang yg saya liat itu borneo ya om...
    mohon penjelasannya om. dan bagaimana setingan yg pas ya om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB-MB Lampung (dicap atau disebut berasal dari Lampung) banyak yang sudah terkontaminasi dengan MB dari Borneo karena ulah pedagang nakal. Makanya kalau mau cari MB, carilah dari sumber yang kompeten dan jelas.
      Mengenai settingan, setiap MB memiliki settingan masing-masing dan tidak ada yang baku.
      Cara terbaik cobalah lakukan trial-error. Kalau dianggap kurang coba ditambah secara perlahan demikian juga sebaliknya.

      Hapus
  33. ok om, terima kasih atas informasinya..
    satu lagi om... hehhee
    jika murai terlalu jinak, sampai mengepakkan sayapnya jika bertemu orang. apakah itu baik om,, dan apakah benar jika begitu, murai jadi cepat birahi, bagaimana cara mengatasinya om, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB seperti itu jelas kurang baik, apalagi jika orientasinya lomba.
      Solusi terbaik adalah lepas dalam kandang besar atau kandang umbaran dalam jangka waktu yang relatif panjang hingga sifat jinaknya hilang. Selama itu, MBnya jangan sering didekati apalagi diganggu.

      Hapus
  34. Benar pak.. Hery semua hal diatas adalah penyebab yang memicu prilaku batman tersebut, sudah saya terapkan dan efeknya mb saya sudah bisa nampil dengan sempurna, yang pada awalnya keseringan ngebatman... Heheheeee

    sukses selalu ya pak!,

    Salam dari medan, sumut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Om atas perhatiannya.

      Hapus
  35. Slm kenal om hery mhn petunjuknya ya..saya drumah pnya MB baru selasai mabung 2x ini..tp setelah mabung MB saya jd agresif sering nabrak ruji tp tdk ngebatman pdhl sblm mabung MB saya mainya tenang dipnh lncat sana sini pa lagi ngrruji..mhn ptnjk itu krna fktr apa dan gmn treatmenya ane tkt kalo klmaan ntr MB nya rusak...dan yang kedua MB saya kalo drumah gacor dan sering kluar isian tembakanya tp kalo pas di gantang kok jarang kluar y om cma sesekali trus kluar suara aslinya..itu knp om dan gmn treatmenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus seperti ini banyak dijumpai pada MB yang ditake over. Masalah utamanya ada pada settingan yang kurang tepat. Coba lakukan trial-error terhadapa settingan EF harian dan settingan menjelang lomba. Awali dari settingan ynag terendah lalu naikkan secara perlahan.
      Analogikan saja seperti settingan sepeda motor, jika settingannya tepat, di gas langsung lari kencang.

      Hapus
  36. Misi om.. saya mau nanya, mb sy drmh gacor abis, dan g pernah birahi saat di trek,, tetepi kalo gantangan terkalu dekat dia langsung birahi,,, apa yg saya hrs lakukan om,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah anda yakin MBnya birahi...????
      Atau jangan-jangan MBnya bersikap seperti mau tarung.
      MB-MB jadi yang di tempatkan secara terbuka dan berdekatan cenderung memiliki minat untuk bertarung.
      Jika birahi, si MB akan bergaya seperti merayu, di mana si MB tetap berkicau dengan suara pelan dan kepalanya dinaikturunkan secara perlahan.

      Hapus
  37. selamat siang om,salam kenal.dan sy mau tny tentang mb,sy yang drmh gCor volume,bagus,isian jg bagus,mb itu klu di ledekin dan sendiri jg gacor dan ngluarin isian,tp klu di trek lngsng ngebatmen,trik apa yang hrs sy lakukan,bahkan ef nya gk sy kasih tapi tetap gk ad perubahan.trims atas jawaban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 2 trik yang bisa digunakan.
      1. Stop EF dan perbanyak mandi (pagi-sore) atau (pagi-malam) dan jika ada hujan, biasakan MB dan kandangnya dimandikan dalam hujan, tapi jangan hujan malam hari.
      Kelemahan metode ini, MB cenderung kurang power.
      2. Perbanyak EF sekalian menjelang ditrek. Resikonya MB menjadi bertambah galak atau birahi, tapi bisa juga menyembuhkan atau mengatasi masalahnya.

      Hapus
  38. Malm om, salm knl..sy ad mb yg slalu njruji saat main pd saat start lomba tp lma klmaan main. Isian dn volm ok bgt. Tp kalu dia mlihat mrai yg main naik turn tankringan lagsng ngbetmen. Mohon solusinya om. Trmks

    BalasHapus
    Balasan
    1. MBnya tipikal cepat panas. Coba sesekali jika ada hujan di siang atau sore hari, MBnya dimandikan dengan sangkarnya.
      MB cepat panas seperti ini harus terlebih dulu dimandikan sebelum dibawa ke lapangan. Sesekali coba settingan EFnya sedikit dikurangi untuk trial -error.

      Hapus
  39. Slam Kenal Om Herry,,,Mohon Petunjuknya....
    MB saya kalau Di Lakberin Cuma Bunyi Doang gak mau ngeplay....
    Settingannya...
    Jangkrik 3 Pagi&sore....Kroto Stiap Pagi...Mandi Dua Hari Sekali...
    Mohon Petunjuknya......Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali.
      MB anda mungkin termasuk tipikal MB yang lambat panas.
      Coba settingan EFnya sedikit dimodifikasi. Jangkrik 5-5 dan kroto cukup 2x seminggu. Mandi 1 x saja. Menjelang dibawa turun, jangkrik dinaikkan jadi 7/8 dan H-1 dan hari H Mbnya jangan dimandikan.
      Jangan takut untuk melakukan trial-error. Semoga berhasil.

      Hapus
  40. Om perkenalkan sya teguh dri rembang ,jateng. Sya mau crita nih,mbku stlah seminggu selesai mabung cba sy trek dngn mb temen 1 lawan 1, 5 menit awal main bgus, stlah itu ngebatman, smpe sekarang klo sya puterin mp3 lngsung ngebtman juga. Mbku ngedropkah? Atau birahi? Krna wktu mabung ef sya kasih 8/8 pgi sre, kroto 1 sndok 5xseminggu. Mohon pencerahannya..terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba settingan EFnya diberikan minimalis. Jangkrik 3-3 dan kroto cukup 1x seminggu 1 sendok. Reaksinya baru akan terlihat minimal setelah 2-3 minggu kemudian.

      Hapus
  41. Om numpang curhat maklum Newbie... MB saya posisi ganti bulu dari trotol ke dewasa... sayap sdh ganti sebagian, ekor masih bawaan trotol. setiap saya mau masukin jangkrik ke tempat makannya selalu mengetarkan sayap sebentar hbs itu lgsg menyambar jangkrik seketika setelah saya taruh... kadang2 terpantau mematoki jeruji sangkar... Jangkrik 4-4, tanpa kroto, mandi kadang terpantau di tempat minum, kalo keramba seminggu sekali sambil bersihkan sangkar... Gejala apa itu Om...? Mohon pencerahannya mengingat MB saya dalam proses lepas trotol... Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB anda sepertinya cenderung terlalu jinak karena pola rawatannya yang sedikit manja buat si MB. Ini jelas kurang bagus untuk MBnya sendiri. Saran saya masukkan saja ke kandang besar atau kandang umbaran dan rawat jangan terlalu telaten supaya Mbnya tidak manja. Biarkan seperti itu hingga gejala jinaknya berkurang. EF sedikit dikurangi cukup 2-2 saja.

      Hapus
  42. Info sangat bermanfaat om

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.