Rabu, 25 November 2009

First Aids for Shama (Murai Batu)

Dalam melakukan perawatan terhadap Murai Batu, sering kali kita menghadapi berbagai masalah yang bersifat umum maupun yang khusus atas Murai Batu (MB) kesayangan kita.
Kali ini saya coba untuk sharing pengalaman, khususnya yang terkait dengan first aids atas MB-MB yang sedang dalam masalah.

1. MB yang tiba-tiba bersuara serak.
Penyebab Umum :

- Penjemuran secara berlebihan.
- Mengkonsumsi makanan yang dapat merusak atau melukai bagian kerongkongan.
- Perubahan cuaca yang sifatnya ekstrim.
Solusi :
- Hindari penjemuran secara berlebihan.
- Jika terjadi perubahan cuaca secara ekstrim, MB sebaiknya berada dalam kondisi full krodong.
- Berikan larutan penyegar sebagai pengganti minuman harian, dengan masa konsumsi tidak lebih dari 3 hari. (setiap hari larutan penyegar diganti dari mangkok minuman MB).
- Hindari pemberian jangkrik secara utuh. (sebaiknya bagian kaki dan kepalanya dimutilasi terlebih dahulu).
- Berikan cacing sebagai EF selama dalam proses rehabilitasi.
- Kondisikan kandang secara bersih dan MB sebaiknya dalam keadaan full krodong.

2. MB yang mengangkat kaki sebelah.
Penyebab Umum:

- Ada kejang atau otot yang tertarik pada bagian kaki yang diangkat.
- Ada luka yang biasanya terjadi pada bagian kuku.
- Ada luka pada bagian telapak kaki.
Solusi :
- Jika hanya kejang, MB dapat menyembuhkannya secara alami. Kaki yang diangkat dan disembunyikan di bawah dada adalah bagian dai upaya proses penyembuhan alami yang dilakukan oleh MB.
- Jika proses ini berjalan lama, sebaiknya tangkap MB tersebut dan berikan minyak tawon pada bagian yang diangkat.
- Apabila ada luka terbuka dan mengeluarkan darah, bersihkan bagian luka dan berikan betadine sebagai obat untuk menghindari infeksi.
- Kondisikan MB full krodong pada tempat yang tenang selama proses penyembuhan.

3. MB yang kehilangan nafsu makan dan kotorannya berlendir.
Penyebab Umum :

- MB mengalami keracunan, baik yang bersumber dari makanan maupun minuman.
- MB dalam keadaan stress berat.
- MB tidak mendapatkan makanan maupun minuman dalam waktu yang panjang.
Solusi :
- Jagalah kebersihan kandang, makanan dan minuman. Lakukan pembersihan atas kandang, mangkuk makanan maupun minuman, dan berikan makanan dan minuman segar setiap hari.
- Jika MB mengalami stress berat, misalnya sehabis ditrek dan terlihat takut, atau sehabis mengalami tekanan tertentu, misalnya kandang terjatuh atau diganggu oleh kucing, kondisikan MB full krodong di tempat yang tenang dan berikan pencahayaan yang cukup.
- Hindari meninggalkan MB dalam jangka waktu yang lama tanpa pemberian makanan dan minuman yang cukup.
- Berikan obat penghilang stress dan penambah nafsu makan sebagai fisrt aids untuk kasus ini.
- Berikan full EF sampai MB kembali dalam keadaan normal, dan kondisinya harus selalu dipantau.

19 komentar:

  1. om Herry, mau tanya. Apa penyebab dan solusinya jika MB nafasnya agak berat seperti asma (tapi hanya sekali2 saja)?

    BalasHapus
  2. Kasus yang Om Ben tanyakan sering juga saya alami. Gejala ini baru terdeteksi jika si MB terlalu aktif bergerak sehingga memicu kerja pernafasan yang lebih berat.

    Saya pernah menjumpai adanya kotoran pada hidung yang menyumbat saluran pernafasan. Solusinya tangkap si MB dan bersihkan kotoran tersebut.
    Selain itu, udara kotak atau packing yang pengap dan minim sirkulasi udara selama proses pengiriman dan juga udara kandang yang kurang sehat selama full krodong bisa memicu kasus seperti di atas.

    BalasHapus
  3. Thanks om Herry atas responsnya.

