Rabu, 25 November 2009

First Aids for Shama (Murai Batu)

Dalam melakukan perawatan terhadap Murai Batu, sering kali kita menghadapi berbagai masalah yang bersifat umum maupun yang khusus atas Murai Batu (MB) kesayangan kita.
Kali ini saya coba untuk sharing pengalaman, khususnya yang terkait dengan first aids atas MB-MB yang sedang dalam masalah.

1. MB yang tiba-tiba bersuara serak.
Penyebab Umum :

- Penjemuran secara berlebihan.
- Mengkonsumsi makanan yang dapat merusak atau melukai bagian kerongkongan.
- Perubahan cuaca yang sifatnya ekstrim.
Solusi :
- Hindari penjemuran secara berlebihan.
- Jika terjadi perubahan cuaca secara ekstrim, MB sebaiknya berada dalam kondisi full krodong.
- Berikan larutan penyegar sebagai pengganti minuman harian, dengan masa konsumsi tidak lebih dari 3 hari. (setiap hari larutan penyegar diganti dari mangkok minuman MB).
- Hindari pemberian jangkrik secara utuh. (sebaiknya bagian kaki dan kepalanya dimutilasi terlebih dahulu).
- Berikan cacing sebagai EF selama dalam proses rehabilitasi.
- Kondisikan kandang secara bersih dan MB sebaiknya dalam keadaan full krodong.

2. MB yang mengangkat kaki sebelah.
Penyebab Umum:

- Ada kejang atau otot yang tertarik pada bagian kaki yang diangkat.
- Ada luka yang biasanya terjadi pada bagian kuku.
- Ada luka pada bagian telapak kaki.
Solusi :
- Jika hanya kejang, MB dapat menyembuhkannya secara alami. Kaki yang diangkat dan disembunyikan di bawah dada adalah bagian dai upaya proses penyembuhan alami yang dilakukan oleh MB.
- Jika proses ini berjalan lama, sebaiknya tangkap MB tersebut dan berikan minyak tawon pada bagian yang diangkat.
- Apabila ada luka terbuka dan mengeluarkan darah, bersihkan bagian luka dan berikan betadine sebagai obat untuk menghindari infeksi.
- Kondisikan MB full krodong pada tempat yang tenang selama proses penyembuhan.

3. MB yang kehilangan nafsu makan dan kotorannya berlendir.
Penyebab Umum :

- MB mengalami keracunan, baik yang bersumber dari makanan maupun minuman.
- MB dalam keadaan stress berat.
- MB tidak mendapatkan makanan maupun minuman dalam waktu yang panjang.
Solusi :
- Jagalah kebersihan kandang, makanan dan minuman. Lakukan pembersihan atas kandang, mangkuk makanan maupun minuman, dan berikan makanan dan minuman segar setiap hari.
- Jika MB mengalami stress berat, misalnya sehabis ditrek dan terlihat takut, atau sehabis mengalami tekanan tertentu, misalnya kandang terjatuh atau diganggu oleh kucing, kondisikan MB full krodong di tempat yang tenang dan berikan pencahayaan yang cukup.
- Hindari meninggalkan MB dalam jangka waktu yang lama tanpa pemberian makanan dan minuman yang cukup.
- Berikan obat penghilang stress dan penambah nafsu makan sebagai fisrt aids untuk kasus ini.
- Berikan full EF sampai MB kembali dalam keadaan normal, dan kondisinya harus selalu dipantau.

37 komentar:

  1. om Herry, mau tanya. Apa penyebab dan solusinya jika MB nafasnya agak berat seperti asma (tapi hanya sekali2 saja)?

    BalasHapus
  2. Kasus yang Om Ben tanyakan sering juga saya alami. Gejala ini baru terdeteksi jika si MB terlalu aktif bergerak sehingga memicu kerja pernafasan yang lebih berat.

    Saya pernah menjumpai adanya kotoran pada hidung yang menyumbat saluran pernafasan. Solusinya tangkap si MB dan bersihkan kotoran tersebut.
    Selain itu, udara kotak atau packing yang pengap dan minim sirkulasi udara selama proses pengiriman dan juga udara kandang yang kurang sehat selama full krodong bisa memicu kasus seperti di atas.

    BalasHapus
  3. Thanks om Herry atas responsnya.

