Selasa, 08 Desember 2009

Suara Serak Pasca Mabung


Sering para hobbies Murai Batu mendapatkan burung peliharaannya mengalami suara yang terdengar serak atau parau pasca proses mabung.
Sebenarnya kejadian ini adalah hal yang umum terjadi pada sebagian besar MB pasca mengalami prose mabung.
Kenapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana pencegahannya..??

Mabung atau sering juga diistilahkan dengan kata ngurak adalah proses rontoknya bulu-bulu pada MB dan digantikan dengan bulu-bulu yang baru. Proses ini bisa memakan waktu panjang antara 1-2 bulan bahkan bisa lebih.

Pada saat itu, kebiasaan dan pola rawatan MB mengalami perubahan, misalnya mandi dan jemur seperti biasa untuk sementara dihentikan, EF berupa kroto juga dihentikan hingga proses tumbuh ekor (dorong ekor) terlihat jelas.
Pada saat itu juga, MB cenderung berhenti berkicau karena MB merasakan sakit yang kuat pada saat mengalami proses mabung.
Selain itu, selama menjalani proses mabung MB juga dikondisikan dalam keadaan full krodong.

Perubahan-perubahan itulah yang bisa menyebabkan suara serak pada MB, khususnya pada masalah full krodong di mana sirkulasi udara dalam kandang menjadi minim.
Hal ini juga sering diperparah dengan rendahnya tingkat kebersihan kandang selama proses mabung.

Selama mabung, MB juga cenderung suka mematuk-matuki bagian bulu yang rontok (biasanya bulu bagian sayap) untuk mengambil zat kalsium yang dibutuhkan selama proses mabung. Kebiasaan ini juga bisa merangsang terjadinya suara serak pada MB, karena bisa saja bagian bulu yang halus ikut termakan dan mengganggu saluran pernafasan.

Salah satu cara untuk mencegah timbulnya suara serak pasca mabung pada MB adalah dengan menjaga tingkat kebersihan kandang dan juga tetap menjaga sirkulasi udara bersih agar bisa masuk ke dalam kandang.
Selama kebersihan dan tingkat sirkulasi udara bisa dijaga oleh para hobbies, biasanya dalam jangka waktu tertentu, suara serak ini akan hilang dengan sendirinya.

Solusi dan pengobatan bagi MB yang mengalami suara serak pasca mabung adalah dengan memberikan larutan penyegar sebagai pengganti minumnya. Larutan penyegar ini hanya boleh diberikan maksimal selama 3 hari berturut-turut.
Selain itu, MB yang serak juga bisa diberikan cacing sebagai EF dengan porsi 1-2 ekor per hari selama 3x seminggu.
Alternatif lain, MB bisa diembunkan di pagi hari, sebab embun pagi dan udara pagi diyakini bisa menyegarkan saluran pernafasan MB.


19 komentar:

  1. Top infonya... btw, sepertinya pernah lihat tuh MB yg jadi backgroundnya.

    BalasHapus
  2. Hee...heee.....heeee..........
    Itu si Seulawah pada saat mabung Om BEN.
    MB ini memang bandel, pada saat dimaster bukannya menyimak dengan baik, ehh malah dilawan suara masterannya.
    Dengan pola rawatan yang benar, MB ini kebetulan tidak mengalami suara yang serak ketika mabung.

    BalasHapus
  3. Slm Knal Om Herry...!!!
    aq punya MB lampung super.,ngriwik,terkadang ngplong & mental OK..,,tapi bulu2nya ngga rapih,terlihat mengembang & kusam (pokokny ngga enak dilihat),kata tman2qu harus nunggu mabung dulu.,baru nanti bisa rapih..!!! apa bener tuh Om.?? mau pake cara praktis biar cepat mabung tapi takut ada efek sampingny..!!
    rawatan harian :
    pagi & sore jangkrik @ 7 ekor & kroto(setiap hari).,mandi 2 hari sekali (sore hari)..
    mohon saranny Om...!!! trima kasih..
    (wawan)

    BalasHapus
  4. Biarkan MB mengalami proses mabung secara alamiah.
    Ciri-ciri MB yang akan memasuki masa mabung sudah saya jelaskan dalam blog ini.
    Silahkan baca-baca kembali artikel terkait.

    BalasHapus
  5. hai, saya salleh dari malaysia,masih baru dalam bidang ini mahu tanya, saya ada mb masih junior usia 2 bulan, tetapi ekornya tercabut semasa proses menukar sangkar .Adakah bulu yang tanggal akan tumbuh kembali dan berapa lama untuk ia tumbuh?

    BalasHapus
  6. Om, MB sy masih baru melihara burung. Sy punya MB sudah jadi. Wkt beli saat dia mabung, tp setelah beres mabung suara nya kecil (mungkin itu yg dimaksud serak). Sy coba adu dg 3 MB, isiannya keluar, tp ya suaranya tdk lepas/serak.
    Sy sudah coba ksh larutan cap kaki 3 selama 4 hari, trus agak membaik, tetapi beberapa hari kemudian kambuh lg. Bgm solusinya om? Krn wkt diadu semua isiannya mau keluar, tp lemah dan kadang seperti nyangkut2. Terima kasih om herry.

