Sabtu, 24 Oktober 2009

Murai Batu Muda Hutan







Murai Batu ini adalah Murai Batu anakan lewat yang beberapa waktu sebelumnya saya peroleh dari sebuah kios burung.
Kondisi sekarang, seperti pics di atas dan sudah mulai rajin berkicau.
Isian masih dominan suara hutan.
Karakter suaranya dominan nembak dengan lengkingan tajam.






25 komentar:

  1. istimewaaa........aku mau ngurus nya om...heheheee

    BalasHapus
  2. Heeeee............heeeeeeeeeeeeee..............
    Saya juga sedang senang dgn MB yang satu ini.

    BalasHapus
  3. gimana sih om, cara bedain anakan medan atau bukan?

    BalasHapus
  4. maaf, mengganggu lagi om Herry. Bagaimana cara merawat MB tangkapan hutan (apa beda ya om sama MB muda hutan macam yang diatas itu?). Ekor habis sudah dicabut sama pedagangnya dan pada sayap masih ada sisa-sisa getah. kawatir ketelan dan ngelem pita suaranya. Saya menunggu dan Trimakasih pencerahannya.

    BalasHapus
  5. Pola rawatannya sama. Hanya saja, MB yang didapat dgn cara digetah, terlebih dahulu getahnya harus dihilangkan dengan cara diberikan minyak kelapa atau lotion bayi, setelah itu dibersihkan dgn air sabun.

    BalasHapus
  6. oke. terimakasih om tausiahnya. salam hormat.

    BalasHapus
  7. Om, maaf ini tanya-tanya terus. MB yg kena getah sudah bersih. bad news-nya, ketahuan bhw siku-siku kaki si MB bengkak dan kulit kaki ngelupas. Dada ada luka memanjang tapi sudah kering.si MB bodynya hampir sekepal, karna brundul mirip penggerus sambal (jawa: uleg-uleg)bunyi ketek dobel,lompat2 meski kadang ngepir (belum nyentuh jeruji sdh balik)suka diaaaam saja tdk takut orang kesannya.the questions are: 1. bgmn cara ngobati luka bengkak dan ngelupasnya? 2. diamnya apa trouma shg sampai kelakpun tdk mungkin bunyi? 3. body besar itu MB dari mari mana om aslinya? O ya, MB ini saya miliki baru 3 hari om. trimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  8. 1. Luka bengkak bisa diobati dengan kunyit yang telah dihaluskan, lalu dioleskan pada tempat yang bengkak.
    2. MBnya masih perlu adaptasi, biarkan saja seperti itu, yg penting asupan makanannya terpenuhi.
    3. MB dengan postur seperti itu, banyak terdapat di kawasan hutan lebat (hutan hujan tropis). Kalau di Aceh, banyak dari kawasan Aceh Barat dan Selatan.

    BalasHapus
  9. Bos, jadi kalo milih MB, ga harus tahu asal usulnya...yang penting sesuai dengan cara2 atau kriteria yang disampaikan diatas. Apa MB dari daerah lain juga ada berekor hitam semua? Menurut yang sering didengar, warna ekor menentukan daerah asal MB? Betulkah? Trims.

    BalasHapus
  10. Jangan cuma didengar info tentang MB, tapi coba dipelajari dan difahami.
    Kalau cuma mendengar dan tidak mau kita fahami, maka pengetahuan kita tidak akan pernah bertambah.
    Masalah yang anda tanyakan, sudah saya jelaskan dalam blog ini. Silahkan baca-baca kembali artikel terkait.

    BalasHapus
  11. Sebelum mengajukan pertanyaan, alangkah baiknya anda membaca terlebih dahulu uraian yang saya sampaikan dalam artikel yang ada pada blog ini.
    Kalau memang kurang faham, jangan memberikan opini yang bisa menyesatkan pembaca lain.
    Untuk pertanyaan anda, semua sudah saya uraikan pada artikel yang ada di sini, jadi silahkan baca kembali.
    Terima kasih juga atas perhatiannya.

    BalasHapus
  12. Om, MB pertamaku, sdh rajin kicau, amat rajin malah. seminggu ini baru kemarin keceplosan lagu perkututnya, sekali. yang kedua, MB muda hutan itu, skr ada kebiasaan ngangkat kaki. kanan kadang kiri. masih tetap pendiam. jangkrik saya tambah biar asupan gizinya terjaga. pagi tadi saya bonus UH 5 ditetesi vitamin. Bisa nggak saya lanjutkan perlakuan ini om? dan ngangkat kakinya apa wajar-wajar saja? trimakasih.

    BalasHapus
  13. MB yang angkat kaki adalah hal yang wajar, biasanya si MB sedang melakukan proses penyembuhan kakinya.
    Mengenai EF, UH jangan terlalu sering, dan kalau settingannya sudah cocok jangan dirubah lagi.

    BalasHapus
  14. wah, your responses are so fast sir! maturnuwun. Om Herry, Mohon tidak jenuh dengan pertanyaan-pertanyaan saya kedepan. terimakasih sekali. jazaakumulloh...