    BalasHapus
  4. saya baru dpt MB MH pekanbaru,skrg udah 2 minggu ditangan saya.awalnya tu MB giras banget,suka nabrak2x.Tp.skrg udah mendingin, udah gak nabrak lagi dan udah ngevoor.Tp.beberapa hari yg lalu ada bengkak pd jari kukunya. sesuai saran bang heri Jari yg bengkak tsb saya olesin minyak tawon pagi dan sore hari.Tp sore ini saya lihat kukunya lepas. yg ingin saya tanyakan apakah kuku MB saya tsb dapat tumbuh lagi spt semula ? tlg pencerahannya bang...maklum saya orang baru di dunia MB....

    BalasHapus
  5. @Ade: Dari beberapa pengalaman, kuku yang tercabut dari kaki MB biasanya tidak akan tumbuh kembali, sebab jika tercabut itu artinya akar kukunya ikut terangkat.

    BalasHapus
  6. jadi cacat dong MB saya...nantinya ada pengaruh gak dg penampilan MB saya tsb ? soalnya kayaknya MB saya tsb lumayan bagus lho bang suara ketrekannya keras banget.mohon pencerahannya kembali...

    BalasHapus
  7. om, bagaimana menyembuhkan jari belakang mb yg kedua-duanya gak bisa menekuk/genggam? apakah mungkin dulunya ditempat yang punya sblmnya selalu pakai tangkringan besar

    BalasHapus
  8. Jari belakang yang tidak mencengkram bisa terjadi karena kukunya sempat tersangkut, biasanya pada jeruji sangkar atau pada tangkringan yang tidak bagus. Kalau sudah permanen, tidak bisa disembuhkan dan akan seperti itu selamanya.
    Pada awal kasus, biasanya si MB akan sering mengangkat bagian kaki yang sakit, pada saat itu masih munggkin untuk disembuhkan, yaitu dengan memberikan minyak tawon atau pijatan pada kaki.

    BalasHapus
  9. sy punya murai batu yg katanya dasyat menurut temen2. tapi ko setelah dirawat beberapa bulan suaranya ga kunjung berubah (kecil gitu! ). saya sudah coba treatment jemurannya,ef,larutan,dll. gimana kira2 solusinya ?

    BalasHapus
  10. Coba perhatikan pada saat si MB berkicau, apakah bukaan mulutnya sudah maksimal.
    Jika belum, berarti si MB memang belum bersuara ngeplong.
    Coba sesekali ditrek dengan MB lain untuk melihat reaksinya.

    BalasHapus
  11. Salam Kenal Om Herry,
    saya punya MB yang baru 2 bulan dipelihara, kalo dari suara dan isian lumayan keras dan banyak, tapi waktu saya pegang badannya kurus dan tulang dadanya kelihatan menonjol padahal konsumsi EF (jangkrik + kroto) dan voer sudah terpenuhi, kira2 apa penyebabnya ? dan bagaimana solusinya ?

    BalasHapus
  12. MB yang kurus cenderung disebabkan oleh minimnya asupan makanan.
    Coba untuk sementara porsi EF ditambah, dan kalau bisa berikan vitamin yang bisa diteteskan pada minumannya.

    BalasHapus
  13. Om herry saya punya mb usia 3 bulanan sekarang posisi sedang mabung yang ingin saya tanyakan kenapa yah mb saya kalo keadaan diam saya melihat buku buntutnya agak bergetar mohon tipsnya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. MB yang sedang mabung cenderung dalam kondisi sakit, sehingga dia butuh banyak istirahat dan akan lebih banyak diamnnya. Bulu ekor yang terlihat bergetar adalah ciri MB yang sedang tidak fit. Full krodong saja dan berikan vitamin B complex pada minumannya sesuai dosis dan berikan EF secukupnya.

      Hapus
  14. om saya punya mb suka matuki jari tengah kakinya hingga kukunya lepas dan kulitnya terkupas,tetapi ada kuku kecilnya.penyebabnya apa ya om,mb tetap gacor

    BalasHapus
  15. oom kalau yang patah paruh bawahnya +/- 0,5 cm cara perawatanya gimana oom bisa tumbuh lagi ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan khawatir, paruh akan kembali tumbuh walaupun butuh waktu sedikit lebih lama. Jadi bersabar saja.

      Hapus
  16. Om saya punya mb muda hutan pertama kakinya ga mau cengkram sekarang ko malah dua2nya.seperti lumpuh gtu.apakah bisa disembuhkan seperti cara diatas!?soalnya sudah saya coba malahan dua2nya yang kram.