    BalasHapus
  4. saya baru dpt MB MH pekanbaru,skrg udah 2 minggu ditangan saya.awalnya tu MB giras banget,suka nabrak2x.Tp.skrg udah mendingin, udah gak nabrak lagi dan udah ngevoor.Tp.beberapa hari yg lalu ada bengkak pd jari kukunya. sesuai saran bang heri Jari yg bengkak tsb saya olesin minyak tawon pagi dan sore hari.Tp sore ini saya lihat kukunya lepas. yg ingin saya tanyakan apakah kuku MB saya tsb dapat tumbuh lagi spt semula ? tlg pencerahannya bang...maklum saya orang baru di dunia MB....

    BalasHapus
  5. @Ade: Dari beberapa pengalaman, kuku yang tercabut dari kaki MB biasanya tidak akan tumbuh kembali, sebab jika tercabut itu artinya akar kukunya ikut terangkat.

    BalasHapus
  6. jadi cacat dong MB saya...nantinya ada pengaruh gak dg penampilan MB saya tsb ? soalnya kayaknya MB saya tsb lumayan bagus lho bang suara ketrekannya keras banget.mohon pencerahannya kembali...

    BalasHapus
  7. om, bagaimana menyembuhkan jari belakang mb yg kedua-duanya gak bisa menekuk/genggam? apakah mungkin dulunya ditempat yang punya sblmnya selalu pakai tangkringan besar

    BalasHapus
  8. Jari belakang yang tidak mencengkram bisa terjadi karena kukunya sempat tersangkut, biasanya pada jeruji sangkar atau pada tangkringan yang tidak bagus. Kalau sudah permanen, tidak bisa disembuhkan dan akan seperti itu selamanya.
    Pada awal kasus, biasanya si MB akan sering mengangkat bagian kaki yang sakit, pada saat itu masih munggkin untuk disembuhkan, yaitu dengan memberikan minyak tawon atau pijatan pada kaki.

    BalasHapus
  9. sy punya murai batu yg katanya dasyat menurut temen2. tapi ko setelah dirawat beberapa bulan suaranya ga kunjung berubah (kecil gitu! ). saya sudah coba treatment jemurannya,ef,larutan,dll. gimana kira2 solusinya ?

    BalasHapus
  10. Coba perhatikan pada saat si MB berkicau, apakah bukaan mulutnya sudah maksimal.
    Jika belum, berarti si MB memang belum bersuara ngeplong.
    Coba sesekali ditrek dengan MB lain untuk melihat reaksinya.

    BalasHapus
  11. Salam Kenal Om Herry,
    saya punya MB yang baru 2 bulan dipelihara, kalo dari suara dan isian lumayan keras dan banyak, tapi waktu saya pegang badannya kurus dan tulang dadanya kelihatan menonjol padahal konsumsi EF (jangkrik + kroto) dan voer sudah terpenuhi, kira2 apa penyebabnya ? dan bagaimana solusinya ?

    BalasHapus
  12. MB yang kurus cenderung disebabkan oleh minimnya asupan makanan.
    Coba untuk sementara porsi EF ditambah, dan kalau bisa berikan vitamin yang bisa diteteskan pada minumannya.

    BalasHapus
  13. Om herry saya punya mb usia 3 bulanan sekarang posisi sedang mabung yang ingin saya tanyakan kenapa yah mb saya kalo keadaan diam saya melihat buku buntutnya agak bergetar mohon tipsnya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB yang sedang mabung cenderung dalam kondisi sakit, sehingga dia butuh banyak istirahat dan akan lebih banyak diamnnya. Bulu ekor yang terlihat bergetar adalah ciri MB yang sedang tidak fit. Full krodong saja dan berikan vitamin B complex pada minumannya sesuai dosis dan berikan EF secukupnya.

      Hapus
  14. om saya punya mb suka matuki jari tengah kakinya hingga kukunya lepas dan kulitnya terkupas,tetapi ada kuku kecilnya.penyebabnya apa ya om,mb tetap gacor

    BalasHapus
  15. oom kalau yang patah paruh bawahnya +/- 0,5 cm cara perawatanya gimana oom bisa tumbuh lagi ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan khawatir, paruh akan kembali tumbuh walaupun butuh waktu sedikit lebih lama. Jadi bersabar saja.

      Hapus
  16. Om saya punya mb muda hutan pertama kakinya ga mau cengkram sekarang ko malah dua2nya.seperti lumpuh gtu.apakah bisa disembuhkan seperti cara diatas!?soalnya sudah saya coba malahan dua2nya yang kram.

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.