    BalasHapus
  15. malem bang heri, mo tanya
    saya sedang memelihara MB trotolan yg menurut sya istimewa, dengan volume yg ok,mental bgus (berani bersahutan dgn MB dewasa) dan IQ yg baik. permasalahanya MB tsb mepunyai sifat yg manja dan jinak. apakah peryataan kawan saya benar,bila murai bersifat jinak akan susah untuk menang diarena kontes nanti. dan apakah bsa merubah karakter MB tsb. pola perawatan
    pagi :
    mandi & jemur 1 jam
    kroto stgah sndok teh
    jangkrik 3 ekor

    siang : full krodong

    sore : jangkrik 3 ekor
    mohon saran dan wejanganya, trims

    BalasHapus
  16. MB trotolan koq dikrodong...???
    Biarkan saja terbuka kecuali malam hari.
    Jangan suka diganggu dan diberikan EF dengan tangan, nanti tambah jinak.
    MB yang jinak biasanya memiliki mental tempur yang relatif rendah.

    BalasHapus
  17. om HA yang terhormat, saya mau bertanya sedikit tentang ciri yang membedakan asal MB karena belum lama ini ada seorang teman yg berpendapat bahwa asal MB dapat terlihat dari ekor putihnya seperti contoh ada MB yg ekor putihnya separuh hitam pada pangkal (1/4 dari putihnya dan warna hitamnya membelah tulang bulu ekor) kemudian ada yang separuh putih dan separuh lagi hitam tapi memanjang warna putih dan hitamnya terbelah oleh tulang bulu ekor. apakah benar om HA?

    BalasHapus
  18. Asumsinya sangat lemah dan mudah sekali dipatahkan. Asal MB tidak bisa ditentukan oleh pola dan bentuk ekor putihnya.
    Saya lebih berpedoman dari info pemikatnya untuk bisa menentukan asal MB.

    BalasHapus
  19. terima kasih banyak om HA atas jawaban yang cepat atas permasalahan ini dan membuat hati saya merasa puas. Jadi kesimpulannya adalah asal MB tidak dapat dikait-kaitkan dengan warna/pola bentuk ekor putihnya. Di Jakarta banyak para pedagang yang memberikan merk/label dagangannya dengan sebutan MB asal pulau sumatra (MB Medan dan MB Lampung). mohon maaf kalau boleh saya minta No HP om HA (lewat email rumpedughet@yahoo.co.id) terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  20. apa kabar om Herry? MB mh saya yg sakit kaki sdh berangsur baik. Berdiri sdh diatas dua kaki. Sejak dua hari ini dia kadang kedapatan melolong 'o-o...' lemah, pendek, disaat sepi. Selama ini baru 3 kali mandi. Intervalnya seminggu krn kawatir aktif dan mengganggu penyembuhan kakinya.Bulu dada ngrempel jumbet tdk tersisir dan sayapnya jatuh mengingatkan saya pada Batman yang memakai jubah sedang berdiri mengangkang diketinggian. Apalagi kalau pas baru mandi. Rasanya si MB ini tidak tertarik untuk "didis" bersolek menata bulu-bulunya. Mohon pencerahan om. What's wrong with him? Terimakasih.

    BalasHapus
  21. MBnya seperti sedang tidak kondisi. Coba settingan EFnya terutama jangkrik dan kroto ditambah. Jika Si MB terlihat kurang aktif, jangan dimandikan, sebab akan beresiko.
    Matahari pagi adalah salah satu solusi terbaik untuk merangsang metabolisme MB untuk mau berkicau.

    BalasHapus
  22. O begitu ya om. Terus terang memang si MB itu tidak saya keluarkan krn pagi mesti "ngojek" dan juga krn Muda Hutan jadi saya isolasi di kamar mandi. O ya, dua hari ini minumannya saya tambah 3 tetes "METABOLISME" milik dr Edy om. apa perlu dilanjutkan ya? skali lagi terimakasih om. salam hormat.

    BalasHapus
  23. Saya termasuk sangat jarang menggunakan zat-zat kimia sebagai supplemen buat MB. Tapi jika memang diperlukan dan dianggap cocok, sebenarnya tidak jadi masalah. Sebaiknya dalam pemberian supplemen kepada MB jangan terlalu berlebih dan jangan sampai adiktif.

    BalasHapus
  24. Oke trimakasih om. Saya masih awam dengan burung maka ketika baca-baca soal vitamin di rumah singgah sebelah (David De Souza)saya tersugesti dengan B compleks. Ditambah lagi dengan kondisi MB Mh itu (kawatir 'stargazing' om!) Om Herry trimakasih pencerahannya dan saya akan gunakan supplement tsb secara hati-hati dan bijaksana. Selamat malam.

    BalasHapus
  25. Om MB Mh saya akhirnya 'passed away' juga, tadi malam. Malam sebelumnya dia lincah. bikin optimis. kaki sudah tidak masalah kecuali bahwa (baru saya sadari) paha dalam dan lambungnya ternyata kudisan berat. Pagi kemarin kita salep. kepergok dia sempat mematuk salep dan buru-buru minum. mungkin itu keteledoran saya. salep obat luar termakan yang jadi sebab matinya. saya yakin pecinta MB akan sedih dan menyayangkan kecerobohan ini. mohon maaf. Dan terimaksih om atas bimbingan yang sudah-sudah.

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.