    BalasHapus
  17. Klau murai batu jari kakinya terkadang nempel ke jari lainya itu knpa oom...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bawaan sejak lahir. Coba gunakan 2 tangkiran yang memiliki 2 ukuran berbeda. 1 berdiameter besar dan 1 lagi kecil.
      Sekalian saja, tampilkan photonya agar lebih jelas kondisinya di Grup Murai Batu. Linknya ada pada Menu di bagian atas Blog ini.

      Hapus
  18. om kalo murai batu mh yang berjalan dengan semua jari kakinya melekuk kedalam kenapa ya?(bertumpu di tungkai kakinya) dan kalo berjalan sempoyongan...mohon solusinya

    BalasHapus
  19. Biiasanya itu cacat bawaan sejak kecil dan cenderung bersifat permanen atau tidak bisa disembuhkan.

    BalasHapus
  20. Om mau tanya gmn perawatan harian utk mb trotol saya yg masih berusia 3 bln n mau ganti bulu?

    BalasHapus
  21. Mohon pencerahannya om, untuk rawatan harian dan cara pengobatan mb mh yang kakinya kram/lumpuh bagai mna caranya?. Karna awal sy dapat sempurna namun saat proses pengefuran selalu full krodong 1-2 bln. Dan alhamdullilah sekrng dah furtot, tp masalah sekrang dah 2-3 minggu tiba-tiba kakinya kram/lumpuh. Mohon solusinya om-om master semua, sebelomnya timakasih atas masukanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba rutin dijemur di pagi hari. Tangkap mbnya, rendam sesaat dengan air hangat, lalu oleskan minyak tawon dan diurut secara perlahan dikakinya.
      Semoga bisa sembuh.

      Hapus
  22. malam bang herry ..saya punya trotolan mb umur 1bln jari kaki belakangnya lurus ga mau nyengkram.,,keliatan mb kesatan dgn jari kakinya itu..mohon pencerahannya..supya bisa semBuh kay semula..(agus from purwokerto)

    BalasHapus
  23. pagi om harry,mohon pencerahannya.saya punya trotol mb umur 1bln,jari belakangnya kaku ga mencengkram tangkringan,(kaku ky kuku bima om)klo d liat jari kaki tersebut seperti bengka,dan sering d angkt.trima kasih atas pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tangkap mbnya dan oleskan minyak tawon. Selama bebehari ke depan su mb akab cenderung mengabgkat kaki sebelah dan biarkan saja sebab itu bagian dari terapi alaminya.

      Hapus
  24. Saya pelajarin mb yg kaki jempol nya lurus atau tidak bisa mencengkram akibat faktor mb giras dan kandang usahakan kandang bagian bawah di tukar yg biasa nya ruji di atas tmpat kotoran kini di ganti menjadi sebalik nya atau tempat kotoran di atas dan ruji di bawah karna mb suka selalu turun kebawah pada saat lg terbang dan terbanting dngan keras pd saat itu mb sering kecelobok kaki nya di antara ruji oleh sebab itu coba di balik untuk yg memiliki mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah koq untuk masalah seperti itu, cukup berikan karpet plastik di dasar sangkarnya.

      Hapus
  25. ujung telapak jari tengah ada bentolan yg keras sehingga tdk bs napak karna keganjal oleh bentolan tsb sewaktu sy tusuk jarum mengeluarkan darah . utk kasus saya om apa bs disembuhkan?mohon bantuannya om tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap hari coba bagian kakinya disemprot dgn air hangat yg diberi garam secukupnya.

      Hapus
  26. om herry saya punya mb baru saja coplok kuku 1 apakah bisa tumbuh lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika hanya patah, pastinya bisa tumbuh lagi.
      Tapi jika copot dari akarnya atau dari bagian dagingnya, cenderung akan bersifat permanen dan tidak akan tumbuh lagi.

      Hapus
    2. Jika hanya patah, pastinya bisa tumbuh lagi.
      Tapi jika copot dari akarnya atau dari bagian dagingnya, cenderung akan bersifat permanen dan tidak akan tumbuh lagi.

      Hapus
  27. Ass Om Hery, saya mau tanya untuk MBMH brapa ukuran panjang ekornya.

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar atas topik ini.