    BalasHapus
  7. Coba diembunkan di saat subuh dan berikan cacing setiap pagi 2 ekor selama 1 minggu.

    BalasHapus
  8. assalamuaialkum om MB MH saya sudah dorong ekor dan sudah hampir pul tapi masih ada bulu halus yg jatuh 1-2 helai perharinya bahkan bulu sayapun masih ada yg jatuh 1 helai tapi klu dimasterin dia malah nantang yg memaster dangan suara ngeplong. apakah ini masih dalam kondisi mabung? atau sudah mau tuntas mabungnya? dan apakah bulu ekor akan terus dorong klu bulu halus dan bulu sayap masihh ada yg rontok? tolong penjelasannya dan cara menanggulanginya? makasih untuk penjelasannya

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum om Herry
    MB sy setelah selesai mabung suaranya jadi kecil (suara kretekan nya juga seperti parau), dan juga sering spt cegukan/batuk2.
    sudah sy coba berikan larutan penyegar selama 3 hari, tapi gak sembuh. Lalu sy coba berikan obat batuk siladex kedalam minumnya selama 5 hari, belum sembuh juga.
    Selama 3 hari ini cuma sy berikan multivitamin + cacing 2ekr/ 2 hari sekali.
    mohon solusinya om Herry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutkan saja therapy cacingnya, sebab ini juga membutuhkan waktu dan tidak bersifat instan.

      Hapus
  10. assalamualaikum om herry
    saya usman dari jakarta om..
    kmrn saya beli murai batu lampung(katanya), tetapi setelah saya trek dengan MB medan, bulunya terlihat mekar seperti BORNEO, mohon petunjukNya om, karena setahu saya klo MB borneo bunyi (tdk di trek) buluNya mengembang. tetapi punya saya jika bunyi biasa dia tdk mengembang...
    apakah ada hubunganNya dengan proses mabung om?
    atau memang mental burung saya belum maksimal, jadi ketika melihat lawan dia langsung memekarkan bulunya....
    adakah tips untuk MB saya om, agar ketika di trek dia tdk mengembangkan bulunya?
    setingan : jangkrik pagi 5 sore 5, UH 2, kroto 2hari sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.
      Ada kemungkinan MB anda tertekan dengan MB lain pada saat ditrek, bisa karena faktor usia yang relatif masih muda, atau kondisi fisiknya yang belum optimal.
      Saran saya, rawat saja seperti biasa hingga mabung di tangan anda 1 x dan jangan terpancing untuk langsung ditrek lagi.

      Hapus
  11. ass mau namya kalau mb rajin ngriwik tp ga ngeplong2 knp ya?apa karna ada mb gacor d samping rumah saya ya?apa itu berpengaruh klo mb denger suara mb lain...tolong sarannya trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara umum, MB yang relatif masih muda akan merasa kurang nyaman jika ada MB jadi didekatnya. Bisa saja itu menjadi penyebab mengapa MB anda cenderung kurang berkembang. Coba sesekali ditrek dengan Mb lain untuk meransang mental tempurnya.

      Hapus
  12. Om herry#
    Saya mau tnya ni, sy bru beli murai yg blm makan voer, tp skrg udh makan , cuma. Masalah nya knp blm mau suara ngeplong om ? Sy udh plihara 3/4 bulan gitu om, om herry tau gk cara merawat nya biar cepat suara ngeplong ? Tolong kasi solusi nya dong om herry ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada MB bahan yang cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya dan cepat mau ngeplong dan ada juga MB bahan yang bertipikal agak sulit beradaptasi. Coba pola rawatannya dilakukan lebih intensif. Mandi jemur dilakukan secara teratur setiap hari dan settingan EFnya dinaikkan secara perlahan. Jika ada MB betina coba pancing dengan MB betina.

      Hapus
  13. apa kabar om herry...saya gunawan dari batam.
    saya ingin menayakan mengapa setelah MB saya suara serak dan lalu macet bunyi setelah selesai mabung?
    dan sekarang sudah satu minggu semenjak suara menghilang.
    dan kini hanya terkadang mau bernyanyi" kecil saja.
    dan disini aa hambatannya.MB saya tidak mau minum jika minuman tercampur dgn obat"an.
    dan MB saya dari dulu tidak mau makan voer dan kroto,
    MB hanya makan jangkrik tiap harinya.
    burung ini hanya mau main cantik di lapangan saja.tidak dirumah
    hanya dua kali saya ikutkan lomba dan dua kali masuk nominasi.
    mohon bantuan solusinya om herry.
    agar si MB bs sehat lg dan bs berlaga lg di arena
    terima kasih banyak OM HERRY.....maaf banyak keluhannya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebutuhan nutrisi MB tidak bisa dipenuhi oleh jangkrik saja, maka si MB perlu diajari untuk makan voer, sebab voer memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan MB.
      Coba berikan cacing tanah dan diembunkan di pagi hari sebagai salah satu solusi untuk suara seraknya.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.